cara kredit di shopee

Tahukah Kamu bahwa Shopee kini telah menyediakan layanan pembayaran secara kredit atau cicilan? Ya, dengan adanya layanan ini akan sangat mempermudahmu untuk mendapatkan produk impian di Shopee dengan cepat. Mengingat kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar berbelanja, tentu saja layanan cara kredit di Shopee memberikan angin segar tersendiri.

Metode Kredit di Shopee Tanpa DP

Banyak orang tertarik membeli barang di Shopee, karena Shopee menawarkan berbagai kemudahan dengan ketersediaan ribuan produk yang bisa dipilih oleh para penggunanya. Salah satu cara kredit di Shopee ialah dengan metode Pay Later yang disediakan khusus bagi pelanggan Shopee, khususnya yang sering berbelanja di Shopee. Shopee Pay Later adalah fitur yang disediakan oleh Shopee sebagai sistem pembayaran metode cicilan dengan periode cicilan tertentu.

Contohnya, Kamu ingin menyicil produk gadget di Shopee yang harganya Rp. 2 jutaan dengan tenor 3 bulan pembayaran, Kamu pun harus melakukan pembayaran Rp. 700 ribuan setiap bulannya sampai tagihanmu lunas.

Biasanya pembayaran Shopee PayLater dimulai pada bulan berikutnya sesudah transaksi berbelanja sukses dilakukan. Sementara itu, barang akan langsung dikirimkan setelah Kamu memilih pembayaran Shopee PayLater tanpa harus membayar atau mentransfer uang.

Cara Kredit di Shopee

Cara Kredit di Shopee
Bagaimana Cara Kredit di Shopee?

Kredit di Shopee Mudah

Ada beberapa pilihan cara kredit di Shopee yang bisa Kamu pilih, diantaranya kredit di Shopee dengan Shopee PayLater, Akulaku, Kredivo, dan Kartu Kredit. Diantara keempat pilihan tersebut Kamu bisa memilih cara yang paling mudah. Biasanya tergantung dari pilihan kredit yang sudah Kamu aktifkan.

Namun sebelum Kamu berbelanja di Shopee dengan metode cicilan, ada beberapa persyaratan yang harus Kamu ketahui, berikut ini :

  • Pastikan Kamu sudah melakukan pendaftaran dan mengaktifkan pembayaran kredit sesuai keinginan. Contohnya saja, Kamu ingin menyicil barang menggunakan Shopee PayLater, jadi pastikan harus sudah mendaftar sekaligus melakukan aktivasi Shopee PayLater di akun Shopee terlebih dahulu.
  • Pastikan limit kredit mencukupi ketika melakukan pembelian barang di Shopee. Namun jika limit tidak cukup, dapat mengajukan penambahan pada limit kredit.

Setelah memenuhi syarat di atas, Kamu tinggal pesan produk di Shopee saja dengan metode pembayaran kredit.

Metode Pembelian Produk Secara Kredit di Shopee

Berikut ada 4 cara kredit di Shopee mudah yang bisa dicoba. Simak ulasannya di bawah ini :

1. Metode Kredit di Shopee PayLater

Shopee PayLater merupakan fitur pembayaran dari SHopee dengan sistem cicilan secara langsung pada aplikasi Shopee. Fitur Shopee PayLater sendiri dibuat secara langsung penyedia layanan pinjaman, diantaranya PT. Commerce Finance dan PT. Lentera Dana Nusantara. Keduanya sudah diawasi dan terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan. Adapun proses verifikasi dari Shopee PayLater langsung diawasi oleh pihak OJK.

Jika Kamu belum pernah memakai Shopee PayLater, maka harus mengaktifkan layanan Shopee PayLater terlebih dahulu. Adapun persyaratan untuk mengaktikan layanan kredit ini ialah harus menyertakan KTP, nama ibu kandung dan identitas lainnya baik nama, nomor telepon aktif dan alamat.

Selanjutnya Kamu dapat mengaktifkan Shopee PayLater. Biasanya proses verifikasi pengajuan fitur ini hanya berlangsung selama 2 x 24 jam. Apabila Kamu gagal, maka Kamu bisa mengajukan Shopee PayLater ulang.

Jika Shopee Paylater sudah aktif, Kamu bisa berbelanja di Shopee Pay berdasarkan limit yang sudah tersedia dalam Shopee PayLater-mu. Adapun limit kredit awal yang diberikan oleh Shopee PayLater ialah Rp. 750 ribu yang bisa Kamu pakai untuk berbelanja di akun Shopee secara langsung.

