Cara Dagang di Shopee

Jika Kamu memiliki usaha online, maka salah satu metode yang dapat meningkatkan penjualan ialah dengan bergabung menjadi seller di Shopee. Cara dagang di Shopee sangat mudah dan bisa diikuti oleh pemula. Shopee tak hanya menguntungkan para pembeli saja tetapi juga bagi para penjual. Penjual bahkan bisa memanfaatkan Shopee untuk menjangkau lebih banyak konsumen, mengingat ada jutaan pengguna Shopee yang berpotensi menjadi pelangganmu.

Meskipun demikian, Shopee juga memiliki banyak pilihan seller yang memungkinkanmu untuk mendapatkan lebih banyak pesaing. Karena itulah, Kamu harus benar-benar memahami cara dagang di Shopee dengan baik agar produk jualanmu laris.

Read More

Metode Berdagang di Shopee

Cara dagang di Shopee jika dilihat secara keseluruhan mengandalkan sistem online. Kamu wajib mempromosikan barang daganganmu di akun seller Shopee milikmu. Untuk kemudian, pembeli pun akan melihat penawaran iklan produk yang Kamu jual. Apabila tertarik membelinya, konsumen akan langsung menghubungimu lewat tombol khusus.

Jika sudah, konsumen harus melakukan pembayaran produk yang akan dibeli baru kemudian pihak Shopee mengirimkan pemberitahuan. lewat notifikasi inilah, nantinya Kamu harus mengirimkan produk kepada pembeli selama batas waktu tertentu. Namun umumnya, batas pengiriman tersebut berbeda-beda tergantung permintaan. Contohnya, ada produk yang memerlukan waktu pengiriman 1-3 hari lamanya, dan ada pula yang memerlukan waktu pengiriman hingga 1 minggu.

Selain itu, ada pula penjualan barang PO alias pre order, yang memungkinkan pembeli harus memesan terlebih dahulu, supplier selanjutnya membuat barang sesuai pesanan. Adapun masa tunggu pembeli untuk barang PO sendiri bisa 2 minggu sampai 1 bulan lamanya hingga produk tersebut selesai dikirim.

Terkait:  Cara Hubungi CS Shopee

Apabila produk yang dipesan pelanggan sudah sampai. Secara otomatis, Shopee langsung mentransfer pembayaran produk ke rekening milik penjual. Alurnya adalah uang diterima oleh Shopee, kemudian pembeli melakukan konfirmasi atas pembeliannya. Tujuannya ialah untuk meminimalisir penipuan dari kedua pihak, baik penjual maupun pembeli .

Ada pula sistem penjualan COD atau Cash On Delivery, ini adalah sebuah sistem yang memungkinkan para pembeli melakukan pembayaran terhadap produk yang mereka beli ketika produk tersebut diterimanya. Namun sayangnya, sistem penjualan COD  sendiri jarang diberikan oleh penjual mengingat banyak pembeli yang akhirnya tidak jadi melakukan pembelian barang ketika sudah sampai. Alhasil, produk yang dikirim dikembalikan lagi ke penjual.

Cara Dagang di Shopee

Cara Dagang di Shopee
Berdagang di Shopee

Tutorial Cara Berdagang di Shopee

Bagi Kamu yang baru pertama kali melakukan penjualan di Shopee, ada beberapa tutorial cara dagang di Shopee yang harus Kamu ikuti berikut ini :

1. Buat Akun Shopee

Langkah cara dagang di Shopee yang pertama ialah buat akun Shopee. Unduh aplikasinya lewat Play Store bagi pengguna android, sedangkan pengguna iOS bisa mendownloadnya lewat App Store. Untuk membuat akun Shopee sendiri sangat mudah, tinggal inputkan saja nomor hp dan email aktif. Setelah melakukan pendaftaran, akunmu sudah dapat dipakai dan selanjutnya tinggal membuka toko di marketplace Shopee saja.

2. Buka Toko di Shopee

Cara dagang di Shopee selanjutnya, kini Kamu bisa membuka toko di Shopee dengan cara mengakses menu tertentu yang bisa dilihat lewat akun Shopee. Jika ingin membuka toko di Shopee, sebaiknya isi lengkap data-data terkait usahamu, seperti nama toko, foto profil dan deskripsi singkat.

