Cara Merawat Laptop Lenovo

  • Whatsapp

Bagaimana cara merawat laptop Lenovo? Sekarang ini, tak sedikit kita jumpai berbagai vendor perangkat laptop. Mereka berlomba-lomba menawarkan produk andalannya dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Selain itu, ada juga yang menawarkan produk nyaris sempurna, hanya saja untuk laptop berspek tinggi biasanya harganya cukup fantastis.

Lenovo sendiri adalah salah satu vendor sekaligus merk laptop dengan popularitas yang tak diragukan lagi di Indonesia. Bahkan tak sedikit orang yang menggunakan laptop Lenovo. Sebab laptop Lenovo menawarkan spesifikasi yang tinggi sementara harga jualnya cukup terjangkau. Merk laptop apapun, sebenarnya harus dilakukan perawatan dengan benar supaya tidak gampang rusak.

Cara Merawat Laptop Lenovo

Cara Merawat Laptop Lenovo
Merawat Laptop Lenovo

Panduan Merawat Laptop Lenovo Agar Awet

Baik itu cara merawat laptop Lenovo maupun cara merawat laptop Asus sebenarnya tak jauh berbeda. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan terkait perawatan laptop merk Asus ini, diantaranya sebagai berikut :

1. Pakai Stabilizer Listrik

Jika Kamu bekerja memakai laptop tapi dengan cara melepas baterainya, tak ada salahnya menambahkan stabilizer. Adapun kegunaan stabilizer di sini ialah untuk menjaga agar arus listrik tetap stabil. Dengan demikian, kenyamanan dalma bekerja tetap terjaga saat menggunakan laptop Lenovo kesayanganmu.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus

2. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Cara merawat laptop Lenovo berikutnya ialah tentu saja Kamu harus menjaga kebersihan laptop kesayanganmu ini. Karena kondisi laptop yang kotor biasanya dapat memperpendek usia penggunaan laptop. Apalagi jika debu dan kotoran mengenai keyboard laptop, bisa membuat proses pengetikan terhambat karena biasanya akan menghalangi fungsi salah satu tombol keyboard pada laptop itu sendiri.

3. Jangan Lupa Pakai Tas Laptop

Bagi mahasiswa maupun pelajar yang kerap membawa laptop menggunakan tas, alangkah baiknya gunakan tas khusus laptop yang baik. Adapun tujuannya ialah agar laptop dapat terlindungi dengan baik karena sesuai fungsi tas laptop itu sendiri.

4. Jauhkan Laptop dari Makanan dan Minuman

Cara merawat laptop Lenovo yang satu ini juga berlaku bagi semua laptop. Dalam penggunaannya, sebaiknya jauhkan laptop dari makanan dan minumanmu, agar tidak tumpah ke perangkat laptop. Sebab jika sudah tumpah atau ada makanan berceceran, bisa memicu kerusakan pada komponen laptop terutama keyboard.

5. Matikan Laptop Sesuai Ketentuan

Jangan pernah mematikan perangkat laptopmu dengan menekan power langsung saat dalam keadaan yang tidak darurat. Jadi sebaiknya, matikan laptop sesuai ketentuan. Misalnya saja dengan mematikan laptop melalui tombol “shut down”.

6. Jangan Pakai Laptop Sampai Baterai 0%

Banyak kebiasaan yang tanpa kita sadari ternyata bisa merusak laptop itu sendiri. Salah satunya ialah memaksakan penggunana laptop sampai baterainya 0%. Hal ini sebenarnya tidak dibenarkan. Apabila laptopmu sudah low, sebaiknya langsung charger laptop kembali.

7. Hindari Memakai Laptop di Atas Kasur

Memakai laptop tepat di atas kasur, tentu saja dapat mengakibatkan panas yang berasal dari laptop tak akan keluar dengan sempurna. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan laptop mengalami panas berlebih atau overheat.

8. Jangan Meletakkan Laptop di Lantai

Cara merawat laptop Lenovo selanjutnya ialah hindari upaya meletakkan laptop di lantai. Karena ada banyak debu di lantai yang bisa beterbangan bahkan memasuki komponen laptop itu sendiri. Tak hanya itu, Kamu juga harus menjauhkan laptop dari jangkauan anak kecil maupun hewan peliharaan, sebab laptopmu bisa terinjak atau begitu saja.

Terkait:  Cara Merawat Tanaman Keladi

9. Jangan Memaksakan Laptop Untuk Menjalankan Game atau Aplikasi Berat

Jika ingin menjalankan game atau aplikasi berat di perangkat laptop, pastikan spesifikasi laptop telah memenuhi spek yang sudah ditentukan aplikasi maupun game itu sendiri. Apabila memaksakan penggunaan laptop untuk aplikasi atau game yang berat yang tidak sesuai spek laptop, bisa membuat RAM dan processor bekerja keras. Hal ini tentu saja membuat laptop kesayanganmu lebih gampang panas.

10. Beri Waktu Istirahat Pada Laptopmu

Cara merawat laptop Lenovo selanjutnhya ialah sebaiknya jangan biarkan laptopmu menyala non stop tanpa henti. Hal ini bisa memicu terjadinya overheati pada laptop, yang berakibat pada daya tahan perangkat laptop yang semakin berkurang. Sebaiknya pakai cool pads supaya temperatur laptop stabil.

11. Bersihkan Optical Drive Laptop

Salah satu komponen yang menjadi sarang debu atau kotoran pada laptop adalah bagian DVD Rom atau Optical Drive. Maka dari itu, sebaiknya jangan lupa untuk membersihkan kotoran maupun debu yang telah menempel di dalamnya dengan rutin.

12. Pakai Alas Permukaan Datar

Menggunakan alas permukaan datar pada laptop adalah hal terpenting. Saat laptop menyala, biasanya secara otomatis piranti yang ada di dalamnya akan langsung berputar. Jika kondisi laptop miring, dikhawatirkan piranti berputar dapat menggores komponen yang ada di dekatnya. Tentu saja hal ini bisa beresiko memicu kerusakan pada laptop.

13. Atur Tingkat Kecerahan Layar Monitor

Sebaiknya pakai tingkat kecerahan secukupnya yang dirasa lebih nyaman untuk dilihat. Jika memakai tingkat kecerahan berlebihan, hal tersebu tentu bisa memicu daya baterai pada laptop akan semakin menurun.

14. Hindari Menggunakan Koneksi Internet Saat Hujan Lebat

Apabila jaringan perangkat komputermu tersambar oleh petir, hal tersebut pastinya akan berdampak buruk bagi laptop kesayanganmu.

Terkait:  Cara Merawat Tas

Nah, itulah 14 cara merawat laptop Lenovo dengan benar. Selain merawat laptop beserta komponennya, Kamu juga harus memperhatikan perawatan baterai laptop. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

Cara Merawat Baterai Laptop Lenovo

Untuk merawat baterai laptop Lenovo, ada beberapa langkah cara yang bisa Kamu lakukan di bawah ini :

1. Waktu Pengecasan

Sebenarnya lama waktu proses pengecasan bisa berpengaruh pada tingkat ketahanan baterai laptop itu sendiri. Normalnya, waktu pengecasan yang dibutuhkan ialah selama 3-4 jam. Kamu bisa mengecek lampu indikator laptopmu untuk mengetahui kecukupan daya baterai yang dicas.

Sementara proses pengecasan pertama kali sesudah pembelian umumnya dilakukan selama 6-8 jam. Tujuannya dikarenakan baterai laptop masih baru serta lama tak digunakan.

2. Jangan Melepas Baterai

Cara merawat laptop Lenovo agar tak mudah rusak berikutnya ialah sebaiknya jangan sering-sering melakukan pelepasan baterai. Ini biasanya berkaitan erat dengan komponen kelistrikan laptop. Apabila seandainya listrik mati secara tiba-tiba, maka dikhawatirkan terjadi konsleting laptop. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan kerusakan.

3. Diamkan Perangkat Laptop Saat Sedang Mengecas

Kamu juga harus mendiamkan laptop kesayanganmu saat sedang mengecas. Jadi, biarkan perangkatmu beristirahat dulu. Tujuannya supaya baterai laptop lebih awet serta tidak gampang drop.

4. Biarkan Laptop Dalam Kondisi Dingin

Jangan sampai memasukkan laptop ke dalma tas saat baru selesai digunakan, walaupun sudah dimatikan umumnya kondisi ini masih menyimpan energi listrik. Kita bisa mengetahuinya ketika menyentuh laptop masih dalam kondisi panas.

Oleh karena itu, sebaiknya diamkan laptop mendingin terlebih dahulu sampai panasnya menghilang untuk kemudian baru disimpan baik di dalam softcase atau tas. Tujuannya supaya terhindar dari konsleting listrik dan mencegah kerusakan hardware.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat laptop Lenovo dan perawatan baterainya agar tetap berfungsi baik meskipun sudah lama digunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts