Cara Membuat Link WhatsApp

Cara Membuat Link WhatsApp

Kemudahan aplikasi WhatsApp dan fitur-fiturnya yang menarik, secara tak langsung membuat banyak orang ketagihan memakai aplikasi perpesanan yang satu ini. Menariknya lagi, kini kita dapat berkirim pesan ke pengguna WhatsApp yang lain tanpa harus menyimpan nomor hpnya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan cara membuat link WhatsAp.

Apa Itu Link WhatsApp?

Link WhatsApp adalah fitur yang paling ditunggu-tunggu para penggiat bisnis online yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp khususnya. Karena dengan fitur ini, Kamu bisa berkomunikasi bersama calon pembeli dengan hanya memasang link WA. Fitur link WhatsApp ini sebenarnya sangat berguna bagi pelaku usaha online.

Read More

Link wa.me merupakan URL navigasi panggilan serta pesan WA lewat laman web. Link WA sendiri adalah fitur untuk memudahkan para penggunanya melakukan chat kepada seseorang tanpa perlu menyimpan nomor hp orang tersebut. Jadi pengguna tinggal mengklik link saja dan langsung masuk ke chat pribadi bersama orang atau kontak yang dituju.

Jika dulu kita masih memerlukan banyak usaha untuk bertanya-tanya terkait produk kepada penjual, dengan menggunakan telepon, SMS hingga memakai live chat. Di samping itu, jika dilihat dari sisi seller sendiri, dengan adanya fitur WhatsApp Link membuat penjual lebih mudah menjalin komunikasi bersama calon pembeli.

Bahkan kini untuk membuat link WhatsApp ke nomor pribadi secara langsung sangat mudah, Kamu hanya perlu membuka situs web resmi dari WA web. Berikut tutorial cara membuat link WhatsApp yang bisa Kamu coba!

Cara Membuat Link WhatsApp

Cara Membuat Link WhatsApp
Membuat Link WhatsApp

Membuat Link Chat WhatsApp

Di bawah ini ada 3 pilihan cara membuat link WhatsApp chat yang dapat Kamu pilih untuk dipraktekkan. Silahkan ikuti panduannya :

1. Tutorial Membuat Link Chat WhatsApp Biasa

Jika Kamu ingin membuat link WhatsApp chat, sebenarnya caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor hp di shortlink WA saja. Adapun untuk implementasinya sendiri, Kamu dapat menggunakannya di Instagram, Facebook, Website, Blog, online shop dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Adapun yang harus dicatat disini ialah nomor hp harus memakai kode internasional. Sedangkan untuk nomor Indonesia sendiri, Kamu dapat memakai kode 62 untuk menggantikan angka 0 di bagian awal nomor hp. Pada penulisan nomor hp juga jangan memakai tanda strip atau spasi, sebab biasanya tidak akan terbaca server API WA itu sendiri.

Sebagai contoh, misalnya nomor WA yang Kamu miliki ialah 082312345678, Kamu hanya perlu mengubahnya menjadi 628312345678. Selanjutnya, untuk cara membuat link WhatsApp chat sendiri, caranya ialah :

  • https://api.whatsapp.com/send?phone=6282312345678
  • https://wa.me/6281234567890

Kamu hanya perlu mengubah nomor hp api.whatsapp serta wa.me menggunakan nomor WhatsAppmu.

2. Tutorial Membuat Link Chat WhatsApp Memakai Gambar

Cara membuat link WhatsApp chat lainnya ialah memakai gambar. Melalui gambar menarik, tentu saja bisa meningkatkan konversi penjualanmu. Adapun untuk cara pengaturannya sendiri cukup mudah. Apabila Kamu memakai CMS Wordpess, Kamu bisa mengikuti beberapa langkah cara berikut ini :

  • Setelah Kamu mencari gambar desain CTA WA button di Google, selanjutnya tinggal masuk ke Add Media di WordPress terlebih dahulu.
  • Lakukan pengisian Alt Image beserta deskripsi, lalu tambahkan di halaman postingan.
  • Setelah itu, klik “Insert and edit link” di dashboard WordPress.
  • Kamu tinggal menginputkan link URL yang dituju “https://api.whatsapp.com/send?phone=6282312345678” lalu tekan “Add link”.

