Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi

Bagaimana cara merawat ikan koi? Ikan koi merupakan sejenis ikan hias paling banyak digemari untuk dipelihara, sebab memiliki keunikan dari coraknya. Adapun corak yang paling populer ialah perpaduan dari warna hitam, perak dan merah. Ikan koi juga populer karena harganya sangat fantastis. Selain itu, ikan ini berasal dari Jepang dan mempunyai simbol keberuntungan, cinta dan persahabatan.

Karakteristik Ikan Koi

Sebelum mengetahui cara merawat ikan koi, Kamu harus mengetahui karakteristik ikan koi terlebih dahulu. Ikan koi mempunyai karakteristik tersendiri yakni masih termasuk family ikan mas dan memiliki nama ilmiah Cyprinidae. Pasalnya ikan koi mempunyai ciri fisik yang perawakan tubuhnya memanjang sama seperti torpedo.

Ikan ini memiliki sirip pada bagian pinggul, punggung serta sepasang pada bagian ekor dan dada. Sementara bagian kepalanya memiliki bentuk seperti ikan mas yang memiliki kumis kecil berguna untuk mendeteksi adanya makanan di sekitarnya. Selain itu, ikan koi mempunyai lapisan epidermis licin untuk dapat melindungi tubuhnya terhadap serangan parasite.

Banyak orang yang percaya jika warna pada sisik ikan ini menentukan usianya. Selain itu, ikan koi mempunyai indera perasa di bagian urat sarafnya tepatnya di bagian bawah sisik. Inilah yang membuatnya dapat menyerap sekaligus merasakan sel warna, karena itu tubuhnya bercorak unik. Sementara itu, indera pendengaran dari ikan koi sendiri dapat mendeteksi adanya getaran suara lewat bagian tengah kepala hingga ekornya.

Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi
Merawat Ikan Koi

Tutorial Merawat Ikan Koi

Sebenarnya ada berbagai macam jenis ikan koi yang bisa kita temukan, mulai dari ikan koi Goshiki, Koi Slayer, Saragoi, Tancho, Matsuba, Hikarimono, dan lain sebagainya. Meskipun banyak jenisnya, namun cara merawat ikan koi untuk semua jenis kurang lebih sama. Hanya saja, perbedaannya dilihat dari corak warna, ukuran tubuh serta kebiasaannya. Nah, jika Kamu pemula yang berencana merawat ikan koi, berikut ada beberapa langkah perawatan ikan koi yang bisa dicoba :

1. Memilih Kolam Ikan Koi

Langkah pertama merawat ikan koi pertama ialah dengan mempersiapkan kolam ikannya terlebih dulu demi memastikan jika ikan koi mempunyai tempat untuk tinggal yang nyaman. Kamu bisa memakai jenis bahan material apapun dengan kedalaman minimal sekitar 50 cm.

Akan lebih baik lagi jika Kamu membuat sekitar 1 meter supaya bisa menampung air hingga 1100 liter. Sementara untuk lebarnya sendiri, Kamu dapat mengkreasikan sesuai kebutuhan dan keinginannya asalkan ikan koi masih tetap mempunyai ruang gerak mencukupi. Dengan begitu ikan koi ini bisa lebih lama bertahan hidup.

Kamu harus tahu bahwa walaupun hanya sejenis ikan hias, tapi ikan koi bisa tumbuh lebih besar, lain halnya dengan ikan berukuran kecil. Inilah alasan kenapa ikan koi tidak akan leluasa jika ditempatkan di akuarium, karenanya ikan ini memerlukan kolam untuk tempat pertumbuhannya secara optimal.

2. Pakai Air Bersih Untuk Mengisi Kolam

Setelah mempersiapkan kolamnya, Kamu tinggal mengisi kolam menggunakan air bersih sebelum Kamu memasukkan ikannya. Setelah itu, diamkan air selama 2-3 hari sebelum Kamu memasukkan ikan ke dalamnya supaya bau cat atau semen yang tersisa di kolam bisa hilang.

Kemudian ganti menggunakan air bersih baru agar ikan tidak mati karena bisa saja ada bahan kimia yang masih menempel pada permukaan kolam. Kamu bisa melakukan uji coba, caranya dengan menempatkan ikan koi keecil agar mengecek kondisi kolam.

