Cara Memperbarui Play Store

Cara Memperbarui Play Store

Smartphone android termasuk produk yang banyak dipakai, termasuk di negara Indonesia. Adapun fitur terpenting yang biasanya terdapat di ponsel android ialah Google Play Store. Ada beberapa cara memperbarui Play Store yang bisa digunakan. Dengan memperbarui Google Play Store di perangkat hpmu, maka Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendownload aplikasi-aplikasi di perangkat android.

Ketika Kamu tak bisa mengakses aplikasi, Google Play Store harus di update ke dalam versi terbaru. Karena biasanya selain memperoleh penyegaran pada tampilannya, pembaruan tersebut biasanya disertai oleh revisi bug. Guna meminimalisir terjadinya error yang sebelumnya dialami. Biasanya dalam proses pembaruan Google Play sendiri akan berjalan otomatis.

Read More

Hanya saja, terkadang opsi tersebut tak bisa bekerja akibat salah setting pada layanan Play Store atau terjadi error. Karena itu, mengharuskan kita melakukan pembaruan dengan cara manual.

Cara Memperbarui Play Store

Cara Memperbarui Play Store
Memperbarui Google Play Store

Tutorial Memperbarui Play Store

Pada kenyataannya, tak semua orang tahu cara memperbarui Play Store dengan cara manual. Maka dari itu, ada banyak orang yang memilih tetap bertahan memakai Play Store lama. Hal ini tentu saja tidak direkomendasikan. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

1. Melakukan Uninstall Pembaruan

Kamu harus ingat bahwa bukan aplikasi Google Play yang dihapus, tetapi hanya versi update-nya saja. Dengan kata lain, Play Store biasanya akan kembali ke versi pertama, seperti ketika Kamu baru membeli hp. Adapun tujuannya ialah saat Kamu mengembalikan Google Play Store yang lama, proses update biasanya berjalna otomatis. Sehingga membuat Google Play Store Kamu berubah ke dalam versi terbaru.

  • Pertama-tama buka “Setelan”, Kamu bisa membukanya lewat aplikasi atau lewat menu pada panel status bar tepat di bagian atas perangkat android.
  • Setelah itu, masuk ke dalam menu Aplikasi. Bisa saja berbeda tergantung dari versi yang digunakan. Namun intinya cari pengaturan yang dapat melihat daftar beberapa aplikasi yang terinstal.
  • Dari sini, Kamu dapat melihat ada banyak daftar aplikasi yang terinstal. Geser layar ke bawah dan cari Google Play Store Apps.
  • Setelah iut, ketuk “Copot Pemasangan Pembaruan” alias “Uninstall updates”. Bagi versi android seperti Nougat misalnya, ketuk “Penyimpanan” dulu, baru kemudian ketuk “Copot Pemasangan pembaruan”.
  • Jika proses uninstall sudah selesai, Kamu bisa membuka PlayStore kembali. Selanjutnya Kamu akan mengecek tampilan lama Play Store.
  • Sesudah itu, Kamu dapat menutup aplikasinya kembali dan biarkan Hp beberapa lama dengan internet yang menyala. Selanjutnya Play Store akan ter-update secara otomatis ke dalam versi terbarunya.

Dalam cara memperbarui layanan Play Store ini, Kamu harus ingat bahwa akses internet yang digunakan harus stabil dan cepat. Jika tidak, mungkin prosesnya menjadi semakin lama atau bahkan gagal.

2. Menggunakan Opsi Setelan Play Store

Dalam Google Play Store, maupun pada menu setelannya, biasanya ada pilihan dimana kita dapat mengecek versi Google Play yang digunakan. Saat versi yang digunakan sudah kadaluarsa, maka Kamu dapat melakukan update ke versi terbaru. Berikut langkah cara memperbarui Play Store dengan Setelan berikut ini :

  • Buka Playstore, kemudian ketuk ikon menu pada kiri bagian atas, kemudian pilih Setelan atau Settings.
  • Selanjutnya gulir ke bawah sampai Kamu melihat versi Play Store atau Play Store Version.
  • Ketuk tombol versi Google Play tersebut, kemudian setelahnya, Google Play Store melakukan update dengan cara otomatis.
  • Dari sini, Kamu hanya cukup menunggu dan pastikan koneksi internet yang digunakan koneksinya bagus.
  • Sesudah proses unduhan selesai, Kamu bisa menutup aplikasi Google Play Store, dan cek versinya kembali.

