Cara Membuat Rekening BCA

  • Whatsapp

Bagi Kamu yang belum memiliki rekening tabungan BCA, kini bisa membuat rekening tabungan BCA dengan mudah. BCA sebagai salah satu perusahaan perbankan terkemuka di Indonesia menawarkan banyak fitur dan kemudahan bagi para nasabahnya. Selain cara membuat rekening BCA di kantor cabang, Kamu juga bisa mencoba membuat rekening BCA via online dengan cepat.

Jika Kamu ingin membuka rekening tabungan bank BCA, maka sebelumnya harus memilih jenis rekening tabungan BCA yang akan Kamu gunakan terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebelum kita membahas cara membuat rekening BCA, Kamu wajib mengetahui jenis-jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank BCA.

Jenis-Jenis Tabungan BCA

Berikut ini ada beberapa jenis tabungan BCA yang harus Kamu ketahui, agar Kamu bisa memilih jenis tabungan yang tepat sesuai kebutuhanmu.

1. Tabungan BCA Tahapan

Tabungan BCA Tahapan adalah sejenis tabungan bagi nasabah yang mempunyai aktivitas rutin memanfaatkan fasilitas dan layanan perbankan. Dimana tabungan BCA tahapan ini telah dilengkapi oleh paspor BCA multifungsi, serta bisa dipakai sebagai kartu ATM, kartu ATM, serta tunai.

Dalam tabungan BCA Tahapan sendiri, Kamu bisa memilih paspor BCA yang dapat menyesuaikan kebutuhanmu. Diantaranya ada paspor BCA Gold, BCA Platinum dan BCA Silver.

2. Tabungan BCA Tapres

Apabila Kamu hanya ingin menabung dan ingin bisa menikmati bunga yang ditawarkan, Tabungan BCA Tapres bisa menjadi solusi yang paling tepat. Akan tetapi ada perubahan limit dan biaya terkait jenis tabungan ini yang berlaku sejak 1 Januari 2016 lalu. Berikut ini :

  • Minimal setoran awal Rp. 5 juta
  • Biaya administrasi setiap bulannya senilai Rp. 17 ribu
  • Minimal saldo rata-rata setiap bulan Rp. 5 juta
  • Biaya penggantian atau pembuatan kartu sebesar Rp. 15 ribu
  • Biaya administrasi untuk saldo rekening di bawah minimal yaitu Rp. 10 ribu.
  • Persyaratan yang dibutuhkan selain harus menyediakan setoran awal Rp. 5 juta, yaitu harus berusia minimal 17 tahun dan membawa kelengkapan data diri, seperti kartu identitas. Selain itu, Kamu juga harus mengisi formulir baik dilakukan di kantor bank BCA atau secara online.
Terkait:  Cara Menghilangkan Green Screen Di Premiere

3. Tabungan BCA Dollar

Rekening tabungan BCA dollar adalah pilihan ideal bagi siapapun yang selalu bertransaksi menggunakan mata uang asing SGD atau USD. Setoran awal pembukaan rekening tabungan ini ialah senilai SGD 200 atau USD 100. Untuk biaya administrasi per bulannya bagi USD ialah 1 USD, sedangkan bagi SGD senilai 2 SGD.

Pada tabungan BCA Dollar dapat diperoleh oleh orang-orang yang telah mencapai usia 21 tahun. Persyaratan yang dibutuhkan di samping dana setoran awal ialah kelengkapan dokumen, seperti kartu identitas diri dan melakukan pengisian formulir.

4. Tabungan BCA Tahapan XPresi

Jenis tabungan BCA Tahapan Xpresi ini ditujukan untuk para kawula muda yang selalu penuh gaya. Akan tetapi, tabungan jenis ini sebenarnya tidak terbatas usia dan siapapun bisa membuka rekneing tabungan Tahapan Xpresi dari BCA. Bank BCA sudah melakukan perubahan saldo minimum dan biaya untuk membuka tabungan BCA Tahapan Xpresi. Meskipun begitu, biayanya bisa dibilang masih sangat terjangkau.

Cara Membuat Rekening BCA

Cara Membuat Rekening BCA
Membuat Rekening Tabungan BCA

Membuka Rekening Tabungan BCA Online

Jika Kamu nggak mau ribet harus mengantri atau jauh-jauh pergi ke kantor cabang BCA, kini tak perlu khawatir. Karena Kamu bisa mencoba cara membuat rekening BCA online. Adapun caranya cukup memenuhi persyaratan di bawah ini :

  • Memiliki aplikasi BCA mobile
  • Mempunyai pulsa SMS mencukupi
  • Koneksi internet yang memadai
  • Tanda tangan pada kertas kosong
  • e-KTP dan NPWP (opsional).

Jika sudah mempersiapkan persyaratan di atas, kini Kamu bisa mencoba langkah-langkah cara membuka rekening tabungan BCA di bawah ini :

1. Unduh Aplikasi BCA Mobile

Salah satu syarat utama membuka rekening tabungan BCA via online ialah mempunyai aplikasi BCA Mobile. Tapi jika belum punya, tinggal mengunduhnya di Play Store untuk pengguna android, sedangkan bagi pengguna produk Apple bisa mengakses App Store. BCA Mobile sendiri memiliki kapasitas yang cukup besar, kira-kira 59 MB. Silahkan download aplikasinya di link ini!

