Cara Oper Gigi Mobil

Cara Oper Gigi Mobil

Gimana sih cara oper gigi mobil manual? Bagi pengendara mobil transmisi otomatis mungkin nggak masalah saat mengoper gigi. Karena langkah-langkahnya sangat praktis dan mudah, lain halnya dengan mengoper gigi mobil manual. Namun, Kamu tak perlu khawatir karena kita akan berbagi tutorialnya di artikel ini.

Biasanya saat mengemudi mobil manual, kita mungkin pernah merasakan proses perpindahan gigi yang kasar serta terasa menghentak. Bagi pengemudi mungki biasa-biasa saja, tapi justru kondisi perpindahan gigi yang kasar bisa membuat penumpang tidak nyaman. Mobil mengalami hentakan terutama sesudah kopling terhubung kembali adalah hal wajar, apalagi bagi pengemudi pemula.

Read More

Nah, jika Kamu ingin mengoper gigi mobil manual secara halus serta tidak menghentak, Kamu harus melatih feeling untuk mengemudi terlebih dahulu. Terutama pada posisi gigi, putaran mesin hingga kecepatan kendaraan.

Misalnya saja, mobil terasa begitu menghentak saat kita melepas kopling tiba-tiba atau dengan cepat. Atau, saat baru melaju perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2, Kamu terlambat melakukan pengaturan putaran mesin. Alhasil, terjadilah hentakan ketika bertemunya mesin putaran dan transmisi.

Cara Oper Gigi Mobil

Cara Oper Gigi Mobil
Panduan Oper Gigi Mobil Manual

Tutorial Oper Gigi Mobil Manual

Supaya proses perpindahan transmisi gigi menjadi lebih halus, ada beberapa panduan cara oper gigi mobil manual yang bisa Kamu ikuti petunjuknya berikut :

1. Menginjak Pedal Kopling Penuh

Untuk mengoper gigi mobil lebih halus, Kamu harus menginjak pedal kopling secara penuh. Lakukan pijakan pedal kopling secepat mungkin walaupun posisi pada pedal gas ditekan sedikit. Umumnya, menekan pedal kopling secara penuh dengan cepat tak terlalu berpengaruh pada kamas kopling keseluruhan. Cukup dengan menekan kopling tersebut, maka tenaga yang telah disalurkan dari bagian mesin ke sistem transmisi akan diputus cepat.

Pada kondisi ini biasanya mobil akan melaju dan meluncur berdasarkan sistem gaya inersia yang telah terjadi sebelumnya. Kamu akan merasakan laju mobil terasa lebih halus mengingat getaran mesin dan sistem transmisi yang seakan menghilang.

2. Melepas Pijakan Pada Pedal Gas

Langkah cara oper gigi mobil berikutnnya ialah melepas pijakan pada pedal gas. Kamu bisa mengangkat kaki sebelah kanan sepenuhnya pada pedal gas tapi tetap tahan pada posisi tersebut. Apabila Kamu telah terbiasa, biasanya proses pelepasan pijakan pedal gas tersebut akan terjadi secara bersamaan dengan cara menekan peda kopling secara penuh.

Melepas pijakan pedal gas dengan sementara membuat putaran pada mesin menurun. Dengan demikian munculnya getaran ketika proses tersalurnya tenaga antara sistem transmisi dan mesin tak terlalu besar serta tak menghentak. Dalam posisi ini, pastikan kaki kiri tetap menekan kopling secara penuh.

3. Menggeser Tuas Persneling Sesuai Gigi yang Diperlukan

Berikutnya sesudah melepas pijakan pedal gas yaitu menggeser tuas perseneling pada posisi transmisi gigi yang diperlukan, misalnya seperti ke tingkat gigi lebih tinggi demi meningatkan laju kendaraan. Selain itu juga, bisa ke posisi gigi lebih rendah jika ingin menurunkan posisi gigi. Ketika menggeser bagian tuas perseneling, pastikan gigi transmisi telah masuk.

4. Menambahkan Sedikit Pijakan Pedal Gas

Cara oper gigi mobil selanjutnya, sesudah gigi transmisi benar-benar masuk, Kamu bisa memberikan tambahan pijakan sedikit ke dalam pedal gas. Tujuannya supaya putaran mesin dapat menyesuaikan putaran transmisi serta beban putaran roda. Adpaun patokan utamanya ialah rmp mesin dapat Kamu cek di bagian dashboard pengemudi.

Ketika sebelumnya Kamu menginjak kopling lalu melepas pijakan ke dalam pedal gas, putaran rpm mesin pun selanjutnya akan turun sendirinya pada posisi rpm idling. Sementara, putaran transmisi tetap mengikuti arah putaran pada roda mobil.

