Cara Membuat Linktree Instagram

Instagram termasuk platform media sosial paling tepat dalam menciptakan brand awareness. Karenanya penting untuk mencantumkan seluruh link bisnis dalam profil IG. Hanya saja, kalian hanya dapat memuat satu tautan di profil IG. Dengan cara membuat linktree Instagram, kalian dapat mencantumkan banyak link di IG.

Linktree merupakan tools yang menarik dan powerfull. Dengan mencantumkan tautan profil IG sangat penting dilakukan. Saat audiens mulai tertarik dengan postingan IG kalian, maka mereka dapat membeli produk lebih mudah dengan mengklik link Instagram.

Read More

Tentang Linktree

Linktree bisa dibilang sebagai platform untuk meletakkan banyak link hanya pada satu tautan saja. Melalui linktree ini, kalian dapat mencantumkan link pada WhatsApp, website bisnis dan marketplace hanya pada satu tautan.

Kalian bisa meletakkan link tersebut di banyak media atau platform yang kalian miliki. Tidak hanya link untuk bisnis yang bisa dicantumkan, tetapi linktree juga dapat dimanfaatkan untuk banyak tujuan. Dengan linktree, kalian bisa meningkatkan traffic pada tiap link yang dimiliki, entah itu di media sosial, marketplace maupun website.

Lantas, apakah layanan linktee berbayar? tentu saja tidak alias gratis. Namun, ada beberapa pilihan fitur tertentu yang hanya bisa dipakai untuk versi berbayar. Walaupun demikian, kalian bisa tetap memanfaatkan berbagai macam fitur dasar meskipun memakai versi gratis.

Terkait:  Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Jika memakai linktree berbayar, maka kalian bisa memakai berbagai macam fitur seperti video links, unlimited linkslink thumbnails, leap link maupun yang lainnya. Kalian juga dapat menganti latar pada tampilan linktree tergantung keinginan.

Cara Membuat Linktree Instagram

Cara Membuat Linktree Instagram
Tutorial Membuat Linktree Instagram

Jika kalian sudah memahami tentang linktree dan fitur-fiturnya, kini kalian bisa mencoba cara mendaftar linktree gratisan dan cara membuat linktree Instagram dengan mudah. berikut ulasannya :

1. Masuk ke Situs Linktree

Cara membuat linktree Instagram yang pertama yaitu kalian perlu mengakses website resmi linktree terlebih dahulu. Website ini dapat kalian akses via link ini untuk melakukan pendaftaran linktree. Jika situs web telah terbuka tekan opsi Get Started for Free jika ingin membuat akun pada linktree.

2. Buat Akun Linktree

Jika tombol bertuliskan Get Started for Free telah diklik, langkah berikutnya kalian akan langsung diarahkan untuk melakukan pendaftaran linktree gratis. Sebenarnya cara pembuatan akun linktree sangat mudah, kalian hanya akan diminta melakukan pengisian akun email, password beserta username yang dipakai.

Jika semua data sudah diisi, tekan register jika kalian ingin mendaftar linktree secara gratis.

3. Isi Informasi Akun

Setelah seluruh data terisi, kemudian mendaftarkannya, kalian selanjutnya akan diminta melengkapi informasi tentang akun linktree. Misalnya dengan mengisi brand atau nama serta memilih kategori tergantung keperluan linktree bisnis. Sesudah terpilih kategori linktree, kalian cukup ketuk i’m not a robot dan ketuk continue.

4. Tekan Plan Linktree

Jika cara membuat linktree Instagram di atas sudah selesai, kalian akan diminta memilih opsi plan linktree maupun versi akun linktree yang akan dipakai. Ada 2 pilihan akun linktree yang dapat kalian pilih, diantaranya berbayar dan gratis.  Untuk versi berbayar, kalian akan direkomendasikan linktree versi pro yang harganya senilai Rp. 49 ribu.

Terkait:  Cara Membuat Linktree di Instagram

Adapun perbedaan antara keduanya dilihat dari fitur yang bisa diakses. Dalam versi gratisan, kalian hanya memperoleh beberapa fitur dasar, diantaranya jumlah klik, unlimited links, tema linktree maupun lainnya. Sementara untuk pemakaian fitur lebih banyak lainnya, kalian harus memakai versi berbayar.

