Cara Membersihkan Mesin Mobil

Selain cara membersihkan interior mobil, tentu saja cara membersihkan mesin mobil juga tak kalah penting untuk dibahas. Apalagi bagi Kamu yang baru mempunyai kendaraan roda empat. Sudah seharusnya menjaga agar kondisi mesin mobil tetap prima saat dijalankan. Seperti kita ketahui, mesin mobil termasuk bagian terpenting yang dapat terpapar oleh kotoran atua debu. Baik itu berupa limbah buangan, kerak oli hingga kotoran hewan atau serangga.

Dengan adanya kotoran tersebut, bisa berpengaruh pada performa dan kondisi mesin mobil. Maka dari itu, sangat penting untuk tetap memperhatikan kebersihan pada mesin mobil. Mesin mobil bisa dikatakan sebagai bagian vital pada mobil. Ada banyak komponen elektrik yang saling berkaitan satu sama lain. Jika salah saja membesihkan ruang pada mesin mobil, bisa berdampak pada performa dan kinerja mesin mobil itu sendiri.

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Cara Membersihkan Mesin Mobil
Membersihkan Mesin Mobil

Membersihkan Mesin Mobil dengan Mudah

Sederhananya cara membersihkan mesin mobil dapat dimulai dari melunturkan beberapa kotoran ringan pada bagian permukaan mesin. Tahap berikutnya pakai cairan pembersih agar hasilnya lebih maksimal. Silahkan bersihkan mesin mobil, dari bagian permukaan lebar sampai ke celah-celahnya. Jika sudah, Kamu tinggal membilasnya serta mengeringkannya.

Ada beberapa langkah cara membersihkan mesin mobil yang bisa Kamu coba berikut ini :

Terkait:  Cara Coating Teflon Sendiri

1. Pilih Lokasi yang Tidak Terpapar Matahari Langsung

Langkah pertama, Kamu harus mencari lokasi untuk membersihkan mobil di tempat yang teduh tidak terkena paparan matahari secara langsung. sebab komponen mesin mobil biasanya ada beberapa bagian yang berbahan dasar plastik dan karet, sehingga mudah rapuh dan memuai jika terpapar panas.

Tempat pembersihan mesin mobil yang paling tepat ialah di garasi mobil. Akan tetapi jika garasi mobilmu terlalu gelap dan sempit, maka Kamu bisa memundurkan mobil sedikit dan pastikan bagian kap mesin menghadap ke arah luar garasi. Ini bisa mempermudahmu membersihkan mesin mobil.

2. Memanaskan Mesin Mobil Terlebih Dahulu

Sebelum Kamu memulai cara membersihkan mesin mobil, selanjutnya panaskan mesin mobil dengan waktu 15 menit dan diamkan sebentar. Silahan tunggu hingga mesin mendingin, agar mempermudahmu membersihkan kotoran membandel di dalam mesin. Kamu harus tahu bahwa debu atau kotoran pada mesin mobil yang dingin menjadi sangat sulit dibersihkan.

3. Memulai Pembersihan Sesudah Mesin Mobil Dingin

Kamu dapat memulai pembersihan bagian mesin mobil sesudah mesin dingin. Hal ini tentu saja dilakukan untuk keselamatan. Di samping itu, jika mobilmu baru dikendarai, sebaiknya jangan mencucinya langsung, sebab justru bisa mengakibatkan mesin cepat rusak. Sebaiknya tunggu sekitar 30-45 menit sampai mesin mobil dingin untuk memulai pencucian mesin mobilmu.

4. Membersihkan Kotoran Ringan dan Debu

Cara membersihkan mesin mobil yang bisa Kamu awali ialah dengan cara membersihkan kotoran ringan dan debu terlebih dahulu. Dalam tahapan ini, pakai kuas atau sikat untuk membersihkan kotoran dan debu di permukaan mesin. Di samping itu, pakai juga kain lap jika perlu untuk membersihkan kotoran dan debu.

Kamu bisa memulai langkah yang satu ini, dengan cara menyapu mesin sampai ke sela-sela. Dimana proses ini dapat dilakukan dengan mudah jika Kamu mempunyai hairdryer atau blower. Dalam langkah ini, pembersihan kotoran tak perlu memakai air.

Terkait:  Cara Membersihkan AC Mobil

5. Melepaskan Aki Mobil

Langkah berikutnya, silahkan melepaskan aki mobil agar aliran listrik yang tersambung pada mobil diputuskan. Tujuannya agar terhindar dari korsleting listrik, apalagi proses pemnbersihan mesin kendaraan sendiri melibatkan air.

