Cara Bermain Airdrop

Cara Bermain Airdrop

Bagaimana cara bermain airdrop? Bagi kamu yang kerap melakukan trading aset digital tentu saja istilah airdrop sudah tidak asing lagi di telinga. Karena Airdrop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari coin atau token yang akan memulai debutnya di perdagangan aset digital.

Airdrop adalah salah satu bentuk pemberian aset kripto yang diberikan secara cuma-cuma kepada beberapa orang atau mungkin komunitas didalamnya. Pada prosesnya hasil dari airdrop dalam bentuk aset crypto akan di distribusikan secara langsung ke dalam wallet masing-masing penerima.

Read More

Untuk mendapatkan aset crypto melalui Airdrop, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus kamu ikuti dengan mematuhi berbagai prosedur pembelian ICO maupun penawaran dari pihak pengembang aset crypto tersebut.

Hasil coin atau token dari Airdrop seperti biasa akan disiapkan oleh pengembang untuk dibagikan kepada pemegang blockchain yang memang sebelumnya sudah ada. Di samping itu, nantinya akan diberikan kepada seseorang maupun komunitas.

Sekilas Mengenai Airdrop

Karena Airdrop diberikan secara Cuma-Cuma kepada seseorang atau komunitas yang berminat pada coin atau token yang akan listing. Dengan demikian, secara tidak langsung pihak pengembang bisa memanfaatkan aktifitas Airdrop dalam rangka untuk meningkatkan proses promosi. Hal tersebut bertujaun agar diketahui oleh dunia luar bahwa proyek yang sedang dikembangkannya merupakan proyek yang prestisius.

Kenyataannya, ada beberapa token yang hanya mengandalkan euforia sesaat tanpa mengedepankan proyeknya. Biasanya mereka mengembangkan koinnya ketika ada salah satu koin yang harganya langsung melejit tinggi dikarenakan ada dorongan dari orang-orang yang berperan besar di dunia.

Sebut saja, baru-baru ini Elon Musk yang selalu menggemborkan token Doge, seketika itu token Doge langsung melejit tinggi. Lalu diikuti dengan token-token lainnya yang memiliki unsur Doge seperti BuffDogeCoin, Shiba, Baby Doge atau token lainnya yang bertema ‘anjing’ dengan pertama kali membuka pamornya melalui airdrop.

Aset Digital Untuk Dapatkan Airdrop

Berbicara mengenai Airdrop, ada salah satu aset digital yang memberikan airdrop secara massif yaitu Auroracoin dengan inisial AUR. Auroracoin merupakan aset digital pertama kali yang membagikan asetnya secara Cuma-Cuma khusus bagi masyarakat islandia dengan jumlah 31.8 AUR. Pada waktu itu, momentnya adalah masyarakat islandia menjadi partisipan ketika melakukan pengisian data kependudukan sehingga pemberian aset digital AUR menjadi moment yang sangat tepat.

Biasanya ketika akan melakukan proses Airdrop, para pengembang akan mengumumkan tanggal yang tepat untuk proses Airdrop itu sendiri. Untuk kemudian, tim dari aset digital yang akan melakukan Airdrop bisa melakukan snapshot dari blockchain. Sehingga pihak yang sudah ditentukan berdasarkan snapshot tadi akan mempunyai aset tersebut, dengan menerima token atau coin secara gratis.

Namun kamu harus hati-hati mengenai aktifitas airdrop yang menjamur di dunia crypto. Hal ini disebabkan, sampai saat ini masih belum ada regulasi yang jelas mengenai peraturannya secara konkret. Dengan begitu, Airdrop tidak selamanya memberikan token, melainkan bisa saja berbentuk scam yang bersifat merugikan, karena tak menutup kemungkinan aset yang tersimpan di wallet akan hilang begitu saja.

Ketentuan dan Syarat Mengikuti Airdrop

Sebelum membahas cara bermain Airdrop, Kamu harus mengetahui beberapa ketentuan dan persyaratan mengikuti Airdrop terlebih dahulu. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan aset digital secara gratis tanpa pungutan biaya sepeser pun. Berikut ulasannya :

1. Wallet

Wallet merupakan persyaratan penting yang wajib kamu miliki. Dimana, setiap airdrop yang kamu ikuti akan diitransfer ke dalam wallet milikmu. Pastikan untuk memilih wallet yang terpercaya.

Ada beberapa jenis wallet yang bisa kamu pergunakan untuk bermain Airdrop, diantaranya adalah trust wallet dan metamask. Kedua wallet ini bisa dipercaya untuk dijadikan wallet utamamu.

Biasanya ada menu khusus di dalam wallet tersebut, untuk mengikuti Airdrop pilihanmu, caranya adalah dengan masuk ke menu Dapps. Disana ada beberapa pilihan menu lainnya untuk membeli token atau coin bahkan yang belum listing di exchange sekalipun.

