Cara Membersihkan Interior Mobil

Banyak orang yang menyepelekan cara membersihkan interior mobil. Meskipun terkesan sepele, tapi sebenarnya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat membersihkan interior mobil, mengingat ada beberapa komponen penting dalam membersihkan mobil.

Kita tahu bahwa perawatan mobil tidak hanya dilihat dari segi penampilan luar dan mesin-mesin saja. Bagian interior mobil juga harus benar-benar diperhatikan agar tetap terjaga kebersihannya. Di samping mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, juga tetap menjaga kinerja mobil supaya bisa bekerja maksimal.

Adapun bagian-bagian interior mobil mempunyai penanganannya sendiri-sendiri. Jadi wajar jika setiap bagian seperti dashboard dan jok mempunyai teknik pembersihan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Maka dair itu, di sini Kami akan membahas cara membersihkan interior mobil.

Cara Membersihkan Interior Mobil

Cara Membersihkan Interior Mobil
Membersihkan Interior Mobil

Tutorial Membersihkan Interior Mobil

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk membersihkan bagian interior mobil. Kamu bisa membersihkan setiap bagian secara detail. Untuk lebih jelasnya, simak tips membersihkan interior kendaraan roda empat milikmu berikut :

1. Membersihkan Bagian Jok Mobil

Salah satu komponen terpenting pada mobil ialah jok mobil. Biasanya jok dipakai sebagai tempat untuk duduk para penumpang selama di perjalanan. Supaya perjalananmu terasa lebih nyaman, pastinya perawatan bagian jok ini harus diperhatikan. Di bawah ini beberapa panduan cara untuk membersihkan interior bagian jok mobil berdasarkan jenis dan bahan jok. Simak ulasannya!

  • Jok Berbahan Kulit Asli

Cara membersihkan interior mobil pada jok berbahan kulit asli, ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan. Diantaranya lap kain halus, kuas berbulu lembut, vacuum cleaner dan plas chamois. Pada bagian yang sulit terjangkau, Kamu bisa memakai vacuum cleaner atau kuas untuk membersihkannya.

Langkah pertama, silahkan usap jok mobil memakai plas chamois, dengan sebagian sudah dibasahi maupun diperas. Lalu semprotkan pembersih pada jok mobil, Kamu bisa menyemprotkannya satu demi satu bagian pada jok mobil. Hal yang harus diperhatikan ialah jangan sampai pembersih mengersing sebelum Kamu mengelapnya. Kamu bisa melakukan cara ini berkala hingga 3-4 bulan.

  • Jok Berbahan Beludru
Terkait:  Cara Membersihkan Silikon Hp

Pada jok mobil berbahan beludru, biasanya memerlukan perhatian berlebih jika dibandingkan jenis material jok lainnya. Silahkan persiapkan beberapa peralatan, seperti lap kain halus, sikat berkuas halus, vacuum cleaner jika ada, dan cairan pembersih bahan beludru. Silahkan bersihkan kotoran atau debu yang melekat pad ajok memakai vacuum cleaner atau kuas.

Jika sudah, semprotkan cairan ke jok yang dibersihkan. Kamu  bisa menyikatnya memakai sikat halus pada jok yang sudah disemprotkan memakai cairan pembersih. Jika kotoran melekat kuat, Kamu bisa melakukan hal tersebut berulang kali sampai bagian joknya bersih. Jika sudah, lap permukaan jok sampai bersih lalu keringkan.

2. Membersihkan Bagian Dasbor Mobil

Darbor mobil adalah bagian yang tak kalah penting pada mobil, dimana bagian ini sering terkena sinar matahari. Jika Kamu tidak melakukan pembersihan dan perawatan dengan rutin bisa mengakibatkan keretakan serta warna dasbor pun bisa memudar.

Adapun cara membersihkan interior mobil bagian dasbor ini sangat mudah, Kamu cukup membersihkan kotoran yang menempel di dasbor memakai kemoceng. Jika sudah, semprotkan pembersih pada dasbor yang ingin dibersihkan lalu lap memakai kain bersih.

Hindari menekan dasbor terlalu berlebihan sebab bisa memberikan goresn kecil di dasbor kendaraanmu. Kamu harus membersihkan debu-debu di bagian yang paling sulit dijangkau terlebih dahulu, seperti blower penyejuk udara, pojok dasbor dan lainnya memakai kuas.

Jika semuanya sudah dibersihkan, lap memakai kain kering supaya cairan pembersih atau sabun tak meninggalkan bekas. Sebagai perawatan, Kamu bisa mengoleskan treatment protection atau cairan pelindung yang berguna agar dasbor-mu mengkilap serta terjaga kelembabannya.

3. Membersihkan Plafon Mobil

Kamu juga harus membersihkan bagian plafon mobil. Komponen yang satu ini termasuk salah satu interior yang harus dibersihkan dengan rutin. Adapun untuk membersihkannya, Kamu hanya perlu berhati-hari supaya plafon mobilmu tidak kendur, rusak atau sobek. Untuk membersihkan bagian plafon mobil ini, ada beberapa pertimbangan yang harus Kamu ketahui :

  • Kamu bisa membersihkan plafon memakai air tapi jangan berlebihan. Pakai lap sedikit basah saat membersihkan plafon mobilmu.
  • Mengingat plafon mobil biasanya terdiri atas berbagai lapis material, jadi membutuhkan cara khusus saat membersihkannya.
  • Biasanya lapisan wol di luar plafon menjadi lembab jika terkena air, di samping itu kelembaban berlebihan bisa menyebabkan aroma tidak sedap di mobilmu. Di samping itu, plafon mobil lembab juga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada mobilmu.
  • Jika Kamu ingin membersihkan bagian plafon mobil memakai cairan pembersih, pilih saja pembersih fabric. Hindari memakai air sabun, sebab bisa berdampak buruk bagi mobilmu.
  • Kamu juga bisa memakai microfiber saat membersihkan plafon. Pakai kain microfiber lembut sehingga tidak merusak material plafon mobil. Dalam membesihkannya, Kamu bisa membasahi kain tersebut sedikit saja. Kemudian pakai untuk membersihkan bagian plafon. Hindari menggosok kain microfiber terlalu keras sebab bisa mengakibatkan material plafon rusak atau bahkan sobek. Hindari pula menekan kain tersebut terlalu keras karena bisa membuat plafon berlubang.
  • Kamu juga bisa membersihkan bagian plafon mobilmu memakai vacuum cleaner. Tapi perhatikan untuk melakukan pengaturan daya serap pada vacuum cleaner. Hindari memakai daya serap terlalu tinggi sebab bisa mengakibatkan plafon mobil kendur. Cukup pakai kekuatan ringan dan Kamu pun sudah bisa membersihkan plafon mobilmu dengan tuntas.
  • Jika ada noda di plafon mobil, Kamu bisa membersihkan sabun pembersih beserta kain lembut. Silahkan usap perlahan sampai tidak membuat bagian plafon sobek atau rusak. Cukup oleskan sabun atau cairan pembersih di bagian tertentu yang ada nodanya. Selanjutnya lap memakai lap basah sampai sabunnya hilang. Selain itu, pastikan sabun sudah tka ada di plafon mobil. Karena jika ada sabun yang tersisa, bisa mengakibatkan kain plafon mengeras.
Terkait:  Cara Membersihkan iCloud yang Penuh

4. Membersihkan Karpet Mobil

Selain bagian plafon, Kamu juga harus membersihkan karpet mobil. Karpet mobil adalah aksesoris tambahan dan biasanya ada di bagian lantai mobil. Seringkali bagian ini mengalami kotor karena biasanya langsung berhadapan dengan sepatu atau alas kaki. Apalagi jika terjadi tumpahan minuman dan makanan mengenai karpet.

Sebaiknya pakai karpet berbahan material karet, hindari memakai karpet berbahan kain. Sebab karpet dari kain biasanya lebih sulit dibersihkan serta lebih gampang menyerap air. Karenanya bisa memicu karat pada lapisan mobil.

Tapi jika Kamu memakai karpet kain, maka cara membersihkan interior mobil karpet kain ini harus dilakukan dengan cara berikut :

  • Keluarkan semua karpet terlebih dahulu di dalam mobil.
  • Lalu sikat memakai sikat halus supaya kotoran dan debu bisa terangkat.
  • Untuk noda yang sulit dibersihkan, Kamu bisa memakai stain remover.
  • Silahkan semprotkan cairan ke karpet yang terdapat tumpahan noda lalu diamkan selama 5 menit.
  • Jika sudah, lap sampai bersih.
  • Sesudah bersih dan kering, Kamu bisa memasangnya kembali di lantai mobilmu. Tapi tentu saja Kamu harus memastikan supaya lantai mobilmu terbebas dari kotoran dan debu.

Jika ingin membersihkan karpet berbahan karet, sebenarnya caranya lebih mudah lagi. Kamu tinggal mengikuti panduan berikut :

  • Silahkan angkat lalu keluarkan karpet terlebih dahulu di dalam mobil.
  • Lalu bersihkan kotoran, noda, dan debu yang ada di karpet mobilmu.
  • Mengingat bahannya karet, Kamu bisa langsung mencucinya memakai air beserta sabun cuci. Pakai sikat yang berbulu lembut saat membersihkan noda yang sukar dihilangkan.
  • Jika sudah bersih, bilas memakai air bersih.
  • Jemur karpet mobil sampai kering. Jika sudah benar-benar kering, pasang kembali.

Nah, itulah beberapa panduan cara membersihkan interior mobil dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, Kamu tak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk membersihkan mobilmu di salon.

Terkait:  Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp

 

 

 

Related posts