Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis: Harus Tahu!💛

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

WIGATOS.com | Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis merupakan pembahasan yang penting untuk diketahui. Terlebih lagi buat Kamu yang akan jadi mahasiswa baru, tapi masih khawatir soal biaya per semesternya. Karena dengan menerima beasiswa, biaya kuliah akan terjamin. 

Di Indonesia sendiri ada banyak beasiswa yang dapat diambil. Mulai dari yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah maupun instansi tertentu. Setiap beasiswa juga memiliki syarat dan ketentuan berbeda, tergantung pada lembaga yang menyediakan. 

Read More

Jika saat ini Kamu benar-benar mencari beasiswa, simak penjelasan ini dulu. Pastikan membuat persiapan sebelum mengajukan beasiswa yang ingin diambil. Selain itu juga diberikan daftar beasiswa di Indonesia yang dapat diajukan oleh semua mahasiswa. 

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Seperti yang disebutkan bahwa untuk mendapatkan beasiswa itu Kamu harus memenuhi persyaratan. Kamu bisa cek dulu informasinya agar tahu apa saja kriteria penerima beasiswa. Pastikan tidak ada informasi yang terlewat. 

Dalam penjelasan ini akan diberikan tips dan tahapan dalam mengajukan beasiswa. Meskipun berbeda-beda, secara umum Kamu harus melakukan tahapan di bawah ini:

1. Mempunyai Riwayat Prestasi yang Bagus

Cara yang pertama untuk mendapatkan beasiswa kuliah adalah menjadi mahasiswa berprestasi. Ada peluang besar yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang tertentu. Umumnya ini tidak dilihat di tahun itu saja, tapi juga rentetan prestasi sebelumnya yang mengharumkan nama kampus. 

Kebanyakan perguruan tinggi, baik negeri atau swasta juga menjadi prestasi sebagai syarat utama. Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis lewat jalur prestasi yaitu dengan menunjukkan buktinya saat membuat pengajuan. Contoh lainnya, bisa diberikan oleh kampus kepada para atlet yang memenangkan kompetisi tertentu. 

2. Memenangkan Lomba di Kampus

Bukan hanya berprestasi di luar kampus saja yang memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa. Tapi bagi Kamu yang mempunyai prestasi dalam kampus juga bisa menerimanya. Salah satu caranya yaitu dengan memenangkan perlombaan di kampus. 

Kalau dalam bidang akademik, Kamu dapat mengikuti lomba sesuai dengan program studi yang ditempuh. Apabila berhasil menjadi pemenang, pastinya menjadi nilai tambah. Oleh karena itulah, terus kembangkan skill dan passion agar makin banyak lomba yang dimenangkan. 

3. Memenuhi Persyaratan Kualifikasi

Jangan lewatkan cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang satu ini. Percuma hanya punya prestasi, tapi persyaratan kualifikasi lain tidak dipenuhi. Karena masing-masing kampus maupun lembaga hanya memberikan beasiswa pada mahasiswa yang memenuhi persyaratan. 

Setiap pemberi beasiswa memang punya syarat sendiri. Tapi yang paling umum adalah Kamu belum menerima beasiswa dari pihak lain. Contohnya jika sudah mendapatkan beasiswa dari instansi B, maka Kamu tidak boleh mendaftar program lain. Setiap mahasiswa hanya bisa menerima satu beasiswa saja. 

IPK minimum juga menjadi persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk ini, Kamu bisa cek pada situs layanan yang Kamu pilih. Di samping itu, jangan lupa melengkapi persyaratan administrasi sebagai berikut:

  • Transkrip nilai. 
  • Ijazah. 
  • Surat Kelakuan Baik. 
  • LoA. 
  • KTP. 
  • SKCK. 
  • Employment Recommended. 
  • Rekomendasi dari akademik. 
  • Character Reference. 

Dokumen tersebut harus mampu dibuktikan keabsahannya. Karena itulah, biasanya disyaratkan untuk dilegalisir terlebih dahulu. Berikutnya pun Kamu wajib mengikuti interview

4. Mengajukan Permohonan Beasiswa

Inilah cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang penting jika semua kriteria sudah terpenuhi. Kamu bisa mengajukan ke salah satu program yang tersedia di Indonesia. Coba cari dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDD). Program tersebut diinisiasi oleh pemerintah yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan. 

