Cara Melacak Hp Xiaomi yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati tentu saja tak semudah cara melacak hp Xiaomi yang hilang pada umumnya saat hp dalam  keadaan hidup. Melacak memakai Google Maps dan GPS bisa dikatakan sangat efisien, tapi kurang efektif bila ponsel android yang hilang dalam kondisi mati, bisa dipastikan ponsel tak bisa dilacak. Namun tentu saja Kamu masih tetap bisa mengupayakan pencarian dengan metode yang akan Kami coba.

Selain  itu, berbeda dengan perangkat hp Xiaomi, dimana hp Xiaomi ini menawarkan fitur pelacakan pada smartphone. Menariknya lagi, hp Xiaomi bisa dilacak walaupun dalam kondisi mati total. Hal ini dikarenakan Xiaomi menyediakna fitur Mi Cloud pada perangkatnya. Sehingga saat hp Xiaomi hilang bisa ditemukan dengan mudah. Untuk itu, langsung saja ikuti tutorial cara melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati di bawah ini!

Cara Melacak Hp Xiaomi yang Hilang Dalam Keadaan Mati

"<yoastmark

Melacak Hp Xiaomi yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Setiap orang yang kehilangan hp tentu saja akan merasa panik. Seluruh akun sosmed, foto, data banking dan lain sebagainya akan ikut hilang secara bersamaan. Walaupun akun-akun Kamu yang ada di hp dapat diamankan, namun tetap saja Kamu akan kehilangan data-data penting, video hingga foto. Lalu, bagaimana cara melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati? Ini panduannya!

1. Tutorial Melacak hp Xiaomi via Mi Cloud

Mi Cloud merupakan fitur resmi berbasis cloud dari Xiaomi yang sama seperti iPHone dan iCloud. Apabila hp Xiaomi Kamu yang hilang sudah login dan terhubung dengan Mi Cloud Account, Kamu dapat melacak posisi hp terakhir kali sebelum mati.

Jadi sebelum melakukan cara melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati via Mi Cloud, pastikan Kamu sudah login ke akun Mi Cloud terlebih dulu. Selanjutnya Kamu bisa memakai PC atau laptop yang terkoneksi ke internet. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Buka web browser dan masuk ke https://i.mi.com/
  • Jika sudah, masuk akun Mi Cloud pada perangkat PC yang terkoneksi dengan hp Xiaomi yang hilang.
  • Ketuk dalam opsi Find Device.
  • Silahkan tunggu sampai lokasi terakhir ponsel Xiaomi terlihat sebelum dimatikan atau mati.
  • Kamu pun bisa melihat lokasi terakhir hp Xiaomi di peta.

Berdasarkan pengalaman, biasanya Kamu akan ditampilkan lokasi terakhir ponsel Xiaomi di peta lengkap beserta keterangan waktunya. Nah, dari sini Kamu sudah menerima petunjuk keberadaan hp tersebut dan seberapa jauh hp yang hilang tersebut kira-kira dapat berpintah lokasi sesuai waktu terakhirnya.

Tak hanya digunakan untuk pelacakan keberadaan hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati, aplikais Mi Cloud pun menawarkan berbagai macam fitur yang berfungsi untuk mengamankan ponsel Xiaomi.

  • Locating device, digunakan untuk pelacakan posisi handphone.
  • Sound, dipakai untuk menderingkan ponsel, dan hanya berguna ketika hp dalam kondisi hidup.
  • Erase data, akan menghapus semua data yang terdapat dalam memori internal.
  • Lost Mode, berguna untuk mengaktifkan layanan mode hilang, dimana mode tersebut bisa langsung membuat hp terkunci. Umumnya hanya dapat dibuka dengan mengakses akun memakai Mi Cloud saja.

2. Tutorial Melacak Hp Xiaomi yang Hilang via Google Maps Location History

Kamu juga bisa mencoba cara melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati berikutnya melalui fitur Location History yang ada di Google Maps. Agar Kamu bisa melakukan pelacakan ini, maka Kamu memerlukan akun Google Mail yang sudah terhubung dan login, dengan Location History yang telah diaktifkan.