Kamu bisa mencoba apakah link gambar tadi telah aktif ataukah belum. Kamu dapat menambahkan teks di link WhatsApp supaya lebih interaktif.

Cara membuat link WhatsApp ini sangat cocok bagi Kamu yang memakai link chat WA di bisnis online yang digunakan untuk pemesanan. Di bawah ini, ada beberapa kode untuk menambahkan opsi di WhatsApp Chat :

  • %20 adalah instruksi menambahkan spasi pada teks
  • &text ialah perintah menambahkan teks di dalam link WA Web, dapat Kamu sesuaikan kebutuhan.
  • %0A adalah perintah menambahkan enter atau ganti baris di dalam teks.

Adapun untuk memakai enter, Kamu cukup mengganti bagian kodenya saja, dapat menyesuaikan kebutuhan.

3. Tutorial Membuat Link Chat WhatsApp Bitly

Cara membuat link WhatsApp chat harus memakai shortener link. Dimana shortener sendiri merupakan layanan yang memungkinkan pengguna memperpendek link sehingga menjadi lebih gampang diingat. Saat ini ada berbagai macam shortener URL, namun kebanyakan kini memakai Bitly. Jika ingin membuat shortlink memakai Bitly sebenarnya caranya cukup mudah, Kamu tinggal mengikuti tutorial di bawah ini :

  • Silahkan buka situs web dengan mengetikkan “Bitly” di kolom search pada Google. Setelah terbuka, di bagian tengah ada kolom besar. Kamu tinggal memasukkan link saja yang ingin dilakukan shortener. Untuk contoh diatas, bisa memakai “https://api.whatsapp.com/send?phone=6282312345678, setelah itu tekan shorten.
  • Sementara hasil shortener sendiri akan langsung ditampilkan di bawah kolom, silahkan copy-kan saja.

Jika Kamu ingin memperoleh shortener link custom lewat Bitly, Kamu dapat mendaftarnya lebih dulu. Selanjutnya cari kira-kira apa CTA WhatsApp yang dimasukkan, namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu kata tersebut masih belum ada yang memakainya.

4. Tutorial Membuat Link Chat WhatsApp di Instagram

Jika Kamu sudah sukses mempercantik link WhatsApp memakai Bitly, kini Kamu dapat memasangkan link WhatsApp ke dalam profil akun IG Kamu. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi IG.
  • Selanjutnya klik di menu profil Instagrammu.
  • Lalu pilih edit profil dan paste-kan link WhatsApp yang sudah dipercantik di kolom website pada profil IG-mu.
  • Langkah terakhir, klik ikon centang jika ingin menyimpan perubahan.

Kamu bisa mengikuti tahapan cara membuat link WhatsApp di atas, jika ingin membuat link WA untuk keperluan komunikasi bersama calon pelangganmu. Dengan link WhatsApp ini, Kamu tak perlu lagi harus menyimpan nomor hp orang lain untuk mengirimkan pesan atau chat WA.

Keuntungan Memakai WhatsApp

Sebenarnya, ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh WhatsApp selain cara membuat link WhatsApp. Aplikasi WhatsApp memiliki tampilan antar muka yang simpel serta mudah dipahami. Itulah salah satu faktor utama alasan memakai WhatsApp.

Meskipun pada dasarnya seluruh aplikasi chat berguna untuk menggantikan fungsi SMS, peranan WhatsApp memiliki nilai lebih. Adapun nilai lebih disini ialah Kamu tak perlu lagi susah-susah untuk mencari PIN kontak atau ID yang memakan banyak waktu.

WhatsApp memerlukan RAM yang tak terlalu banyak, karenanya sangat jarang WhatsApp mengalami crash atau macet. Bahkan aplikasi ini masih bisa dipasang di hp android dengan sistem OS GinggerBeard dengan kapasitas RAM yang berukuran hanya 256MB saja.

Selain itu, WhatsApp juga menawarkan fitur-fitur yang dapat diakses secara gratis, mengingat fiturnya memang tak terlalu banyak. Lain halnya dengan aplikasi chat yang lainnya yang memungkinkan kita untuk membayar beberapa fitur tertentu.

Bahkan dengan adanya fitur link WhatsApp, membuat para pebisnis online menjadi lebih mudah menargetkan calon konsumen tanpa harus menyimpan nomor hp konsumen. Semoga ulasan cara membuat link WhatsApp di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts