Cara Menghapus Akun Google di HP

  • Whatsapp

Hampir semua perangkat HP sekarang terkoneksi dengan akun Google. Terkadang, ketika akun Google sudah ditambahkan, dan kemudian tidak digunakan kembali, orang bingung bagaimana cara menghapus akun Google di HP. Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Google di HP dengan cepat dan mudah.

Kenapa ada akun Google di HP?

Keberadaan akun Google di HP saat ini tak ubahnya karena keperkasaan Google menguasai jagad dunia maya bahkan hingga sampai ke genggaman penggunanya. Google dulunya hanyalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Search Engine. Kini, situs yang sudah menjadi favorit masyarakat dalam mencari berbagai hal sudah menjelma menjadi induk dari berbagai fasilitas penting berteknologi. Sebut saja pengelolaan kontak, manajemen file, penjadwalan di kalender dan masih banyak hal sekarang sudah hadir dalam bentuk produk Google. Kompleksnya fitur yang ditawarkan Google, membuat orang tertarik untuk menggunakan layanan dimana cukup dengan 1 akun, sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan. 1 akun bernama akun Google.

Read More

Tak hanya aplikasi yang dikelola dan diciptakan oleh Google, akun Google juga dapat ditautkan dengan aplikasi/situs sosial media lain. Hal ini membuat pengguna tak perlu repot membuat akun berbeda untuk setiap situs dan aplikasi berbeda. Cukup dengan 1 akun Google, seorang pengguna bisa menghadirkan dirinya di berbagai aplikasi dan situs sosial media kesukaannya. Namun, tak jarang karena beberapa hal, seseorang membuat akun Google baru, dan mempunyai lebih dari 1 akun Google dalam HP miliknya. Hal ini tentu akan menjadi sebuah ketidaknyamanan setiap memasuki aplikasi dan situs harus memilih akun mana yang akan digunakan. Untuk itu, beberapa orang berniat meringkas akun dengan cara menghapus akun Google di HP miliknya.

Terkait:  Cara Cek Spek Hp Oppo

Kenapa Pengguna Menghapus Akun Google di HP

Menghapus akun Google di HP, tak melulu karena ingin meringkas akun. Ada berbagai macam alasan yang dimiliki oleh seseorang yang ingin menghapus akun Google di HP miliknya. Beberapa alasan yang mungkin adalah sebagai berikut :

  • Akun Google terlalu banyak. Biasanya, ketika seseorang masuk lingkungan kerja atau akademik, mereka diminta untuk membuat akun gmail baru. Hal ini terkadang dilakukan melalui HP, yang mana apabila mendaftar akun baru melalui HP akan otomatis menambah akun Google di HP tersebut. Akibatnya, jumlah akun Google di dalam HP akan semakin banyak. Pengguna yang menyukai hal simpel mungkin akan terganggu dan ingin menghapus akun Google di HP miliknya.
  • Akun Google sudah tidak terpakai. Akun Google yang digunakan untuk pekerjaan ataupun akademik biasanya bersifat temporer. Hanya digunakan dalam interval waktu tertentu, setidaknya sampai urusan pekerjaan dan akademik selesai. Setelah itu, akun Google tidak lagi dibutuhkan dan apabila dibiarkan akan berpotensi menjadi beban bagi perangkat HP milikmu. Untuk itu, lebih baik untuk menghapus keberadaan akun Google lama yang tidak terpakai dari HP mu.
  • Akun Google milik teman. Dalam keadaan darurat, temanmu mungkin meminjam HP mu untuk mengirim email atau membuat akun Google baru miliknya. Setelah urusannya selesai, kamu bingung karena notifikasi email miliknya selalu mengganggu ketenanganmu. Karena ketidaknyamanan, kamu berniat menghapus akun Google milik temanmu dari HP mu. Berhati hatilah, karena alih alih menghapus akun Google dari HP mu, kamu justru menghapus akun Google temanmu untuk selamanya.
  • Akun Google sendiri di HP teman. Sebaliknya, dalam kondisi darurat, ada kemungkinan giliran kamu yang melakukan aktivitas email di HP temanmu. Setelah urusanmu selesai, kamu kebingungan karena akun Google milikmu masih tertaut di HP temanmu. Hal ini tentu menakutkan, mengingat sekali akun Google terkait pada HP, maka semua informasi dan data akan dengan mudah diperoleh si pemilik HP. Untuk itu, kamu mencari cara menghapus akun Google di HP agar privasimu tetap terjaga.
Terkait:  Cara Cek Garansi Realme

