Cara Masuk Akun Belajar ID

Cara Masuk Akun Belajar ID

Belajar.id merupakan salah satu situs khusus pembelajaran bagi peserta didik, pengajar, dan tenaga pengajar yang berasal dari berbagai macam satuan Pendidikan, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD). Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Luar Biasa (SLB) dan yang sederajat berdasarkan tingkatan. Simak cara masuk akun belajar id disini!

Setiap peserta didik maupun pengajar akan mendapatkan Akun Pembelajaran yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun untuk kepentingan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu kelebihan dari belajar.id adalah bisa mengakses platform Kemdikbudristek sekaligus dapat mengakses berbagai aplikasi yang terintegrasi. Dengan demikian dapat mempermudah proses kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung, sehingga bisa dilakukan dengan cara jarak jauh. Mengingat pembelajaran dilakukan dalam jarak jauh, hal yang penting wajib diperhatikan yaitu kekuatan sinyal dan kuota, sehingga bisa membuat proses pembelajaran bisa berjalan optimal.

Fitur-Fitur Situs Belajar.id

Ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar dengan menggunakan situs Belajar.id. Berikut fitur-fitur situs belajar.id :

1. Melakukan Panggilan Video

Dengan menggunakan fitur ini, maka kegiatan belajar mengajar bisa diharapkan menjadi lebih interaktif ketika pembelajaran dilakukan via online. Panggilan video akan memperlihatkan seorang tutor mengajarkan materinya dalam bentuk video dan suara yang disampaikan kepada siswanya.

Guru yang menggunakan fitur panggilan video juga memungkinkan untuk dapat merekam video pembelajaran dengan muda. Satu hal yang perlu di perhatikan adalah setiap orang yang menggunakan fitur panggilan video harus memiliki akun google sebagai syarat untuk mengaksesnya.

2. Rapor Pendidikan

Melalui fitur rapor Pendidikan, memungkinkan guru atau tenaga pendidik  dapat menampilkan data-data khusus untuk satuan Pendidikan. Ini bisa didapatkan dari berbagai assesment maupun berdasarkan survei secara nasional.

Fitur rapor Pendidikan bertujuan untuk lebih menyempurnakan Rapor Mutu. Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi, merefleksikan data, serta melakukan pembenahan terhadap kualitas Pendidikan Indonesia.

3. Aplikasi Merdeka Mengajar

Adanya fitur ini bisa membantu tenaga pengajar melakukan mengidentifikasi kemampuan muridnya. Tenaga pendidik juga dapat melakukan berbagai evaluasi dan peningkatan pembelajaran dengan mengadakan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa.

4. Penyimpanan Daring

Fitur satu ini digunakan untuk melakukan pencadangan file, penyimpanan berbagai file pembelajaran, membagikan file dan mengakses file pembelajaran hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer.

5. Kelas Online

Seperti namanya, fitur kelas online digunakan untuk melakukan serangkaian pembelajaran, diskusi dan melakukan komunikasi dua arah dari tenaga pendidik ke siswa atau anak didiknya.

6. Chromebook

Fitur selanjutnya adalah Chromebook yang secara khusus dibuat untuk membantu menyelesaikan aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran dengan akses yang mudah dan cepat.

7. SIMPKB

Fitur SIMPKB dikhususkan bagi tenaga pengajar untuk manajemen pengembangan baik itu keprofesian pengajar maupun untuk keberlanjutan.

8. Rumah Belajar

Fitur ini biasa disebut dengan portal pembelajaran yang didalamnya menyediakan bahan pembelajaran maupun fasilitas komunikasi yang sangat mendukung proses interaksi komunitas terkait yang saling berhubungan.

Rumah Belajar adalah salah satu bentuk inovasi di era industri 4.0 yang bisa dimanfaatkan baik oleh siswa maupun tenaga pengajar.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur pada situs belajar.id yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan pembelajaran siswa maupun guru. Sebut saja TanyaBos, yang digunakan untuk sharing pengalaman dalam bentuk forum dan fitur lainnya yang bermanfaat. Adapun fitur-fitur yang disebutkan di atas merupakan fitur unggulan yang terdapat pada situs belajar.id.

