Cara Melacak Handphone yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati penting sekali untuk diketahui. Ketika HP mati, tentu saja aktivitas yang berhubungan dengan Hp akan berhenti dan tidak terhubung lagi dengan tower seluler itu sendiri. Sebenarnya ada beberapa cara untuk melacak Hp yang hilang dalam kondisi mati, baik itu memakai IMEI, Google Maps atau Find My Device. Hanya saja, Kamu memerlukan setidaknya koneksi GPS. Ini artinya Hp yang Kamu lacak harus dalam kondisi menyala.

Cara Melacak Handphone yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak Handphone yang Hilang Dalam Keadaan Mati
Tutorial Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Saat hp hilang dicuri atau karena terjatuh, kemungkinan besar hp Kamu akan dimatikan sementara oleh pihak yang menemukannya. Apalagi jika ia tidak berniat untuk mengembalikan hp tersebut kepada pemiliknya. Namun sebenarnya, sebagai pemilik hp Kamu masih bisa mencoba cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati. Ada beberapa panduan yang bisa Kamu coba berikut :

Read More

1. Tutorial Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati Total

Washington Post menginformasikan bahwa teknologi NSA kini bisa melacak keberadaan ponsel meskipun saat dimatikan. Tapi, apa itu NSA? Bagaimana NSA mampu melacak ponsel yang mati?

The National Security Agency adalah kepanjangan dari NSA, sebagia agen keamanan yang sudah mencatat sebanyak 5 miliar lokasi hp di seluruh dunia setiap harinya. Teknik pelacakan ini disebut juga dengan nama The Find.

Terkait:  Cara Melacak Handphone Dengan IMEI

Adapun cara NSA bisa melacak hp dalam kondisi mati total ialah dengan cara menginfeksinya melalui virus trojan. Oleh karena itu, hp yang hilang akan memancarkan sinyal terus menerus walaupun dalam kondisi mati. Namun ini tidak akan bekerja bila baterainya dilepas.

Sebenarnya mendeteksi lokasi ponsel yang hilang bukan hal yang baru. Di tahun 2006 lalu, FBI memakai teknik The Find dengan cara menginfeksi spyware pada ponsel. Lalu mereka akan merekam semua data ponsel tersebut meskipun dalam kondisi mati.

Hanya saja, metode ini kemungkinan bisa mengganggu privasi. Karena cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati ini diharuskan memasang chip. Jadi ketika hp mati, maka chip tersebut masih bisa dilacak dan menyala. Ini artinya, Kamu bisa melacak lokasi keberadaan chip dan bukan keberadaan Hpnya.

Sayangnya, cara ini bisa dikatakan cukup sulit. Karena untuk memperoleh chip yang bisa melacak Hp sendiri tidaklah mudah.

2. Tutorial Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati Untuk iPhone

Cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati untuk iPhone sendiri dapat menggunakan aplikasi bernama Find My iPhone. Selain itu juga bisa dengan membuka web iclod.com/find. Selanjutnya Kamu diminta untuk masuk memakai ID Apple, dimana ID tersebut sudah tersambung pada iPhone Kamu yang hilang.

Sama halnya dengan smartphone android, maka Kamu dapat melihat keberadaan lokasi ponsel di peta. Di samping itu, Kamu pun bisa membunyikan perangkat iPhone dengan menekan tombol “Play Sound”.

Apabila Kamu ingin memberikan SMS atau pesan pada layar iPhone, cukup aktifkan saja “Lost Mode” lalu tuliskan saja pesan sesuai keinginan.

3. Tutorial Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati via Laptop

Cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati ini bisa dilakukan untuk perangkat android. Apabila Kamu ingin melacak keberadaan Hp androidmu, maka kamu dapat memakai Find My Device.

Adapun caranya ialah cukup buka saja web google.com/android/find. Bisa juga dengan mendownload Find My Device App di Play Store. Jika sudah, inputkan akun email yang terkoneksi dengan Hpmu yang hilang.

Terkait:  Cara Ekstrak File Zip di Android

Selanjutnya, Kamu akan melihat keberadaan ponsel terakhir kali di peta. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur berupa “Putar Suara” jika ingin membunyikan Hp. Hp pun tetap akan berbunyi walaupun dalam mode pengaturan senyap.

