Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel
Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Cara menonaktifkan nada sambung Telkomsel memang kerap dicari banyak penggunanya. Seperti sudah kamu ketahui, bahwa tak hanya menyediakan layanan untuk telpon, sms, dan juga internet saja, Telkomsel juga memberikan layanan berupa NSP atau nada sambung yang hanya bisa dipakai oleh para pelanggan setianya. Namun sayangnya, layanan NSP ini dianggap sangat mengganggu oleh beberapa penggunanya. Oleh karena itu, tak sedikit juga yang mencari tahu bagaimana cara menonaktifkan nada sambung telkomsel ini.

NSP atau nada sambung telkomsel merupakan salah satu produk yang berupa nada yang akan berbunyik jika ada panggilan ataupun SMS yang terkirim. Kendati layanan ini cukup membantu, sayangnya beberapa pengguna ingin menonaktifkannya dengan tujuan tertentu. Jika kamu adalah salah satunya namun belum tahu bagaimana cara menonaktifkannya, maka bisa langsung membaca penjelasan pada artikel berikut ini.

Read More

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel
Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Sebagai salah satu pengguna layanan telkomsel, tentu NSP atau nada sambung ini sudah tidak asing lagi di telingamu. Hal ini dikarenakan layanan telkomsel satu ini memang sudah ada sejak dulu. Ketika kamu mendengarkan nada sambung ini saat menghubungi sesama pengguna telkomsel, kemungkinan akan membawamu bernostalgia ketika aplikasi chatting Whatsapp masih belum sepopular sekarang.

Menurut situs resminya, NSP 1212 ini merupakan layanan berbayar untuk sebuah nada sambung yang tentunya dapat digunakan secara personal dan berlanggana. Artinya, ketika ada orang yang nelpon nomor telkomselmu, maka potongan lagu yang sudah kamu pilih menjadi nada sambung akan terdengar secara otomatis.

Lebih singkatnya, layanan ini bertujuan agar penelpon tidak merasa bosen saat menunggu jawaban dari pemilik kartu telkomsel lainnya yang mengaktifkan NSP ini. Secara umum, konten suara yang disediakan oleh nada sambung telkomsel ini dapat diaktifkan dan diperpanjang sesuai dengan tarif yang ditentukan. Jika kamu tidak mempunyai pulsa yang cukup, maka secara otomatis pihak telkomsel akan menonakttifkannya, namun jika kamu ppunya pulsa yang cukup maka otomatis layanan ini akan memakan pulsamu untuk membayarnya.

Keadaan tersebutlah yang membuat beberapa pelanggan telkomsel ingin menonaktifkannya. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menonaktifkan layanan ini. Jika kamu ingin tahu lebih jelasnya, maka bisa langsung menyimak penjelasan berikut ini.

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Pakai SMS

Cara untuk bisa menonaktifkan langganan nada sambung telkomsel yang pertama adalah dengan menggunakan SMS yang tentunya dapat kamu lakukan dengan sangat mudah. Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, perlu kamu ketahui bahwa cara menonaktifkan NSP ini terbagi menjadi dua kategori.

Kategori pertama, yaitu kamu bisa menonaktifkan nada sambung secara permanen yang artinya kamu tidak lagi menggunakan nada sambung pribadi saat ada seseorang yang menelponmu. Kategori kedua, yaitu kamu bisa berhenti berlangganan untuk salah satu nada sambung pribadi yang tersedia. Artinya, kamu tidak benar-benar menonaktifkan layanan ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan NSP telkomsel secara permanen melalui SMS.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi SMS atau pesan singkat yang ada pada ponsel kesayangmu
  • Setelah itu, silahkan kamu mengetik OFF untuk menghentikan langganan nada sambung telkomsel
  • Tunggulah beberapa saat hingga pesan tersebut berhasil terkirim
  • Jika sudah terkirim, maka pihak telkomsel dengan cepat akan mengirimimu pesan balasan
  • Pesan balasan tersebut berisi: “Sesuai permintaan Anda, semua NSP Anda telah dinonaktifkan.” Dengan isi pesan tersebut, maka secara otomatis kamu berhenti berlangganan nada sambung pribadi telkomsel

