Cara Menghapus Akun Youtube

Cara Menghapus Akun Youtube
Cara Menghapus Akun Youtube

Apakah kamu jenuh dengan Youtube? Apakah kamu mencari cara menghapus akun Youtube milikmu? Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Youtube dengan cepat dan mudah.

Akun Youtube

Jika kita berbicara tentang akun Youtube, maka akan ada 2 makna berbeda. Istilah tersebut bisa diartikan sebagai akun yang digunakan untuk menonton Youtube, atau bisa juga sebagai akun yang digunakan untuk mengunggah video di Youtube. Di artikel ini, akan dibahas cara untuk kedua makna tersebut.

Read More

Di kalangan Youtuber – para pembuat konten di Youtube, sudah bukan hal baru lagi untuk menghapus akun Youtube. Pada tahun 2019, seorang Youtuber dengan nama Channel VNGNC memutuskan untuk menutup Channel Youtube miliknya. Baru-baru ini, sedang ramai berita tentang Youtuber Skinny Indonesian 24 yang memutuskan untuk menghentikan aktivitas mereka sebagai Youtuber. Pasangan kakak beradik Jovial dan Andovi da Lopez ini bahkan membuat rangkaian video perpisahan selama 1 tahun sebelum akhirnya resmi menutup Channel mereka.

Dari sisi seorang Youtuber, menghapus akun Youtube salah satunya adalah bentuk protes kepada keadaan yang sedang terjadi saat ini. Algoritma yang tak sesuai perkiraan, menaikkan video berdasarkan rating suka dan komentar membuat Youtube tak seindah saat dulu lagi. Dengan algoritma yang seperti itu, para kreator yang mengejar ketenaran dan jumlah subscriber pun melakukan segala cara untuk memperoleh itu semua. Membuat konten yang serupa, tanpa ada yang berani menonjolkan kreativitas. Hal ini berimbas pada para penonton yang mulai jenuh dengan kondisi Youtube saat ini.

Dari sisi penonton, menghapus akun Youtube sebenarnya bukanlah sebuah solusi. Karena penonton dapat memilih dan memilah jenis konten yang masuk ke dalam berandanya. Lagipula dari sisi penonton, tidak ada keuntungan apa apa yang didapat dari menghapus akun Youtube. Hanya saja, dengan menghapus akun Youtube, seorang penonton Youtube dapat memperoleh rekomendasi video yang bermacam macam karena mereka menjalankan youtube secara anonim.

Cara Menghapus Akun Youtube

Cara Menghapus Akun Youtube
Cara Menghapus Akun Youtube

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana menghapus akun Youtube dalam 2 versi. Yakni akun Youtube yang memiliki Channel dan akun Youtube yang hanya berfungsi untuk menonton video di Youtube.

Cara Menghapus Akun Youtube bagi Youtuber

Bagi Youtuber, menghapus akun Youtube bisa diartikan menghapus channel Youtube yang sudah dibangun dari awal. Hal ini tentu memerlukan pertimbangan yang matang, dikarenakan membangun channel Youtube bukanlah hal yang mudah. Adapun langkah-langkah menghapus akun Youtube beserta channel Youtube adalah sebagai berikut :

  • Masuk akun Youtube milikmu melalui web browser di laptop/PC
  • Akses menu di sebelah kiri, klik Setelan
  • Di bagian Channel Anda, klik Lihat Setelan Lanjutan
  • Klik Hapus Channel.
  • Kamu akan diarahkan untuk ke laman baru, dan akan diberi dua opsi. Pertama menyembunyikan channel, atau menghapus secara permanen. Tentukan pilihanmu untuk hapus permanen, atau sekadar menyembunyikan
  • Klik pilihan Anda, dan konfirmasi setelah menu dropdown dengan mengisi email yang terasosiasi dengan Youtube Anda
  • Klik Hapus Konten Saya.
  • Channel Anda akan segera terhapus. Jika konten Anda banyak, penhapusan akan membutuhkan waktu lebih lama.

