Cara Daftar Internet Banking BNI

Internet Banking BNI atau iBank BNI adalah fitur yang telah disediakan oleh bank BNI untuk para nasabahnya. Layanan internet banking BNI dapat memenuhi berbagai macam keperluan transaksi non tunai untuk para nasabahnya. Melalui fitur internet banking BNI inilah para nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dengan nyaman dan mudah. Oleh karenanya, banyak yang tertarik dengan cara daftar internet banking BNI.

Pemakaian fitur internet banking BNI tentu saja sangat mempermudah para nasabah, terutama bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan segala hal yang mudah dan simpel untuk digunakan. Akan tetapi, sebagaimana layanan lainnya, jika ingin mengakses internet banking BNI kamu harus mendaftar internet banking BNI terlebih dahulu.

Cara Daftar Internet Banking BNI

Cara Daftar Internet Banking BNI
Mendaftar Internet Banking BNI

Mendaftar Internet Banking BNI

Bagi para nasabah bank BNI yang tertarik menggunakan layanan internet banking BNI, pastikan rekening tabunganmu masih aktif, dengan ebgitu proses registrasi dapat berjalan lancar. Selanjutnya Kamu bisa memilih cara mendaftar internet banking BNI berikut ini :

1. Cara Mendaftar Internet Banking BNI Lewat Customer Service

Cara daftar internet banking BNI yang pertama ialah melalui customer service BNI dengan datang langsung ke kantor cabang BNI. Jangan lupa bawa serta beberapa persyaratan, seperti KTP, buku tabungan BNI, akun email valid dan nomor telepon aktif. Selanjutnya Kamu akan langsung dibantu pihak customer service bank BNI.

Jika pendaftaran internet banking BNI melalui CS ini berjalan lancar, Kamu akan langsung mendapatkan kode PIN untuk otorisasi layanan BNI m-secure. selai itu, Kamu juga akan memperoleh token jika lebih memilih otorisasi BNI melalui e-secure. Sesudah selesai proses pendaftaran, Kamu pun akan langsung menerima struk yang berisi user ID yang digunakan untuk aktivasi di web resmi BNI.

2. Cara Mendaftar Internet Banking BNI Lewat ATM

Bagi Kamu yang sudah mempunyai kartu ATM dan rekening tabungan BNI, bisa melakukan pendaftaran layanan internet banking lewat ATM BNI. Dengan cara daftar internet banking BNI lewat ATM ini Kamu tak perlu mengantri lama di kantor bank BNI.

Cara yang satu ini bisa dikatakan lebih fleksibel, tidak sulit, dan lebih cepat. Berikut ulasannya :

  • Kamu bisa mendatangi gerai ATM BNI setempat, kemudian inputkan kartu ATM bank BNI ke mesin ATM. Lalu pilih layanan Bahasa Indonesia. Selanjutnya, ketik PIN ATM bank BNI. Setelah itu Kamu bisa langsung masuk ke menu pilihan transaksi.
  • Kemudian silahkan pilih opsi “Registrasi e-channel”. Setelah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan layanan, diantaranya phone bankinginternet banking, dan SMS banking. Lalu pilih Iinternet Banking. Selanjutnya Kamu akan ditampilkan konfirmasi pendaftaran. Tekan “Setuju”.
  • Jika sudah, nasabah akan diminta memasukkan nomor PIN baru yang digunakan untuk mengakses internet banking BNI. Pastikan Kamu membuat nomor PIN yang mudah diingat tapi sulit ditebak orang lain. Setelah menentukan nomor PIN yang tepat, tekan “Benar”.
  • Cara daftar internet banking BNI lewat ATM berikutnya ialah tinggal masukkan PIN ulang yang sudah dibuat tadi sebagai konfirmasi. Kemudian tekan “Benar”.
  • Sesudah itu, mesin ATM langsung mengeluarkan struk berisi PIN dan kode aktivasi yang telah dibuat. Selanjutnya keluarkan kartu ATM dari msin ATM agar struknya bisa Kamu dapatkan. Jangan lupa, simpan baik-baik struk tersebut. Karena Kamu harus melakukan aktivasi sebelumnya dengan kode aktivasi dan PIN yang tertera pada struk tersebut.

