Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Salah satu kendala saat memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri adalah biaya. Mengingat biaya pendidikan di luar negeri memang cukup fantastis, sehingga banyak yang akhirnya harus mengurungkan niat kuliah ke negeri orang tersebut. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menempuh pendidikan gratis dengan cara kuliah di luar negeri gratis.

Meskipun sebenarnya untuk memperoleh peluang bisa kuliah di luar negeri secara gratis tidaklah mudah. Tapi tetap saja, kamu bisa mencobanya dengan jalur beasiswa. Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan untuk menempuh pendidikan di luar negeri.

Read More

Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis
Kuliah di Luar Negeri Gratis

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Gratis

Jika kamu memiliki keterbatasan dana untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maka kamu bisa mencoba program beasiswa atau yang lainnya. Berikut cara kuliah di luar negeri gratis yang bisa dicoba :

1. Beasiswa Olahraga dan Bakat Seni

Siapa bilang hanya orang-orang yang memiliki nilai akademis tinggi saja yang bisa kuliah di luar negeri? Kamu yang justru mempunyai bakat dari bidang olahraga dan seni, bisa berpeluang mendapatkan beasiswa.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa pilihan negara yang menyediakan program beasiswa ini, seperti Amerika Serikat, beberapa negara yang ada di Eropa hingga negara-negara Asia. Negara-negara tersebut mengapresiasi siswa-siswa yang memiliki bakat di bidang olahraga dan seni dengan menawarkan beasiswa kuliah secara gratis.

2. Beasiswa Perusahaan Swasta

Kamu juga bisa mengambil program beasiswa yang ditawarkan oleh perusahaan swasta hingga BUMN bagi murid berprestasi. Seperti halnya PT.Djarum yang secara rutin telah membuka lowongan bagi mahasiswa yang tertarik kuliah di luar mapun di dalam negeri lewat Djarum Beasiswa Plus.

Selain itu, masih ada perusahaan swasta lainnya yang juga menawarkan bantuan kuliah gratis dengan program beasiswa. Jadi, kamu harus benar-benar rajin mengakses web perusahaan penyedia beasiswa.

3. Beasiswa Universitas

Cara kuliah di luar negeri gratis lainnya ialah dengan memanfaatkan program beasiswa universitas. Beberapa universitas ada yang menawarkan program beasiswa untuk kuliah di luar negeri secara gratis. Akan tetapi jika ingin mendapatkannya, kamu wajib menjadi mahasiswa terlebih dahulu di universitas tersebut.

Hal ini dikarenakan setiap mahasiswa memiliki hak untuk menerima beasiswa, dengan syarat wajib mendaftarkan dirinya ke dalam program beasiswa ini. Kemudian jalani tes atau seleksi untuk bisa lolos mendapatkan program beasiswa tersebut.

4. Kuliah Gratis Melalui Riset

Jika kamu mempunyai riset penelitian, tentu saja kamu berpotensi bisa mendapatkan program kuliah secara gratis di mancanegara. Jenis beasiswa tersebut biasanya diajukan bagi lulusan S2 atau Magister yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Selain itu, ada hal yang perlu dipersiapkan untuk mengajukan program beasiswa riset, diantaranya proposal riset.

Proposal tersebut tentu saja harus dalam bahasa Inggris, serta sudah distempel oleh universitas tempat kamu menempuh pendidikan S2. Potensi mendapatkan beasiswa ini biasanya sangat besar, sebab pelamar di Indonesia jumlahnya belum begitu banyak.

5. Pinjaman Dana Pendidikan

Cara kuliah di luar negeri gratis selanjutnya adalah mengajukan pinjaman dana kuliah atau student loan. Program pinjaman dana kuliah ini menawarkan kesempatan bagi para pelajar untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi tertentu dengan cara menggunakan layanan bantuan pembiayaan. Untuk pembayarannya, kamu bisa melakukannya sesudah lulus serta mendapatkan pekerjaan.

Daftar Beasiswa Untuk Kuliah di Luar Negeri

Berikut ini ada beberapa program beasiswa kuliah di luar negeri sebagai solusi cara kuliah di luar negeri gratis, diantaranya :

1. Erasmus Mundus Scholarship

Beasiswa kuliah gratis ke luar negeri yang pertama adalah Erasmus Mundus Scholarship yang ditujukan bagi program S2 atau master di Eropa. Program beasiswa tersebut dibuka untuk setiap orang yang berencana kuliah di universitas-universitas yang ada di Eropa. Selain itu, program beasiswa ini telah disponsori pihak Uni Eropa.