Menghapus Akun Youtube menggunakan HP

Bila kamu seorang Youtuber, menghapus akun Youtube tidak bisa kamu lakukan menggunakan HP. Namun bila kamu ingin menghapus konten yang ada di dalam Channel milikmu, kamu dapat melakukannya dengan HP. Caranya sangat mudah dan simpel, yaitu :

  • Buka aplikasiĀ YoutubeĀ di HP kamu.
  • Klik gambarĀ Foto Profil di pojok kanan atas
  • Klik pilihanĀ Your Channel
  • Maka akan muncul halaman Channel milikmu
  • Pilih Manage Videos
  • Tekan dan tahan pada video yang ingin kamu hapus, lalu klik delete

Mudah sekali, bukan? Tapi bagaimana dengan kamu yang bukan Youtuber?

Menghapus Akun Youtube Bagi Penonton

Bagi penonton Youtube, menghapus akun tentu bukanlah keputusan yang wajar. Bahkan jika kamu menghapus akun Youtube mu, kamu masih bisa menikmati semua konten di Youtube secara anonim. Hanya saja ada beberapa hal yang tidak bisa kamu lakukan jika kamu menggunakan Youtube tanpa akun, yaitu :

  • Melakukan like dan subscribe. Jika kamu adalah seorang fans garis keras yang sangat mendukung keberlangsungan kreatormu di Youtube, tentu kamu sangat menyayangkan hal ini. Kamu tentu ingin terus mendukung mereka dengan cara memberikan like dan subscribe. Namun, jika kamu menghapus akun dan menjalankan Youtube tanpa akun, kamu tidak bisa melakukan itu dan hanya bisa menonton video saja.
  • Memberikan komentar. Memberikan komentar merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi pengguna Youtube. Dengan berkomentar, para penonton dapat berinteraksi dengan penonton lain, atau bahkan berpotensi dikomentari balik oleh sang kreator. Hal ini tentu hampir seperti seorang fans yang mendapat kesempatan untuk bertemu idolanya di layar kaca. Namun jika kamu menghapus akun Youtube mu, jangan harap bisa memberikan komentar dan berinteraksi dengan idolamu.
  • Meramaikan Live Chat. Pernah menonton seorang Youtuber melakukan live streaming? ya, fitur live streaming yang memungkinkan kamu untuk melihat aktivitas sang kreator secara live tersebut sangat digemari. Banyak youtuber yang mengisi kegiatan di Channelnya dengan melakukan live streaming. Sedangkan bagi pengguna, mengikuti live streaming memberikan kamu fitur Live Chat, dimana interaksi antar penonton dan kreator terjadi saat itu juga, seperti sedang berkomunikasi via sosial media.

Cara Menghapus Akun Youtube bagi Penonton

Menghapus akun Youtube bagi kamu yang hanya penonton bisa kamu lakukan melalui 2 metode, yaitu menggunakan HP atau menggunakan browser. Keduanya sama sama penting karena keduanya adalah tempat yang sering kamu gunakan untuk menonton video kesayanganmu.

Menghapus Akun Youtube menggunakan Browser (Penonton)

Untuk menghapus akun Youtube dengan browser, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka halaman Youtube.
  • Pada bagian kanan atas, klik Foto Profil akunmu.
  • Klik logout.
  • Lakukan untuk semua akun.

Dengan begitu kamu bisa menghapus akun Youtube di browser milikmu.

Menghapus Akun Youtube menggunakan HP

Karena akun Youtube di HP terikat dengan akun Google, maka satu-satunya cara untuk menghapus akun Youtube melalui HP adalah dengan menghapus akun Google di HP kamu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Melalui ponselmu, buka menu Setelan.
  • Klik Akun, kemudian klik akun yang akan kamu hapus.
  • Setelah itu, klik Hapus Akun.
  • Sebagai tindakan pengamanan, mungkin kamu akan diminta memasukkan password perangkat Android milikmu.

Dengan begini, akun Youtube di HP mu akan terhapus. Namun ingat, jika kamu menggunakan HP untuk menonton Youtube kamu tetap memerlukan akun lain untuk dimasukkan ke dalam aplikasi Youtube mu. Karena tanpa akun Google, jangankan menonton Youtube. Kamu akan kesulitan untuk mengakses fitur-fitur yang ada di HP milikmu. Untuk itu sebelum memutuskan untuk menghapus akun, tak ada salahnya untk mempertimbangkan urgensi tindakanmu tersebut.

Demikian artikel mengenai cara menghapus akun Youtube. Sekian, semoga bermanfaat.

Related posts