Cara Menghapus Akun Telegram

Apakah kamu pernah kebingungan soal cara menghapus akun Telegram? Apakah kamu pernah menghapus akun Telegram sebelumnya? Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Telegram dengan cepat dan mudah.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah layanan komunikasi layaknya Whatsapp yang mulai populer akhir akhir ini. Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler dan sistem perangkat komputer. Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya.

Read More

Kepopuleran aplikasi ini tak ubahnya karena memiliki fitur-fitur yang lebih baik daripada aplikasi pesaingnya, Whatsapp. Meskipun berat untuk mengejar nama besar Whatsapp di dunia perpesanan, namun Telegram mampu fokus pada beberapa bidang yang membuat mereka lebih unggul. Hampir tidak terpikirkan ada pengguna yang ingin menghapus akun Telegram miliknya.

Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

  • Menggunakan sistem Cloud Storage. Sistem Cloud Storage yang dimiliki oleh Telegram membuat data yang bergerak di dalam aplikasi masuk ke dalam penyimpanan cloud dan tidak akan hilang. Sistem penyimpanan ini juga memiliki kapasitas tak terbatas yang memungkinkan penggunanya untuk mengupload apa saja ke dalam aplikasi. Berbeda dengan Whatsapp yang sangat terbatas dalam hal manajemen data lampiran seperti ini.
  • Kualitas data media yang dibagikan tidak turun. Pernah kesal karena membagikan data media melalui Whatsapp dan kualitasnya menurun? Hal seperti itu tidak akan kamu temukan di Telegram. Karena menggunkan sistem Cloud Storage dan kapasitas tak terbatas, Telegram tak membatasi kualitas dan ukuran file yang diunggah.
Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

Kenapa Seseorang Menghapus Akun Telegram Miliknya

Meskipun Telegram memiliki banyak keunggulan dibanding Whatsapp, namun tak sedikit pula pengguna yang berniat untuk menghapus akun Telegram miliknya. Kenapa? Tentu di setiap keunggulan yang dimiliki oleh sebuah layanan, akan diiringi dengan kelemahan di sisi lainnya. Beberapa hal yang menyebabkan pengguna Telegram ingin menghapus akun Telegram miliknya adalah :

  • Tidak adanya fitur Story. Story atau status tentu sudah menjadi fitur yang melekat di sosial media saat ini. Whatsapp, Facebook, Instagram bahkan Youtube pun menggunakan fitur tersebut. Sayangnya, kamu tidak bisa melakukan itu di Telegram. Hal ini dikarenakan Telegram belum mendukung adanya fitur story di aplikasi mereka. Bagi kamu yang sering update story mungkin akan kecewa dan menghapus akun Telegram milikmu.
  • Tidak adanya fitur Video Conference. Seperti yang kita tahu, di masa yang serba online saat ini, banyak kegiatan dilakukan dengan sistem video conference. Mulai dari meeting, seminar bahkan tongkrongan pun berpindah tempat ke dalam genggaman. Whatsapp yang menyadari hal itu mulai mengembangkan fitur Video Conference di aplikasi mereka. Sayangnya, sang kompetitor, Telegram, belum memiliki fitur tersebut hingga saat ini.
  • Grup yang berisik. Hal ini adalah efek domino dari banyaknya kapasitas anggota grup di Telegram yang bisa mencapai 5000 anggota. Bayangkan saja, Whatsapp yang hanya mampu menampung 256 anggota saja pun memiliki masalah dengan grup yang terlalu berisik. Sedangkan telegram yang kapasitasnya mencapai hampir 20 kali lipat, tentu akan sangat mengganggu bagi sebagian orang yang membutuhkan ketenangan.
  • Tak ada enkripsi. Enkripsi merupakan sesuatu yang sangat dibanggakan oleh Whatsapp. Bagaimana tidak, pesaing mereka, Telegram belum mampu memberikan fitur enkripsi yang menjamin keamanan privasi para penggunanya. Para pengguna yang terlalu mengkhawatirkan data pribadinya bisa jadi akan segera mencari cara menghapus akun Telegram miliknya.
Terkait:  Cara Cek Hp Xiaomi

Cara Menghapus Akun Telegram

Cara Mengahapus Akun Telegram
Cara Mengahapus Akun Telegram

Sebenarnya, cara menghapus akun Telegram dapat dilakukan dalam 2 versi berbeda, tergantung seberapa jauh kamu ingin menghapus akun Telegram milikmu. 2 versi berbeda tersebut adalah :

  • Menghapus akun Telegram untuk sementara. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan sejenak akun Telegrammu untuk nanti kamu gunakan kembali.
  • Menghapus akun Telegram secara permanen. Hal ini bertujuan untuk mengamankan data dan akunmu untuk selamanya.

