Cara Factory Reset iPhone

Kasus yang terkadang dialami oleh para pemilik hp, membuat sebagian pengguna diharuskan untuk melakukan cara factory reset iPhone. Sebenarnya, hal tersebut tidak hanya berlaku di produk keluaran Apple Inc saja. Bahkan, ponsel jenis Android sekalipun, pasti kalian pernah mengalaminya. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui apa saja pemicu kejadian reset di hp.

Ada lebih dari satu penyebab yang membuat ponsel kalian mengalami reset otomatis. Padahal, saat itu kamu sedang memainkan hpnya dan masih dalam kondisi baik-baik saja. Tetapi, tiba-tiba hp menunjukkan sedang menjalankan proses reset. Biasanya, pemicu dari permasalahan tersebut, disebabkan oleh lupa password atau bisa juga terdeteksi virus. Beda dengan restart.

Perbedaan Istilah Reset vs Restart

Sadarkan kalian? kalau di sekitarmu mungkin saja orang lain masih sulit membedakan ketika hpnya sedang mengalami proses reset atau restart. Dipikirannya, kedua hal tersebut sama. Ya, tidak heran kalau mereka melakukan reset, tetapi menyebutnya dengan istilah restart. Soalnya, saat keduanya dilakukan, perangkat akan berada dalam kondisi nyala. Tetapi, black screen.

Pengguna hanya akan melihat logo dari merek hp yang digunakan, atau terlihat adanya proses reset yang sedang berlangsung. Oleh sebab  itu, reset sering kali didefinisikan sebagai kondisi ketika perangkat yang digunakan kembali ke mode awal pabrik. Dimana, data-data yang telah kalian simpan sebelumnya ke dalam perangkat, seketika akan hilang. Kalau kamu pilih reset.

Berbeda dengan istilah restart. Situasi ini, membuat perangkat yang digunakan hanya berada dalam mode mati sejenak. Dengan sendirinya, perangkat akan kembali hidup seperti semula. Selain itu, tidak akan ada data yang terhapus atau tiba-tiba menghilang. Umumnya, pemilihan restart dilakukan ketika device tersebut mengalami kondisi lag atau hang seketika.

Terkait:  Cara Cek iPhone Ori

Cara Factory Reset iPhone

Cara Factory Reset iPhone
Cara Factory Reset iPhone

Cara Factory Reset iPhone 6

iPhone memang memiliki pengaturan istimewa yang tidak kalian temukan pada jenis Android. Oleh sebab itu, penanganan untuk memperbaiki kondisi lag atau sekedar lupa password hpmu,  juga akan berbeda. Mau tidak mau, kalau hal tersebut sudah terjadi. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah, melakukan reset pada iPhone. Caranya mudah, tetapi data hilang.

Cara factory reset iPhone 6. Ternyata, melakukan reset pada iPhone terdapat 2 macam. Kamu, bisa memilih melakukannya dengan soft  atau hard. Nanti, kalau pemilihannya soft. Maka, di hp kalian akan muncul sistem reboot atau sering juga disebut dengan restart. Otomatis, data di dalam hpnya tetap. Berbeda dengan model hard yang membuat seluruh datanya terhapus.

  1. Pastikan iPhone telah melakukan sistem backup data sebelum direset
  2. Koneksikan iPhone dengan jaringan internet, disarankan Wi-Fi
  3. Teliti kembali permasalahan yang dialami pada iPhone
  4. Tidak lupa dengan akun iCloud atau iTunes kalian
  5. Lakukan soft reset terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan hard reset.

Cara Factory Reset iPhone Secara Soft

Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu kalian terapkan, ketika hendak melakukan proses reset sebagian. Supaya, data-data yang tersimpan di dalam iPhone kamu tidak lenyap. Simak penjelasan selengkapnya, di bawah ini:

  1. Tap and hold tombol perintah ke Home + Sleep dalam waktu yang bersamaan
  2. Tunggu sekitar 10 detik, sampai muncul black screen di iPhone kalian
  3. Diamkan beberapa saat, maka logo Apple akan muncul kembali di layar
  4. Biarkan sejenak, sampai proses restart iPhonemu selesai
  5. Setelah itu, coba usap layar iPhone untuk memastikan proses restart telah selesai.