Namun jika ingin mendapatkan Airdrop dari salah satu aset incaranmu, langsung saja masuk ke website url dari coin atau token tersebut. Ketika sudah masuk ke menu Airdrop, kamu tinggal cari tombol join Airdrop agar bisa mengikutinya.

Jangan lupa jika kamu pengguna trust wallet, sebelum join Airdrop, pastikan coin BNB kamu harus terisi terlebih dahulu karena nantinya akan dijadikan sebagai gass fee dalam proses pembayarannya. Adapun untuk mendapatkan coin BNB bisa di transfer dari exchange yang kamu miliki lalu paste alamat wallet BNB dari wallet yang kamu miliki.

2. Akun Telegram

Salah satu syarat cara bermain Airdrop ialah harus mempunyai Telegram. Saat ini telegram dijadikan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi airdrop kepada siapapun. Bahkan bisa dijadikan sebagai langkah untuk mempromosikan aset digitalnya karena biasanya jika kamu ingin mendapatkan aset digial dari Airdrop yang diikuti maka harus bergabung terlebih dahulu ke dalam komunitas coin atau token tersebut.

Pastikan juga agar kamu tidak keluar dari grup karena jika keluar akan terdeteksi dan peluang mendapatkan airdrop menjadi hilang. Jika seandainya kamu ingin keluar grup, setidaknya tunggulah hinga pengumuman pembagian aset digital dari airdop tersebut sudah benar-benar di distribusikan kepada pemilik yang mengikuti Airdrop.

Selain itu, kamu juga akan dimintai username dari akun Telegram milikmu sebagai langkah dalam verifikasi yang menyatakan bahwa kamu benar-benar mengikuti persyaratannya.

3. Akun Twitter

Akun lainnya yang perlu kamu miliki adalah twitter. Bagi yang belum memiliki akun Twitter, kini bisa membuatnya. Jangan salah bahwa saat ini selain telegram, twitter menjadi salah satu media sosial andalan yang kerap digunakan untuk mengakses aset digital yang dimiliki oleh pengembang. Hal ini dikarenakan, Twitter memiliki jaringan yang begitu luas.

Biasanya untuk mendapatkan Airdrop, Kamu diminta mem-follow akun token yang Kamu pilh lalu re-tweet pada post yang terdapat dalam pin. Jadi, jangan sampai melakukan unfollow terlebih dahulu, sebelum airdrop benar-benar di distribusikan.

4. Discord

Discord bisa dibilang sebagai platform atau media baru dalam memperkenalkan aset digital dari Airdrop. Namun discord memiliki fungsi yang jauh lebih luas ketimbang media sosial lainnya. Sehingga informasi terkait Airdrop akan terlihat secara detail, bahkan Kamu bisa melihat proyeknya dan Kamu pun bisa menggunakan layanan chatting bersama komunitas lain yang mengikuti Airdrop.

5. Alamat Wallet

Alamat wallet ini penting sekali untuk dibagikan atau di share ke pengembang, sebab nantinya Kamu akan memperoleh coin atau token sesuai dengan alamat wallet tersebut. Maka dari itu, sebaiknya jangan salah mengirimkan alamat wallet atau bisa saja Airdropmu justru akan hangus.

Satu hal yang paling penting yaitu jangan memilih airdrop secara asal, pilihlah Airdrop dengan melihat prospek proyek token tersebut. Selain itu, sama halnya dengan saham, Kamu juga harus melihat token yang fundamentalnya kuat.

Setelah memahami syarat dan ketentuan di atas, kini Kamu bisa mulai mengikuti cara bermain Airdrop yang benar. Cek ulasannya di bawah!

Cara Bermain Airdrop

Cara Bermain Airdrop
Bermain Airdrop Mudah

Tutorial Bermain Airdrop dengan Benar

Jangan khawatir, karena cara bermain Airdrop sebenarnya sangat mudah asalkan Kamu sudah mengikuti persyaratan di atas, dan tentunya mengikuti tutorial cara bermain Airdrop berikut :

  • Masuklah ke akun Telegram resmi salah satu koin atau token yang sedang melakukan A
  • Cari informasi mengenai Airdrop, biasanya disematkan pada pesan tertera tepat di bawah nama akun T
  • Baca dengan seksama mengenai informasi airdopnya, lalu klik situs yang mengarah pada aturan Airdrop untuk mendapatkan token tersebut.
  • Jika sudah masuk ke dalam situs. Ikuti petunjuknya satu demi satu dimana kamu mengharuskan mengikuti akun official dari berbagai media sosial seperti yang telah disebutkan di atas.
  • Pastikan agar persyaratan untuk mendapatkan airdop sudah kamu laksanakan semuanya.
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu pendistribusian airdop tersebut yang biasanya sudah ditentukan oleh pihak pengembang.
  • Cek wallet-mu untuk memastikan airdop yang kamu ikuti sebelumnya berhasil masuk ke dalam wallet-mu.

Itulah cara bermain Airdrop dengan mudah, kuncinya yaitu pastikan untuk mengikuti persyaratan yang sudah ditentukan agar Kamu mendapatkan Airdrop.

 

 

Related posts