Cara Install Playstore di Huawei Matepad

Huawei saat ini sudah tidak lagi menerima layanan GMS (Google Mobile Service), sehingga para pengguna Huawei sudah tidak bisa lagi memakai produk-produk keluaran Google, baik itu Youtube, Gmail, hingga Google Playstore. Oleh karena itu, banyak pengguna Huawei Matepad yang mencari informasi tentang cara install playstore di Huawei Matepad. Tujuannya, agar mereka tetap bisa menggunakan layanan Google Play Store.

Sebenarnya alasan Huawei tidak dapat menerima layanan Google Mobile Service sendiri dikarenakan pabrikan ini telah masuk blacklist perusahaan yang telah diblacklist Amerika. Hal ini akibat imbas dari perang dagang antara Amerika dengan China.

Read More

Maka dari itu, akhirnya Huawei harus meluncurkan HMS (Huawei Mobile Service) sendiri untuk menggantikan GMS. Meskipun begitu, dampaknya lebih terasa terlebih jika kamu sudah terbiasa memakai produk-produk besutan Google. Bahkan jika semua pekerjaan dan data kamu telah tersimpan pada akun Google.

Inilah yang akhirnya memberikan dampak cukup signifikan pada hp Huawei versi lama atau terbaru, seperti pada Huawei Mate 30, P40, P30, hingga Huawei Matepad. Namun bagi pengguna Huawei Matepad T10 atau tipe lainnya, tetap bisa mendapatkan pengalaman menikmati Google Play Store.

Cara Install Playstore di Huawei Matepad

Cara Install Playstore di Huawei Matepad
Tutorial Install Playstore di Huawei Matepad

Tutorial Install Playstore di Huawei Matepad T10

Jika kamu ingin tetap memakai layanan Google pada perangkat Huawei Matepad T10 milikmu, maka kamu bisa mencoba cara install playstore di Huawei Matepad T10 dengan mudah. Setelah menginstalnya, kamu bisa memakai playstore untuk menginstall berbagai macam aplikasi Google.

Terkait:  Cara Keluar Akun Google

Berikut ulasan cara install playstore di Huawei Matepad T10 yang bisa kamu coba :

1. Install Aplikasi Playstore di Huawei Memakai Dual Space

Dual Space termasuk salah satu aplikasi android, yang memungkinkan kita dapat menggandakan aplikasi yang telah terinstal di perangkat hp. Saat menginstall Dual Space Apps, pada aplikasi biasanya telah terinstall Play Store dari Google. Melalui Google Play Store inilah kamu dapat menginstall aplikasi yang kamu inginkan di hp.

Akan tetapi, tidak semua Dual Space telah mendukung hal tersebut. Biasanya hanya aplikasi berbasis MOD yang menyediakannya. Langsung saja praktekkan cara install Playstore di Huawei Matepad T10 dengan Dual Space berikut :

  • Langkah pertama, silahkan unduh Dual Space Apps lewat link ini.
  • Setelah diunduh, kamu bisa menginstall Dual Space di perangkat Huawei.
  • Jika sudah, buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama Dual Space, telah terpasang Playstore. Klik aplikasi Playstore tersebut.
  • Kemudian unduh dan pasang aplikasi seperti Youtube, Gmail, dan yang lainnya.
  • Aplikasi yang telah terunduh biasanya tidak muncul pada menu Huawei, tetapi muncul pada DualSpace.

Jadi, jika kamu ingin memakai produk Google dan ingin mendownloadnya via Google Playstore, kamu perlu membuka aplikasi DualSpace lebih dulu.

2. Install Playstore di Huawei Matepad T10 Dengan Googlefier

Kamu harus tahu bahwa Googlefier merupakan aplikasi yang dapat dipakai untuk menginstall beberapa aplikasi Google di perangkat Huawei. Aplikasi tersebut sebelumnya telah ditemukan salah satu anggota pada forum XDA Developer. Jika ingin mengunduh Googlefier, kamu dapat melakukannya via link ini.

Aplikasi tersebut bekerja dengan cara menginstall berbagai layanan dasar pada perangkat,diantaranya seperti GMS dan Google Play Store. Jika sudah terhubung pada Google, kamu dapat memakai seluruh aplikasi Google kembali di Huawei Matepad T10 milikmu.

Terkait:  Cara Akses Google Drive

Hanya saja kendala saat memakai Googlefier yaitu jangan pernah mengupgrade software di Hp Huawei ke dalam EMUI 11, sebab aplikasi Googlefier tidak bisa bekerja pada perangkat tersebut. Berikut cara menggunakan Googlefier :

  • Download dan install Googlefier di link yang sudah dibagikan di atas.
  • Berikan izin yang diperlukan untuk mengakses aplikasi.
  • Silahkan ikuti petunjuk pada layar.
  • Selanjutnya aplikasi akan langsung menggantikan aplikasi cadangan yang ada dan memulihkan LZPlay.
  • Silahkan masuk ke dalam akun Google milikmu ketika meminta.
  • Selesai.

Kamu bisa mencoba salah satu dari kedua cara install playstore di Huawei Matepad T10 di atas dan buktikan!

Mengenal Huawei T10 dan Kelebihannya

Huawei Matepad T10 adalah salah satu produk tablet Huawei yang memiliki ukuran layar seluas 9,7 inchi. Tentu saja, ukuran ini bisa dibilang jumbo dan tablet ini juga telah disematkan panel layar IPS. Melalui layar IPS yang disematkanya, kamu bisa memiliki sudut pandang layar yang baik, dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Huawei T10, diantaranya :

1. SOC yang Sudah Mumpuni

Perangkat dengan basis OS android 10 ini juga sudah bisa diperbarui dengan sokongan antarmuka EMUI 10.1. Menariknya lagi EMUI 10.1 memiliki kemampuan dalam mendukung sistem pembagian layar secara asimetrik, dapat mengubah antarmuka pada mode Kids, serta fitur keseimbangan secara digital. Hal tersebut sangat berguna dalam membatasi waktu untuk mengoperasikan aplikasi tertentu.

Huawei Matepad T10 dapat beroperasi dengan baik dalam menunjang aktivitas pengguna, seperti berbelanja online, membaca buku elektronik, hingga streaming video. Tentu saja hal tersebut dikarenakan adanya chipset Huawei Kirin 710A.

Sedangkan CPU Octa Core telah ditanamkan algoritma canggih diantaranya empat inti yang hemat daya dengan 1.7 GHz yang dimiliki Cortex A-53 dan empat inti 2.0GHz pada Cortex A73.

Terkait:  Cara Update Google Play Store

2. Beragamnya Fitur Konektivitas

Jika kamu memutuskan ingin meminang perangkat Huawei MatePad T10, kamu secara langsung akan menikmati banyak fitur konektivitas di dalamnya. Seperti wifi, yang bisa terkoneksi sampai wifi 802.11a/b/g/n/ac, bahkan kamu bisa menggunakan bandwidth 5GHz dan 2.4GHz.

Huawei MatePad T10 sudah memanfaatkan teknologi bluetooth 5.0. Penggunaan bluetooth tersebut dapat menjangkau area lebih luas, dengan transmisi data yang lebih cepat, bahkan telah terintegrasi dengan teknologi Internet of Things atau IoT. Sementara itu, Bluetooth Low Energy adalah teknologi yang memungkinkan konsumsi energi baterai lebih hemat.

Matepad T10 juga sudah mendukung konektivitas USB 2.0 dan USB OTG. Menariknya lagi, perangkat ini telah disematkan USB Type-C, yang berperan dalam pengisian daya dengan daya yang disalurkan lebih besar.

3. Audio Lantang

Bagi kamu yang sering memakai aplikasi video conference, menonton streaming atau musik, Huawei MatePad T10 sudah sangat mendukung aktivitas tersebut. Hal ini dikarenakan Huawei telah menyematkan audio speaker yang simetris pada kedua sisi, sehingga menghasilkan suara yang lantang.

Untuk sistem speakernya sendiri, sudah dibekali teknologi Huawei Histen 6.1, yang menghadirkan audio secara konsisten dan detail dengan suara yang lebih nyata. Kamu bisa mendengarkan suara dengan nada medium, tinggi hingga bass menggema.

4. Sektor Kamera Sudah Lumayan

Walaupun bukan keunggulan utama, sebab memiliki konfigurasi kamera masih dasar, namun sektor kamera Matepad T10 sudah cukup untuk memenuhi kegiatan sehari-hari. Baik untuk aktivitas konferensi video maupun panggilan video. Kamera belakang Matepad T10 sudah disematkan sensor 5MP yang didukung bukaan f/2.2 dan fokus otomatis.

Dari semua kelebihan di atas, sayangnya kini Huawei tidak mendukung layanan Google lagi, sehingga kamu tidak akan menemukan Google Play Store di perangkat. Tapi jangan khawatir, karena kamu masih bisa menyiasatinya dengan cara install playstore di Huawei Matepad T10 di atas.

Related posts