Cara SMS Banking BNI

Cara SMS Banking BNI

Bagaimana cara SMS banking BNI? Bagi Kamu nasabah BNI, tentu Kamu juga bisa melakukan transaksi finansial lewat layanan SMS banking dengan mudah. Layanan SMS banking ini dapat diakses lewat berbagai macam cara. Namun sebelumnya, Kamu harus tahu dulu apa itu SMS Banking BNI.

Apa Itu SMS Banking BNI?

Read More

SMS Banking BNI merupakan layanan perbankan berbasis elektronik atau e banking dari BNI yang penggunaannya dapat dilakukan melalui hp dengan mengirimkan SMS ke 3346. Adapu pengiriman pesan tersebut hanya dapat dilakukan lewat format SMS sesuai ketentuan BNI.

Layanan SMS Banking BNI dapat dimanfaatkan untuk berbagai layanan transaksi finansial. Fitur perbankan e banking, sebenarnya juga disediakan oleh bank BNI. Layanan ini termasuk salah satu fitur e-banking dari BNI. Adapun fitur-fitur berbasis e banking BNI lainnya, yaitu Mobile Banking BNI, Internet Banking BNI, EDC BNI dan TapCash.

Untuk informasi, layanan SMS Banking ini berbeda dari internet banking maupun mobile banking, sebab SMS Banking tak memerlukan password dan user ID. Kamu hanya perlu mengetik dan mengirimkan syntax SMS di aplikasi pesan di hpmu.

Dengan begitu, Kamu dapat menikmati sejumlah transaksi perbankan yang disediakan oleh BNI. Seperti transfer antar bank BNI, mutasi rekening dan cek saldo, pembayaran kartu kredit, pembayaran BPJS, pembayaran listrik, pembayaran telepon pasca bayar, dan lainnya.

Cara SMS Banking BNI

Cara SMS Banking BNI
SMS Banking BNI

Daftar SMS Banking BNI

Sebelum membahas cara SMS Banking BNI untuk transfer atau transaksi, kamu tentu saja harus mendaftar layanan SMS Banking BNI terlebih dahulu. Registrasi fitur ini, sebenarnya baru dapat dilakukan via mesin ATM BNI. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Masukkan kartu debit atau ATM BNI dan inputkan PIN.
  • Setelah itu, pilih registrasi e-channel.
  • Pilih layanan BNI SMS Banking.
  • Selanjutnya, akan muncul pemberitahuan sebagai bagian konfirmasi, jika tetap melanjutkan Kamu tinggal pilih saja “Setuju”.
  • Setelah itu, Kamu akan dihadapkan pada notifikasi konfirmasi kedua. Pilih “Setuju” jika ingin tetap lanjut.
  • Selain itu, ada lagi pemberitahuan konfirmasi ketiga. Pilih lagi “Setuju”.
  • Inputkan nomor hp aktif kemudian pilih “tekan” apabila sudah benar.
  • Masukkan nomor ponsel kembali lalu pilih “tekan”.
  • Inputkan PIN 6 digit, lalu pilih “tekan”.
  • Kamu bisa memasukkan PIN lagi dan tekan lagi jika benar.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan notifikasi konfirmasi. Jika sudah, pilih “setuju”.
  • Masukkan OTP untuk aktivasi finansial.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan struk pembayaran sekaligus sebagai bukti jika registrasi sudah selesai Kamu lakukan. Setelah itu, Kamu juga akan menerima SMS di 3346.

Registrasi SMS Banking BNI di ATM  hanya membantumu untuk mengecek saldo di dalam rekening. Sementara itu, akses untuk melakukan transaksi lainnya dapat dilakukan jika sudah mendaftarkan diri langsung ke CS bank BNI untuk konfirmasi pendaftaran.

Registrasi dan Aktivasi SMS Banking BNI Melalui Cabang BNI

Pada cara SMS Banking BNI ini, nasabah diharuskan mendatangi kantor BNI terdekat. Adapun persyaratan yang harus dibawa ialah kartu identitas diri, dan bukti kepemilikan rekening atau BNI Card. Jika sudah tiba di bank BNI serta melakukan pengisian formulir, maka nasabah tinggal duduk manis saja menunggu antrian tiba. Selanjutnya petugas pun membantu melakukan aktivasi SMS Banking BNI.

Seperti sudah dibahas di atas, bahwa registrasi dan aktivasi layanan SMS banking BNI di kantor cabang BNI memungkinkanmu untuk bisa mengakses berbagai transaksi perbankan lewat SMS banking BNI. Jadi, selain pengecekan saldo Kamu juga bisa mentransfer sejumlah uang dan melakukan pembayaran lewat SMS banking BNI milikmu.

