Cara Menonaktifkan Mode Aman

  • Whatsapp

Bagaimana cara menonaktifkan mode aman di perangkat android? OS android yang bersifat open source, tentu saja memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi perangkat tersebut. Walaupun sebenarnya memudahkan, akan tetapi hal tersebut justru membuat sistem perangkat android menjadi lebih gampang rusak. Terlebih jika ada aplikasi dicurigai yang telah terinstal. Agar terhindar dari kerusakan, biasanya perangkat android otomatis masuk ke dalam safe mode.

Mengenal Safe Mode atau Mode Aman

Sebelum kita membahas cara menonaktifkan mode aman di android, Kamu perlu mengetahui mode aman di android. Safe mode ialah sebuah mode untuk membatasi perangkat android dalam menjalankan sistem dasar dan fungsi utamanya. Mode ini dibuat hingga sedemikian rupa guna membantu troubleshooting, melacak sekaligus mendiagnosis kinerja perangkat android di ponselmu.

Ini artinya, Kamu tidak dapat menjalankan seluruh aplikasi yang terinstall di perangkat hpmu. Pasalnya aplikasi ini akan tersembunyi saat hpmu memasuki safe mode. Sebenarnya tak perlu khawatir jika hpmu tiba-tiba masuk ke dalam safe mode. Walaupun belum tentu terindikasi kerusakan di perangkat, tapi safe mode ini adalah tanda bahwa pengguna harus berhati-hari.

Fungsi Safe Mode

Saat perangkat androidmu masuk ke dalam safe mode, maka seluruh aplikasi dari pihak ketiga tak dapat dipakai. Adapun fungsi dari safe mode ini ialah untuk mengecek apakah aplikasi ada program atau aplikasi yang mengakibatkan masalah terjadi pada OS android. Di samping bisa memperbaiki masalah pada hp, seperti hp lemot atau hp error, namun fitur safe mode pun dapat dipakai untuk mengatasi ponsel yang kerap melakukan restart sendiri.

Terkait:  Cara Cek Data Smartfren

Ketika memasuki safe mode, maka tampilan hp sebenarnya tetap sama. Akan tetapi, bedanya ialah ada tanda watermark yang bertuliskan seperti “safe mode” tepat di samping kiri bawah. Ketika hp masuk ke dalam safe mode, maka Kamu dapat memperbaiki kinerja dari sistem perangkat yang kerap me-restart sendiri serta uninstal aplikasi yang mengakibatkan hp lemot.

Sebenarnya jika hpmu masuk ke mode aman secara otomatis, ini artinya sistem di perangkat androidmu mengalami masalah. Perangkat yang masuk ke dalam safe mode artinya bisa saja akibat virus, bug, atau terjadinya malfungsi aplikasi pada perangkatmu. Selain itu, bisa juga secara tidak sengaja Kamu memencet tombol tertentu untuk mengaktifkan safe mode.

Biasanya hal ini terjadi pada perangkat android yang telah di root. Sehingga jika tidak terlalu penting, sebaiknya jangan melakukan root ponselmu. Lalu, bagaimana sebenarnya cara menonaktifkan mode aman di perangkat android?

Cara Menonaktifkan Mode Aman

Cara Menonaktifkan Mode Aman
Menonaktifkan Mode Aman di Android

Tutorial Menonaktifkan Mode Aman di Android

Sebenarnya cara menonaktifkan mode aman pada perangkat android sendiri cukup mudah. Ada beberapa panduan cara yang bisa Kamu coba untuk menghilangkan mode aman di hp, diantaranya :

1. Menonaktifkan Mode Aman dengan Restart

Cara menonaktifkan mode aman paling mudah ialah dengan me-restart hp android. Mode ini, normlanya akan muncul hanya sementara sampai semua masalah di hpmu bisa terselesaikan. Jika Kamu merasa yakin bahwa tidak ada masalah yang terjadi pada sistem ponselmu atau Kamu merasa tidak sengaja menyalakan safe mode ponsel, Kamu dapat mencoba metode ini.

Jika ingin me-restart ponsel sebagai solusi untuk menonaktifkan safe mode sebenarnya sangat mudah, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan tekan lalu tahan pilihan tombol power di perangkat hpmu sampai muncul beberapa menu pilihan.
  • Kemudian pilih “reboot” jika ingin me-restart ponsel.
  • Selanjutnya tunggu sampai ponsel menyala, karena sistem akan me-restart perangkat. Jadi Kamu tinggal menunggu saja sampai selesai prosesnya.
Terkait:  Cara Cek Garansi Vivo

2. Menonaktifkan Mode Aman di Hp dengan Mengecek Aplikasi yang Terinstal

Cara menonaktifkan mode aman di hp android yang kedua ialah Kamu bisa mengecek aplikasi yang telah terinstal di perangkat android. Karena aplikasi ini bisa saja menyebabkan perangkat masuk ke dalam safe mode. Apalagi jika Hpmu dalam kondisi root, jadi potensinya bisa semakin besar.