5. Angkat Pijakan Kaki Secara Perlahan Pada Pedal Kopling

Sesudah Kamu menambahkan putaran mesin sedikit supaya menyesuaikan putaran roda. Maka langkah berikutnya ialah mengangkat pijakan kaki perlahan. Namun ingat, sebaiknya jangan mengangkat pijakan ke pedal kopling secara tergesa-gesa dan cepat. Sebab hal tersebut justru dapat membuat mobil menghentak ketika terjadi perpindahan gigi. Angkat pijakan pedal kopling perlahan, sembari merasakan proses tersambungnya mesin ke dalam transmisi.

Di waktu seperti ini, Kamu dapat mengatur pijakan kopling perlu dilepas agar lebih naik atau perlu menambah lagi pijakan ke pedal gas.

6. Melepas Pijakan Pedal Kopling Secara Penuh

Sesudah Kamu menemukan posisi tersambungnya mesin mobil dengan transmisi, sebagai pertanda tersambungnya aliran energi pada mesin menuju roda. Selanjutnya lepas pijakan penuh ke pedal kopling sebagai tanda berakhirnya perpindahan gigi. Sehingga, Kamu akan menemukan perpindahan gigi yang halus serta tanpa hentakan sesuai kecepatan mobil, putaran roda, putaran mesin dan seberapa banyaknya penambahan pijakan ke pedal gas.

Jika semakin sering Kamu berlatih, secara otomatis cara oper gigi mobil pun dapat Kamu kuasai secara cepat.

Mengenal Jenis-Jenis Gigi Pada Mobil Manual dan Cara Operasinya

Selain cara oper gigi mobil manual supaya lebih halus di atas, bagi pemula tentu saja harus tahu jenis-jenis transmisi gigi pada mobil manual, diantaranya :

1. Gigi Netral

Gigi netral biasanya berada di tengah-tengah. Apabila posisi mobilmu kondisinya netral, Kamu mau menginjak pedal gas sekencang atau sedalam apapun, tentu mobil tak akan dapat berjalna. Kamu bisa pastikan gigi mobil dalam keadaan netral dengan menggeser bagian tuas transmisi baik ke kiri maupun ke kanan. Apaibla tuasnya bisa bergeser ke kiri dan kanan secara leluasa, ini artinya gigi mobilmu dalam posisi netral.

2. Gigi Satu

Jika ingin memasukkan gigi 1, Kamu harus menggeser tuas transmisi ke arah kiri hingga mentok, lalu mendorongnya ke bagian atas. Dengan begitu, kamu telah sukses memasukkan gigi satu.

3. Gigi Dua

Untuk memasukkan gigi dua dan posisi ketika pada gigi satu, Kamu tinggal menahan transmisi pada bagian kiri lalu menariknya ke bagian bawah.

4. Gigi Tiga

Setelah itu, lanjut memasukkan sistem transmisi ke gigi tiga. Apabila posisi saat ini sedang di gigi dua, Kamu harus mendorong transmisi ke bagian atas sedikit tapi tidak terlalu atas, sebab akan masuk kembali ke gigi satu. Atau lebih tepatnya ialah menariknya ke arah tengah lalu menggeser sedikit transmisi ke kanan dan dorong lagi ke atas.

5. Gigi Empat

Aga rbisa masuk ke dalam posisi gigi empat, perpindahan dari posisi gigi 3 hanya dengan menarik transmisi ke arah bawah. Kamu tak perlu menggesernya ke kiri dan kanan karena biasanya akan berpindah ke gigi empat secara otomatis.

6. Gigi Lima

Gigi lima merupakan gigi tertinggi untuk kecepatan mobil maksimal. Adapun cara memasukkanya ialah jika Kamu pada posisi gigi empat, Kamu tinggal mendorong sedikit transmisi ke tengah pada posisi yang netral. Kemudian geser ke arah bawah lalu dorong kembali ke atas dan Kamu pun akan masuk ke gigi 5.

7. Gigi Mundur

Untuk perpindahan gigi mundur, jika Kamu dalam posisi netral, maka Kamu dapat mendorong transmisi ke arah kanan lalu tarik ke bawah. Apabila mobilmu telah dilengkapi sensor parkir atau kamera biasanya sesudah gigi mundur masuk maka seluruh sensor langsung aktif. Selanjutnya kamera akan langsung menyala dan sensor parkir pun berbunyi.

Ya, itulah beberapa jenis gigi pada sistem transmisi mobil manual yang bisa Kamu pelajari ke dalam cara oper gigi mobil manual. Bagaimana, mudah kan?

Related posts