Cara Oper Gigi Mobil Manual

Bagaimana cara oper gigi mobil manual? Saat Kamu baru belajar mengemudikan mobil, sebenarnya ada hal-hal penting yang kerap membuat kita khawatir saat duduk di kursi kemudi. Diantaranya ialah penyesuaian feeling antara lebar kendaraan dengan jalan, pengaturan keseimbangan antara kopling dan gas supaya mesin tidak mati, hingga mengoper gigi ketika melaju.

Semua hal tersebut pastinya harus dipelajari serta dipraktekkan secara rutin, tujuannya agar lebih lancar, sehingga Kamu bisa lebih mahir lagi mengemudikan mobil. Adapun hal yang kerap menjadi kendala para pemula ialah cara melakukan oper gigi mobil manual yang dirasa cukup sulit.

Read More

Hal ini dikarenakan, para pengemudi pemula kurang begitu hafal terkait posisi dan cara pemindahan gigi. Sehingga hal tersebut menjadi kendala saat berlatih mengemudi di jalan raya.

Cara Oper Gigi Mobil Manual

Cara Oper Gigi Mobil Manual
Oper Gigi Mobil Manual

Panduan Oper Gigi Mobil Manual

Sebelum Kamu belajar mengemudikan kendaraan dengan sistem transmisi manual di jalan raya langsung, sebaiknya Kamu harus melakukan latihan untuk oper gigi mobil terlebih dahulu. Simulasikan sistem perpindahan gigi seperti halnya Kamu sedang mengemudikan kendaraan di jalan raya, dari gigi satu hingga gigi lima yang juga disertai dengan menekan kopling di tiap perpindahannya.

Di samping itu, Kamu harus mengetahui 3 hal penting dan Kamu bisa melakukannya sebelum pindah gigi mobil secara manual. Berikut ini :

  • Harus bersikap tenang, jangan panik dan grogi ketika mengoper gigi.
  • Selalu menginjak pedal kopling penuh dan angkat kaki dengan baik dari gas sebelum Kamu mengoper gigi.
  • Kenali dan pahami kondisi masuknya gigi dengan benar.
Terkait:  Cara Oper Gigi Mobil Matic

Sesudah Kamu memahami ketiga hal penting yang harus dikuasai ketika mengoper gigi mobil, maka langkah berikutnya ialah menghafal serta melancarkan panduan cara oper gigi mobil manual di bawah ini :

1. Posisi Gigi Netral

Letak gigi netral berada di tengah-tengah. Silahkan cek posisi tuas dalam kondisi gigi netral, dengan cara geser tuasnya ke kiri maupun ke kanan. Jika Kamu bisa memindahkannya dengan mudah dan ringan, maka sudah dipastikan posisi gigi dalam keadaaan netral. Di samping itu, apabila mobil sedang ada dalam posisi netral, tentu saja mobil tak akan dapat berjalan walaupun Kamu menekan pedal gas kuat-kuat.

2. Posisi Gigi Satu

Dalam cara oper gigi mobil manual, Kamu harus tahu bahwa gigi 1 berada di kiri atas, ini adalah gigi terendah tapi mempunyai torsi terbesar jika dibandingkan gigi maju lainnya. Agar memasuki gigi satu, Kamu harus melakukan hal berikut :

  • Injak pedal kopling penuh.
  • Geser bagian tuas persneling ke samping kiri sampai mentok.
  • Dorong ke arah depan mengikuti hingga menuju angka 1.
  • Silahkan lepaskan pedal kopling secara perlahan supaya mobil bisa berjalan.

3. Posisi Gigi Dua

Posisi gigi 2 biasanya terletak di samping kiri bawah. Jika ingin masuk ke posisi gigi 2 dari gigi satu, Kamu harus menginjak pedal kopling sepenuhnya. Lalu tahan bagian tuas persneling supaya tetap di posisi kiri, kemudian dorong tuas ke belakang ikuti arah hingga menuju angka 2. Silahkan lepaskan pedal kopling secara perlahan supaya mobil dapat berjalan.