Sebenarnya untuk mengatasi hal ini sangat simpel. Kamu bisa mengingat kembali apa saja aplikasi yang terakhir diinstal, baru kemudian langsung tinggal hapus saja penyebab safe mode. Namun jika Kamu lupa, cek saja lewat Google Playstore. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka Playstore.
  • Kemudian buka menu di samping kiri bagian atas.
  • Lalu pilih opsi “Aplikasi dan game saya”.
  • Selanjutnya masuk ke opsi “Terinstall”.
  • Dari sana, Kamu akan mengecek daftar aplikasi terinstal di ponselmu.
  • Silahkan cek di sini kemudian catat kira-kira apa saja aplikasi yang akan dihapus.

Adapun cara untuk menghapus aplikasinya, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka opsi “Setelan” di android.
  • Lalu masuk ke “Aplikasi.
  • Jika sudah, Kamu bisa mencari aplikasi tertentu yang akan dihapus, kemudian buka.
  • Selanjutnya ketuk “Hapus Instalasi”.
  • Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah itu, Kamu bisa langsung me-restart Hp. Adapun tujuannya ialah supaya pesan notifikasi safe mode bisa hilang. Jika belum berhasil, Kamu bisa mengulangi langjah-langkah di atas sampai menemukan program atau aplikasi pemicunya.

3. Menonaktifkan Safe Mode Dengan Menghapus Cache

Cara menonaktifkan mode aman berikutnya ialah dengan cara menghapus cache. Biasanya data-data akan muncul otomatis seiring penggunaan Hp. Pada beberapa kondisi, data cache ternyata dapat memunculkan safe mode yang tak mau hilang pada hp. Maka dari itulah, sebaiknya Kamu mencoba menghapus cache dari perangkat ponsel untuk menghilangkan safe mode.

Berikut ulasannya :

  • Nonaktifkan hp terlebih dahulu.
  • Lalu tekan power dibarengi dengan volume bawah.
  • Silahkan tunggu beberapa lama, sampai ponsel masuk ke dalam mode recovery.
  • Pada recovery, Kamu tinggal mencari opsi “Clear Cache”.
  • Setelah itu pilih “clear cache“.
Terkait:  Cara Cek IMEI Vivo

Sebagai tambahan, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Untuk memasuki bagian recovery, biasanya menggunakan perpaduan tombol volume bawah + power.
  • Akan tetapi pada sebagian ponsel bisa saja berbeda. Kamu tinggal search di platform Google sesuai dengan jenis hp-mu.

4. Menonaktifkan Mode Aman dengan Me-Reset Hp

Cara menonaktifkan mode aman berikutnya ialah dengan me-restart hp. Karena bisa saja pesan safe mode muncul akibat sistem operasi yang corrupt. Meskipun jarang dijumpai, namun bisa saja hal ini terjadi. Terlebih jika hp sudah digunakan dalam waktu cukup lama, maka kemungkinannya dapat meningkat.

Adapun jika ingin mengatasi persoalan ini, akan sulit jika dilakukan dengan cara manual. Namun yang paling efektif ialah, Kamu dapat melakukan factory reset.

Berikut cara melakukan factory reset hp, diantaranya :

  • Pertama-tama, silahkan buka “Pengaturan” Hp.
  • Lalu cari opsi “Cadangkan dan setel ulang”.
  • Pilih opsi “Kembalikan ke setelan pabrik”.
  • Silahkan tunggu beberapa lama hingga prosesnya selesai.
  • Jika sudah, hpmu akan langsung me-restart. Tinggal tunggu saja prosesnya. Jika sudah, Kamu bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan selanjutnya.

Namun Kamu harus tahu bahwa dengan me-reset, tentu saja semua data pada sistem akan langsun dikembalikan menuju setelan awal, bahkan seperti baru kembali. Sehingga, sema error yang terjadi pun bisa hilang.

Oke, itulah 4 cara menonaktifkan mode aman yang dapat Kamu coba jika ingin menghilangkan safe mode pada hp yang mengganggu. Semoga bermanfaat!

Related posts