Berikut ulasan lengkapnya :

  • Jika sudah mendaftar akun di Shopee, Kamu tinggal pilih opsi ‘Jual’ yang ada di samping kiri bagian atas. Bagi pengguna hp, akses menu tersebut caranya dengan menekan tab ‘Saya’.
  • Setelah itu, Kamu pun langsung dialihkan menuju Shopee Seler Centre. Dari sini Kamu dapat mulai mengelola toko. Silahkan pilih ‘Pengaturan Toko’ kemudian lengkapi keterangan tokomu di Shopee, dengan mengisi deskripsi, buat banner atau logo toko. Setelahnya, tinggal ketuk ‘Simpan;.
  • Jika sudah, tekan ‘Tambah Alamat Baru’ dan isi formulir terkait data alamat tokomu lengkap.
  • Langkah berikutnya, isi rekening bank yang ditujukan untuk pembayaran hasil penjualan. Caranya ketuk ‘Tambah Kartu atau Rekening Bank’.
Terkait:  Cara Menjual Barang di Shopee

Kamu harus menyelesaikan tahapan proses cara daftar akun dan buka toko di Shopee, agar Kamu bisa berdagang di Shopee. Selain itu, penuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan.

3. Upload Foto Produk

Setelah Kamu sukses mempunyai akun toko, maka langkah berikutnya yaitu Kamu tinggal mengunggah foto produk jualanmu. Ada beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan berikut ini :

  • Ketuk ikon siluet orang di sebelah kanan bawah ‘Saya;.
  • Setelah itu, pilih opsi ‘Toko Saya’ di samping kanan bagian atas.
  • Selanjutnya ketuk ‘Tambah Produk Baru’ dan inputkan foto produk.
  • Langkah berikutnya, isi detail rincian produk, seperti kategori produk, stok, harga, ongkir dan lainnya.
  • Silahkan mengaktifkan opsi ‘Pre Order’ apabila produk jualanmu memerlukan waktu selama 7 hari lebih untuk pengemasan. Kamu tinggal isi berapa lama waktu yang diperkukan untuk melakukan pre order dengan kisaran 7 sampai 15 hari.
  • Kamu tinggal menambahkan hashtag saja ke dalam dekripsi produk.

Tips Berdagang di Shopee Supaya Laris

Selain mendaftar akun Seller di Shopee, Kamu juga bisa mengikuti trik cara dagang di Shopee agar cepat laris, di bawah ini :

1. Jual Produk Dengan Harga Murah

Bagi konsumen, Shopee menawarkan banyak pilihan produk murah. Inilah yang membuat marketplace yang satu ini banyak diminati. Apabila jualanmu ingin laris, sebaiknya berikan harga kompetitif atau lebih murah. Karena dengan semakin murah harga produk yang dijual, tentu saja barang daganganmu akan semakin laris. Akan tetapi, tetap saja Kamu juga harus mempertimbangkan anggaran yang dikeluarkan untuk meproduksi barang daganganmu agar Kamu tidak merugi.

2. Gunakan Layanan Bebas Ongkos Kirim

Para pembeli biasanya rela berebutan barang jualan online karena barang tersebut tidak dibebankan biaya ongkos kirim alias gratis. Nah, tak ada salahnya juga jika Kamu menggunakan trik ini untuk memikat pembeli. Hanya saja, untuk memakai layanan gratis ongkir dari Shopee, Kamu wajib memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan Shopee. Jika persyaratan untuk mengajukan free ongkir sudah disetujui Shopee, selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan layanan free ongkir.

Terkait:  Cara Beli Barang di Shopee

3. Layanan COD

Seperti kita ketahui, bahwasanya masih banyak orang yang belum begitu mempercayai belanja online, tak sedikit orang merasa insecure atau diliputi perasaan takut ditipu saat berbelanja online. Sebagai solusinya, Kamu bisa mengandalkan sistem penjualan COD untuk memberikan rasa aman kepada konsumen saat berbelanja produk ke tempatmu.

Namun tetap saja, pastikan tidak ada kesalahan pada produk yang Kamu jual. Lakukan pengecekan dengan ketat jika Kamu tidak ingin produk jualanmu dikembalikan begitu saja oleh pembeli, padahal Kamu telah membayar ongkos kirim.

4. Cari Pengikut Lebih Banyak

Dengan memiliki banyak pengikut, tentu saja Kamu bisa lebih mudah meningkatkan penjualan produkmu. Karena dengan demikian, akan ad abanyak orang yang percaya bahwa produkmu banyak disukai. Olah sebab itu, cari banyak followers terlebih dahulu untuk menambah kepercayaan calon pembeli.

Nah, itulah beberapa tutorial cara dagang di Shopee supaya penjualan lebih meningkat dan menambah kepercayaan konsumen di Shopee. Semoga bermanfaat!

 

Related posts