Selain instruksi soft reset yang telah disebutkan di atas. Ada juga cara mereset sebagian data atau pengaturan di iPhone lainnya. Lakukan caranya seperti ini:

  1. Buka menu “Settings atau Pengaturan” iPhone
  2. Klik opsi “General” dengan ikon gear
  3. Scroll ke bawah, dan pilih “Reset”
  4. Laman berikutnya, kalian klik “Reset All Settings” (tidak menghapus data)
  5. Klik kembali opsi “Reset All Settings” untuk mengatur ulang pengaturan
  6. Tunggu sampai proses reset selesai.
Terkait:  Cara Buat Ringtone iPhone

Otomatis, pengaturan custom yang sebelumnya telah kalian lakukan akan kembali ke setting awal. Kemudian, kalau prosesnya telah berhasil, maka kamu perlu memasukkan ulang kata sandi atau password iPhone. Gunakan bantuan dari koneksi jaringan internet Wi-Fi, ketika melakukannya. Lakukan proses pengaturan secara ulang, terhadap izin aplikasi dan notifikasi.

Cara Factory Reset iPhone 11

Produk iPhone series 11, diketahui memilki beberapa keunggulan yang pastinya lebih tinggi dari seri 6. Pertama kali rilis pada tahun 2019 silam, sudah dilengkapi dengan chipset Apple A13 Bionic dengan RAM sebesar 4 GB. Melalui harga Rp 12 jutaan tersebut, kalian sudah mendapatkan layar dengan resolusi 828 x 1792 piksel. Baterai awet, dan support waterproof.

Cara factory reset iPhone 11 ini, bisa juga kalian adaptasikan ke series iPhone lainnya. Kamu, akan temukan cara mereset ponsel dengan jenis hard. Nantinya, seluruh data yang tersimpan di dalam ponsel tersebut akan hilang (like new). Seseorang, seringkali melakukan hal tersebut ketika dirinya ingin menjual perangkat iPhone yang dimiliki. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu “Settings”
  2. Ketuk opsi “General” > temukan pilihan “Reset”
  3. Pilih “Reset All Content & Settings”
  4. Konfirmasi ulang, dengan klik “Erese iPhone”
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dengan sendirinya
  6. Setelah proses selesai, akan muncul tulisan “Hallo” di layar

Factory reset atau lebih sering dikenal dengan istilah hard reset ini, menjadi penanda penting kalau perangkat tersebut sudah kamu kembalikan ke mode pengaturan dari pabrik. Semua file maupun konten yang terdapat di dalam memori penyimpanan ponsel, akan terhapus.Oleh sebab itu, kalian disarankan untuk melakukan cadangkan data sebelum lakukan reset. iCloud.

iCloud dan Kegunaannya

Aplikasi bawaan yang hanya dimiliki oleh perangkat keluaran dari Apple, yaitu salah satunya adalah iCloud. Selain itu, tersedia juga iTunes. Layanan tempat penyimpanan backup data via daring yang lebih sering digunakan oleh para pengguna iPhone tidak lain ya iCloud. Pertama kali dikembangkan pada tahun 2011. Kemudian, mulai stabil dengan versi 2.1.1, tahun 2012.

Terkait:  Cara Merekam Layar iPhone

iCloud merupakan salah satu fitur tambahan yang telah diprogram oleh perusahaan Apple dan memiliki banyak fungsi. Mulai dari tempat penyimpanan file, data, kata sandi, foto, hingga berbagai catatan penting lainnya bisa kamu simpan tanpa perlu khawatir akan keamanan yang tersedia di dalamnya. Selain itu, pembaharuan layanannya juga berlangsung dengan otomatis.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang disajikan oleh fitur iCloud kepada para user iPhone. Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Menyediakan ruang penyimpanan gratis secara online, hingga 5 GB per akun
  • Integrasi yang lancar, untuk dihubungkan ke perangkat lain dengan OS Windows
  • Informasi yang selalu up to date, dan langsung bisa kalian lihat juga melalui device Apple lainnya (Mac, iPod, iPhone)
  • Sharing data secara gratis, dan mudah ke kerabat maupun keluarga
  • Tersedia beragam fitur lainnya, seperti dukungan untuk video HomeKit secara aman. Ada juga layanan agar pengguna dapat menyembunyikan alamat surel
  • Akses di berbagai perangkat Apple, dengan tingkat kemanan yang tinggi. Mulai dari enkripsi, hingga autentikasi account dual faktor.

Itulah beberapa cara factory reset iPhone di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next topics. Have a good rest, and bye bye..

Related posts