Cara Merawat Hamster Syrian

  • Whatsapp

Hamster termasuk salah satu binatang peliharaan yang banyak disukai. Hal ini karena memiliki bentuk yang lucu, imut dan menggemaskan. Meskipun termasuk keluarga tikus, namun tentu saja hewan ini bisa dipelihara dan cenderung lebih jinak dan bersih. Salah satu jenis hamster yang banyak dipelihara ialah hamster syrian. Cara merawat hamster syrian juga cukup mudah. Jika belum tahu, cek ulasannya dalam artikel ini ya!

Yuk, Kenali Hamster Syrian Lebih Dekat!

Hamster Syrian ini sebenarnya ditemukan pertama kali seorang profesor Zoologi yang ada di Universitas Habrew, bernama Mr Israel Aharoni. Tepatnya di Yerusalem tahun 1930 tepatnya di sebuah lubang yang panjangnya mencapai 8 kaki di kawasan padang pasir Aleppo, di Siria. Karena itulah penamaan hamster ini sesuai dengan wilayah tempat ditemukannya.

Read More

Biasanya hamster syrian berjalan hingga 2-5km setiap hari. Jenis hamster jinak ini dapat menyimpan makanannya secara hati-hati dengan begitu baik. Ini artinya, mereka dapat menjaga makanan sendiri bahkan dari air kencing mereka. Mereka biasanya membawa makanan mereka dengan cara menyimpannya di mulutnya, tepatnya di sekitar pipi kemudian dikeluarkan.

Hamster Syrian merupakan hamster yang berukuran paling besar dibandingkan hamster lainnya hingga mendapat julukan sebagai “Giant Hamster”. Bahkan hamster betina pada jenis ini ukurannya lebih besar dibandingkan hamster jantan. Hamster syrian cenderung bersifa agresif serta galak. Tapi meskipun tubuhnya berukuran paling besar, Kamu tak perlu takut.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Sebab jika Kamu sudah menjinakkan hamster ini, maka Kamu bisa menjadi teman mereka selamanya. Hamster syrian bisa dibilang sangat asyik dijadikan teman bermain, hamster ini aktif sekali meskipun gerakannya agak lambat namun ia memiliki sikap cukup baik. Selain itu, hamster jenis ini gemar menyendiri jadi jangan sering menyatukan hamster ini dengan hamster lain dalam satu kandang.

Karakteristik Hamster Syrian Siap Kawin

Hamster syrian biasanya sudah matang dikawinkan apabila usianya sudah genam 2-3 bulan. Namun sebaiknya jangan mengawinkan hamster ini sebelum usianya di atas 3 bulan. Pada hamster syrian betina, umumnya masa suburnya berlangsung tiap empat hari sekali. Selain itu, hamster betinanya hanya ingin dikawini di malam hari pada jam 20.00 hingga subuh pada jam 05.00. Adapun ciri-ciri dari hamster Syrian betina sudah siap dikawini ialah sering menggaruk-garuk bagian punggungnya serta mengangkat ekornya hingga ke atas dan matanya terlihat setengah menutup.

Sebutan Lain Hamster Syrian

Julukan lain dari hamster syrian ialah Golden Hamster, yang bahasa latinnya ialah Cricetinae mesocricetus auratus. Nama latinnya ini berhasil dinamai oleh Mr. George Robert Waterhouse di tahun 1839, sebagai seorang profesor Zoologi berasal dari British. Adapun penamaan Golden Hamster sendiri ternyata bukan tanpa alasan. Sebab hamster ini mempunyai mantel dari bulu asli yang warnanya kuning emas.

Selain itu, hamster syrian hanya mempunyai 3 jenis warna diantaranya cokelat, kuning emas dan hitam. Namun hamster yang satu ini pun mempunyai banyak pilihan warna. Mulai dari warna yang polos hingga bercorak seperti putih, cream, pirang, abu-abu, dan lainnya.

Menariknya lagi, hamster syrian juga mempunyai 4 jenis bulu, diantaranya Rex, Satin, Long hair dan Short hair. Adapun jenis bulu syrian long hair sendiri paling indah. Selain itu, khusus bagi hamster Syrian yang jantan dapat mengembangkan bulunya sangat panjang sampai 3-5 cm. Jika pada hamster betina biasanya hanya tampak mengembang saja bulunya.

