Cara Merawat Laptop Asus

  • Whatsapp

Bagaimana cara merawat laptop Asus? Asus adalah salah satu pabrikan laptop yang cukup dikenal masyarakat Indonesia, setelah sebelumnya terkenal dengan produk gadgetnya. Bagi Kamu yang memiliki laptop Asus atau apapun itu, sebenarnya tetap membutuhkan pemeliharaan yang baik. Sehingga laptop yang Kamu pakai bisa lebih awet dan tahan lama, bahkan bisa digunakan hingga bertahun-tahun.

Pemakaian laptop Asus sesuai prosedur memang sangat dianjurkan bagi Kamu yang ingin agar perangkatmu lebih awet dalam jangka panjang. Ada beberapa cara merawat laptop Asus yang harus diperhatikan, agar laptop kesayanganmu ini lebih awet.

Mengenal Laptop Asus

Laptop merupakan perangkat komputer jinjing untuk mengolah banyak file multimedia dengan desain yang lebih kecil dibandingkan komputer. Namun laptop mempunyai komponen yang serupa seperti komputer dengan kegunaan yang sama.

Asus sendiri termasuk produsen perangkat terkemuka di dunia. Pasalnya kemampuannya untuk mengolah berbagai macam aplikasi adalah salah satu alasan kenapa banyak pengguna PC menyukai merk Asus. Meskipun merek lannya pun tak kalah mumpuni.

Namun permasalahannya ialah ketidaktahuan penggunanya, yang mana kita tahu bahwa tiap-tiap peralatan elektronik membutuhkan perawatan agar lebih awet dan tahan lama. Ini penting sekali untuk dilakukan, sebab dengan merawat laptop Asus, para pengguna dapat memperoleh sejumlah manfaatnya, seperti berikut :

  • Mencegah terjadinya kerusakan perangkat pada penggunaan yang cukup singkat dari pembelian pertama kali.
  • Mengerti prosedur cara merawat laptop Asus dengan benar.
  • Usia perangkat lebih lama penggunaannya.
  • Memperoleh kinerja maksimal dari perangkat elektronik.

Lalu, bagaimana cara merawat laptop Asus? Jika Kamu penasaran simak ulasan berikut di bawah ini!

Terkait:  Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Laptop Asus

Cara Merawat Laptop Asus
Merawat Laptop Asus

Tutorial Merawat Laptop Asus

Jika Kamu baru memiliki laptop Asus, tentu harus mengikuti beberapa cara merawat laptop Asus di bawah. Sebenarnya untuk merawat laptop, apapun mereknya tak akan jauh berbeda. Oke, simak ulasan di bawah ini :

1. Jangan Memakai Charger Berlebihan

Dalam penggunaannya, sebaiknya jangan melakukan pengisian ulang baterai laptop berbarengan dengan penggunaan laptop. Jadi, jika Kamu men-charger laptop, pastikan hanya untuk melakukan pengisian daya baterai saja, dan tidak sambil menggunakan laptop. Sesudah penuh, Kamu bisa langsung mencabut charger-nya.

Apabila suatu saat mengalami kerusakan, sebaiknya beli charger laptop original. Sebab bagaimanapun, charger original tetap mempunyai kelebihan lebih baik dilihat dari segi apapun. Selain itu, jangan ambil resiko PC-mu rusak dengan memakai charger abal-abal.

2. Pakai Laptop dengan Hati-Hati

Cara merawat laptop Asus berikutnya ialah Kamu harus memakai laptop dengan hati-hati. Kita tahu bahwa laptop adalah perangkat yang rapuh, karena itu komponennya menjadi lebih gampang rusak saat terbentur, terjatuh dan lainnya. Ada beberapa komponen pada komputer yang bisa diganti, tapi jika komponen yang rusak pada hard disk-nya, dengan otomatis data di laptop yang Kamu miliki bisa hilang. Hal ini tentu saja tak dapat diganti.

Selain itu, komponen yang bisa dibilang cukup rapuh ialah monitor. Apabila monitor pada laptop rusak, maka biaya yang perlu Kamu keluarkan untuk mengganti atau memperbaiknya tidak sedikit. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hatilah saat menggunakan laptop. Pastikan laptop jangan sampai terbentur, terjatuh, apalagi sampai tersiram cairan.

3. Rutin Membersihkan Laptop

Pastikan untuk membersihkan laptop dengan teratur. Kamu harus membersihkan komponen laptop secara berkala. Adapun komponan yang paling penting untuk dibersihkan ialah kipas atau fan sebab komponen ini adalah tempat berkumpulnya kotoran maupun debu. Apabila debu yang masuk terlalu banyak, maka kipas laptop tidak akan dapat berfungsi baik. Hal ini tentu saja menyebabkan laptop lebih mudah panas, bahkan sering mati tiba-tiba.