Sesudah itu, ketuk “Amankan Perangkat”, dengan demikian layar Hp akan langsung terkunci serta menampilkan pesan. Sehingga orang yang telah menemukan Hpmu akan langsung menghubungimu. Tentu saja jika yang menemukannya adalah orang baik, tapi jika mereka tidak berniat mengembalikannya, maka tetap saja Hp tidak akan kembali.

4. Tutorial Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati via Google Maps

Kamu juga bisa tetap mencoba cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati via Google Maps. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama, silahkan buka Google Maps di ponsel lainnya atau perangkat Hp milik temanmu. Lalu tekan ikon tiga garis yang ada pojok kiri bagian atas.
  • Setelah itu, inputlan akun Hp yang hilang sebelumnya dengan cara memilih “add account”.
  • Selanjutnya tekan tanda kalender, untuk mencari keberadaan ponsel Kamu yang hilang hanya dalam hitungan hari.

Sebenarnya cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati total di atas bisa dibilang tidak 100% membuat Hpmu kembali lagi ke tanganmu. Terkecuali jika orang yang menemukannya memang berniat mengembalikannya. Sekali lagi, tergantung dari orang yang menemukan HP tersebut.

Cara Agar Hp Tidak Hilang

Barang berharga seperti Hp memang memiliki peranan yang sangat penting, jadi sebisa mungkin Kamu harus benar-benar menjaganya agar tidak sampai hilang atau terjatuh. Selain itu, untuk berjaga-jaga ada beberapa cara agar Hp tetap aman dan tidak hilang, diantaranya sebagai berikut :

1. Pastikan Untuk Selalu Mengaktifkan Location atau GPS di Androidmu

Location atau GPS di smartphone android sebaiknya selalu aktif. Tidak hanya mempermudah saat hendak mengunjungi tempat tertentu secara manual, tetapi juga mempermudah proses saat Hpmu hilang.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Mode Aman

Pihak Google sendiri telah menyediakan Find My Device, dan layanan tersebut telah terhubung pada Google Maps di perangkat android. Selain itu, layanan ini akan melacak lokasi keberadaan Hpmu kemanapun Hp tersebut bergerak.

Kamu juga tidak perlu lagi khawatir saat hp hilang. Tinggal akses layanan Find My Device di perangkat PC, kemudian masuk memakai akun Google dan silahkan lacak jejak ponsel terakhir sampai ditemukan kembali. Jika hp belum ditemukan, tentu saja Kamu masih memiliki kesempatan mengamankan semua isi datanya.

2. Silahkan Instal Aplikasi Penting Saat Hp Dicuri atau Hilang

Jika Hp android rentan hilang bahkan dicuri, mungkin sebaiknya Kamu menginstall beberapa aplikasi penting saat smartphone dicuri atau hilang. Diantaranya seperti aplikasi Cerberus atau Lookout.

Aplikasi Lookout akan mengamankan ponsel berikut semua datanya melalui fitur-fitur terbaiknya. Selain itu, Lookout juga bisa memotret foto pada kamera depan Hp smartphone. Bisa juga dengan memberi alarm pada email jika terjadi hal-hal mencurigakan. Seperti airplane mode yang terdeteksi aktif, SIM Card dicopot dan Hp dimatikan.

Berbeda lagi dengan Cerberus yang memiliki fitur lebih lengkap. Karena aplikasi ini dapat mengirim pemberitahuan atau alarm ponsel hilang melalui SMS. Saat sesuatu yang mencurigakan terjadi, hp secara otomatis akan memotret melalui kamera depan.

3. Memakai Akun Login di Perangkat Smartphone dan Aktifkan Sikronisasi

Supaya semua informasi atau dat pribadi yang disimpan pada smartphone tidak hilang, penting sekali memakai akun untuk masuk ke smartphone. Untuk kemudian mengaktifkan sinkronisasi. Pada perangkat android, Kamu dapat memakai akun Google yang digunakan untuk menyimpan list aplikasi tertentu yang sudah pernah diinstall di perangkat smartphone, pengaturan android atau data-data pada aplikasi.

Itulah cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati yang bisa Kamu coba. Semoga cara di atas bisa membantu dan selamat mencoba!

Related posts