Cara Menghapus Akun Google di HP

Cara Menghapus Akun Google di HP
Cara Menghapus Akun Google di HP

Setelah memiliki pertimbangan dan alasan yang kuat untuk menghapus akun Google di HP, kamu tentu ingin tahu cara menghapus akun Google di HP yang mudah dan cepat. Sebenarnya, tidak sulit jika kamu ingin menghapus akun google di HPmu. Caranya sama persis dengan cara menghapus akun Gmail di Android. Namun dalam hal ini, akan dijelaskan cara menghapus akun Google di HP dalam 3 versi, yakni :

  • Menghapus akun Google di HP Android. Cara ini bermanfaat bagi kamu para pengguna Android.
  • Menghapus akun Google di HP iPhone. Bagi pengguna iPhone tak perlu khawatir karena cara menghapus akun Google di HP iPhone juga akan dijelaskan.
  • Menghapus akun Google di perangkat lain. Suatu saat kamu masuk ke dalam akun Google mu, dan menyadari kamu masih tertaut pada perangkat lain yang bukan milikmu. Tenang saja, kamu bisa menghapus akun Google di HP lain dari perangkatmu.

Menghapus Akun Google di HP Android

Cara ini tentu sangat familiar, terlebih karena banyak yang menggunakan Android sebagai sistem operasi HP miliknya. cara menghapus akun Google di HP Android adalah sebagai berikut :

  • Melalui ponselmu, buka menu Setelan.
  • Klik Akun, kemudian klik akun yang akan kamu hapus.
  • Setelah itu, klik Hapus Akun.
  • Sebagai tindakan pengamanan, mungkin kamu akan diminta memasukkan password perangkat Android milikmu.

Menghapus Akun Google di HP iPhone

Untuk cara menghapus akun Google di HP iPhone sedikit berbeda dengan cara di HP Android. Tentu penyebabnya adalah karena perbedaan sistem operasi dan ketergantungan pada akun Google. Langkah-langkah penghapusan akun Google di HP iPhone adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Gmail.
  • Di kanan atas, ketuk Gambar Profil akunmu.
  • Klik Kelola Akun di Perangkat Ini.
  • Pilih akun yang akan kamu hapus.
  • Di bagian bawah, klik Hapus Akun.
Terkait:  Cara Menghapus Cache di HP

Menghapus Akun Google di Perangkat Lain

Cara ini tentu efektif bila kamu lupa melogout akun Google milikmu di perangkat lain. Perangkat lain tak hanya terbatas pada HP, namun bisa juga PC atau tablet. Intinya, semua perangkat yang memungkinkan kamu untuk masuk ke akun Google mu. Tidak perlu risau, karena kamu dapat menghapus akun Google milikmu dari perangkat-perangkat tersebut lewat perangkat HP yang sedang kamu genggam. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka halaman akun Google milikmu.
  • Klik Login & Keamanan.
  • Temukan bagian Aktivitas dan Notifikasi Perangkat, kemudian lihat pada daftar perangkat dimana akun Google mu pernah/sedang aktif.
  • Klik Tinjau Perangkat, kemudian pada perangkat yang ingin kamu hapus akun Google milikmu, klik tombol Hapus.
  • Setelah itu, kamu akan mendapat layar notifikasi untuk memastikan keputusanmu. Jangan ragu, klik Hapus.

Mudah sekali bukan? Dengan begitu, akun Google mu resmi terhapus dari perangkat. Tenang saja karena kamu masih dapat mengakses akun Google mu melalui web browser atau mengaktifkannya kembali, karena akun Google mu tidak terhapus selamanya. Berhati hatilah dalam menghapus akun Google karena apabila lengah, bisa bisa kamu menghapus akun Google mu secara permanen. Demikian artikel mengenai cara menghapus akun Google di HP, semoga bermanfaat.

Related posts