Terkait:  Cara Daftar Gojek Food

2. Mempersiapkan NPWP (Jika Ada) dan e-KTP

Jika aplikasi BCA Mobile sudah terinstal, selanjutnya Kamu akan mendapatkan informasi terkait panduan singkat cara membuat rekening BCA melalui aplikasi ini. Selain itu, pastikan Kamu sudah mempersiapkan e-KTP dan NPWP di sampingmu. Jika sudah, tekan tombol “Mulai”. Lalu di layar selanjutnya, Kamu akan mendapatkan pertanyaan terkait kepemilikan rekening BCA. Silahkan pilih “Tidak” jika belum memiliki rekening tabungan BCA lalu klik “Lanjut”.

3. Pilih Produk Rekening Tabungan yang Diinginkan

Setelah itu, Kamu diharuskan memilih produk rekening tabungan yang Kamu inginkan. Terdapat 3 jenis tabungan diantaranya Tahapan Xpresi BCA, Tahapan Gold dan Tahapan BCA. Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan tekan “Lanjut”.

4. Mengirimkan SMS Verifikasi

Langkah berikutnya biasanya memerlukan biaya pengiriman SMS, sehingga pastikan pulsa regulermu menuckupi. Ada opsi untuk mengirimkan pesan SMS untuk melakukan verifikasi nomor hp. Tekan “Kirim”, Kamu pun akan langsung diarahkan ke aplikasi pesan secara otomatis. Selain itu, Kamu tidak perlu lagi mengetik apapun, cukup tekan saja tombol kirim pesan lalu kirimkan ke 69888. Sebagai catatan, jangan ubah format SMS verifikasi.

5. Membuat Kode Akses

Cara membuat rekening BCA selanjutnya ialah sesudah mengirimkan pesan, tinggal kembali lagi ke BCA Mobile. Lalu Kamu akan ditampilkan menu baru berupa kode akses. Dimana kode akses tersebut dipakai untuk masuk ke opsi Buka Rekening Baru kembali dan layanan m-BCA. Silahkan membuat kode akses terdiri atas 6 karakter kombinasi angka dan huruf.

Selain itu, pastikan buat kode akses tertentu yang gampang diingat. Sesudah menginputkan 6 karakter berupa kode akses, tinggal tekan “Lanjut”.

6. Masukkan Dokumen Sesuai Permintaan

Langah berikutnya masukkan dokumen sesuai permintaan, Kamu bisa foto dokumen tersebut langsung. Terdapat ikon kamera dengan simbol tambah untuk diklik kemudian upload dokumen sesuai permintaan. Kamu akan diminta melampirkan 4 dokumen, diantaranya eKTP, tanda tangan, NPWP (jika ada), dan foto diri bagian tampak depan. Biasanya setiap dokumen tersebut yang harus diunggah Kamu bisa mengikuti garis bantu pada layar saja.

Terkait:  Cara Daftar VIP Smule

Menariknya, sesudah memfoto KTP berdasarkan garis bantu tadi, maka biasanya akan langsung terdeteksi nomor e-KTP-mu sendiri di kolom bagian bawahnya.

7. Tentukan Tujuan Pembukaan Rekening Tabungan

Cara membuat rekening BCA selanjutnya ialah pilih tujuan pembukaan rekening. Terdapat 4 pilihan yang dapat Kamu coba diantaranya menabung/investasi, transaksi, keperluan pribadi, maupun tujuan lainnya.

8. Melengkapi Profilmu

Selanjutnya Kamu diminta melengkapi informasi kelengkapan data diri, berupa status perkawinan, nama gadis ibu kandung, status tempat tinggal, agama. Silahkan isi berdasarkan data pada KTP. Jika sudah melengkapinya, Kamu akan diminta melengkapi informasi terkait pekerjaan. Seperti pangkat/jabatan, nama perusahaan alamat kantor, bidang usaha, kode pos, serta nomor kontak kantor. Jika sudah ketuk “Lanjut”.

9. Mengisi Alamat Akun Email

Jika Kamu sudah melengkapi informasi data pribadi, selanjutnya akan ada pilihan fasilitas produk. Di menu ini, Kamu akan ditampilkan jenis tabungan yang Kamu pilih, email dan nomor ponsel yang telah terisi. Silahkan lengkapi akun email menggunakan akun email pribadi aktif, lalu tekan “lanjut”.

10. Memilih Cabang BCA Terdaftar

Terakhir kamu diminta memilih kantor cabang BCA tempat rekeningmu akan didaftarkan. Hal ini berguna agar Kamu bisa mengambil kartu ATM fisiknya jika diinginkan. Silahkan pilih kecamatan dan kota sesuai lokasi dari bank BCA yang terdekat.

Kamu tinggal mengikuti tahapan cara membuat rekening BCA di atas hingga Kamu diperkenankan melakukan video call bersama customer service bank BCA. Ini adalah tahapan verifikasi yang harus dilengkapi. Pastikan Kamu mempersiapkan NPWP atau e-KTP dan pastikan koneksi internet stabil. Tahapan ini biasanya hanya memerlukan waktu selama 5 menit saja.

Related posts