Terkait:  Cara Merawat Kolam Renang

Cara membersihkan bagian fan laptop ini memang tidak mudah, sebab Kamu harus membongkarnya. Maka dari itu, Kamu harus meminta orang ahli atau bisa membawa laptop ke tempat servis guna membersihkan fan laptop. Komponen lainnya yang mesti diperhatikan ialah monitor, keyboard dan lainnya harus dibersihkan teratur supaya tidak gampang rusak.

4. Memilih OS Laptop yang Sesuai

Tak sedikit orang sering mengganti laptop mengingat laptop mereka bekerja sangat lambat. Di samping disebabkan oleh usia hardware-nya yang sudah tua, biasanya hal ini terjadi akibat pemasangan OS yang kurang cocok atau tidak sesuai dengan laptopnya. Misalnya saja, laptop tua yang memiliki kapasitas RAM 512 MB pastinya tak akan cocok jika harus menjalankan OS Windows 8 maupun Windows 7.

Maka dari itu, salah satu cara merawat laptop Asus ialah apabila spek laptopmu pas-pasan, sebaiknya pilih OS Windows XP dengan kapasitas lebih ringan dibandingkan Windows terbaru. Apabila Kamu mengkhawatirkan keamanan Windows XP, sebaiknya pakai distro Linux dengan kinerja mirip seperti Windows XP.

5. Melakukan Update Software

Kamu juga harus rutin memperbarui sistem operasi dan aplikasi yang Kamu pakai di laptop. Meskipun tak ada sistem operasi dan aplikasi yang sempurna, tapi dengan selalu update program tersebut, bisa menghindari berbagai macam masalah keamanan dan performa yang bisa membahayakan laptopmu.

6. Upgrade Hardware Laptopmu

Cara merawat laptop Asus selanjutnya ialah Kamu harus mengupgrade hardware laptopmu. Kebanyakan orang memang terkesan mustahil mengganti komponen hardware laptop mereka. Akan tetapi, sebenarnya hal ini bisa dilakukan karena kini ada banyak komponen perangkat PC yang dijual secar aluas di pasaran. Kamu bisa mengganti RAM dengan mudah, monitor bahkan hard disk laptop yang rusak.

Apabila Kamu mengetahui mana saja komponen yang kinerjanya kurang baik, Kamu pun bisa mengganti komponen laptop tersebut tanpa menjual laptopmu. Hal ini secara otomatis bisa menambah masa pemakaian laptop lebih lama.

Terkait:  Cara Merawat Kucing Kecil

7. Jangan Terlalu Sering Menyalakan dan Mematikan PC

Pakai laptop secara teratur, jangan sampai baru pemakaian 15 menit, Kamu sudah mematikan laptopmu, dan tak berselang lama Kamu pun menghidupkannya kembali. Hal tersebut sering terjadi khususnya jika Kamu membiarkan anak-anak memainkan laptop. Oleh karena itu, Kamu harus memantau aktivitas mereka.

Jadi, cara paling baik menggunakan laptop ialah jangan terlalu sering mematikan atau menyalakan laptop.

8. Jangan Memakai Laptop Dalam Waktu Terlalu Lama

Jika Kamu seorang gamer atau orang yang selalu bekerja di depan laptop, mungkin Kamu harus mengakali hal yang satu ini. Sebab jika tak memungkinkan menggunakan laptop dalam waktu singkat, Kamu bisa memakai media lain yang dapat membantu kinerjanya. Misalnya dengan memakai pendingin manual,kipas external atau lainnya.

Sebab jika laptop digunakan dalam waktu yang lama, bisa menyebabka overheat atau panas mesin berlebihan. Apabila panas tersebut tidak ditangani segera, bisa merusak komponen pada mesin laptop itu sendiri.

9. Jangan Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Cara merawat laptop Asus yang satu ini mungkin membingungkan. Sebenarnya sah sah saja jika laptopmu masih dingin jika beraktivitas di ruangan yang ber-AC. Namun yang tidak diperbolehkan itu ialah jika laptopmu masih panas atau hangat, dan Kamumenutup LCD-nya.

Sebagai saran, sebaiknya jangan menutup LCD perangkat laptopmu secara langsung sebab udara panas pada permukaan keyboard yang keluar bisa mengenai LCD langsung dan bisa berakibat fatal bagi LCD laptop tersebut. Apabila Kamu ada di kantor atau sekolah yang tak ber-AC atau yang udaranya panas, alangkah baiknya tunggu 30 menit sebelum waktu pulang dan matikan laptopnya terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa langkah cara merawat laptop Asus yang harus Kamu lakukan agar laptopmu tetap terjaga dengan baik dan tetap awet. Bagaimana, mudah kan?

Related posts