Cara Menghapus Akun Telegram untuk Sementara

Menghapus akun Telegram untuk sementara tentu sangat bermanfaat apabila kamu merasa tidak nyaman dengan layanan Telegram tapi ragu untuk memusnahkan akun. Bisa jadi karena kamu ingin menggunakan akunmu kembali di kemudian hari dan merasa repot untuk membuat akun ulang. Adapun menghapus akun Telegram untuk sementara dapat mengikuti langkah berikut ini :

  • Pada aplikasi Telegram milikmu, klik ikon tiga titik

  • Klik Setelan

  • Klik Privasi & Keamanan > geser ke bawah > klik opsi Lanjutan

  • Pilih Hapus Akun Jika Tidak Ada > klik Pilih Durasi penghapusan

Dengan menggunakan cara ini, maka akunmu berstatus tidak aktif dan akan aktif kembali sesuai durasi penghapusan yang kamu pilih.

Cara Menghapus Akun Telegram secara Permanen

Namun bagaimana jika kamu sudah tidak lagi menggunakan Telegram? Tenang saja karena akun Telegram dapat kamu hapus secara permanen. Cara yang dapat kamu tempuh adalah sebagai berikut :

  • Pertama tama, kamu harus menonaktifkan dulu akun Telegram milikmu
  • Pada aplikasi Telegram milikmu, klik ikon tiga titik

  • Klik Setelan

  • Klik Privasi & Keamanan > geser ke bawah > klik opsi Lanjutan

  • Pilih Hapus Akun Jika Tidak Ada > klik Pilih Durasi penghapusan

  • Setelah akun tidak aktif, kamu dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya
  • Kunjungi situs https://my.telegram.org/

  • Masukkan nomor telepon yang kamu pakai di Telegram

  • Kamu akan menerima kode konfirmasi lewat aplikasi Telegram

  • Klik Hapus Akun > masukkan alasan menghapus akun

  • Klik Hapus Akun Saya > konfirmasi dengan menekan Ya, Hapus Akun Saya

Beberapa Kesalahan saat Menghapus Akun Telegram

Sebagai seorang manusia, tentu pengguna Telegram tak luput dari kesalahan. Baik kesalahan yang disengaja maupun kesalahan yang terjadi karena khilaf. Apapun itu, kamu tentu harus berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan, karena siapa tahu kesalahan yang kamu buat berakibat fatal pada akun Telegram milikmu. Adapun kesalahan yang mungkin terjadi pada saat penghapusan adalah :

  • Salah memasukkan nomor handphone. Salah memasukkan nomor handphone akan membuatmu mengira kode verifikasi tidak terkirim. Hal tersebut akan membuatmu menunggu lama kode verifikasi, padahal kamu salah memasukkan nomor handphone saat proses penghapusan.
  • Melakukan uninstall aplikasi. Bagi kamu yang ingin menghapus akun Telegram milikmu demi keamanan, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan uninstall aplikasi. Karena tindakan ini hanya membersihkan data aplikasi pada HP mu. Tidak akan terjadi apa apa pada akun Telegram milikmu, dan hanya akan menambah risiko akunmu diretas oleh para pelaku kejahatan.
  • Tidak melakukan backup data. Meskipun data yang terunggah di Telegram tersimpan di Cloud, namun apabila kamu telah menghapus akun Telegram milikmu, itu artinya kamu tidak bisa mengakses data yang tertinggal tersebut. Sebelum kamu melakukan penghapusan, pastikan untuk melakukan backup data penting ke dalam penyimpanan perangkatmu.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus akun Telegram dengan cepat dan mudah. Pastikan untuk melakukan penghapusan setelah pertimbangan dan persiapan yang matang. Karena tak semua masalah harus diselesaikan dengan hapus akun. Semoga bermanfaat.

Related posts