Cara Reset Remote Mobil

Bagaimana cara reset remote mobil? Remote atau remot adalah salah satu aksesoris mobil yang memiliki peranan cukup penting. Karena tanpa remote, kita tak perlu repot-repot membuka kunci mobil secara manual. Selain itu, remote mobil juga penting sebagai pelengkap sistem keamanan berbentuk alarm mobil.

Remote mobil bisa dikatakan sebagai benda yang memiliki fungsi untuk dapat mengontrol berbagai macam fitur yang telah disematkan pada mobil. Adapun fitur umum dari remote mobil itu sendiri adalah seperti unlock/lock pintu mobil, mematikan dan mengaktifkan alarm mobil.

Akan tetapi pada beberapa jenis mobil yang harganya sangat fantastis, seperti mobil sport misalnya, remote mobil juga berfungsi untuk mematikan dan menyalakan mesin mobil. Selain itu juga memiliki fitur lainnya, semisal membuka pintu mobil.

Melalui kegunaan remote mobil itu sendiri, tentu saja membuat pengguna lebih efisien ketika melakukan sesuatu hal tanpa perlu menjangkau mobil langsung. Belum lagi dengan model bernama keyless entry, tentu saja memungkinkan para pengguna tak perlu lagi harus memasukkan kunci ke lubang kunci.

Dengan begitu, remote atau kunci mobil tak perlu lagi dikeluarkan dari tempat penyimpanan atau saku celana, ketika memakai mobil. Tentu saja hal ini akan semakin membantumu meminimalisir kunci yang hilang.

Kenapa Remote Mobil Tidak Berfungsi?

Walaupun menambahkan remote ke dalam mobil membuat penggunanya lebih efisien, tapi cara ini ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Rasanya wajar, karena setiap barang elektronik tentu saja bisa mengalami kerusakan dan memiliki batas waktu penggunaan.

Terkait:  Cara Reset Printer Cannon IP 2770

Bagi Kamu yang baru memakai remote mobil, mungkin penasaran dengan penyebab kenapa remote mobil tak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Di bawah ini ada beberapa faktor penyebab remote tak berfungsi :

1. Remote Sering Terjatuh

Salah satu penyebab remote kendaraan tak berfungsi kembali adalah remote yang sering terjatuh, sebab kondisi sebuah benda yang terjatuh berkali-kali bisa membuat komponen yang ada di dalamnya terlepas atau tergeser.

Maka dari itu, banyak alat elektronik yang mudah rusak jika sering terjatuh, apalagi terjatuh dari ketinggian. Tak menutup kemungkinan alat tersebut hancur karena benturan keras dengan benda lain di bawah.

2. Sering Menyimpannya di Saku

Penyebab tidak berfungsinya remote mobil yaitu sering menyimpan remote di dalam saku, khususnya disimpan di saku celana. Apalagi bagi Kamu yang gemar memakai celana ketat, biasanya hal ini memungkinkan remote akan tertekan ketika ada di dalam saku.

Adapun untuk mengatasinya yaitu simpan remote di saku baju. Kalaupun ingin mneyimpannya di saku celana, sebaiknya pakai celana longgar agar remote tidak terlalu tertekan.

3. Korsleting Remote

Salah satu penyebab remote tak dapat berfungsi dengan baik ialah disebabkan karena korsleting remote mobil. Biasanya karena tekanan yang terlalu sering bisa mengakibatkan tejradinya korsleting. Selain itu, hal yang bisa membuat remote mobil mengalami korsleting yaitu karena remote terkena air, sebab apapun jenis alat elektronik jika terkena air tentunya akan mengalami korsleting.

Adapun cara mengatasinya ialah, sebaiknya hindari beberapa hal yang dapat mengakibatkan korsleting. Jauhkan remote dari air, lalu simpan remote di tempat yang aman dan tidak terkena air.

4. Sensor Alarm yang Terlalu Peka

Penyebab lainnya sebenarnya tak menyebabkan remote mobil tak berfungsi, tetapi penyebab remote yang kerap bunyi sendiri. Jika ada diantara Kamu yang mengalami masalah tersebut, penyebabnya ialah sensor alarm pada mobil yang terlalu peka.