Terkait:  Cara Merawat Rambut Keriting

Pada bulu berjenis rex sendiri tampak keriting. Sementara jenis satin termasuk jenis bulu hamster yang mengkilap layaknya ultra. Namun disarankan bagi hamster syrian berbulu satin sebaiknya jangan digabungkan dengan jenis hamster lain sebab jenis bulunya akan lebih mudah rontok. Sehingga jika disatukan justru dikhawatirkan sering bertengkar atau kebanyakan main. Alhasil membuat bulu syrian menjadi rontok.

Cara Merawat Hamster Syrian

Cara Merawat Hamster Syrian
Merawat Hamster Syrian

Tutorial Merawat Hamster Syrian

Jika Kamu tertarik ingin merawat hamster Syrian khususnya hamster syrian long hair, tentu harus memahami cara merawat hamster syrian long hair dengan benar. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

1. Hindari Memakai Bedding Serbuk Kayu, Pakai Pasir Untuk Bedding

Serbuk kayu biasanya tak dapat dipisahkan di dunia hamster. Seringkali hamster menggunakan serbuk kayu sebagai bedding atau alas di kandang hamster. Di samping bisa menyerap kencing binatang mungil ini, serbuk kayu pun biasanya berfungsi untuk menghangatkan bagian tubuh hamster.

Akan tetapi serbuk kayu sebenarnya tidak disarankan apabila Kamu merawat hamster syrian berbulu long hair. Mengingat bulunya yang panjang, maka serbuk kayu akan sering tersangkut bahkan melilit pada bulu hamster. Hal tersebut bisa merusak keindahan bulunya. Oleh karena itu, pakai bedding atau alas pasir, misalnya seperti pasir berbentuk zeolit yang dapat menyerap air kencing hamster sekaligus dapat dibersihkan untuk dipakai kembali.

2. Menyisir Bulu Hamster Tiap Hari

Cara merawat hamster syrian berikutnya ialah harus rutin menyisir bulu hamster, terutama pada hamster syrian tipe long hair. Tak jauh berbeda dari kucing angora tentunya, bulu hamster long hair ini harus dirawat serta disisir supaya terlihat indah dan rapi. Mengingat bulu hamster akan sangat rentan mengenai serbuk kayu bahkan kadang kotorannya sendiri pun akan gampang tesangkut di bulunya. Sisir bulu hamster secara rutin tiap hari, agar bulunya tetap menawan terlihat.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci

3. Jangan Pernah Mandikan Hamster Memakai Air

Cara merawat hamster syrian berikutnya ialah pastikan untuk tidak memandikan hamster menggunakan air. Adapun alasannya karena bisa menyebabkan hamster kedinginan bahkan bisa mati. Selain itu juga, disebabkan hamster syrian ini memiliki habitat asli di area gurun pasir. Oleh karena itu, jangan mandikan hewan peliharaanmu ini dengan air.

Apabila Kamu ingin memandikannya, sebaiknya pakai pasir. Setiap jenis hamster akan sangat senang berguling-guling dan mandi di pasir agar bulunya mengering saat basah dan lembab. Inilah alasan kenapa memakai bedding pasir sangat dianjurkan bagi hamster syrian tipe long hair.

4. Jangan Pelihara 2 Ekor Hamster Syrian di Satu Kandang

Lain halnya dengan tipe hamster lain, jenis hamster syrian memiliki sifat soliter atau gemar menyendiri. Jadi jika Kamu menyatukan beberapa hamster syrian pada satu kandang, mereka biasanya akan berkelahi sampai berakibat fatal. Tentu sangat disayangkan apabila keindahan bulu hamster long hair ini menjadi rusak akibat habis berkelahi. Dengan kata lain, dalam 1 kandang Kamu hanya perlu memelihara satu ekor saja. Kecuali apabila Kamu ingin mengawinkan. Tapi tetap harus diawasi.

5. Memenuhi Asupan Vitamin dan Nutrisi Bagi Bulu Hamster

Di samping kesehatan tubuh hamster, tentu saja Kamu juga harus memperhatikan kesehatan bulu hamster long hair. Asupan gizi yang baik dalam makanan pun akan berpengaruh terhadap kesehatan maupun keindahan bulu hamster. Selain itu, jangan lupa pula memberikan vitamin hamster tiap hari supaya tak mudah sakit.

Bagaimana, cukup mudah kan cara merawat hamster syrian berbulu long hair? Silahkan ikuti langkah-langkah di atas jika Kamu ingin merawat hamster Syrian.

Related posts