2. Fulbright Scholarship

Selain beasiswa dari Eropa, kamu juga bisa memilih Fulbright Scholarship sebagai program beasiswa di Amerika. Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah S2 maupun S3 di negara Amerika Serikat. Selain itu, Fulbright Scholarship ditujukan bagi WNI (Warga Negara Indonesia) dan bukan penduduk Amerika tetap atau tinggal menetap di Amerika Serikat.

Program beasiswa tersebut dikelola oleh AMINEF atau American Infonesian Exchange Foundation. Untuk persyaratan lebih lengkapnya, masuk ke situs resmi AMINEF.

3. Chevening Scholarships

Program beasiswa Chevening Scholarship merupakan beasiswa internasional pemerintah Inggris. Biasanya ditujukan kepada siapapun termasuk WNI (Warga Negara Indonesia) tertentu yang akan melanjutkan jenjang master di universitas-universitas yang ada di Inggris. Namun program beasiswa tersebut, memberikan pesyaratan pengalaman kerja dua tahun minimal.

4. Australia Awards Scholarships

Dari namanya saja,kita sudah tahu bahwa program beasiswa ini diberikan oleh negara Australia. Jadi, Australia Award Scholarship merupakan program beasiswa dari negara-negara tertentu yang telah menjalin kerjasama regional dan bilateral bersama Australia.

5. Mitsui Bussan Scholarship

Cara kuliah di luar negeri gratis selanjutnya dapat diperoleh dengan mengambil program beasiswa Mitsui Bussan Scholarship. Beasiswa kuliah ini didanai langsung oleh perusahaan Jepang bernama Mitsui & Co. Ltd. yang ditujukan khusus untuk lulusan SMA dan ingin berkuliah di negeri sakura.

6. Turkiye Burslari Scholarships

Ini adalah program beasiswa dari pemerintah Turki. Program beasiswa Turkiye Burslari Scholarships ditujukan untuk yang tertarik melanjutkan prodi jenjang S1, hingga S3 di universitas-universitas di Turki.

Tips Untuk Mendapakan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

1. Riset Universitas-Universitas Terkemuka Dunia

Cari banyak informasi terkait kampus terbaik yang ada di dunia. Untuk memeprmudah, silahkan buat daftar informasi tentang hal-hal yang penting, misalnya daftar nama kampus/universitas, silabus, kurikulum dan jurusan yang diincar. Kamu harus mencari tahu apakah di universitas yang kamu pilih terdapat beasiswa atau tidak, jika ada cek syarat pengajuan beasiswa.

Namun jika dari pihak universitas tidak menawarkan program beasiswa, kamu bisa mencoba alternatif beasiswa yang berasal dari lembaga yang menyediakan program beasiswa. Kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa tersebut di web resmi kampus/universitas.

2. Pilih Kamus yang Penggemarnya Sedikit

Cara kuliah di luar negeri gratis selanjutnya yaitu pilih universitas dengan peminat yang sedikit. Poin ini sangat efektif bagi kamu yang ingin memperoleh bantuan dana dari beasiswa. Apabila kamu mendaftar di universitas yang peminatnya sedikit, maka peluang diterima akan lebih besar.

3. Mencari Lembaga Penyedia Beasiswa

Jika sudah menentukan pilihan negara yang kamu tuju, selanjutnya cari informasi mengenai program beasiswa incaranmu. Caranya dengan menanyakan ke pihak perguruan tinggi atau sekolah. Umumnya baik perguruan tinggi maupun sekolah mempunyai banyak koneksi dari lembaga penyedia beasisw. Kamu juga bisa mengeceknya lewat browsing di Google.

4. Menghubungi Pihak Lembaga Beasiswa

Jika sudah mendapatkan lembaga beasiswa, kamu hanya perlu menghubungi pihak lembaga tersebut langsung. Mungkin kamu bisa mengeceknya di media sosial atau website terlebih dahulu.

5. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Bagi yang  bertekad ingin kuliah di luar negeri, tentu saja kamu harus mampu berbahasa asing atau bahasa inggris sebagai bahasa Internasional. Persiapkan dirimu untuk menguasai bahasa Inggris dengan cara jago bahasa Inggris. Selain itu, ikuti tes TOEFL/IELTS sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Jika tekadmu sudah benar-benar bulat ingin menempuh pendidikan S1, S2 atau S3 ke luar negeri, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dengan cara kuliah di luar negeri gratis.

 

Related posts