Cara Cek Pengiriman Pos

Bagi Kamu yang pernah atau bahkan sering menggunakan jasa ekspedisi Pos, tentu tahu dong bagaimana cara cek pengiriman pos? Ya, cara cek resi pengiriman paket semakin mempermudah kita semua untuk mengetahui keberadaan paket yang dikirimkan lewat ekspedisi.

Kehadiran internet saat ini memang membuat banyak orang semakin terlena. Mengingat kepraktisan yang ditawarkan, hal ini sudah tentu semakin mengubah kebiasaan masyarakat di masa sekarang.

Sama halnya dalam berbelanja, kini banyak orang yang lebih tertarik berbelanja online dengan memanfaatkan koneksi internet. Dengan berbelanja online, Kamu tak perlu lagi panas-panasan harus keluar rumah atau mengantre.

Bagi Kamu yang sedang mencari baju atau peralatan rumah tangga, kini cukup memainkan jemarimu di laptop atau di Hp untuk mendapatkan produk yang diinginkan dan langsung berbelanja online. Hanya perlu memilih situs online shop untuk membeli produk yang Kamu inginkan.

Untuk mengetahui keberadaan paket atau produk yang Kamu beli/pesan di online shop, tentu saja harus melakukan tracking jasa ekspedisi yang digunakan untuk pengiriman. Jika Kamu menggunakan jasa ekspedisi pos, maka harus tahu cara cek pengiriman Pos.

Cara Cek Pengiriman Pos

Cara cek pengiriman Pos
Mengecek Pengiriman Pos

Ketentuan Melacak Pengiriman Paket di Pos

PT Pos Indonesia ialah jasa ekspedisi yang kini sudah mempunyai banyak jaringan. Bahkan jasa pengiriman paket ini sudah mempunyai 50 ribu lebih titik pelayanan yang ada di seluruh Indonesia. Jika jasa ekspedisi swasta baru bisa meraih beberapa titik saja, tapi Pos sudah bisa menjangkau wilayah atau area yang belum bisa dijangkau oleh perusahaan ekspedisi lain. Inilah alasan banyak orang memilih memakai Pos dibandingkan ekspedisi yang lainnya.

Untuk proses tracking pengiriman paket, kantor Pos sendiri telah menyediakan layanan mengecek resi pengiriman Pos yang dapat diakses lewat web resmi dari PT Pos Indonesia. Kamu juga sudah bisa memakai situs lainnya untuk melacak pengiriman. Namun sebelumnya, Kamu harus tahu ketentuan untuk melacak pengiriman paket di pos, diantaranya :

1. Nomor Resi Pengiriman

Apa itu resi? Resi terdiri dari kode unik khusus sebagai bukti pengiriman paket. Setiap pesanan biasanya mempunyai nomor resi berbeda. Inilah yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam pengecekan. Biasanya nomor resi pengiriman Pos ada di bagian atas atau tepat di sebelah kanan atasnya saja. Selain itu, ada juga resi yang memakai “Nomor Kiriman” atau “Barcode”.

Setiap kantor Pos memiliki format berbeda. Sebab biasanya antara kantor Pos yang satu dengan yang lainnya terkadang mempunyai kode yang berbeda. Biasanya, mereka memakai gabungan atau kombinasi angka terdiri dari 11 digit. Jadi, jika Kamu akan melakukan pengecekan pastikan tidak salah memasukkan nomor resi pengirimannya.

2. Tracking Hanya Bisa Memakai Nomor Resi

Melacak pengiriman paket di Pos hanya dapat dilakukan memakai nomor resi saja yang biasanya tertera di kertas atau bukti pengiriman. Kamut idak dapat mengecek pengiriman memakai  nama pengirim atau penerima. Sebab nama seseorang tentu saja bisa serupa atau sama. Karenanya bisa menghambat pencarian paket kiriman.  Maka dari itu, cara cek pengiriman Pos hanya dapat dilakukan menggunakan nomor resi. Oleh karenanya, pastikan Kamu meminta terlebih dahulu nomor resi saat berbelanja online.