Apabila kalian telah memilih mana versi yang akan dipakai, ketuk sign up jika ingin melanjutkan pada langkah pembuatan linktree Instagram berikutnya.

5. Melakukan Verifikasi Email

cara membuat linktree Instagram berikutnya ialah kalian akan diminta melakukan verifikasi, nantinya akan dikirimkan via email. Apabila kalian telah menerima akun email untuk melakukan verifikasi, tekan verify email jika ingin melanjutkan pada cara berikutnya. Sesudah email terverifikasi, kalian pun sudah selesai membuat akun linktree.

6. Membuat Tautan Pada Linktree

Cara membuat linktree Instagram selanjutnya adalah loginke dalam akun Instagram terlebih dahulu. Jika sudah, akses menu dashboard pada linktree dalam membuat tautan. Untuk membuat linktree, tekan add new link di halaman dashboard.

Jika sudah, masukkan link untuk ditautkan pada linktree. Kalian dapat memasukkan beberapa link sekaligus. Selanjutnya, kalian juga dapat melihat munculnya card baru. Pada card tersebut biasanya terdiri atas kolom yang bisa diisi oleh title serta URL pada setiap link untuk dimasukkan ke linktree.

7. Membagikan Linktree Pada Media Lain

Setelah cara membuat linktree Instagram di atas selesai, selanjutnya tautan tersebut bisa dibagikan ke dalam media sosial yang lainnya. Kalian bisa share alamat linktree ke seluruh koneksi yang kalian miliki, entah itu linkedin, media sosial, Whatsapp, email dan sebagainya. Di samping itu, kalian juga dapat membagikan tautan tersebut ke QR Code.

Kalian juga dapat mencantumkan ke dalam profil Instagram guna mempermudah audiens untuk mengunjungi seluruh platform bisnis kalian. Lewat linktree, maka kalian dapat melihat banyaknya jumlah orang yang ikut mengklik tautan yang telah dibagikan.

Terkait:  Cara Melihat Orang Yang Stalking Instagram Kita

Apa Kegunaan Linktree Pada IG?

Bisa dikatakan bahwa linktree merupakan tools penting bagi bisnis online. Dengan menautkan linktree pada profil IG,  maka bisa membantu kalian meningkatkan penjualan dan traffic, tidak hanya pada satu media saja. Berikut beberapa manfaat dan kegunaan yang bisa kalian rasakan setelah membuat linktree.

1. Dapat Meningkatkan CTR

Linktree bisa membuat jumlah Click Through Rate atau CTR dimana setiap link jadi meningkat dengan memberi banyak opsi akses. Membuat linktree dapat mempermudah audiens untuk mengakses platform kalian hanya dengan sekali klik link saja.

Dengan jumlah CTR yang semakin tinggi, tentu saja semakin berpeluang besar meningkatkan penjualan.

2. Berpromosi Lintas Platform

Kelebihan lain yang dapat kalian peroleh melalui pemakaian linktree adalah dapat membantu kalian melakukan promosi lewat lintas platform. Sebab linktree memungkinkan kalian dapat mengorganisir berbagai macam tautan, seperti tautan e-commerce atau website, kontak pada Whatspp, pada halaman FB dan sebagainya.

Sehingga pengikut atau pengguna sosial media kalian bisa memilih apa saja platform yang akan diakses untuk dapat menjangkau brand kalian. Selain itu, linktree bisa juga memberitahukan kepada audiens jika brand kalian aktif di berbagai sosial media.

3. Dapat Menjangkau Audiens Lebih Banyak

Dengan linktree, maka kalian bisa menjangkau audiens lebih banyak. Hal ini dikarenakan, linktree dapat memungkinkan kalian menampilkan banyak tautan sesuai karakteristik audiens. Sehingga audiens dapat memilih link sesuai kebutuhan. Sehingga, kalian tidak perlu repot-repot melakukan personalisasi banyak platform, karena audiens bisa memilihnya dengan leluasa.

Memang ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan cara membuat linktree Instagram, atau di media sosial lainnya. Dengan begitu, bisa berpotensi meningkatkan penjualan bisnis kalian menjadi lebih mudah. Inilah yang membuat linktree sangat berguna bagi bisnis online. Oleh karena itu, sayang jika tidak memanfaatkan linktree sebagai salah satu strategi marketing kalian!

Related posts