Tak hanya itu, Kamu juga harus membungkus beberapa perangkat listrik yang ada di dalam mesin mobil memakai pembungkus anti air. Misalnya memakai kain, plastik, aluminium foil atau bahan apapun yang bisa melindungi komponen listrik dari air.

Di samping untuk mencegah korsleting listrik, pelepasan aki pada mobil juga bisa mempermudahmu mengakses area bagian bawah tempat penyimpanan aki. Dimana bagian bawah tempat penyimpanan aki  bisa dibilnag sarang kotoran mesin mobil. Silahkan lepas aki dan simpan aki dengan baik di area yang kering dan aman. Kamu juga perlu menyimpan baut-baut beserta komponen lainnya dengan baik supaya tidak hilang. Selain itu bisa dipasang lagi sesudah proses pembersihan selesai.

6. Memperhatikan Bagian Bawah Pada Kap Mobil

Sesudah aki diangkat dan disimpan di tempat yang aman, Kamu dapat memulai proses pemnbersihan mesin memakai. Langkah pertama yang bisa Kamu bersihkan ialah di bawah kap pada mesin mobil, sebab bagian ini berada di atas serta mudah dijangkau. Dalam tahap pembersihan bagian bawah kap, Kamu dapat memakai kuas atau sikat.

Di samping itu, guna mempermudah pembesihan, Kamu dapat memakai cairan pembesih komponen mesin mobil. Kamu juga dapat memakai cairan pembersih yang serbaguna.

Sesudah membersihkan mesin, untuk mendapatkan hasil maksimal, bilas menggunakan air. Sebaiknya cukup cipratkan air untuk membersihkan sisa cairan dan keringkan memakai lap. Selain itu, Kamu juga bisa memakai plas chamois atau lap microfiber.

7. Membersihkan Mesin Memakai Steamer

Agar cara membersihkan mesin mobil dilakukan dengan mudha, Kamu dapat memakai steamer. Jika sebelumnya Kamu memfokuskan pembersihan bagian-bagian pada permukaan besar serta mudah dijangkau. Namun kini Kamu bisa melanjutkan proses ke sela-sela komponen mesin yang sulit untuk dijangkau memakai steamer.

Pakai steamer yang mempunyai lubang kecil supaya kekuatan cipratan menjadi lebih maksimal dalam mengangkat air dan kotoran agar tidak sampai menyebar. Di samping itu, cara lainnya Kamu dapat membersihkan ruang mesin memakai sitrun. Asam sitrat atau sitrun adalah nama lain citric acid, biasanya dipakai untuk menghilangkan noda pada peralatan rumah tangga atau pakaian.

Terkait:  Cara Membersihkan Injektor Mobil

Sementara untuk membersihkan mesin mobil, Kamu bisa mencampurkan cairan pencuci piring dengan sitrun dan air, kemudian aduk merata. Silahkan masukkan larutan tadi ke wadah semprotan. Pakai larutan tersebut sebagai cairan untuk memmbersihkan mesin kendaraanmu.

8. Membersihkan Bagian Depan Pada Mesin Mobil

Jika kamu sudah membersihkan ruang pada mesin mobil, tinggal lanjutkan dengan cara membersihkan depan mesin kendaraanmu. Lepas grill bagian depan supaya Kamu lebih leluasa membersihkannya. Di samping itu, untuk membersihkan lampu kendaraanmu, Kamu bisa memakai pasta gigi.

Adapun caranya ialah mengoleskan pasta gigi memakai sikat gigi di cover lampu, dan gosok sampai cover lampu terlihat bersih. Adapun caranya, cukup mengoleskan odol memakai sikat gigi di bagian cover lampu, dan gosok sampai cover lamu terlihat bersih sesuai keinginan.

9. Pastikan Mengeringkan Bagian Tertentu yang Telah Dibersihkan

Sesudah membersihkan seluruh bagian mesin beserta komponen lainnya, berikutnya keringkan beberapa bagian yang telah dibersihkan. Tujuannya supaya sisa air tidak menimbulkan korosi pada permukaan mesin. Keringkan bagian tersebut memakai lap plas chamois atau microfiber.

Itulah 9 cara membersihkan mesin mobil dari awal sampai akhir, hingga tuntas. Dengan membersihkan mesin kendaraanmu secara rutin, maka Kamu bisa memastikan agar mesin mobilmu tetap memiliki performa yang prima.

 

 

 

 

Related posts