Siapa saja bisa mengajukan beasiswa dari LPDD. Selain biaya kuliah, nantinya akan diberi uang saku setiap bulannya. Di samping itu juga masih banyak jenis beasiswa yang Kamu ajukan. Untuk tahapannya seperti berikut ini:

  • Siapkan dokumen persyaratan. 
  • Kirim dokumen secara online atau offline, sesuai dengan beasiswa yang Kamu pilih.
  • Kemudian tunggu dihubungi oleh pihak pemberi beasiswa untuk melakukan interview
  • Kalau disetujui, Kamu akan diberi informasi dan diminta mengikuti instruksi yang diberikan. 

Jenis-Jenis Beasiswa di Indonesia

LPDD merupakan salah satu jenis beasiswa yang dapat diajukan oleh mahasiswa di semua jenjang studi. Tapi selain itu, ternyata masih banyak jenis beasiswa yang dapat diajukan. Berikut ini beberapa program beasiswa yang ada di Indonesia:

1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

PPA merupakan jenis beasiswa untuk mahasiswa jenjang S1 minimal untuk semester dua. Pertama kali diberikan di periode tahun anggaran yang berjalan selama enam bulan. Jumlah beasiswa yang akan didapatkan adalah Rp400.000 per bulan. 

Kami dapat mendaftar beasiswa PPA ini di masing-masing kampus. Pastikan Kamu memenuhi persyaratan berikut ini:

  • IPK minimal 3,0.
  • Fotokopi transkrip nilai yang sudah disahkan. 
  • Fotokopi KRS, KTM, PBB, dan rekening listrik. 
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua. 
  • Bukti tidak menerima beasiswa lain. 

2. Bidikmisi

Program beasiswa selanjutnya yang dapat Kamu ajukan adalah bidikmisi. Fasilitas ini diberikan secara khusus kepada mahasiswa yang berada pada tingkat prasejahtera. Bidikmisi dikeluarkan oleh pemerintah lewat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 

Biaya kuliah dari Bidikmisi ini diberikan selama 8 semester atau sampai lulus tepat waktu. Pemerintah juga memberikan tanggungan berupa biaya hidup. Selain tidak mampu secara ekonomi, Kamu juga wajib mempunyai nilai akademis yang bagus. 

3. KIP Kuliah

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis lainnya yaitu dengan mengajukan program KIP Kuliah. Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan program yang ditunjukkan bagi mahasiswa semua jenjang studi. Ini menjadi ganti bidikmisi dengan anggaran yang lebih besar. 

Targetnya juga sama, yakni mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Pendaftarannya sama dengan waktu SNMPTN. Jumlah biaya pendidikan yang diterima sebesar Rp2,4 juta/semester selama 4 tahun dan biaya hidup Rp700.000/semester. Dengan adanya bantuan ini, Kamu bisa fokus menempuh pendidikan. 

4. Bantuan Beasiswa Mahasiswa

Inilah jenis beasiswa lain yang dapat diajukan di Indonesia. Bantuan Beasiswa Mahasiswa merupakan program yang diadakan oleh Dirjen Dikti Kemdiknas. Para mahasiswa akan merasa terbantu dari segi ekonomi dengan dana yang diberikan selamat program ini berlangsung. 

Syarat utama mendaftar Bantuan Beasiswa Mahasiswa adalah minimal memiliki IPK 2,5. Selain itu memberikan Keterangan Tidak Mampu dari desa atau kelurahan. Jadi, pastikan Kamu memenuhi persyaratan tersebut sebelum mengajukannya. 

5. BCA Finance

Bukan dari pemerintah, tapi beasiswa yang satu ini didapatkan dari BCA. Program Peduli Anak Bangsa ini memberikan bantuan kepada mahasiswa jenjang S1. Baik yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. 

Setiap satu semester akan mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp3.000.000. Beasiswa diberikan hingga 8 semester. Persyaratan IPK minimal 3,0 untuk PTN dan 3,40 untuk PTS. 

6. Djarum Beasiswa Plus

Yang selanjutnya adalah beasiswa Djarum Beasiswa Plus. Ini merupakan program populer dengan target mahasiswa berprestasi tinggi. Setiap bulannya mendapatkan biaya Rp750.000 ditambah dengan pelatihan untuk meningkatkan soft skill. 

Demikian penjelasan cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Setiap program memiliki persyaratan kriteria masing-masing. Selain itu jenis program beasiswa yang ada di Indonesia juga bermacam-macam. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *