Cara Gadaikan BPKB di Pegadaian

Kendaraan, merupakan salah satu kebutuhan tersier yang perlu dipenuhi oleh manusia. Wajar, bila saat ini masyarakat sangat antusias untuk memilikinya. Selain dapat digunakan sebagai alat transportasi. Kendaraan, juga bisa membantu pemiliknya atasi permasalahan keuangan. Melalui cara gadaikan BPKB di Pegadaian, semua masalah akan terselesaikan dengan cepat.

Pegadaian telah menyediakan berbagai pilihan produk pinjaman yang dapat kamu pilih saat akan melakukan pengajuan pinjaman. Mulai dari jenis barang agunannya, sampai dengan jumlah dana yang nantinya akan ditawarkan oleh pihak perusahaan kepada debitur. Adanya perbedaan tersebut, dikarenakan target calon nasabahnya juga berbeda. Sesuai kebutuhan.

Peran BPKB di Pegadaian

BPKB atau surat kepemilikan kendaraan yang diterbitkan secara langsung oleh pihak yang memiliki wewenang tinggi, yaitu Polisi Lalu Lintas. Membuat surat tersebut, memilki peran yang besar dalam urusan pinjaman. Salah satunya, ketika kamu ingin meminjam dana lewat PT Pegadaian. Barang agunan seperti ini, memang nilai taksirannya tinggi. Apalagi, lengkap.

Mulai dari kelengkapan suratnya, sampai dengan faktur pembelian, dan pastinya kondisi unit kendaraannya dalam keadaan prima. Maka, sudah bisa dipastikan setidaknya kamu bisa cair dana Rp 10.000.000 ke atas. Ingat juga, ada minimal rilis tahun produksi kendaraan. Untuk 1 unit motor, maksimalnya rilisan tahun 2007. Sedangkan untuk mobil, maksimal tahun 2010.

Cara Gadaikan BPKB di Pegadaian

Cara Gadaikan BPKB di Pegadaian
Cara Gadaikan BPKB di Pegadaian

Cara Gadai BPKB di Pegadaian Syariah

Program PT Pegadaian Syariah, menawarkan konsep pinjaman yang membebaskan dirinya dari hukum riba (antiriba). Pihaknya memastikan, kalau produk-produk yang tersedia di opsi pinjaman tersebut. Semuanya, mengacu pada barang berharga milik pribadi debitur yang bisa dijadikan untuk agunan meskipun umur pemakaian atau penyimpanannya sudah lama. Rahn.

Terkait:  Cara Menghitung Pajak Mobil

Cara gadai BPKB di Pegadaian Syariah. Buat kalian yang tidak ingin terperangkap dengan pinjaman yang selalu berkaitan dengan permasalah riba dalam Islam. Maka, pilih produk Rahn yang bisa membantumu tetap mengajukan pinjaman dengan taksiran nilai yang sepadan. Penasaran bagaimana cara pengajuan pinjamannya? Simak penjelasan selengkapnya berikut:

  1. Persiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan pinjaman
  2. Silahkan kunjungi KC (Kantor Cabang) atau outlet resmi PT Pegadaian Syariah terdekat, sambil membawa jaminan atau marhun ke lokasi
  3. Lakukan pengisian formulir serta permohonan pengajuan pinjaman untuk usaha kepada pihak perusahaan Pegadaian
  4. Tim Mikro dari pihak Pegadaian akan melakukan verifikasi terkait nilai dari taksiran harga marhun nasabah
  5. Debitur melakukan tandatangan di atas Surat Bukti Gadai yang diserahkan oleh pihak Pegadaian
  6. Pegadaian memberitahukan kepada pemohon, kapan dana pinjaman akan dicairkan ke pihak debitur. Umumnya, paling lambat H+3 setelah pengajuan agunan disetujui.

BPKB, pada dasarnya tidak hanya kamu temukan di kendaraan motor saja. Kendaraan roda 4 atau mobil juga mendapatkan surat tersebut. Akan tetapi, bukan berarti barang agunan mobil memiliki perlakuan yang istimewa. Artinya, meskipun nilai taksirannya pasti tinggi. Kalian harus tetap memenuhi persyaratan lainnya. Kalau tidak sesuai, maka proses pengajuan batal.

Syarat-syarat Ajukan Gadai Arrum Pinjaman Syariah

Produk pinjaman satu ini, diberikan kepada mereka yang membutuhkan modal tambahan agar usaha yang sedang dijalankan olehnya tetap bertahan. Targetn, para pelaku usaha yang berada di tingkatan kecil sampai dengan menengah (UKM). Tujuan dari peminjaman modal tersebut, dilakukan supaya usaha debitur dapat lebih berkembang. Berikut persyaratannya:

  • Sudah menjalankan usaha kelas mikro yang memenuhi kualifikasi dari perusahaan, dan telah berlangsung minimalnya 1 tahun
  • Usaha yang dijalankan, berdiri secara legal, serta sesuai dengan ketentuan agama islam dan UUD RI
  • Persiapkan dokumen FC KTP, Surat Keterangan Nikah, Kartu Keluarga. Keseluruhan berkas harus bersifat asli
  • Memberikan berkas kepemilikan kendaraan sepeda motor atau mobil (FC STNK, BPKB yang asli, serta faktur atau nota pembelian)
Terkait:  Cara Kredit Kredivo

Menurut informasi dari Pegadaian.co id. Ada beberapa pernyataan dari hasil pertanyaan yang sering kali diajukan oleh para calon nasabah. Apa sajakah itu?

