Cara Install Google Play Store

Google Play Store atau biasa disebut sebagai toko aplikasi di android, sebenarnya sudah tersedia secara default di perangkat android. Namun terkadang, ada suatu kondisi dimana kamu harus kehilangan aplikasi ini, seperti tanpa sengaja terhapus. Sementara, kamu membutuhkan aplikasi Play Store untuk mengakses berbagai aplikasi android. Jangan khawatir, kami akan membagikan informasi menarik untukmu terkait cara install Google Play Store.

Mengenal Google Play Store

Google Play Store merupakan sebuah platform distribusi digital dari Google. Jika dulu, Google Play Store dinamakan sebagai Android Market. Fungsi Google Play Store sendiri yaitu sebagai sebuah toko aplikasi yang resmi bagi perangkat android.

Read More

Melalui Play Store, kamu dapat menelusuri sekaligus mengunduh berbagai macam aplikasi yang telah dikembangkan oleh Android SDK dari Google. Google Play Store juga dapat dijadikan sebagai sebuah toko media digital. Hal ini dikarenakan penggunanya dapat menemukan berbagai macam buku, film, musik, hingga acara televisi.

Pilihan aplikasi di Google Store juga ada yang harus berbayar bahkan ada yang tidak berbayar alias gratis. Menariknya lagi, jumlah aplikasi yang tersedia di Google Play Store sangat beragam dan banyak.

Apa Saja Layanan di Play Store

Mengingat sebagai gabungan beberapa instrumen, Google Play Store menawarkan jenis layanan yang bervariasi, diantaranya :

Terkait:  Cara Login Play Store

1. Google Play Film and TV

Program dari Google ini digunakan untuk menyaksikan acara TV dan film. Bahkan layanannya dapat berupa pembelian sampai persewaan, biasanya tergantung dari ketersediaannya. Adapun konten yang disajikan disini menawarkan resolusi sangat tinggi.

Hal tersebut karena kita bisa mendapatkan pilihan video 4K dengan kualitas Ultra HD yang menawarkan sensasi tampilan gambar yang sangat jernih. Sementara untuk menyaksikan kontennya, kamu bisa menggunakan aplikasi seluler di android atau iOS, lewat ekstensi dari Google Chrome. Selain itu, bisa juga masuk ke web Google Play.

2. Google Play Books

Google Play Books atau Google eBooks, adalah aplikasi berbasis buku elektronik dari Google yang menawarkan jangkauan antar atau lintas platform. Melalui menu yang satu ini, kamu dapat membeli dan mengunduh buku sampai audiobooks yang tersedia di Google Play Store.

Ada jutaan ebook yang terdapat pada platform tersebut, sehingga wajar jika disebut juga sebagai pusat bursa buku yang terbesar di seluruh dunia. Kamu tidak hanya dapat mengunduhnya, tetapi juga dapat mengupload ebook memakai format ePUB atau PDF.

Platform tersebut telah memiliki program afiliasi, sehingga memungkinkan kamu untuk bisaa memperoleh komisi atau royalti atas penjualan buku.

3. Google Play Apps & Games

Layanan utama Google Play Store yang juga banyak diminati bahkan terkenal hingga ke seluruh dunia. Melalui platform yang satu ini, kamu dapat mendownload sekaligus mengupdate aplikasi yang telah didistribusikan lewat Google.

Jumlah aplikasi dan game di Play Store bahkan sampai jutaan, dengan sebagian besar tidak perlu bayar alias gratis meskipun ada beberapa yang berbayar. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di perangkatmu.

Namun sebelum mengunduhnya, kamu harus mengecek terlebih dahulu detail spek aplikasinya supaya kompatibel memakai perangkat androidmu. Di samping itu, kamu juga dapat mendistribusikan aplikasi kamu sendiri bahkan bisa meraup keuntungan dari penayangan iklan ketika pengguna lain mengaksesnya.

Terkait:  Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

4. Musik

Di Google Play Store kamu juga dapat mendownload sekaligus mendengarkan lagu streaming. Kini ada aplikasi terpisah dan dapat diinstal di masing-masing perangkat penguna lewat Google Play Music. Pengguna dapat mendengarkan radio dan musik bersamaan secara gratis di Play Music.

Bahkan kamu juga dapat berlangganan dengan cara melakukan pembayaran sejumlah dana tertentu.

