Cara Install Play Store

Google Play Store adalah gudangnya aplikasi android yang biasanya digunakan oleh pengguna android untuk mengunduh aplikasi-aplikasi di smartphone android. Namun ternyata selain bisa digunakan di perangkat android, Play Store juga dapat diakses lewat perangkat laptop. Karena itulah, ada cara install play store di laptop yang bisa kamu coba untuk membuktikannya.

Dengan menggunakan Google Play Store di laptop, maka kamu bisa mengunduh aplikasi yang kamu inginkan memakai perangkat PC. Cara install Play Store di laptop juga sangat praktis. Berikut ulasannya!

Read More

Cara Install Play Store

Cara Install Play Store
Tutorial Install Play Store di Laptop

Tutorial Install Play Store di Laptop

Untuk menginstall play store di laptop, kamu bisa memilih lewat situs browser. Hal ini dikarenakan ada beberapa web browser yang dapat dipakai pengguna untuk membantu menginstall Play Store via PC atau laptop. Ada 4 cara install play store yang dapat kamu praktekan, berikut ini :

1. Download dan Install Play Store di Laptop via APK Pure

Dengan mengunduh aplikasi Play Store di laptop, kamu tentu bisa menginstall beberapa aplikasi android dengan mudah, atau bisa juga memindahkan aplikasi play store ke hp. Biasanya cara ini dilakukan jika aplikasi Google Play Store kamu terhapus di hp. Berikut cara install play store di laptop melalui APK Pure :

  • Silahkan masuk ke web resmi Apk Pure lewat web browser yang kamu gunakan.
  • Kemudian download Google Play Store, sama seperti kamu mengunduhnya di hp.
  • Jika sudah berhasil, silahkan buka folder penyimpanan hasil unduhan Google Play Store.
  • Kemudian kamu bisa memindahkan play store yang sudah diunduh dari laptop ke hp kamu.
  • Setelah itu, kamu bisa melakukan instal play store.
Terkait:  Cara Buat Meeting di Google Meet

2. Download dan Install Play Store di Windows 10

Jika kebetulan OS yang kamu gunakan di laptop atau PC adalah Windows 10. Kamu tetap bisa mencoba cara install play store di Windows 10 berikut ini :

  • Sebelumnya kamu harus memastikan perangkat laptop milikmu sudah aktif serta terhubung pada jaringan internet, bisa wifi atau hotspot mobile.
  • Setelah itu, buka opsi Microsoft Store di dalam Start Windows.
  • Silahkan cari aplikasi Play Store di laptop.
  • Pilih opsi ‘Install’ jika ingin melanjutkan proses unduhan.
  • Kamu bisa menunggu sampai proses instalasi selesai di laptop.

3. Download dan Install Play Store Melalui Situs Browser

Kamu juga bisa memilih cara yang satu ini untuk menginstall play store di laptop. Ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka laptop, kemudian akses web browser di laptop.
  • Kamu bisa memakai Envozi, silahkan ketikkan tulisan ‘Envozi apk Downloader’ di kolom pencarian pada browser.
  • Lalu tunggu hingga masuk ke dalam beranda Envozi.
  • Selanjutnya kamu bisa mencari Google Play Store lewat Google untuk memperoleh link-nya.
  • Copy link dan paste di halaman web Envozi Apk Downloader.
  • Tekan ‘Generate Download Link’, lalu kamu bisa melanjutkan proses dengan memilih ‘click here to download’.
  • Silahkan tunggu sampai download selesai.

4. Download Google Play Store Memakai Play Store Web

Kamu juga bisa langsung mengakses Google Play Store web untuk mendownload aplikasi. Simak langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan aktifkan perangkat laptopmu.
  • Sambungkan pada jaringan internet.
  • Selanjutnya masuk ke dalam Play Store versi web lewat browser di perangkatmu.
  • Cari aplikasi atau game yang ingin kamu unduh di playstore.
  • Silahkan tunggu proses download selesai.
  • Setelah berhasil, aplikasi tersebut langsung terinstal di perangkat laptopmu.
Terkait:  Cara Extract File RAR

Setelah memahami cara install play store di laptop di atas, sebelum menggunakan aplikasinya, kamu harus tahu dulu beberapa hal terkait penggunaan aplikasi play store.