4. Posisi Gigi Tiga

Untuk gigi 3 biasanya berada di sisi bagian tengah atas. Jika ingin masuk ke posisi gigi 3 dari gigi 2, Kamu harus melakukan langkah berikut :

  • Menginjak pedal kopling sepenuhnya.
  • Dorong bagian tuas sedikit ke arah depan.
  • Geser tuas sedikit ke samping kanan.
  • Silahkan dorong tuas ke arah depan mengikuti angka 3.
  • Lalu lepaskan pedal kopling secara perlahan supaya mobil berjalan.
Terkait:  Cara Oper Gigi Mobil

5. Posisi Gigi Empat

Cara oper gigi mobil manual berikutnya untuk posisi gigi 4, biasanya ada di sisi tengah bagian bawah. Jika Kamu ingin masuk ke posisi gigi 4 dari gigi 3, injak pedal kopling dalam-dalam, lalu dorong tuas lurus ke belakang sampai menuju angka 4 dan lepaskan kopling perlahan supaya mobil berjalan.

6. Posisi Gigi Lima

Posisi gigi lima ada di samping kanan bagian atas, ini adalah gigi tertinggi yang torsinya terkecil jika dibandingkan gigi lainnya. Jika ingin masuk ke posisi gigi 5 pada posisi 4, Kamu tinggal menginjak kopling sepenuhnya. Lalu dorong tuas ke depan sedikit dan geser tuas persneling ke kanan sedikit. Silahkan dorong tuas ke depat sampai mengikuti arah menuju angka 5.

7. Posisi Gigi Mundur

Dalam posisi gigi mundur, Kamu harus tahu bahwa terdapat dua model tuas gigi mobil manual, terkait posisi dan letak gigi mundur, diantaranya gigi mundur (R) di samping kiri dan gigi mundur (R) di samping kanan.

Tahap 1 : Gigi Mundur di Samping Kanan Bawah

Tuas persneling yang gigi mundurnya (R) terletak di samping kanan ini biasanya dipakai di berbagai jenis mobil, seperti pada merk Xenia dan Avanza. Adapun penggunaannya yaitu tak ada cara spesial karena sama saja seperti memindahkan persneling ke posisi gigi yang lainnya.

Jika ingin masuk ke dalam gigi mundur (R) pada posisi gigi netral (N) Kamu harus menginjak pedal kopling penuh, geser bagian tuas persneling ke kanan sampai mentok, dorong tuas ke arah belakang sambil mengikuti arah menuju huruf R. Terakhir, lepaskan pedal kopling secara perlahan sampai mobil berjalan.

Tahap 2 : Gigi Mundur (R) di Samping Kiri Atas

Biasanya model tuas perseneling dengan gigi mundur (R) di samping kiri atas tersedia dalam beberapa jenis mobil, seperti Chevrolet Spar, Chevrolet Spin dan Toyota Sienta. Adapun untuk memasuki posisi gigi mundur dari netral, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Injak pedal kopling dalam-dalam.
  • Silahkan angkat ke bagian atas ring di bawah tuas perseneling menggunakan jari tengah dan jari telunjuk.
  • Geser bagian tuas perseneling ke kiri sembari menahan ring yang ditarik ke bagian atas sebelumnya.
  • Silahkan dorong tuas ke arah depan mengikuti huruf R.
  • Lanjutkan dengan melepaskan pedal kopling perlahan.
Terkait:  Cara Transfer Pulsa Paket

Memindahkan Gigi Persneling Ketika Mobil Berjalan

Selain tahapan cara oper gigi mobil manual di atas, jika Kamu sudah lancar memindahkan gigi ketika mobil berhenti atau diam, selanjutnya Kamu tinggal mencoba cara ini. Berikut ada beberapa cara oper gigi persneling saat mobil berjalan :

  • Biarkan kendaraanmu melaju terlebih dahulu, misalnya transmisi giginya pada posisi gigi 2.
  • Lalu tekan perlahan pedal gas sampai kecepatan mobil bertambah.
  • Ketika putaran pada rpm mesinnya di angka 2200 rpm, injak pedal kopling pentuh menggunakan kaki kiri. Lalu, lepas injakan dari kaki kanan pada pedal gas.
  • Silahkan pindahkan tuas dari posisi gigi 2 ke posisi gigi 3.
  • Lepas kopling sembari menekan pedal gas perlahan agar putaran mesin disesuaikan dengan kecepatan laju mobil.

Dalam mengemudikan mobil dengan sistem transmisi manual, cara oper gigi mobil manual adalah hal terpenting yang harus dipelajari dan dipahami konsepnya. Selain itu, Kamu juga harus sering-sering mempraktekkannya agar lebih mahir mengemudikan mobil, khususnya saat melakukan perpindahan tuas perseneling gigi. Semoga cara di atas membantu dan selamat mencoba!

Related posts