3. Ketahui Istilah Tracking Melalui Pos

Untuk melakukan tracking online, Kamu harus tahu beberapa istilah yang biasa digunakan. Dimana istilah tersebut akan membantumu mengetahui keberadaan dan status barang kiriman. Ini dia beberapa hal yang perlu Kamu tahu dalam pengecekan kiriman paket Pos, diantaranya :

  • Puri Kirim, artinya kiriman telah diberangkatkan.
  • Manifest serah, artinya pemberangkatan paket sedang diproses ke kantor pos alamat tujuan.
  • Posting loket, artinya paket telah diterima di loket untuk segera diproses ke kantor pos alamat tujuan.
  • Puri terima, artinya paket telah terima di lokasi kantor pos tujuan, selanjutnya akan dikirimkan menuju alamat penerima.
  • Antaran, artinya paket sedang diantarkan menuju alamat penerima oleh petugas.
  • Selesai antar, artinya paket sudah diterima.

Mengecek Pengiriman Pos

Ada beberapa cara cek pengiriman Pos yang bisa Kamu coba untuk melacak barang yang Kamu pesan di online shop. Simak ulasannya berikut ini :

1. Mengecek Pengiriman Pos via Web Resmi

Mengecek pengiriman pos pertama yang dapat Kamu lakukan ialah dengan memasuki web resmi lalu membuka laman untuk tracking Pos di link Pos Indonesia.

Jika sudah masuk ke web resmi kantor Pos, silahkan inputkan nomor resi pengiriman di kolom yang telah tersedia, lalu klik “Kirim”. Biasanya nomor resi pengiriman akan diberikan sesudah Kamu mengirimkan paket di kantor Pos. Atau jika Kamu membeli produk tertentu di online shop, Kamu bisa menanyakan nomor resi pengiriman paketmu.

2. Mengecek Pengiriman Pos via Cek Resi Pos Indonesia

Selain di website resmi Pos Indonesia, Kamu juga bisa mengecek pengiriman Pos melalui Cek Resi Pos Indonesia.

Cek Resi Pos Indonesia kini hadir untuk melengkapi layanan cek pengiriman via Pos. Layanan cek resi atau tracking ini didesain dengan tampilan yang simpel. Kamu juga tak perlu mengetikkan kode captcha guna mempermudah para pengguna mengecek resi pengiriman online, entah itu menggunakan Hp ataupun PC.

Web ini hanya dikhususkan untuk melacak ekspedisi PT.Pos Indonesia, baik itu untuk pengiriman Pos Express, Kilat Khusus, Pos Kilat, dan layanan lainnya. Jika Kamu menggunakan JNE, maka bisa memilih cara cek paket JNE di web lain.

Adapun untuk melacak pengiriman paket di Pos memakai Cek Resi Pos Indonesia, ialah cukup mengunjungi web di https://carikodepos.com/cek-resi-pos/. Setelah itu, masukkan nomor resi di kolom yang telah tersedia dan klik “Cek”. Selanjutnya Kamu akan mengetahui lokasi keberadaan paketmu secara detail.

3. Mengecek Pengiriman Pos Lewat Website Pihak Ketiga

Jika Kamu mengalami masalah ketika mengakses web resmi Pos Indonesia, misal karena koneksi bermasalah, website error, maupun yang lainnya. Maka Kamu bisa menggunaka atau memanfaatkan web pihak ketiga.

Adapun web pihak ketiga di sini maksudnya ialah web-web yang menyediakan layanan tracking Pos Indonesia. Beberapa website yang bisa Kamu gunakan untuk melacak pengiriman Pos ialah seperti berdu.id, resi.id, maupun cekresi.com.

Website-website tersebut pun bisa menampilkan informasi mengenai paket atau barang yang sedang diikirimkan.

4. Mengecek Pengiriman Pos Lewat Aplikasi Cek Resi

Tak hanya menggunakan website saja, Kamu juga bisa mencoba cara cek pengiriman Pos menggunakan aplikasi. Cukup instal aplikasi tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk melacak pengiriman paketmu.

Jika Kamu ingin mengecek tracking pengiriman Pos melalui Hp, silahkan unduh lalu install aplikasi bernama cek paket Pos Indonesia di Google Play Store maupun App Store. Baru kemudian Kamu bisa menjalankan aplikasi tersebut untuk mengecek pengiriman paket dari Pos.

Dengan banyaknya pilihan cara cek pengiriman Pos yang bisa Kamu coba, maka Kamu tinggal memilih mana cara yang tepat dan cepat untuk mendapatkan informasi pengiriman paket di Pos sedetail mungkin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019