Cara SMS Banking 1  : Cek Saldo Lewat SMS Banking BNI

Cara SMS banking BNI yang pertama ialah pengecekan saldo di rekening BNI milikmu. Berikut langkah cara cek saldo BNI lewat SMS Bnaking :

1. Buka Layanan Perpesanan di Hp

Sebelumnya, pastikan dulu Kamu mempunyai pulsa untuk bertransaksi. Kemudian, buka aplikas message atau pesan di hp lewat iOS maupun android.

2. Ketik Syntax SMS

Untuk melakukan transaksi cek saldo, Kamu hanya perlu mengetikkan format “SAL” (tanpa tanpa petik) lalu kirimkan ke nomor 3346.

3. Tunggu Balasan dari Rekening BNI

Kamu selanjutnya bisa mendapatkan balasan langsung dari 3346, dimana isinya berupa sisa saldo tabungan BNI-mu.

Cara SMS Banking 2 : Transfer SMS Banking BNI

Jika Kamu ingin mentransfer uang, entah itu ke pengguna bank BNI ataupun antar bank, berikut caranya :

1. Buka SMS di Hp

Pastikan Kamu mempunyai pulsa untuk bisa bertransaksi lewat SMS Banking BNI. Kemudian buka aplikasi SMS atau pesan di hpmu, entah itu di iOS atau android.

2. Ketik Format SMS Transfer

Jika Kamu ingin mentransfer ke sesama rekening BNI menggunakan berita, Kamu tinggal mengetikkan format : TRANSFER (spasi) nomor rekening tujuan (spasi) nominal transfer (spasi)#Berita# dan kirimkan ke nomor 3346.

Sementara, jika ingin transfer ke sesama BNI tanpa memakai berita, ketikkan format : TRANSFER (spasi) no.rekening tujuan (spasi) nominal transfer (spasi) nomor hp penerima. Kemudian kirim ke nomor 3346.

Apabila ingin mentransfer ke bank lain atau ke antar bank, ketikkan saja format berikut : TRANSFER(spasi)ANTARBANK(spasi)kodebank+rekeningtujuan(spasi) nominal transfer (spasi)## dan kirimkan ke nomor 3346.

Biaya Pengiriman SMS Banking

Seperti sudah kita singgung di atas, dimana setiap memulai transaksi lewat SMS Banking, Kamu harus sudah memiliki pulsa terlebih dahulu. Karena untuk melakukan transaksi ini, Kamu akan dibebankan biaya pulsa untuk memakai SMS Banking.

Bank BNI juga biasanya mengenakan biaya sekitar Rp. 300 sampai Rp. 400 untuk pengiriman SMS melalui provider Telkomsel. Sedangkan melalui provider lainnya, akan dibebankan biaya Rp. 250 hingga Rp. 400.

Selain itu, ada pula biaya pesan SMS dengan rincian berikut :

  • Transaksi nonfinansial melalui provider Telkomsel sebesar Rp. 600 sampai Rp. 660.
  • Melakukan transaksi non finansial menggunakan provider lainnya, akan dibebankan biaya Rp. 300 hingga Rp. 650.
  • Kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp. 1.200 sampai Rp. 1.320 jika ingin melakukan transaksi finansial melalui provider Telkomsel.
  • Sedangkan transaksi finansial memakai provider lainnya akan dibebankan pulsa senilai Rp. 935 sampai Rp. 1.300.

Biaya Admin SMS Banking BNI dan Limit Transaksi

Informasi yang satu ini juga harus diketahui, jika Kamu ingin memakai SMS Banking BNI untuk bertransaksi. Bank BNI biasanya akan memberlakukan biaya admin dan limit untuk nasabah yang ingin bertransaksi lewat SMS banking.

  • Melakukan transfer ke sesama bank BNI, tidak akan dikenakan biaya admin, sedangkan limit transaksinya mencapai Rp. 10 juta.
  • Transfer antar bank akan dibebankan biaya admin sebesar Rp. 6.500 dan limit transaksinya senilai Rp. 10 juta.
  • Untuk pembayaran kartu kredit biasanya pada bank lain akan dibebankan biaya Rp. 7.500, sedangkan kartu kredit BNI gratis. Adapun limit transaksinya berdasarkan angka tagihan saja.
  • Pembayaran listrik akan dikenakan biaya admin Rp. 3.500 dengan limit transaksi sesuai angka tagihan.

Itulah beberapa langkah cara SMS Banking BNI dan beberapa informasi terkait limit, biaya admin SMS banking BNI dan biaya untuk kirim SMS. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts