Cara Pasang GPS di HP

Cara Pasang GPS di Hp

Bagaimana cara pasang GPS di hp? GPS merupakan fitur untuk mendeteksi lokasi Hp yang dilakukan oleh satelit. Sehingga dengan mengaktifkan layanan GPS, maka perangkat smartphone secara otomatis dapat diketahui keberadaannya. Tapi sayang, tak sedikit orang lebih memilih menonaktifkan fitur yang saut ini. Hal tersebut mungkin disebabkan GPS hanya dianggap menambah konsumsi penggunaan daya baterai hp saja.

Padahal sebenarnya teknologi GPS justru sangat menguntungkan. Sebab dengan keberadaan GPS, ada banyak kegunaan yang dapat diperoleh. Diantaranya seperti mengetahui keberadaan ponsel, seperti yang telah kita singgung. Lalu, bagaimana cara pasang GPS di hp?

Read More

Cara Pasang GPS di HP

Cara Pasang GPS di Hp
Pasang GPS di Hp

Tutorial Pasang GPS di HP

GPS merupakan kependekan dari Global Positioning System sebagai sistem yang dapat mempermudah navigasi. Dengan memasangnya di ponsel, maka pengguna dapat menentukan lokasinya dengan mudah dan praktis. Pasalnya penggunaan GPS ini dapat berguna untuk berbagai hal, diantaranya sebagai software navigasi, ride sharing, dan game berbasis augmented reality. Akan tetapi, orang-orang kebanyakan menyematkannya untuk melacak di hp mereka.

Adapun fungsinya tak lain ialah untuk mengetahui dan memantau keberadaan lokasi seseorang yang diinginkan. Adapun langkah cara pasang GPS di hp, diantaranya :

1. Download Aplikasi Pelacak

Perkembangan teknologi di zaman sekarang memungkinkan banyak pengembang berinovasi untuk menghadirkan aplikasi pelacak. Jika Kamu termasuk pengguna gadget dengan fitur GPS, seperti perangkat iPhone atau android, mungkin Kamu akan menjumpai sejumlah aplikasi pelacak.

Kamu bisa memperoleh aplikasi ini dengan mengunduhnya dari App Store atau Google Play Store. Banyak pilihan aplikasi pelacak di aplikasi tersebut, diantaranya seperti Mobiwee, Google Latitude, Pocket-Nanny, atau iLocalis.

Untuk memasang GPS di ponsel, Kamu harus mengunduh dan menginstalnya aplikasi pelacak yang diinginkan di hpmu. Sesudah itu, Kamu juga bisa menginstal aplikasi serupa di hp seseorang yang ingin Kamu pantau keberadaannya.

Tujuannya ialah supaya hpmu terhubung pada seseorang yang ingin dilacak. Sehingga, Kamu bisa lebih mudah untuk memantau orang yang dimaksud tiap detik atau menitnya.

Selain itu, aplikasi tracking juga dapat diatur untuk menginstal kunci pengaman. Ini dapat dijadikan antisipasi terbaik saat smartphone-mu tertinggal atau hilang, sehingga tak ada lagi orang yang dapat mengaksesnya.

2. Menginstall Software

Cara pasang GPS di hp berikutnya jika Kamu ingin fitur lebih mumpuni dibandingkan pasang GPS Apps gratisan di ponsel yang Kamu unduh di Play Store, Kamu bisa menggunakan opsi lain memakai software.

Software tersebut tentu saja bukan aplikasi yang ada di Play Store, tetapi Kamu bisa mendapatkannya dengan cara membelinya lebih dulu. Software pelacak tersebut biasanya dapat diperoleh di situs web jual beli.

Apabila Kamu mempunyai incaran web jual beli terpercaya, sebaiknya pastikan kepercayaan dan keasliannya. Sehingga Kamu tak akan tertipu oknum yang hanya menjual produk palsu.

Untuk kemudian, ketika sudah menemukan software yang tepat, sebaiknya segera melakukan pengecekan lebih dulu. Silahkan tinjau fitur spesifikasi dan fitur yang ada di software yang dimaksud sebelum menggunakannya.

Software tracking dapat Kamu sambungkan dari hp ke program PC-mu. Dengan begitu, Kamu bisa melakukan pemantauan terkait petunjuk arah di GPS software. Jika Kamu sudah menjalankan software tracking ini, Kamu dapat melacak pergerakan hp yang terhubung pada PC.

Jika Kamu sudah mengetahui bagaimana cara pasang GPS di hp, Kamu tak perlu khawatir lagi jauh-jauh dari anak, orang tua atau pacar. Kamu dapat memantaunya kapanpun menginginkannya.

Rekomendasi Aplikasi GPS Gratis

Jika Kamu sudah memahami cara pasang GPS di hp dan fungsi GPS tracker di Hp seperti untuk melacak keberadaan seseorang, kini kita akan membahas rekomendasi aplikasi GPS. Ada beberapa aplikasi GPS tracker yang bisa Kamu gunakan atau unduh di Google Play Store atau App Store. Berikut diantaranya :

1. Glympse

Salah satu aplikasi GPS tracker gratis yang bisa membantumu mengetahui lokasi seseorang yaitu dengan menggunakan Glympse. Bahkan dengan aplikasi ini memungkinkanmu dapat bertatap muka bersama orang yang Kamu maksud. Glympse telah dilengkapi oleh petunjuk arah dan kemampuan dari destination picker.

Sebenarnya untuk menggunakan aplikasi Glympse sendiri cukup mudah. Kamu tak perlu melakukan pendaftaran atau sign up, cukup unduh saja aplikasinya di smartphone. Kamu pun bisa memakai aplikasi tersebut secara langsung. Program ini sangat cocok bagi petualang sebab bisa mengirimkan informasi terkait lokasi terakhir orang yang Kamu ingin ketahui keberadaannya.

2. IDTrack

IDtrack adalah aplikasi yang ditujukan bagi orang-orang yang mempunyai usaha rental mobil. Kamu harus tahu bahwa aplikasi yang satu ini telah dikembangkan studio pengembang tracking apps dari Indonesia dan dianggap mempunyai kualitas internasional.

Aplikasi IDtrack mempunyai banyak fitur unggulan, diantaranya seperti fitur pelacakan lokasi mobil dengan cara periode secara real time dan waktu selama 10 detik. IDtrack dapat memberikan laporan tentang perjalanan hingga 45 hari dalam file Excel dan dapat langsung dibaca di komputer atau laptop. Selain itu juga, dapat memberikan laporan kendaraan sudah terhenti, dan yang lainnya.

Di samping itu, IDtrack juga telah didukung oleh Google Maps, karenanya bisa memberitahukan lokasi kendaraan roda empat yang tengah dilacak kehadirannya secara akurat dan tepat.

3. Waze GPS

Aplikasi Waze GPS telah banyak dikenal di tanah air, bahkan negara-negara yang lainnya. Sebab Waze adalah aplikasi GPS tracker yang berbasis komunitas. Pasalnya fitur ini membuat penggunanya dapat saling berbagi kondisi lalu lintas, kecelakaan, cuaca dan informasi yang lainnya.

Waze ini ditujukan bagi pemilik mobil pribadi, terutama mobil. Maka dari itu, aplikasi ini belum dilengkapi oleh navigasi khusus bagi kendaraan lainnya, sebut saja seperti truk, sepeda serta transportasi umum.

Jika ingin memakai Waze, Kamu harus mempunyai jaringan internet aktif di smartpone-nya supaya bisa mengetahui informasi terbaru. Apabila koneksi internetnya sudah terputus, aplikasi ini tidak bisa menampilkan banyak informasi bagi penggunanya.

4. GPSKU

Aplikasi GPSKU berguna untuk memantau lokasi pergerakan kendaraan. Berbeda dengan IDTrack, aplikasi ini adalah aplikasi buatan anak bangsa. Aplikasi yang satu ini menawarkan banyak fitur unggulan, diantaranya fitur navigasi, playback history perjalanan transportasi 100 hari, map yang telah dilengkapi oleh street view dan yang lainnya.

5. Sygic

Aplikasi Sygic termasuk salah satu GPS tracker kendaraan mobil cukup populer yang ada di beberapa negara. Fitur unggulannya yaitu peta Tomtom sebagai navigasi andalan dari Sygic, bahkan dapat dipakai secara offline.

Di samping itu, ada pula fitur-fitur andalan lain, seperti voice guide direction, turn by turn, layanan cari rute alternatif dan fitur catatan tentang batas kecepatan kendaraan.

Berdasarkan penjelasan terkait cara pasang GPS di hp di atas dan beberapa aplikasi GPS tracker di atas, bisa disimpulkan bahwa GPS tracker adalah sebuah aplikasi wajib bagi setiap orang. Di samping untuk melakukan pelacakan lokasi keberadaan seseorang atau sesuatu, ada banyak manfaat dari GPS tracker lainnya. Seperti mencegah pencurian, alat monitoring penyadap atau suara dan lainnya.

Related posts