Cara Reset Head Unit Mobil

Cara reset head unit mobil sebenarnya cukup mudah dilakukan. Head unit meurpakan system primer pada sistem audio mobil. Fungsi dari head unit ialah sebagai controller dan penghubung antara perangkat dengan penggunanya. Beberapa orang mungkin menyebut head unit mobil ini dengan nama “tape mobil”, meskipun saat ini fungsinya sangat luas, bahkan sudah tanpa memakai “tape” lagi, melainkan berbentuk USB flash memory, CD player, DVD player atau lainnya.

Sebagai salah satu pusat hiburan di mobil, head unit technology memang telah berkembang begitu pesat. Sebab awalnya hanya dapat memutar kaset dan radio, tapi kini sudah dapat terhubung pada smartphone serta perangkat lainnya lewat USB dan Bluetooth.

Akan tetapi, bagaimana bila head unit mobil mengalami error? Masalah yang terjadi dan menyerang bagian head unit sendiri cenderung bervariasi. Seperti unit yang mati sendiri, sulit terhubung pada perangkat smartphone, suara yang tidak jernih, bluetooth yang tidak terbaca, tidak mau menyala dan lainnya. Jika kondisi pada head unit mobilmu seperti ini, Kamu harus mencoba cara reset head unit mobil.

Cara Reset Head Unit Mobil

Cara Reset Head Unit Mobil
Reset Head Unit Mobil

Tutorial Reset Head Unit Mobil

Ada beberapa langkah cara reset head unit mobil sebagai solusi untuk mengatasi error pada unit ini. Dengan mereset head unit, maka akan lebih cepat memperbaiki permasalahan yang terjadi. Selain itu, biayanya pun lebih murah sebab Kamu melakannya sendiri tanpa bantuan montir.

Berikut beberapa langkah cara reset head unit mobil yang dapat Kamu lakukan :

Terkait:  Cara Reset Printer Epson L3110

1. Lepaskan Semua Kabel

Cara reset head unit mobil yang pertama yaitu Kamu harus melepaskan seluruh kabel di head unit. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Persiapkan semua alat yang diperlukan, semisal obeng minus, senter, dan obeng plus.
  • Lalu buka panel pada head unit secara perlahan.
  • Setelah terbuka, silahkan lepaskan seluruh kabel yang telah terhubung pada panel.
  • Kemudian lepaskan baut di dalam head unit.
  • Apabila seluruh bautnya telah terlepas, Kamu bisa mengangkat head unit.
  • Lepaskan kabel yang terhubung.
  • Lalu tunggu beberapa lama dan pasangkan semua kabel soket kembali ke tempatnya.
  • Pasangkan head unit kembali dan panel.

Kini Kamu sudah mereset head unit menggunakan cara melepaskan seluruh kabel.

2. Reset Head Unit Mobil dengan Melepaskan Semua Switch

Cara reset head unit mobil selanjutnya lebih mudah sebab Kamu cukup melepaskan seluruh switch pada head unit pada dudukannya. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Persiapkan peralatan yang diperlukan, sama saja seperti di atas, baik itu obeng plus, obeng minus dan juga senter.
  • Silahkan lepas bagian head unit dari dudukannya.
  • Lalu angkat serta lepaskan seluruh switch yang telah terpasang pada bagian belakangnya.
  • Kemudian tunggu sampai beberapa lama dan pasangkan lagi seluruh switch seperti sebelumnya.
  • Nyalakan kembali head unit dan cek apakah masalahnya telah berhasil diatasi atau masih error.

3. Reset Head Unit Mobil Memakai PIN

Cara reset head unit mobil selanjutnya ialah memakai PIN. Adapun langkah-langkahnya berikut :

  • Persiapkan pin yang biasa Kamu pakai untuk mengeluarkan SIM Card dari perangkat smartphone.
  • Kemudian nyalakan tape pada mobilmu untuk mereset.
  • Silahkan cek apakah terdapat lubang kecil di bagian atas lubang pada jack output.
  • Namun jika ada, masukkan pin pada lubang berukuran kecil tersebut.
  • Silahkan tekan lalu tahan hingga beberapa lama sampai layar pada head unit terlihat sedang mereset head unit.

Saat ini, Kamu telah berhasil mereset head unit mobil memakai PIN.