3. Membeli Bibit Ikan Koi yang Berkualitas dan Sehat

Cara merawat ikan koi selanjutnya ialah pastikan Kamu memilih bibit ikan koi berkualitas dan jangan tergoda membeli bibit ikan yang harganya murah. Dengan kualitas bibit ikan yang sehat merupakan kunci utama karena bisa berpengaruh bagi tumbuh kembang ikan koi itu sendiri.

Ikan koi berkualitas dan sehat biasanya hanya memerlukan waktu sebentar saja untuk menyesuaikan atau beradaptasi dengan kolam yang baru. Namun sebaliknya, kualitas dari ibibit ikan yang rendah bisa membuatmu lebih ribet mengurusnya, justri bisa gampang mati. Oleh karena itu, sebaiknya beli bibit berkualitas dan sehat walaupun Kamu harus merogoh kocek lebih dalam.

4. Melakukan Karantina Ikan Sebelum Menempatkannya di Kolam

Cara merawat ikan koi selanjutnya, setelah Kamu membeli bibit berkualitas selanjutnya Kamu harus melakukan karantina ikan terlebih dulu sebelum ikan tersebut dimasukkan ke kolam. Adapun caranya cukup meletakkan ikan ke wadah besar atau ember besar. Kamu dapat membatasi jumlah koi pada satu wadah saja supaya ikan tidak stres.

Tentu saja, proses karantina harus dilakukan tujuannya supaya koi tidak kaget ketika dipindahkan pertama kali dari tempat yang sebelumnya. Sebab tempat sebelumnya hampir menyerupai kolam ikan dan material ember tersebut. Kamu bisa melakukan karantina ikan di ember selama 2-3 hari. Lalu Kamu bisa memasukkannya secara perlahan ke kolam air bersih.

5. Menanam Tanaman Air

Supaya lebih menyerupai bentuk habitat aslinya, Kamu bisa menambahkan tanaman air ke dalam kolam. Tanaman air ini bisa menjadi sumber nutrisi untuk pertumbuhan ikan koi agar lebih optimal. Kamu bisa menanam air seperti teratai atau alga serta duckweed.

Hal ini dikarenakan tanaman alga bisa menyuplai tambahan oksigen pada air agar membuat kolam lebih sehat bagi ikan koi. Tak hanya baik bagi ikan koi, tetapi tanaman air tersebut juga dapat menambah keindahan kolam ikan.

6. Memasang Filter Air

Cara merawat ikan koi selanjutnya, Kamu juga harus memasang filter air. Filter air ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas air pada kolam sebagai tempat habitat ikan ini. Filter air dapar menyaring berbagai macam kotoran halus serta dapat mengurangi racun berupa ammania berdasarkan sisa hasil pencernaan ikan, karena bisa mengotori kolam. Selain itu, filter air ini dapat menjaga kebersihan pada air kolam sekaligus dapat meningkatkan kualitas hidup ikan koi.

Kamu harus tahu bahwa ikan koi mempunyai karakter yang tak menyukai air keruh atau kotor, tentunya hal ini berbeda dari ikan lele. Memakai filter air bisa sangat membantumu untuk memelihara kebersihan airnya.

7. Memberi Makanan Pelet Berkualitas

Makanan pelet adalah hal terpenting dalam perawatan ikan, terutama ikan hiasa yang satu ini. Kamu harus memberikan pakan pelet berkualitas dengan kandungan protein tinggi guna memenuhi kebutuhan makanan dari ikan koi. Adapun pelet berkualitas ialah yang mengandung protein di atas 30% dan memiliki kandungan lemak sekitar 5%.

Namun sebelum memberikan pelet, Kamu sebaiknya merendam pelet tersebut lebih dulu kurang lebih selama 30-60 detik supaya lebih gampang dimakan ikan. Pastikan untuk memberi pakan ikan koi 2 kali sehari, di pagi maupun sore hari dalam komposisi secukupnya. Tak hanya pelet khusus untuk ikan, Kamu juga dapat memberi makan dengan menggunakan jentik nyamuk, kutu air, dan cacing rambut.

8. Pemberian Nutrisi Tambahan

Di samping harus memberikan makan dengan rutin secukupnya tak terlalu banyak, Kamu harus menambahkan nutrisi tambahan bagi ikan koi. Tujuannya agar pertumbuhan ikan dapat berlangsung secara optimal. Kamu dapat memberikan tambahan nutrisi 2 minggu sekali, misalnya dengan pemberian wortel, selada dan kacang polong.

Itulah 8 cara merawat ikan koi yang bisa Kamu coba jika Kamu penyuka salah satu ikan hias populer ini. Gimana, cukup mudah kan?

Related posts