Namun jika kamu ingin berhenti berlangganan atau menonaktifkan salah satu lagu nada sambung telkomsel, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi pesan singkat atau SMS yang ada di ponsel kesayanganmu
  • Jika sudah, maka ketikkan OFF spasi (ALIAS/JUDUL LAGU) dan kirim pesan ini ke nomor 1212
  • Kamu harus sabar menunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa pesan tersebut sudah sukses terkirim
  • Selang beberapa waktu notifikasi pesan baru diterima akan muncul pada layar ponselmu
  • Pesan tersebut merupakan pesan balasan dari pihak telkomsel yang berisi: “Sesuai permintaan Anda, NSP judul? Artis telah dihapus dari daftar NSP Anda.”

Maka secara otomatis nada sambung yang ingin kamu nonaktifkan akan berhenti. Ketika kamu menggunakan metode pertama menonaktifkan nada sambung lewat SMS, maka kamu harus benar-benar memperhatikan jenis NSP apa yang ingin diaktifkan.

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Pakai USSD

Seperti sudah kamu ketahui, bahwa USSD yang merupakan singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data yang juga merupakan layanan milik jaringan GSM. Layanan ini juga menjadi layanan terfavorit yang dibuat oleh pihak telkomsel. Melalui layanan ini, kamu bisa mengakses semua layanan yang ada pada telkomsel. Salah satunya adalah menonaktifkan nada sambung atau NSP.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu gunakan untuk menghentikan langganan nada sambung telkomsel secara permanen pakai kode USSD.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi telepon atau kontak yang ada di ponsel kesayanganmu
  • Jika sudah, maka ketikkanlah kode USSD *121*9#
  • Agar kamu bisa berhenti langganan NSP Telkomsel, maka kamu tinggal pilih opsi nomor 4 yang berbunyi berhenti langganan NSP
  • Kemudian kamu tinggal mengikuti semua langkah-langkah selanjutnya sampai proses penonaktifan berhasil dilakukan

Selain menonaktifkan nada sambung telkomsel secara permanen, kamu juga bisa menggunakan kode USSD untuk menonaktifkan salah satu nada sambung. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi telepon atau kontak yang ada di ponslemu dan ketikkan kode *121*9#
  • Setelah itu, silahkan kamu memilih opsi nomor 5 pada menu UMB yang sudah tersedia
  • Terakhir, silahkan kamu mengikuti langkah-langkah selanjutnyua untuk bisa menonaktifkan langganan NSP telkomsel

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Lewat Customer Service

Bila kamu mau memastikan apakah langganan nada sambung pribadimu benar-benar sudah tidak aktif lagi, maka kamu bisa menghubungi customer service. Kamu jangan khawatir sebab saat ini layanan tersebut sudah tersedia di facebook, twitter, ataupun call center 188. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu menghubungi salah satu kontak customer sercive yang tersebar di platform tersebut atau bisa langsung hubungi nomor 188
  • Selanjutnya, silahkan kamu menyampaikan keinginanmu terkait pengajuan pemberhentian atau nonaktif nada sambung telkomsel pada HP-mu
  • Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor telkomselmu sehingga customer service tidak kebingungan dan memprosesnya dengan cepat
  • Tunggulah beberapa saat sampai customer service berhasil memproses penonaktifan langganan nada sambungmu

Kesimpulan

Selain menggunakan ketiga metode di atas, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan trik dengan mengosongkan pulsamu. Meskipun metode ini tidak berarti bahwa NSP sudah dinonaktifkan selamanya, namun metode ini cukup alternatif agar pulsa yang kamu miliki tidak tersedot. Tunggulah saja SMS dari operator bahwa NSP langganan di telkomsel gagal diperpanjang.

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara menonaktifkan nada sambung telkomsel dengan cara yang sangat mudah. Pilihlah salah satu metode di atas yang menurutmu akuran dan sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Related posts