Dengan kata lain, Location History pada Google Maps harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum hp Xiaomi Kamu hilang. Jika belum, tentu saja Kamu tidak akan dapat memakai cara yang satu ini.  Setelah mengingat jika fitur ini telah dihidupkan, Kamu bisa melanjutkan proses berikutnya.

Untuk mengaktifkan layanan Location History di ponsel Xiaomi adalah dengan mengakses menu Settings kemudian masuk ke Account dan pilih Google Account, pilih lagi Data & Personalization, ke Location History lalu hidupkan.

Apabila fitur tersebut sudah aktif ketika hp Xiaomi belum hilang, Kamu dapat melakukan pelacakan walaupun hp dalam kondisi mati dengan cara melihat lokasi keberadaan hp terakhir kali beserta riwayat pergerakan hp.

Kamu bisa memakai hp lain atau laptop. Untuk kemudian silahkan buka aplikasi Google Maps melalui browser kemudian login memakai akun Google Mail yang sudah terhubung pada hp Xiaomi yang telah hilang. Selanjutnya tekan “Menu” lalu pilih “Your timeline”. Setelah itu, Kamu akan melihat pergerakan hp Kamu berpindah kemana saja.

Cek keterangan waktunya dan waktu terakhir ponsel terlihat pada peta ialah posisi terakhirnya ketika belum mati. Pada riwayat perpindahan hp tersebut Kamu mungkin dapat menemukan petunjuk harus mencarinya kemana.

Mengenal Wajah si Pencuri Hp Dengan Dropbox

Selain cara melacak hp Xiaomi yang hilang di atas, metode ini sebenarnya bukan digunakan untuk melacak. Lho, lalu buat apa pake Dropbox? Ya, Dropbox bukan aplikasi yang dapat melacak lokasi hp berada, namun dapat digunakan untuk mnegambil foto orang yang mengambil atau menemukan hp Xiaomi Kamu setiap kali melakukan foto atau selfie memakai kamera.

Untuk selanjutnya foto tersebut langsung terunggah pada akun Dropbox milikmu. Sehingga, apabila si pencuri hp tersebut melakukan foto selfie, maka foto tersebut akan langsung terunggah pada akun Dropbox. Selain itu, Kamu juga bisa mengetahui langsung wajahnya dan bisa mencari tahu pelakunya siapa.

Jika Kamu beruntung, Kamu juga dapat melakukan identifikasi lokasi orang yang mencuri yang ada di foto tersebut. Untuk memakai cara yang satu ini, Kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkatmu telah menginstal Dropbox serta telah mengaktifkan layanan “Camera Upload”.

Antisipasi Hp Xiaomi Hilang Dengan Carberus

Cara melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati di atas bisa Kamu coba praktekkan saat Kamu kehilangan hp kesayanganmu. Sebagia antisipasi, apabila ponselmu hilang sewaktu-waktu, maka sebaiknya instal aplikasi bernama Carberus. Pasalnya, aplikasi yang satu ini khusus mengatasi hp yang hilang atau dicuri.

Ada beberapa fitur dan keunggulan dari aplikasi Carberus, diantaranya sebagai berikut :

  • Dapat melakukan backup data.
  • Mengecek SMS jarak jauh.
  • Memeriksa akses internet jarak jauh.
  • Melakukan tracking lokasi.
  • Mengunci ponsel dan menghapus semua data jarak jauh.
  • Menderingkan alarm.
  • Mendukung layanan android wear.
  • Mengambil fotor pencuri atau penemu hp.

Jadi jika Kamu belum kehilangan hp, sebaiknya coba cara pencegahan dengan cara menginstall aplikasi semisal Carberus. Sehingga suatu ketika hpmu dicuri, maka Kamu bisa menemukannya dengan mudah. Tentu saja, lebih baik melakukan pencegahan sebelum terlambat.

Itulah tutorial cara melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati total yang bisa Kamu coba dengan menggunakan perangkat lain atau PC.  Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019