  1. Ketika kalian memilih produk Arrum untuk melakukan peminjaman dana. Maka, BPKB kendaraannya saja yang akan disimpan. Sedangkan untuk kendaraan, dapat dibawa kembali oleh pihak pemohon
  2. Seseorang tidak memiliki usaha atau bisnis atas nama dirinya sendiri, ketika selesai melakukan proses pengajuan pinjaman. Otomatis, kendaraan akan disimpan  di KC Pegadaian sampai pembiayaan dana dilunasi oleh pihak debitur.
  3. Calon nasabah produk Arrum yang ingin menggadaikan BPKB kendaraan mobil miliknya, tidak dapat menggunakan layanan ini karena belum memiliki usaha yang sudah beroperasi minimalnya 1 tahun

Rincian Pinjaman Modal Usaha Berbasis Syariah

Marhun Bih (Besar Nominal Pinjaman) Biaya Mu’nah untuk Pemeliharaan Mu’nah Akad (Administrasi) Jatuh Tempo
Mulai dari Rp 1.000.000 s/d Rp 400.000.000 Persentase 0,70 % x taksiran x jatuh tempo Nilai 1% dari keseluruhan jumlah pinjaman, besar pembiayaan dana lebih dari 100 juta dibebaskan dari biaya administrasi Kurun waktu 12 sampai dengan 48 bulan

Cara Gadai BPKB di Pegadaian

Prinsip syariah yang kini dipadukan ke dalam proses peminjaman yang berlangsung di PT Pegadaian Syariah. Memberikan kemudahan kepada calon debitur untuk melakukan pengajuan pinjaman melalui kendaraan motor yang dimiliki atas nama dirinya sendiri. Bukan barang cicilan lagi, atau milik dari orang lain. Ingat! Debitur hanya bisa menggadaikan saja.

Cara gadai BKPB di Pegadaian, sebenarnya sangat mudah dan prosesnya juga cepat. Tetapi, buat kamu yang masih saja terkecoh dengan pernyataan berita di luar sana yang berasumsi kalau PT Pegadaian dapat melakukan transaksi jual kendaraan motor. Hal tersebut, tidaklah benar. Karena, bukan motornya dijual melainkan disita karena tidak mampu melunasi utang.

Terkait:  Cara Kredit Emas di Shopee

Kalian yang malas datang langsung ke Kantor Cabang atau belum memiliki waktu senggang untuk berkunjung ke lokasi Pegadaian berada. Calon nasabah dapat melakukan reservasi agar kamu bisa menghindari antrean panjang dengan registrasi terlebih dahulu secara online.  Apa saja tahapannya? Simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Buka Aplikasi “Pegadaian Digital” yang sudah kalian install di HP
  2. Klik menu “Gadai” pada halaman utama aplikasi
  3. Ketuk opsi “Booking Service”, lalu dilanjutkan dengan memilih kategori barang yang hendak kamu gadaikan
  4. Isi secara rinci barang agunan yang akan kamu serahkan. Mulai dari tipe, merk, dan lain sebagainya
  5. Muncul taksiran biaya pinjaman yang dapat kalian ajukan saat berkunjung langsung ke KC Pegadaian nanti. Terlihat juga waktu jatuh tempo sampai utang dilunasi
  6. Kalau kamu setuju dengan taksiran harga yang diberikan, pilih tombol “Selanjutnya”
  7. Tentukan lokasi KC (Kantor Cabang) Pegadaian terdekat dari domisili kamu
  8. Pilih tanggal, serta waktu atau jam kunjungan ke PT Pegadaian
  9. Upload foto barang jaminan yang akan diserahkan saat ajukan peminjaman
  10. Tunggu beberapa saat. Maka, proses telah selesai
  11. Periksa “Resi Online” di inbox atau email pemohon.

Resi tersebut, dapat menjadi bukti valid bahwa pemilik akun Pegadaian Digital sudah selesai melakukan booking layanan secara online. Oleh sebab itu, kalian saat berkunjung ke outlet atau KC tidak perlu lagi mengambil nomor urutan antrean. Langsung saja tunjukkan buktinya ke bagian petugas gadai yang bertugas.

Sekian pembahasan mengenai cara gadaikan BPKB di Pegadaian pada kesempatan kali ini. Butuh informasi lebih lanjut? Silahkan baca juga artikel cara gadai BPKB motor. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye…

Related posts