Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online

  • Whatsapp

Bagaimana cara melaporkan penipuan belanja online? Aktivitas berbelanja online sudah menjadi rutinitas bahkan kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Semakin maraknya kegiatan berbelanja online, tak heran jika banyak e-commerce baru yang bermunculan. Bahkan tak sedikit pula penjual  yang mendaftarkan dirinya sebagai seller di salah satu marketplace ternama. Namun hal ini tentu saja tidak membuat kita bebas dari aksi penipuan online.

Seiring dengan geliat aktivitas jual beli online, ternyata aksi penipuan belanja online juga semakin marak terjadi. Inilah yang membuat kita sebagai konsumen harus berhati-hati. Bahkan berbelanja di marketplace ternama sekalipun tidak menjamin kita terbebas dari aksi penipuan tersebut.

Ada beberapa tindakan penipuan belanja online, misalnya saja barang tidak dikirimkan padahal Kamu sudah membayar,atau mungkin saja Kamu memesan barang tertentu tapi ternyata yang dikirim barang lain. Hal ini tentu sangat merugikanmu sebagai pembeli. Untuk memberikan efek jera kepada si penipu, sebaiknya lakukan cara melaporkan penipuan belanja online.

Bagi toko online penipu yang ada di marketplace sebenarnya bisa kita laporkan secara langsung ke pihak marketplace pusat. Biasanya mereka akan langsung menindaklanjuti permasalahan ini dengan melakukan banned akun penjual. Bahkan tak jarang kini marketplace juga menyediakan layanan pengembalian dana, sehingga Kamu tak perlu khawatir lagi dengan uang yang sudah ditransferkan.

Lalu, bagaimana jika bukan marketplace dan hanya toko online biasa? Jika hal ini terjadi, ada beberapa langkah cara melaporkan penipuan belanja online yang bisa Kamu coba berikut!

Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online

Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online
Melaporkan Penipuan Belanja Online

Melaporkan Penipuan Belanja Online

Jika Kamu berbelanja di salah satu toko online dan ternyata mereka tidak mengirimkan barang yang Kamu beli, padahal sudah ditransfer sebelumnya. Masih mending jika uang yang ditransfer dalam jumlah nominal puluhan ribu, giman kalau ternyata yang ditransfer bernilai ratusan hingga jutaan rupiah? Biasanya hal ini berlaku pada toko elektronik online. Jika hal ini terjadi, tak ada cara lain selain mencoba melaporkan penipuan belanja online. Ingin tahu tata caranya? Simak panduannya berikut!

Terkait:  Cara Belanja Online di Transmart

1. Tutorial Melaporkan Toko Online Penipu via Lapor

Seiring aktivitas digital yang semakin marak, tentu semakin mudah pula solusi yang didapatkan jika kita mengalami kendala terkait penggunaan aktivitas digital itu sendiri. Salah satunya saat berbelanja online, di samping kemudahan juga ada faktor resiko tertentu. Akan tetapi di samping itu pula, kita juga diberikan kemudahan untuk mendapatkan solusinya saat terjadi penipuan online.

Bagaimana caranya? Website www.lapor.go.id adalah salah satu layanan online untuk mewadahi para penggiat online saat terjadi penipuan belanja online. Pasalnya website ini telah dikelola secara resmi oleh Kementrian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi).

Untuk kasus penipuan sendiri, Kamu pun dapat melaporkannya secara langsung dengan membuat pengaduan dan mengisi formulir untuk pengaduan di lapor.go.id. Adapun tahap pelaporan itu sendiri terdiri atas penulisan laporan, kemudian verifikasi, tindak lanjut, hingga pemberian tanggapan.

Untuk melaporkan penipuan penjual online melalui Lapor.go.id, ada beberapa langkah yang harus Kamu lewati berikut :

  • Silahkan pilih jenis pelaporan, Kamu bisa memilih “Pengaduan”.
  • Kemudian isikan judul pelaporan.
  • Selanjutnya tuliskan secar detail mengenai kejadian penipuan, contohnya nama akun toko online penipu, nominal kerugian beserta keterangan lainnya.
  • Memilih tanggal dan lokasi kejadian.
  • Memilih instansi tujuan terkait laporanmu, apakah pihak kementrian ataupun pihak Pemrpov.
  • Silahkan pilih jneis “Tindak pidana” dalam kategori bertuliskan “Situasi Khusus”.
  • Kamu bisa mengunggah lampiran dengan maksimal ukuran 2 MB.
  • Selanjutnya pilih jenis pengadu dan ketuk “LAPOR”.
  • Tuliskan data diri, lalu setujui ketentuan dan syarat layanan dan laporan pengaduanmu selesai diajukan.

