Cara Berjualan di Lazada untuk Pemula dengan 6 Strategi Praktis

Cara Berjualan di Lazada untuk Pemula
Cara Berjualan di Lazada untuk Pemula

Eksistensi Lazada sebagai e-commerce sukses yang terkemuka di Asia Tenggara memang sudah tak diragukan lagi. Maka tak jarang banyak pebisnis yang mencoba peruntungannya dengan berjualan di Lazada. Kamu yang ingin tahu cara berjualan di Lazada untuk pemula, baca artikelnya sampai habis ya!

Berjualan online bukan lagi hal yang tabu untuk dilakukan, bahkan tren bisnis online kini seolah menjadi gaya hidup. Hal ini sebanding dengan gaya hidup masyarakat masa kini yang ingin menjalankan segala sesuatunya serba instan tanpa ribet.

Read More

Atas dasar hal itulah, mereka kebanyakan lebih memilih berbelanja online yang lebih praktis ketimbang harus pergi ke toko saat membutuhkan sesuatu. Ini faktanya lho!

Cara Berjualan di Lazada untuk Pemula

Cara Berjualan di Lazada untuk Pemula
Cara Berjualan di Lazada untuk Pemula

Nah, dengan pertimbangan hal-hal  di atas maka sudah seharusnya kamu yang punya bisnis sudah bertransformasi secara digital. Ya, minimal kamu bekerja sama dengan e-commerce besar seperti Lazada jika belum punya modal membangun toko online sendiri.

Namun karena persaingan yang semakin ketat, entah itu dari sisi persaingan bisnis online maupun dari sisi banyaknya penjual yang juga menjajakan produk online di Lazada. Sebelum kamu memperluas bisnismu dengan cara berjualan di eBay sebagai situs ecommerce terbesar di dunia, simak cara berjualan di Lazada untuk pemula di bawah ini terlebih dulu!

1. Daftar Akun Penjual di Lazada

  • Kunjungi situs resmiatau aplikasi Lazada : Akses terlebih dahulu situs resmi atau download aplikasi Lazada di perangkat. Silakan daftar sebagai penjual dengan mengisi informasi yang diperlukan.
  • Verifikasi dan lengkapi profil penjual : Lakukan verifikasi dua Langkah dan lengkapi profil penjual kamu dengan memberikan informasi yang akurat dan menarik.

2. Pilih Kategori Produk

  • Identifikasi pesaing di Lazada : Pahami kategori produk populer di Lazada, selain itu identifikasi pesaing di Lazada sebagai referensi dalam berjualan online.
  • Pilih kategori produk yang tepat : Tentukan jenis produk yang akan kamu jual berdasarkan minat pasar, keahlian, dan terutama ketersediaan stok.

3. Persiapkan Foto dan Deskripsi Produk

  • Buat foto produk : Ambil foto produk dengan kualitas yang sangat baik. Karena foto adalah bagian penting dalam pemasaran produk, maka wajib bagi kamu untuk memperlihatkan foto real pada produk yang kamu jual.
  • Tulis deskripsi yang menarik : Tuliskan deskripsi produk yang informatif dan menarik minat calon pembeli. Sertakan pula detail lainnya yang berhubungan dengan produk seperti ukuran, bahan, dan manfaat produk secara detail.

4. Atur Harga dan Manajemen Stok Produk

  • Pentepan harga : penting untuk diketahui bahwa di Lazada terdapat banyak barang serupa dengan harga yang bervariasi. Lakukan seoptimal mungkin terkait penentuan harga produk yang yang kompetitif tanpa membuat kamu merugi.
  • Manajemen stok produk : Pastikan sudah menyiapkan stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pembeli. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya permintaan beli yang tinggi pada produk yang kamu jual.

5. Kelola Pengiriman dan Pengembalian Barang

  • Pilih jasa ekspedisi : Di sini kamu bisa menawarkan pilihan jasa ekspedisi yang tepat dan nyaman bagi pembeli. Pilih kurir dengan layanan pengiriman cepat dan ongkos kirim terjangkau.

6. Promosikan dan Optimalisasi Produk

  • Gunakan fitur promosi di Lazada : cukup banyak fitur promosi di Lazada yang bisa kamu  manfaatkan. Silakan gunakan salah satu fitur promosi yang tepat untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produkmu. Misalnya dengan penawaran khusus, voucher, maupun program diskon.
  • Perbarui informasi produk secara berkala : Pantau dan perbarui informasi produk yang kamu jual, termasuk harga, dan ketersediaan stok secara berkala.

Sukses atau tidaknya kamu berjualan online di Lazada, tentu bukan sekedar hanya mengikuti cara berjualan di Lazada untuk pemula  di atas, tetapi juga konsistensi dalam berbisnis dan juga bagaimana strategi marketing yang kamu lakukan!

Related posts