Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp

Kamera ponsel adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah perangkat hp. Karena bagaimanapun, aktivitas fotografi adalah sebuah kebutuhan bagi kaum milenial. Semua aktivitas dan momen-momen berharga diabadikan lewat kamera. Oleh karena itu, kamera hp sangat diandalkan kapanpun dan dimanapun. Hanya saja, terkadang kita menemukan lensa kamera yang kotor atau berdebu karena sudah lama terpakai. Untungnya, Kamu bisa mencoba cara membersihkan lensa kamera hp.

Apabila lensa kamera hpmu terlalu berdebu, biasanya akan memberikan hasil gambar yang buram, sehingga membuatnya menjadi tidak maksimal. Cukup sulit memang membersihkan lensa kamera hp, karena berkiatan dengan perangkat bagian dalam dari sebuah ponsel. Maka dari itu, diperlukan ketelitian yang didukung dengan perlengkapan memadai.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp

Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp
Membersihkan Lensa Kamera Hp

Tutorial Membersihkan Lensa Kamera Hp

Untuk meningkatkan performa kamera hp dan tingkat kejernihan kamera saat memotret objek, maka Kamu harus membersihkan lensa dari debu dan kotoran. Adapun cara membersihkan lensa kamera hp, diantaranya sebagai berikut :

1. Memakai Pasta Gigi

Apabila lensa pada kamera hpmu tergores, entah itu karena gesekan maupun yang lainnya, maka sebaiknya bersihkan memakai pasta gigi. Silahkan oleskan sedikit pasta gigi ke lensa kamera. Jika sudah, gosok-gosok dengan perlahan. Dimana cara sederhana tersebut bisa mengatasi goresan pada lensa kamera ponsel.

Adapun cara membersihkan lensa kamera hp menggunakan pasta gigi ialah cotton bud. Silahkan oleskan pasta ke cutton bud, lalu tempelkan ke lensa kamera yang tergores atau kotor, kemudian putar searah dengan jarum jam. Biarkan sebentar saja.

Terkait:  Cara Membersihkan Mesin Mobil

Setelah dioleskan pasta gigi, bersihkan sisa pasta yang menempel pada bagian lensa kamera hp memakai sedikit air. Kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk membersihkannya.

2. Memakai Minyak Kayu Putih Bagi Lensa Kamera yang Berdebu

Cara membersihkan lensa kamera hp selanjutnya ialah jika lensa kameramu berdebu, maka untuk membersihkannya menggunakan cara berbeda. Biasanya memakai minyak kayu putih. Bahan minyak kayu putih sebenarnya cukup ampuh mengusir debu atau kotoran yang menempel di lensa kamera hp. Debu ini biasanya diakibatkan oleh penyimpanan hp yang tidak hati-hati.

Jadi sebaiknya jangan menyimpan hp sembarnagan. Jika lensa hpmu sudah berdebu, sebaiknya bersihkan memakai tisu yang telah diberikan minyak kayu putih secukupnya. Tisu ini digosokkan ke dalam lensa kamera ponsel. Jika Kamu melakukannya dengan baik, maka kotoran yang menempel di kamera bisa terangkat.

3. Bersihkan Lensa Kamera yang Berembun

Cara membesihkan lensa kamera hp selanjutnya ialah membersihkan lensa yang berembun. Biasanya lensa kamera yang berembun menghasilkan gambar yang buram dan nge-blur, jadi tidak jelas. Penyebab lensa kamera berembun ini umumnya disimpan di area yang lembab.

Oleh karena itu, apabila hasil jepretan pada kameramu kurang optimal, namun kondisi lensanya terlihat baik, penyebabnya bisa disebabkan oleh lensa berembun. Jika ingin mengatasi hal tersebut, Kamu tinggal melepas baterai dan jangan lupa matikan hp terlebih dulu. Sesudah itu, keringkan ponselmu menggunakan hair dryer. Selanjutnya mengarahkan hair dryer ke samping hpmu supaya tidak berembun lagi.

4. Mengganti Bagian Tutup Lensa Pada Kamera

Pada lensa kamera hp yang tergores, jika dibersihkan memakai pasta gigi belum optimal atua hasil jepretan gambarnya masih buram, dapat menggunakan cara ini. Adapun caranya ganti tutup pada lensa kamera. Pakai silet saat mencongkel lensa dengan hati-hati.

Terkait:  Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam

Sesudah dicongkel, Kamu bisa mengganti tutup pada lensa kamera menggunakan yang baru. Namun sebelumnya, Kamu harus membeli tutupnya terlebih dahulu. Jika sedang tidak mempunyai budget, Kamu dapat memakai alternatif selotip yang berwarna bening.

5. Memakai Pembersih Cairan

Cara membersihkan lensa kamera hp selanjutnya ialah memakai pembersih cairan. Meskipun caranya hampir sama, tapi bahan yang dipakai sedikit berbeda. Berikut tipsnya :

  • Pertama-tama ambil hp yang ingin dibersihkan.
  • Silahkan buka casing ponsel bagian belakang.
  • Pakai obeng kecil jika terdapat baut untuk menutup hp atau casing tersebut.
  • Buka casing bagian belakang langsung jika tidak memakai baut.
  • Pakai alat khusus apabila casing susah dibuka, misalnya penjepit berupa tang kecil.
  • Jika casing hp sudah terbuka, Kamu bisa menggunakan cutton bud.
  • Kemudian tambahkan pembersih cairan sedikit saja, misalnya memakai cairan pembersih kaca.
  • Kamu bisa menggosokkan cutton bud pada lensa kamera dengan perlahan.
  • Jika dirasa sudah cukup bersih, pakai tisu atau kapas untuk mengelap lagi.
  • Setelah bersih, silahkan pasang baut ke hp atau casing hp kembali.
  • Kini lensa kamera di hpmu sudah siap dipakai lagi.

6. Memakai Blower Karet Mini

Kamu juga bisa menggunakan blower karet mini untuk membersihkan kotoran dan debu pada lensa kamera. Kamu bisa membeli blower karet mini di toko online maupun offline. Caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan ambil hp yang akan Kamu bersihkan.
  • Silahkan buka casing hp bagian belakang.
  • Pakai obeng kecil jika terdapat baut untuk menutup hp atau casing.
  • Buka casing belakang hp jika tanpa menggunakan baut.
  • Kamu bisa memakai alat khusus seperti tang kecil.
  • Sesudah hp terbuka, tinggal pakai blower mini.
  • Selanjutnya bersihkan lensa berdebu dan blower pun akan langsung menyedot seluruh noda debu.
  • Jika dirasa sudah cukup bersih, pakai tisu atau kapas untuk mengelap lensa kembali.
  • Setelah bersih, pasang lagi baut di hp atau casing atau tinggal menutup rapat casing hp Kamu.
  • Maka lensa kamera hp pun siap dipakai.
Terkait:  Cara Membersihkan iCloud yang Penuh

Itulah 6 cara membersihkan lensa kamera hp yang bisa Kamu coba praktekkan agar lensa kamera hpmu lebih jelas.

Tips Merawat Lensa Kamera Hp

Setelah kita mengetahui cara membersihkan lensa kamera hp, untuk mencegah agar lensa kamera tetap jernih, ada beberapa tips merawat lensa berikut ini :

  • Sebaiknya hindari terjadinya benturan langsung pada kamera belakang.
  • Pastikan untuk tak terlalu sering memasukkan ponsel ke saku celana. Baret atau goresan ke lensa kamera hp dapat terjadi akibat hp sering tergesek saat dimasukkan ke saku celana.
  • Jangan menyimpan hp sembarangan, apalagi jika disimpan di area yang mempunyai permukaan kasar. Sebab permukaan kasar bisa menimbulkan goresan pada tutup lensa ponsel.
  • Sebaiknya hindari menyimpan hp atau smartphone-mu di area yang lembab. Karena tempat lembab ini dapat menyebabkan lensa pada kamera menjadi berembun.
  • Kamu bisa memakai motomo atau silicon untuk melindungi lensa kamera ponselmu.

Itulah beberapa langkah perawatan lensa kamera hp agar tidak rusak dan tetap terjaga kualitasnya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, selain melindungi lensa kamera juga dapat melindungi layar hp agar tidak rusak.

Cara membersihkan lensa kamera hp memang sangat mudah, asalkan Kamu mempunyai peralatan yang cukup memadai untuk menggunakannya. Selain itu, Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Terjadinya kerusakan pada lensa kamera hp bisa membuat hasil foto menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, penting sekali mengikuti langkah-langkah di atas.

Related posts