Cara Install Google Play Store

Cara Install Google Play Store
Install Google Play Store Terbaru

Tutorial Install Google Play Store yang Terhapus

Ada beberapa tahapan cara install Google Play Store yang terhapus di perangkat androidmu. Silahkan simak tutorialnya di bawah ini :

1. Unduh Aplikasi Play Store di APK Pure

Cara install Google Play Store yang pertama yaitu download terlebih dahulu Google Play Store di perangkatmu. Kamu bisa mendownloadnya lewat web penyedia aplikasi terpercaya, seperti APK Pure. Web APK Pure sendiri adalah sumber terbesar yang dapat dipakai untuk mendownload file APK yang asli tanpa dimodifikasi.

Bahkan website ini dikelola langsung oleh pihak Android Police. Melalui verifikasi MD5, bisa dipastikan jika seluruh aplikasi di situs tersebut sangat aman.

  • Silahkan buka perambat atau browser di perangkatmu.
  • Lalu kunjungi situs resmi dari apkpure.com.
  • Berikutnya, dikolom pencarian silahkan tuliskan ‘Play Store’.
  • Kemudian pilih, serta unduh Google Play Store. Lalu tekan ‘Unduh APK’.

2. Install Google Play Store

Setelah berhasil mengunduh aplikasi Play Store, barulah kamu masuk ke cara install Google Play Store. Akan tetapi, jika sebelumnya kamu mendownload Google Play Store di laptop, maka pastikan untuk memindahkan Play Store terlebih dahulu ke hp.

Selain itu, sebelum menginstallnya kamu harus memastikan fitur ‘sumber tidak dikenal’ atau ‘unknown sources’ diaktifkan. Silahkan ikuti panduan instalasi Play Store :

  • Masuk dan buka ‘Pengaturan’ pada perangkat android. Jika sudah, scroll ke bawwah dana masuk ke dalam pilihaan ‘security’.
  • Silahkan aktifkan opsi ‘Unknown source’ terlebih dahulu.
  • Jika sudah buka menu file manager perangkat androidmu. Kemudian cari Play Store yang sudah Kamu unduh sebelumnya.
  • Selanjutnya pilih Play Store dan tekan ‘install’ atau ‘pasang’.
  • Kamu tinggal menunggu sampai proses pemasangan aplikasi selesai.
Terkait:  Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang

Download dan Install Google Play Store di id.uptodown

Selain di APK Pure, kamu juga bisa mencoba cara install Google Play Store di id.uptodown. Situs web ini juga dapat dipercaya dan bebas malware. Kamu bisa coba praktekan langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan buka web id.uptodown.com.
  • Kemudian pilih versi Google Play Store yang kamu inginkan.
  • Setelah itu, tekan ‘Download’ atau ‘Unduh’.

Sedangkan untuk cara instalnya sama saja seperti panduan di atas. Dengan kata lain, yang berbeda hanya platform yang digunakan untuk mengunduh aplikasi Google Play Store saja.

Tutorial Update Google Play Store ke Versi Terbaru

Supaya aplikasi Play Store kamu dapat bekerja maksimal. Kamu bisa memperbarui aplikasi Play Store. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka dan jalankan Play Store di perangkat androidmu.
  • Jika sudah, buka menu dan tekana tanda strip tiga di samping kiri bagian atas.
  • Selanjutnya, tekan ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’.
  • Setelah itu, gulir layar ke bawah, kemudian pilih opsi ‘Play Store Version’.
  • Lalu klik ‘Download’ untuk aplikasi Play Store versi terbaru.

Google Play Store merupakan aplikasi yang sangat bervariasi jika dibandingkan aplikasi lainnya. Bahkan apliaksi ini bersifat lebih open source dan user friendly. Oleh sebab itu, ada banyak pilihan aplikasi dengan berbagai macam furniture yang bisa kamu nikmati di Play Store.

Menariknya lagi, untuk mengoperasikan Google Play Store kamu tidak perlu membutuhkan banyak kuota. Melainkan kuota bisa berkurang saat kamu mendownload aplikasi tertentu di Google Play Store.

Jika kebetulan Play Store kamu terhapus di android, dan kamu memerlukannya untuk mengunduh aplikasi, kamu bisa coba cara install Google Play Store di atas. Tapi ingat, pilih Play Store versi terbaru untuk mendapatkan pengalaman lebih menarik dan up to date!

 

Related posts