Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Bagaimana cara membatalkan pesanan di Akulaku? Akulaku merupakan platform pembiayaan online yang memungkinkan para penggunanya bisa membeli produk-produk di Akulaku secara kredit. Akulaku merupakan solusi ideal bagi Kamu yang gemar berbelanja online, apalagi platform ini memungkinkanmu mendapatkan produk dengan cepat. Bahkan Kamu bisa membelinya dan membayarnya nanti.

Jika limit kredit yang diajukan sudah aktif serta terverifikasi, selanjutnya Kamu tinggal memanfaatkan Akulaku sebagai alat pembayaran. Kamu bisa membayar produk di bulan depan atau secara kredit melalui berbagai pilihan tenor. Sebut saja, mulai dari tenor 3,6, 9 hingga 12 bulan. Di samping itu, Kamu sebagai pengguna juga dapat mengajukan pinjaman melalui KTA Asetku, dengan proses pengajuan yang sangat mudah.

Read More

Hanya saja, ada beberapa kekurangan yang mungkin sering dialami para pengguna Akulaku. Salah satunya ialah sulit membatalkan pesanan di Akulaku saat berbelanja produk tertentu di alikasi ini. Selain itu, tak sedikit pula pengguna yang bertanya apakah uang DP atau limit kredit bisa kembali. Bagi pengguna baru mungkin ini hal yang wajar, karena bagaimanapun kita khawatir jika uang limit kredit di Akulaku berkurang padahal kita telah membatalkan pesanan.

Sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa pengguna terpaksa membatalkan pesanan di Akulaku. Salah satunya bsia djadi karena pengiriman barang yang dikatakan sangat lama, bahkan minimal produk tiba ke alamat pembeli sekitar 7-14 hari. Beberapa pengguna bahkan ada yang baru mendapatkan produk mereka hampir selama 1 bulan.

Tentu saja hal ini sangat mengecewakan pengguna, tapi sebenarnya ini bukan kesalahan pihak Akulaku sepenuhnya. Karena Akulaku juga telah menjalin kerjasama dengan merchant-merchant tertentu dan tak semua merchant sigam memproses produk pembelian. Inilah alasan beberapa pengguna Akulaku yang lebih memilih membatalkan pesanan di platform Akulaku.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku
Membatalkan Pesanan di Akulaku

Tutorial Membatalkan Pesanan di Akulaku

Sebenarnya pesanan produk di Akulaku yang tak juga diproses bisa dibatalkan memakia fitur batalkan pesanan pada aplikasi Akulaku. Hanya saja, Kamu harus memahami persyaratan pembatalan pesanan di Akulaku. Lalu, bagaimana cara membatalkan pesanan di Akulaku? Tapi sebelumnya, mari simak syarat membatalkan orderan barang di Akulaku terlebih dahulu!

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Syarat Membatalkan Orderan di Akulaku

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar proses pembatalan pesanan barang di Akulaku dapat dilakukan. Persyaratan ini, selanjutnya bisa menjadi pertimbangan diterima atau tidaknya pengajuan pembatalan oleh Akulaku. Berikut beberapa persyaratan tersebut :

  • Penjual tak menunjukkan aktivitas. Ini artinya produk yang dipesan pembeli masih belum juga diproses dalam waktu lama.
  • Kesalahan dalam pembelian barang, mulai dari kesalahan ukuran, warna maupun hal lainnya.
  • Stok produk kosong. Apabila hal ini terjadi, umumnya penjual yang aktif langsung menghubungi lewat WhatsApp untuk menginformasikan jika barang yang dibeli kosong.

Selain itu, Kamu harus tahu bahwa proses pengajuan pembatalan pesanan juga tergantung pada pihak merchant yang bekerjasama dengan Akulaku. Ini artinya, proses pembatalan hanya dapat dilakukan jika penjual menyetujuinya.

Membatalkan Pesanan Akulaku

Setelah memahami semua persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan pembatalan, langkah selanjutnya ialah tinggal melakukan refund. Untuk membatalkan pesanan, Kamu hanya perlu mengikuti cara membatalkan pesana di Akulaku berikut :

1. Membatalkan Pesanan Lewat Chat Pelapak

Jika pesananmu dirasa bermasalah, Kamu harus menghubungi pelapak untuk meminta proses pembatalan pesanan. Apabila dari pihak pelapak sendiri tak memberikan opsi bahkan sama sekali tidak merespon permintaanmu, Kamu harus menyimpan riwayat chat. Tujuannya ialah agar dijadikan sebagai bukti yang dibutuhkan untuk melanjutkan proses pembatalan pesanan.

