Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap
Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Bagaimana cara mengetahui Whatsapp disadap yang bisa kita kenali? Ada banyak tanda-tanda yang menjadikan indikasi bahwa Whatsapp kita sedang disadap oleh orang yang tak bertanggung jawab. Dan kamu bisa mengetahui tanda tersebut dan selalu waspada.

WhatsApp saat ini telah menjadi aplikasi pilihan hampir semua orang di dunia untuk mengirim, menerima pesan hingga video call. Meski WhatsApp menyebut aplikasi ini sepenuhnya telah terenkripsi end-to-end, tetapi ini bukanlah yang membuat WA tidak dapat diretas.

Meskipun WhatsApp hanya dapat diretas sampai batas tertentu, tetap saja penyadapan maupun peretasan bisa berdampak buruk bagi seseorang. Setelah WA disadap, peretas akan dapat mengawasi Anda seperti ketika sedang online, jam tidur, maupun aktivitas online lainnya yang dilakukan melalui WhatsApp.

Untuk menghindari penyadapan terhadap akun kita, pastinya kita harus selalu waspada supaya terhindar dari peretasan akun dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan kamu bisa memahami cara mengetahui Whatsapp disadap agar kamu bisa terhindar dan waspada.

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap
Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Pernahkah kamu curiga akun Whatsapp kamu disadap? Inilah beberapa cara mengetahui Whatsapp disadap agar kamu bisa waspada dan terhindar dari penyadapan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak Bisa Login

Satu nomor telepon pada dasarnya hanya bisa dipakai di satu aplikasi Whatsapp atau biasa disebut dengan istilah single-device login. Nah, jika mendadak kamu keluar atau log out dari aplikasi Whatsapp tanpa sadar, kemungkinan ada pihak lain yang sedang memakai nomor telepon kamu untuk login di aplikasi Whatsapp.

Padahal untuk bisa login di sebuah perangkat, Whatsapp biasanya meminta kode one time password atau OTP yang langsung dikirim ke nomor telepon tersebut. Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapa pun. Ini juga mungkin terjadi ketika nomor telepon telah digandakan, sehingga peretas bisa membuka pesan yang masuk berisi OTP.

Tidak Bisa Menelepon

Cara mengetahui Whatsapp disadap yang lain adalah dengan kamu mencoba untuk menggunakannya untuk menelepon seseorang. Jika fitur panggilan kamu tidak berfungsi, besar kemungkinan bahwa Whatsapp kamu sedang disadap. Karena penyadapan yang terjadi bisa saja membuat fitur panggilan kamu jadi tidak bisa digunakan.

Cek Whatsapp Web

Whatsapp Web merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Whatsapp via browser di perangkat laptop atau komputer. Fitur ini sangat krusial untuk pengguna yang memakai PC, tetapi di sisi lain ini memungkinkan peretas atau pihak lain untuk menyadap akun Whatsapp.

Untuk mengetahui apakah akun Whatsapp kamu disadap, kamu bisa membuka Setting atau ikon titik tiga di kanan atas Whatsapp, kemudian pilih Whatsapp Web. Jika ternyata kamu login di perangkat yang tidak kamu kenali dengan lokasi yang tak dikenal pula, pilih logout atau keluar dari semua perangkat.

Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS, caranya pilih Setting di kanan bawah, kemudian pilih Whatsapp Web dan cek perangkat terhubung. Kalau perangkat tersebut tidak dikenal, sebaiknya pilih logout dari semua perangkat.

Pesan Belum Kamu Buka Namun Sudah Terbaca

Tanda lain kalau Whatsapp telah disadap pihak lain adalah ada pesan yang terbaca padahal kamu tidak membuka pesan tersebut. Tanda pesan sudah dibaca adalah tanda centang dua yang berubah menjadi biru, jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Namun jika pengguna tidak mengaktifkannya, ia juga bisa menyadari pesan-pesannya telah dibaca dengan melihat apakah notifikasi angka di tiap obrolan telah hilang. Ketika pengguna belum membuka pesan dari satu kontak tetapi tanda notifikasi angkanya telah hilang, kemungkinan ada orang lain yang membuka obrolan Whatsapp kamu.

Kirim Pesan Tak Dikenal

Tanda lain yang bisa menjadikan kamu curiga bahwa Whatsapp telah disadap adalah ada pesan yang tidak pernah kamu kirimkan namun ada peasn tersebut. Dari situ bisa diketahui, ada pihak lain yang ternyata sedang mengintip Whatsapp kita.

Kamu mungkin merasa curiga dengan pesan yang tidak kamu kenal. Padahal kamu tidak merasa mengirimkan pesan tersebut namun nyatanya pesan tersebut ada di Whatsapp kamu.

Baterai HP Boros

Cara lain mengetahui apakah Whatsapp disadap adalah menyadari saat baterai perangkat cepat terkuras. Baterai terkuras memang tak menjadi bukti valid bahwa Whatsapp telah disadap, tetapi bisa jadi salah satu indikasi bahwa aplikasi-aplikasi di perangakt termasuk Whatsapp terus bekerja, meski si pengguna tidak membukanya.

Demikian tadi beberapa cara mengetahui Whatsapp disadap yang bisa kamu ketahui. Tanda-tanda bahwa Whatsapp sedang disadap mudah sekali untuk dikenali bukan? Jangan lupa untuk tetap waspada dari segala tindak kejahatan termasuk dengan penyadapan yang tidak kita inginkan.

Related posts