Terkait:  Cara Reset Laptop Windows 10

Cara Mengatasi Head Unit Error Lainnya

Selain itu, solusi untuk mengatasi terjadinya error pada head unit mobil lainnya ialah dengan mengetahui penyebabnya. Berikut ulasannya :

1. USB Tak Terbaca

Banyak masalah yang terjadi pada head unit error, yakni USB tak dapat terbaca bukan disebabkan oleh head unit bermasalah, melainkan kesalahan dari penggunanya. Yaitu dengan memilih kapasitas flashdisc. Mungkin kita sering memasang flashdisk berkapasitas mulai dari 4 GB hingga 8 GB. Ada pula yang membawa perangkat eksternal hard disc berkapasitas lebih dari 300 GB. Karena alasan dapat menyimpan film dan lagu. Inilah yang justru membuat perangkat head unit mobil tak bisa membaca data.

Sebab saat flashdisc terkoneksi pada USB, selanjutnya sistem pun akan membaca folder yang ada di dalamnya secara menyeluruh. Hal ini tentu saja memerlukan memori dan daya yang cukup besar di dalam head unit. Justru sebenarnya USB mobil dirancang hanya untuk kapasitas yang ringan dan tidak terlalu besar. Oleh karena itu, akan muncul tulisan system error atau USB not suppor. Jadi, langkah amannya ialah pakai flashdisc berkapasitas 2 GB. Sebab head unit tak bisa menampung data lebih besar untuk pembacaan.

3. CD Skip

Masalah yang terjadi pada komponen head unit lainnya ialah CD skip, kita sudah sering menjumpainya pada saat perjalanan jauh. Ada 2 faktor penyebab yaitu pada komponen eksternal dan internal head unit. Faktor internal sendiri sebabkan mata optik yang tidak lancar saat membaca file di dalam DVD atau CD. Faktor penyebabnya bisa dikarenakan pengembunan atau kotor akibat kelembaban AC yang terus menyala.

Adapun solusinya, Kamu harus membersihkan optik menggunakan Disc Claner. Adapun penyebab keduanya yaitu pada kualitas disk. Silahkan cek apakah CD-nya berdebu atau kotor. Selain itu, bisa juga akibat kualita DVD yang bajakan dengan ketebalan yang tidak memenuhi standar.

Terkait:  Cara Reset Password Wifi Indihome

Biasanya ketebalan pada DVD bajakan bisa lebih tipis atau lebih tebal dibandingkan disk orisinil, karenanya optik kesulitan membaca disebabkan oleh CD bergelombang karena kepanasan.

4. GPS Mobil Ngehang

Sekarang ini, ada banyak komponen head unit dengan kelengkapan navigasi. Jika GPS mobilmu tiba-tiba saja ngehang. Mungkin disebabkan oleh terlalu panasnya head unit akibat durasi penggunaan terlalu lama. Terlebih lagi jika beban pada head unit tidak hanya untuk menjalankan GPS melainkan juga memutar DVD atau radio yang terhubung pada monitor head reset.

Dengan demikian, kinerja dari head unit secara otomatis semakin berat akibat banyaknya sumber memori yang diperlukan. Faktor penyebab lainnya karena sinyal GPS dan satelit terganggu,sebab melewati spot penerimaan sinyal satelit.

Sebagai solusinya, Kamu bisa nonaktifkan head unit selama beberapa saat. Kemudian lepaskan kartu SD Card GPS, kemudian pasang lagi SD Card GPS. JIka sudah dingin silahkan nyalakan lagi. Sesudah GPS hidup, cari opsi set up GPS, kemudian pilih opsi folder GPS.

5. Speaker Mobil Mati

Penyebab speaker mobil mati ini cukup kompleks. Kamu harus mengecek apakan sistem audio pada mobil memakai sistem amplifier atau justru bukan. Bisa saja penyebabnya dari sistem perkabelan apabila tidak memakai power. Selain itu juga bisa akibat penyambungan tak disolder. Jadi terkadang nyambung, dan terkadang juga tidak yang menyebbakan suara menjadi hilang.

Itulah beberapa langkah cara reset head unit mobil dan solusi lainnya untuk mengatasi head unit yang error. Semoga bermanfaat!

Related posts