2. Menghubungi Penjual Lewat Menu Pesananku

Masuk ke “Menu Pesananku”, lalu lihat di samping nama penjual, Kamu akan menemukan tombol “Hubungi”. Di sini Kamu bisa menghubungi penjual kemudian minta pembatalan pesanan.

3. Batalkan Pesanan Melalui CS Akulaku

Bila ternyata kedua cara sebelumnya tidak juga berhasil, Kamu bisa mencoba cara membatalkan pesanan di Akulaku dengan menghubungi CS Akulaku. Caranya bisa melalui telepon, WhatsApp dan email. Kamu bisa menginformasikan ke CS Akulaku jika Kamu ingin membatalkan orderan karena alasan tertentu. Contohnya resi pengiriman tidak valid atau produk tak kunjung diterima atau tiba.

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Itulah 3 opsi cara membatalkan pesanan di Akulaku yang bisa Kamu lakukan agar proses pembatalanmu di ACC oleh penjual di Akulaku.

Cara Menyampaikan Keluhan atau Pertanyaan di Akulaku

Sebenarnya ada beberapa alternatif cara yang dapat dipilih para pengguna yang akan mengajukan komplain, keluhan maupun lainnya di platform Akulaku. Adapun diantaranya sebagai berikut :

  • Kamu dapat bertanya lewat fitur live chat di aplikasi Akulaku.
  • Jika merasa kurang puas, Kamu bisa menghubungi langsung call center di Akulaku.
  • Cara lainnya bisa lewat akun email di [email protected]
  • Kamu juga bisa menghubungi akun sosial media, baik di Instagram atau Facebook resmi Akulaku.
  • Jika Kamu memiliki waktu senggang, Kamu bisa langsung datang ke kantor pusat Akulaku, di alamat Gedung Graha Lestari Lantai 11 Zona 5.

Proses Pengembalian Dana atau Refund di Akulaku

Uang yang Kamu bayarkan untuk pembelian produk di Akulaku bisa di refund, asalkan Kamu mengikuti tips berikut :

  • Cek aplikasi Akulaku terlebih dahulu, pasitkan sudah menggunakan versi terbaru.
  • Pengembalian dana biasanya akan dikembalikan langsung ke saldo limit sesudah pembatalan diterima, Kamu bisa membuka saldo menu dari personal atau menu bills.
  • Sesudah itu, Kamu bisa menarik uang tersebut ke rekening bank-mu.
  • Jika Kamu masih belum bisa menarik uang tersebut, silahkan hubungi customer service Akulaku.

Proses refund biasanya memerlukan waktu 1 hari kerja sesudah pembatalan orderan, jika Kamu belum menerima uang pengembalian di saldomu sesudah dibatalkan. Langsung hubungi saja CS Akulaku.

Sementara itu, untuk pemrosesan penarikan dana/uang dari saldo Akulaku waktu pemrosesannya membutuhkan 7-14 hari kerja sesudah Kamu mengajukan penarikan. Namun pastikan sebelumnya untuk submit informasi terkait bank rekening-mu. Jika Kamu belum menerima uang sesudah 14 hari, segera hubung customer service Akulaku.

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Zalora

Tips Sebelum Berbelanja di Akulaku

Memang benar bahwa Akulaku menawarkan kemudahan dalam membeli sebuah produk melalui metode pembayaran kredit atau bayar nanti. Tapi, Kamu harus mengetahui beberapa hal terkait Akulaku berikut ini :

  • Bunga kredit yang telah ditentukan oleh Akulaku bisa dibilang cukup besar. Meskipun memberikan kemudahan di awal, namun bisa mempersulit kondisi finansialmu di masa yang akan datang.
  • Selain pembayaran bunga kredit yang besar, Kamu juga akan dibebankan denda yang cukup memberatkan jika telat membayar. Bahkan  jika setelah 2 bulan Kamu tidak membayar kredit di Akulaku, Kamu akan didatangi oleh Debt Collector.

Sebenarnya poin-poin di atas juga berlaku bagi Kamu yang berbelanja dengan fasilitas pinjol (pinjaman online) dan tidak hanya bagi Akulaku saja. Oleh karena itu, sebelum berbelanja atau menggunakan platform pinjaman online, pastikan dulu kemampuan finansialmu. Apakah Kamu benar-benar sanggup membayarnya di waktu mendatang atau justru Kamu akan terbelit hutang yang tak ada habisnya.

Dengan mengetahui cara membatalkan pesanan di Akulaku dan beberapa tips sebelum berbelanja dan menggunakan platform Akulaku, bisa membuatmu lebih bijak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Ulasan Lainnya:

Related posts