Terkait:  Cara Reset First Media

Dengan begitu, ketika sensor mobil telah mendeteksi adanya bunyi atau gerakan, meskipun bunyi yang sangat kecil sekalipun dapat mengaktifkan alarm. Misalnya seperti goncangan akibat kendaraan besar ketika Kamu memarkirkan mobil di area pinggir jalan, mungkin saja dikarenakan adanya suara petir.

Untuk mengatasinya, Kamu sebaiknya ganti jenis alarm mobil yang dipakai, sebab setiap merk pada alarm tersebut mempunyai sensitivitas berbeda.

5. Pemasangan Baterai Terbalik

Jika setelah mengganti baterai pada kunci tetap tak mau berfungsi, tapi justru mati total, hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh kelalaian yang dilakukan.

Pada dasarnya baterai remote sama dengan baterai mobil memakai arus DC, karenanya pemasangannya tak dilakukan sembarangan. Jika ingin memastikan hal tersebut terjadi, sebelum melepas baterai yan lama sebaiknya perhatikan arah tempat peletakan baterai terlebih dahulu.

6. Kerusakan Rangkaian Pemancar atau Transponder

Penyebab yang terakhir bisa dikatakan paling fatal. Apabila rangkaian pada pemancar kuncinya rusak, dengan begitu frekuensi yang telah dihasilkan bisa jadi berbeda seperti biasanya, bisa saja tak mengirimkan frekuensi tersebut sama sekali. Dengan begitu, walaupun ratusan kali Kamu menekan kunci, maka receiver tak dapat menerima gelombang pada kunci.

Hal tersebut jarang terjadi, namun terkecuali ada kejadian semisal kunci yang sudah pernah jatuh di atas ketinggian 2 meter. Selain itu, kunci bisa saja kunci pernah tercemplung ke air. Apabila penyebab yang dapat merusak kunci tersebut pernah dialami, kemungkinan kunci yang rusak terjadi di area pemancar. Apabila hal tersebut terjadi, Kamu perlu menggantinya serta melakukan reset ulang kuncimu.

Cara Reset Remote Mobil

Cara Reset Remote Mobil
Reset Remot Mobil Keyless Entry

Tutorial Reset Remote Mobil Keyless Entry

Ada beberapa langkah cara reset remote mobil Keyless Entry yang bisa Kamu coba untuk mengatasi remot yang tidak berfungsi dengan baik. Ini dia ulasannya :

Terkait:  Cara Reset Laptop Windows 10

1. Tempelkan Remot di Dekat Tombol

Cara reset remote mobil pertama ialah menempelkan remot di dekan tombol. Silahkan masuk ke dalam kendaraanmu, kemudian pisahkan kunci pada remot. Selain itu, pastikan pintu mobil tertutup lalu tekan remot tombol lock, kemudian perhatikan warna pada indikator remot. Jika ingin membuka pintu, Kamu dapat mendekatkan remote pada posisi dipasangnya penerima sinyal atau tuner pada kendaraan, sembari menekan tombol untuk buka kunci berulang kali.

Umumnya tuner pada mobil Toyota, berada di pilar C samping kiri atau kanan bodi, tinggal dikelilingi mobilmu sambil menekan tombol pada remote.

Apabila telah berhasil memasuki kabin, Kamu bisa menyalakan mesin dengan menempelkan remote ke dalam tombol stop atau start hingga lampu indikator berwarna hijau.

Kemudian pedal rem dapat diinjak sembari menekan start untuk menghidupkan mesin mobil. Silahkan tekan hingga beberapa saat mesin menyala dan panel instrumen aktif.

2. Frekuensi Pemancar Radio

Akan tetapi, terkadang di tempat atau daerah tertentu, remote mobil tak berfungsi. Sebenarnya bukan disebabkan rusak, namun disebabkan oleh gangguan pada frekuensi pemancar radio atau sinyal yang ada di sekitar lokasi parkir mobil.

3. Baterai Remote

Salah satu kendala yang menyebabkan remote mobil tidak berfungsi ialah daya pada baterai remot habis. Daya baterai habis juga dapat mengakibatkan fungsi remot mengalami error. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya ialah dengan mengganti baterai remote yang baru.

Itulah beberapa langkah cara reset remote mobil yang bisa digunakan khususnya pada mobil keluaran Toyota seperti Avanza. Selain itu, Kamu juga harus mempelajari beberapa penyebab remote mobil yang rusak.

Related posts