Cara Masuk Akun Belajar id

Cara Masuk Akun Belajar ID
Masuk Akun Belajar ID

Tutorial Masuk Akun Belajar id

Banyaknya fitur yang ditanamkan pada akun Belajar.id, tentu saja kalian dapat memanfaatkan situs belajar.id untuk optimalisasi pembelajaran. Hal ini sudah di tentukan oleh Peraturan Pemerintah melalui pernyataannya yaitu mendukung segala akivitas pembelajaran melalui berbagai metode pembelajaran. Lantas, bagaimana cara masuk akun Belajar id?

Sebelumnya, kalian harus tahu bahwa Akun Pembelajaran diberikan kepada seluruh peserta didi, pendidik, maupun kepada tenaga kependidikan berbagai jenjang. Oleh karena itu, penting sekali memiliki Akun Pembelajaran agar bisa mengakses semua fitur untuk proses belajar mengajar.

Jika ingin masuk ke dalam situs belajar.id, maka setiap yang berkepentingan harus memiliki akun terlebih dahulu agar dapat leluasa mengakses semua fitur yang ada didalamnya. Simak tutorial cara masuk akun Belajar id berikut :

1. Cara Masuk Akun untuk Operator Satuan Pendidikan

Bagi operator satuan Pendidikan, kalian bisa mencoba cara masuk akun belajar id berikut dengan mengakses laman resmi kemendikbud. Ini ulasannya :

  • Buka terlebih dahulu laman pd.data.kemdikbud.go.id, silahkan login menggunakan akun yang sudah terdaftar. Jadi sebelumnya, kalian harus mendaftar terlebih dahulu.
  • Setelah itu, klik tombol download akun atau unduh akun, pilih bagian Peserta Didik atau PIK. Disana akan tersedia file CSV yang bisa di unduh, lengkap dengan nomor akun (user ID) dan password Akun Pembelajaran.
  • Bukalah file CSV tersebut, lalu berikan informasi akun berupa user ID dan password ke setiap pengguna yang bersangkutan. Caranya beritahukan secara pribadi, karena sifatnya sangat rahasia.

2. Cara Masuk Akun untuk Siswa, Guru, juga Tenaga Kependidikan

Bagaimana, sudah jelas dengan cara masuk akun belajar id bagi operator? Jika kalian tenaga kependidikan, siswa, maupun guru, yang sudah mendapatkan user ID dan password, tinggal masuk saja ke akun belajar id. Namun jika belum, silahkan cek ulasannya berikut :

  • Untuk mendapatkan akun berupa User ID dan juga password, maka baik siswa, guru, maupun tenaga kependidikan bisa memintanya dari pihak Operator Satuan Pendidikan yang ada disekolah masing-masing.
  • Silahkan buka laman mail.google.com dengan mengakses memakai akun masing-masing.
  • Pada laman tersebut, carilah pesan masuk yang akan dihubungkan dengan situs belajar.id, ada syarat dan ketentuan yang perlu kalian pelajari dan setujui.
  • Setelah selesai, maka Akun Pembelajaran sudah aktif dan siap digunakan.

3. Cara Masuk Akun untuk Pendidik dan Peserta Didik

Sekarang akun pembelajaran kalian sudah siap dipakai karena sudah aktif, untuk selanjutnya kalian bisa masuk kembali ke akun belajar id untuk melengkapi data-data yang tersedia. Cek cara masuk akun belajar id bagi pendidik dan peserta pendidik berikut :

  • Langkah pertama, masuk terlebih dahulu pada situs belajar.id
  • Setelah itu, silahkan isi data yang tersedia diantaranya : Nama Lengkap, Nama Ibu Kandung, Tipe Pengguna (peserta didik dan pendidik), Tanggal Lahir, dan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).
  • Jika sudah di isi semuanya, klik tombol yang bertuliskan Periksa Akun Pembelajaran.
  • Setelah semuanya diperiksa dan tidak ada kolom yang kosong maupun ada tulisan yang perlu diperbaiki, maka masuk ke tahap berikutnya.
  • Nanti kalian akan mendapatkan informasi mengenai Akun Pembelajaran yang sudah tersedia ataupun masih dalam proses.

Bagaimana, sudah paham kan tentang cara masuk akun belajar id? Kalian kini bisa mengikuti pembelajaran online atau jarak jauh dengan memakai akun belajar id. Selain itu, pastikan terlebih dahulu status akun kalian, apakah akun sudah aktif dan tersedia, akun tersedia namun belum aktif, akun tidak ditemukan dan lainnya. Jika ada kendala, silahkan konsultasikan ke pihak OPS (Operator Satuan Pendidikan) di sekolah kalian!

 

Related posts