2. Tutorial Melaporkan Toko Online Penipu via Cek Rekening

Cara melaporkan penipuan belanja online berikutnya ialah dengan cara mengecek nomor akun rekening toko online tersebut. Kamu bisa mengeceknya di website www.cekrekening.id sebagai situs dari Menkominfo RI (Kementrian Komunikasi dan Informatika). Apabila Kamu menemukan sejarah laporan tentang aksi penipuan dari nomor rekening tersebut, sebaiknya Kamu tak melanjutkan proses transaksi belanja online dengan toko online tersebut.

Terkait:  Cara Kredit iPhone di iBox

Dengan kata lain, cara ini bisa dilakukan sebelum Kamu benar-benar berbelanja online di toko tersebut. Pada saat checkout dan hendak mentransfer uang, sebaiknya cek terlebih dahulu di CekRekening.id. Adapun cara melaporkannya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan pilih nama akun rekening bank.
  • Isi nomor rekening toko online yang Kamu tuju.
  • Kemudian lakukan verifikasi untuk pengajuan pengecekan, caranya tinggal centang re-captcha.
  • Ketuk “Periksa Rekening”, selanjutnya tampilan informasi mengenai rekening pengguna akan muncul.

3. Tutorial Melaporkan Toko Online Penipu di IG @indonesiablacklist

Kamu juga ternyata dapat melaporkan aksi penipuan penjual online di akun IG @indonesiablecklist. Dimana pihaknya akan membantu untuk menindaklanjuti laporan penipuan dengan cara gratis. Selain itu, setiap laporan yang diterima akan berusaha untuk dijangkau kemudian diarahkan langsung pada prosedur hukum lebih lanjut.

Cara melaporkan penipuan belanja online di Indonesia blacklist tersebut dijelaskan pada highlight atau sorotan yang ada pada profil akunnya. Jadi, Kamu harus memfollow akunnya terlebih dahulu supaya proses lembuatan laporan penipuan bisa dilakukan.

4. Tutorial Melaporkan Toko Online Penipu via Kredibel

Website yang dapat membantumu melaporkan tindakan penipuan belanja online lainnya ialah di www.kredibel.go.id. Situs web ini menawarkan layanan pengecekna terkait nomor telepon, nomor rekening hingga kasus penipuan.

Situs Kredibel sendiri telah menerima sebanyak 140.000 lebih laporan khusu

terkait aksi penipuan dengan kerugian total hingga Rp. 219 miliar dan mereka telah mem-blacklist sebanyak 78.000 akun rekening bank.

Untuk melaporkan penipuan belanja online di Kredibel, ada tata cara yang harus Kamu ikuti berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka halaman untuk pelaporan kasus tindakan penipuan di www.kredibel.co.id/report.
  • Lalu masuk atau login memakai Facebook atau Google.
  • Pilih jenis laporan dan lakukan pengisian formulir laporan.
  • Ketuk “Kirim Laporan”.
Terkait:  Cara Gratis Ongkir Bukalapak

5. Tutorial Melaporkan Toko Online Penipu via Call Center

Apabila Kamu merasa yakin sudah menjadi korban tindakan penipuan secara online, sehingga kamu dapat melakukan langkah berikutnya untuk menyelamatkan dana yang sudah ditransfer sebelumnya. Setidaknya dapat mencegah korban selanjutnya. Langkah yang dapat dilakukan ialah menghubungi bank sesuai rekening dari pelaku penipuan.

Dalam hal ini, Kamu dapat mendatangi pihak bank atau bisa menghubungi layanan call center dari bank terkait. Selanjutnya Kamu diminta untuk menceritakan kronologi terkait kejadian penipuan agar bank dapat melakukan pemblokiran terhadap rekening para pelaku penipuan.

Bagaimana Menyikapi Barang Tidak Sesuai Saat Berbelanja Online?

Menerima produk tak sesuai harapan tentu saja menjengkelkan. Terlebih lagi apabila barang yang Kamu tunggu-tunggu, ternyata datangnya telat, terjadi cacat, rusak, jumlahnya kurang, sehingga tak sesuai pesananmu. Jika hal ini terjadi, kita tentu berpikir bahwa kita sudah terkena penipuan belanja online.

Namun untuk menyikapi hal ini sebaiknya jangan langsung emosi berlebihan atau marah-marah. Kamu masih bisa menyelesaikan masalah ini secara baik-baik bersama penjual atau pelapak. Apabila Kamu tenang dan memberikan penjelasan terkait komplain barang dengan baik, maka harapannya penjual pun bisa operatif. Akan tetapi jika tidak bisa diselesiakan dengan baik-baik, Kamu bisa melaporkan kasus penipuan.

Ya, itulah beberapa cara melaporkan penipuan belanja online yang bisa kamu lakukan agar kejadian ini tidak terulang kembali dan tidak terjadi pada pembeli lainnya. Semoga bermanfaat!

Related posts