Tips Memakai Aplikasi Play Store

Agar aplikasi play store tetap dapat digunakan dengan maksimal, maka kamu harus mengetahui beberapa tips menggunakan aplikasi play store berikut :

1. Pastikan Memiliki Aplikasi Play Store Terbaru

Sebenarnya untuk tips ini berguna jika kamu memakai aplikasi play store di hp android. Memastikan versi play store terbaru bertujuan agar kamu tetap bisa menikmati pengalaman mendownload aplikasi di Play Store tanpa kendala. Untuk mengecek apakah aplikasi play store kamu sudah versi terbaru atau belum, bisa ikuti langkah berikut :

  • Silahkan buka Google Play Store Apps di perangkatmu.
  • Tekan ikon tiga garis mendatar di kotak pencari.
  • Setelah itu, masuk ke ‘Pengaturan’.
  • Scroll layar ke bawah dan temukan ‘Play Store Version’.
  • Tekan hingga beberapa kali.

Selanjutnya akan terlihat notifikasi up to date jika versi Photoshop kamu sudah yang terbaru.

2. Menandai Aplikasi Untuk Diinstall

Terkadang kamu menemukan game atau aplikasi menarik. Namun ukurannya yang besar, mengharuskan untuk mengaksesnya via wifi. Sebelum kamu mendapatkan akses wifi, kamu bisa memasukkan game atau aplikasi tersebut pada wishlist.

Jika kamu sudah menemukan akses wifi, baru bisa membuka wishlist kemudian download aplikasi yang ditandai. Fitur di Google Play Store ini akan sangat membantu.

Caranya, kamu bisa menekan ikon bookmark di samping nama aplikasi. Jika ingin melihatnya, klik ikon tiga garis mendatar dan klik ‘wishlist’.

3. Menonaktifkan Auto Update

Fitur yang bisa kamu nikmati dan mainkan di play store lainnya adalah fitur untuk menonaktifkan auto update. Jika ada beberapa aplikasi yang ingin kamu matikan auto update-nya, kamu bisa mencobanya di Play Store.

Terkait:  Cara Install Playstore di Huawei Matepad

Buka aplikasi yang akan kamu nonaktifkan auto update-nya di Google Play Store. Namun bagi aplikasi tertentu yang sudah tersedia di hpmu. Silahkan cek di Menu, masuk ke ‘My Apps & Game’ dan cek ‘Installed’.

Namun jika baru memasangnya, cek auto update di halaman aplikasi pada Google Play Store. Silahkan tekan ikon tiga titik di samping kanan atasa. Kemudian matikan opsi ‘auto update’.

4. Tidak Menambahkan Ikon Aplikasi Baru Pada Home Screen

Jika kamu tidak menyukai ikon aplikasi yang baru muncul pada home screen serta tidak ingin repot-repot untuk menghapusnya, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan cara di bawah ini.

Masuk ke halaman setting pada Google Play Store. Silahkan geser layar ke bawah dan cari opsi ‘add icon to home screen’, lalu matikan kotak pilihan.

5. Melihat Aplikasi yang Sudah Pernah diinstall

Sepanjang kamu memakai ponsel android, tentu saja kamu pernah mencoba berbagai apliaksi. Selain itu, ada pula kemungkinan kamu memakai hp lain. Mungkin kamu ingin menginstall aplikasi atau game yang sebelumnya pernah diinstall di hp. Kamu bisa mengecek list aplikasi tertentu yang pernah digunakan sebelumnya, namun karena terhapus atau alasan lainnya, kamu bisa cek di opsi ‘My Apps & Games’.

6. Menemukan Google Play Service

Di Google Play Store ada beberapa aplikasi yang tidak muncul. Bahkan aplikasi untuk sistem Google sekalipun mungkin tidak akan kamu jumpai disana. Salah satunya yaitu Google Play Services.

Meskipun demikian kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menemukan Play Services, dengan mencarinya di kolom pencarian. Ketik ‘Google Play Service’ pada mesin pencari Google lalu kamu akan mendapatkan saran yang berasal dari Google Play Store.

Ada banyak kelebihan jika kamu menginstall Google Play Store dengan cara install play store yang sudah dibagikan sebelumnya. Karena play store tidak hanya menyediakan banyak aplikasi dan game, tetapi kamu juga bisa mendapatkan kemudahan dan fitur lainnya saat memakai play store.

 

Related posts