2. Metode Kredit di Shopee via Kartu Kredit

Cara kredit di Shopee lainnya juga bis amemakai kartu kredit. Di samping mudah, cara ini juga praktis karea Kamu bisa menggunakan kartu kredit rekening bank yang Kamu gunakan. Rekening bank ini biasanya sudah tersambung di akun Shopee. Sehinga Kamu tak perlu lagi melakukan pendaftaran kartu kredit.

Adapun ketentuan dan syarat memakai kartu kredit, diantaranya sebagai berikut :

  • Pembayaran menggunakan kartu kredit bisa dilakukan untuk melakukan checkout pembelian produk dari toko berbeda.
  • Metode pembayaran kartu kredit hanya bisa dilakukan 1 kali saja untuk 1 kartu kredit setiap harinya ke seller yang sama. Selain itu, 3 kali untuk tiap 1 kredit per hari di seller yang berbeda.
  • Proses pengembalian dana atau barang untuk pembayaran lewat kredit dengan kartu kredit biasanya hanya bisa dilakukan pada semua produk untuk sekali checkout, dan tidak berlaku bagi pengembalian dana sebagian.
  • Shopee berhak melakukan pembatalan tanpa pemberitahuan apabila terbukti melakukan aksi/tindakan kecurangan pada pengguna.

3. Metode Kredit di Shopee via Akulaku

Sebelum Kamu memakai layanan kredit Akulaku saat berbelanja di Shopee, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi berikut :

  • Pendatara dan aktivasi akun langsung di aplikasi Akulaku.
  • Memperoleh limit kredit di Akulaku dan memastikan jika limit kredit yang tersedia bisa dipakai untuk berbelanja.
  • Pastikan dulu limit kredit di Akulaku harus sama atau bahkan lebih besar dari nilai total berbelanjamu di Shopee.

Periode cicilan Akulaku melalui Shopee sampai 12 bulan lamanya dengan bunga 15% pada bulan kedua. Biasanya tanggal jatuh tempo untuk pembayaran kredit AKulaku di Shopee adalah setiap tanggal 25 per bulannya. Apabila Kamu melunasi kredit sebelum jatuh tempo, tentu saja bunga yang aka dikenakan semakin kecil hanya 0% saja.

Adapun ketentuan cara kredit di Shopee melalui Akulaku, berikut ulasannya :

  • Nilai kredit yang tersedia dalam aplikasi Shopee dan Akulaku biasanya ada perbedaan sedikit. Ini dilakukan guna mengantisipasi uang muka/DP yang harus dibayarkan lebih dulu. Tapi jangan khawatir, jumlah kredit yang harus Kamu bayarkan per bulannya ialah nilai cicilan pada Akulaku.
  • Kamu harus tahu bahwa Shopee telah memberlakukan biaya pengamanan bagi metode pembayaran cicilan Akulaku senilai 1,5% setiap transaksi.

4. Metode Kredit di Shopee via Kredivo

Shopee juga menyediakan cicilan atau kredit menggunakan Kredivo. Guna mempermudah pemakaian Kredivo, maka Kamu harus melakukan registrasi sekaligus mengaktifkan akun di Kredivo.

Berikut persyaratan cara kredit di Shopee dengan Kredivo, diantaranya :

  • Harus Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Bandung, Palembang, Denpasar, Yogyakarta, Medan, Sukabumi, Makassar, Solo, Malang dan Cirebon.
  • Memiliki penghasilan minimum sebesar Rp. 3 juta per bulan.

Kini aplikas Kredivo sudah tersedia di App Store atau Playstore. Jika Kamu sudah membuat akun Kredivo, aktifkan pula limit Kredivo agar bisa digunakan untuk menyicil produk di Shopee.

Jika Kamu memilih kredit di Shopee melalui Kredivo, Kamu pun bisa mendapatkan limit sampai Rp. 30 jutaan dengan suku bunga 0% jika melunasi kredit pada 1 bulan pertama. Selanjutnya, bisa menikmati cicilan selama 3, 6 hingga 12 bulan dengan nilai bunga sebesar 2,6% setiap bulan.

Hanya saja, Kamu harus tahu bahwa mulai dari tahun 2019 lalu, pembayaran kredit di Shopee dengan Kredivo sudah dikenakan biaya untuk layanan sekitar 1,5% dari biaya transaksi di Shopee.

Itulah 4 cara kredit di Shopee yang dapat dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Kamu tinggal pilih mana metode cicilan yang prosesnya paling mudah dan sudah diaktivasi. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019