Setelah selesai, Kamu akan mendapatkan pesan pemberitahuan “versi Play Store sudah update“. Jika sudah, disarankan me-restart hp supaya sistem dapat me-refresh perubahan dan membuat Google Play Store-mu kembali stabil seperti sedia kala.

3. Dengan Menginstal Secara Manual

Cara memperbarui Play Store ini dapat dibilang sebagai cara paling manual, yaitu dengan pembaruan Google Play Store lewat unduhan APK manualnya. Google Play Store sendiri memang termasuk aplikasi berbentuk APK, sama seperti aplikasi pada umumnya.

Maka dari itu, APK PlayStore pastinya bisa dicari dan diunduh di internet, yang mana telah tersedia versi lama hingga versi terbarunya. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan cari APK-nya terlebih dahulu menggunakan versi terbaru.
  • Lalu buka opsi File Manager dan instal APK Play Store yang sudah tersimpan sebelumnya.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, Google Play Store pun sudah siap dipakai.

Cara yang satu ini sebenarnya kurang direkomendasikan. Tapi jika Kamu memerlukannya, Kamu bisa mencobanya. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa versi Google Play Store hasil install biasanya akan menyesuaikan versi APK Play Store yang telah disimpan. Sehingga Kamu harus teliti melihat versinya.

Apakah Play Store dapat Diperbarui Lewat Aplikasi?

Tentu saja bisa, tapi untuk pengaturannya itu sendiri tak ditampilkan pada developer Play Store. Namun Kamu tak perlu khawatir, Kamu akan memperoleh update otomatis langsung dengan cara mengaktifkan jaringan internet serta memasukkan akun Play Store.

Membiarkan Google Play Store menggunakan versi yang lama sebenarnya bukan hal yang baik. Kamu hanya memerlukan beberapa langkah untuk mengaktifkan pengaturan di Google Play Store agar aplikasi dapat diperbarui secara otomatis.

Kenapa Harus Memperbarui Play Store?

Memperbarui APK Google Play Store memungkinkanmu sebagai pengguna bisa menemukan hal-hal menarik dengan mudah terutama dilihat dari segi tampilan dan keamanannya. Jadi, jika Kamu tidak memperbarui Play Storemu, maka proses instalasi aplikasi perangkat android akan memerlukan waktu yang lama.

Jadi leboih baik lagikan update untuk dapat memperbarui sistem security patch di Play Store.

Aktifkan dan Menonaktifkan Pembaruan Otomatis

Kamu juga bisa melakukan beberapa langkah untuk menonaktifkan atau mengaktifkan pembaruan secara otomatis di semua aplikasi. Adapun langkahnya berikut ini :

Pertama-tama buka Google Play Store Apps di perangkatmu. Silahkan klik opsi Menu di samping kiri atas pada layar. Lalu klik di bawah opsi pengaturan umum, dan ketuk “Pembaruan Otomatis”. Maka Prompt akan menawarkan 3 pilihan berikut :

  • Jangan memperbarui aplikasi otomatis. Kamu bisa mengklik opsi tersebut untuk menonaktifkan seluruh aplikasi yang telah diinstal di perangkatmu pada pembaruan otomatis. Silahkan pilih opsi berikut jika ingin mengaktifkan pembaruan secara otomatis pada aplikasi.
  • Memperbarui aplikasi otomatis kapan saja. Ini bisa Kamu pilih apabila Kamu keberatan dengan biaya datanya. Silahkan pilih opsi yang satu ini jika ingin mengizinkan pembaruan secara otomatis pada semua aplikasi.
  • Memperbarui aplikasi via Wifi saja secara otomatis. Kamu juga bisa memilih opsi yang satu ini jika mengizinkan aplikasi meng-update otomatis ketika terhubung pada Wifi saja.

Jika Kamu menonaktifkan update otomatis pada aplikasi Play Store. Maka setiap kali APK akan meng-update dirinya sendiri, biasanya akan terdapat ikon Play Store pada bilah notifikasi. Kamu bisa mengetuk opsi pemberitahuan serta menyetujui pembaruan pada aplikasi dengan cara manual.

Oke, itulah ulasan tentang cara memperbarui Play Store. Kamu bisa memilih satu dari ketiga opsi cara yang sudha dikelaskan di atas. Sebagai langkah alternatif, Kamu bisa menginstalnya memakai file APK secara manual. Hanya saja, Kami tidak merekomendasikan metode ketiga tersebut.

 

Related posts