3. Cara Mendaftar Internet Banking BNI Lewat Website

Untuk cara mendaftar internet banking BNI lewat website, pastikan Kamu mempersiapkan PC, smartphone atau laptop dengan koneksi internet yang memadai untuk melakukan pendaftaran IB BNI di website BNI. Sebenarnya cara ini dapat diterapkan bagi yang tidak memiliki banyak waktu karena kesibukan aktivitas pekerjaan.

Silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

  • Silahkan buka web browser di perangkatmu, lalu akses website resmi BNI di alamat ini!
  • Kamu bisa cari menu pendaftaran dan ikuti panduan dengan cara mengklik tautan yang telah tersedia.
  • Inputkan nomor rekening, lalu nomor yang terdapat pada kartu ATM/debit dan kode aktivasi.
  • Setelah itu, akan muncul nomor Hp yang telah didaftarkan sebelumnya. Lalu pilih “Lanjutkan”.
  • Kamu tinggal membuat PIN registrasi lalu konfirmasi PIN dengan mengisinya di kolom yang telah tersedia. Tekan “Lanjutkan”.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan SMS konfirmasi yang terdiri dari 6 digit angka. Lalu inputkan kombinasi angka di “Kode aplikasi yang terdapat pada struk ATM”.
  • Masukkan lagi kode aktivasi beserta PIN registrasi.
  • BNI selanjutnya akan mengirimkan SMS yang berisi kode OTP atau akses user dan isikan di kolom yang telah tersedia.
  • Silahkan buat passwor di untuk login dan klik “continue”.
  • Selamat, pendaftaran internet banking BNI pun sudah selesai dilakukan dan Kamu bisa menggunakan layanan IB BNI.

Itulah beberapa tahapan cara daftar internet banking BNI yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemudahan.

Apa Saja Manfaat Internet Banking BNI?

Bagi Kamu yang penasaran dengan manfaat layanan internet banking BNI, ini dia ulasannya :

1. Dapat Diakses Lewat Perangkat Hp/PC

Bagi para nasabah BNI yang baru saja mendaftar layanan internet banking, Kamu mungkin belum mengetahui manfaat dan keunggulan layanan IB BNI. Adapun keuntungan yang utama ialah bisa diakses lewat perangkat, entah itu lewat laptop, komputer maupun smartphone. Jadi, layanan ini memang sangat memudahkan proses transaksi karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Selain sebagai cara cek saldo BNI, Kamu juga bisa melakukan transaksi lainnya menggunakan internet banking BNI seperti transfer sesama bank BNI, transfer antar bank, pembelian, pembayaran dan lainnya.

2. Limit Transaksi Bisa Rp 1 Miliar Setiap Harinya

Keunggulan mendaftar internet banking BNI ialah limit transaksi perbankan yang dapat dilakukan bisa mencapai Rp. 1 miliar setiap harinya. Dimana limit transaksi tersebut tentu saja lebih besar dibandingkan memakai SMS Banking dengan transaksi maksimal hanya Rp. 10 juta setiap hari, atau lewat m-Banking BNI dengan maksimal transaksi Rp. 100 juta tiap harinya. Pastinya, manfaat ini begitu menguntungkan untuk para nasabah BNi yang sering bertransaksi finansial dalam jumlah yang besar.

3. Bisa Membuka Rekening

Dengan memakai layanan internet banking BNI, para nasabah juga bisa melakukan pembukaan akun rekening seperti Tapenas, Deposito, dan Taplus. Selain itu juga dapat memblokir kartu ATM/debit BNI, pembaharuan setoran per bulan dan pencairan deposito. Memakai layanan internet baning BNI juga dapat memungkinkan nasabah untuk bertransaksi menggunakan nilai mata uang.

4. Nasabah Dapat Memantau Perkembangan Keuangan

Nasabah juga bisa merencanakan dan memantau sistem perkembangan keuangan. Misalnya untuk realisasi anggaran tiap-tiap pos pengeluaran, komposisi nominal tiap pos pendapatan dan pengeluaran, serta grafik cash flow.

Itulah panduan cara daftar internet banking BNI dengan 3 metode mudah yang bisa Kamu lakukan. Namun sebelumnya hindari mengakses layanan internet banking di tempat umum dan warnet. Sebab keamanannya sangat riskan. Pastikan lebih waspada menggunakan layanan IB BNI di Hpmu. Tujuannya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019