Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Sekelas perangkat iPhone, tentu sudah dibekali oleh fitur-fitur canggih yang tidak dapat ditemukan di perangkat lainnya. Hal ini wajar, karena harga iPhone yang cukup fantastis rasanya sudah sepatutnya iPhone disematkan spek lebih andal dibanding perangkat lainnya. Bahkan saat perangkat iPhone kalian kemasukan air, cara mengeluarkan air dari iPhone bisa dilakukan dengan mudah.

Sertifikat Tahan Air dan Debu yang Dimiliki iPhone

Sekedar informasi, saat ini beberapa versi iphone memiliki salah satu dari dua sertrifikasi ketahanan terhadap air dan debu, yaitu IP67 dan IP68 yang akan dijelaskan di bawah ini :

Read More
  • IP67

Perangkat iphone yang memiliki sertifikasi ini memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Adapun kekuatan ketahanan air jika direndam ke dalam air bisa bertahan 1 meter di bawah permukaan air dan waktu ketahanan dalam air bisa mencapai 30 menit.

  • IP68

Versi lebih tinggi dari sertifikasi IP67, karena perangkat iphone akan bertahan dalam air hingga lebih dari 1 meter.

Oleh karena pentingnya memiliki iphone yang tahan akan air dan debu, maka kalian harus benar-benar memilih iphone dengan versi terbaru. Adapun versi iphone paling rendah yang memiliki salah satu sertifikasi ketahanan di atas yaitu mulai dari iphone 7, iphone 8, iphone 11, iphone 12, dan di atasnya.

Sekadar informasi saja, iphone 12 dengan berbagai versina mulai dari iphone 12, iphone 12 mini, iphone 12 pro, dan iphone 12 pro max bisa bertahan dalam air hingga kedalam mencapai 6 meter dengan waktu terendam dalam air selama 30 menit.

Terkait:  Cara Menggunakan NFC di iPhone

Bagi kalian yang memiliki versi iphone dibawah iphone 7 seperti iphone SE Gen-1, semua versi iPhone 6, iPhone 5 dan iPhone versi di bawahnya yang tidak memiliki sertifikasi ketahanan air dan debu, maka harus hati-hati Ketika dekat dengan air atau lingkungan yang berdebu.

Walaupun begitu, sertifikasi tersebut bukan menjadi patokan karena agar iPhone tetap awet kalian tetap saja harus merawat iPhone dengan baik, terutama jika ada air masuk ke dalam perangkat iPhone lewat lubang charger maupun speaker iPhone.

Jika hal tersebut terjadi, kalian bisa coba cara mengeluarkan air dari iphone dengan beberapa Langkah untuk meminimalisir terjadinya genangan dalam body iphone yang menyebabkan sistem menjadi malfungsi.

Cara Mengeluarkan Air Dari Iphone

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
Tutorial Mengeluarkan Air dari iPhone

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi kalian yang mempunyai perangkat iPhone dengan sertifikasi di atas. Akan tetapi, sertifikasi tersebut tidak akan berlaku seterusnya, karena pemakaian yang terus menerus bisa membuat performa dan daya tahan iPhone menjadi berkurang.

Berikut ini ada beberapa tutorial cara mengeluarkan air dari iPhone yang bisa kalian coba diantaranya :

1. Memakai Cara Manual

Cara mengeluarkan air dari iPhone yang pertama yaitu dengan memakai metode manual. Jika iPhone kalian terendam air, maka langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mematikan iPhone. Apabila iPhone tidak dimatikan segera, maka dikhawatirkan air langsung memasuki bagian dalam hp dan merusak beberapa komponen di dalamnya, walaupun iPhone telah dilengkapi oleh lapisan anti air.

Selanjutnya, kalian dapat mengeringkan komponen luar iPhone, bisa memakai kain, handuk, tisu atau lainnya yang dapat menyerap air. Keringkan pula bagian baterainya, sampai bagian luar dan bagian dalam iPhone dipastikan kering. Bisa juga memakai vacum cleaner agar iPhone lebih cepat kering.

2. Memakai Fitur Water Eject

Selanjutnya, kalian bisa memakai fitur water eject. Namun cukup disayangkan, untuk fitur ini tidak dimiliki oleh versi di bawah iphone 7, karena fitur ini hanya tersedia mulai dari iphone 7 hingga versi terbarunya. Berikut cara mengoperasikan fitur water eject iPhone :

Terkait:  Cara Melacak iPhone Melalui GPS
Memakai Fitur Water Eject
  • Install aplikasi tambahan yang bisa di download pada App Store dengan nama : Shortcut Water Eject.
  • Setlah aplikasinya terpasang pada iphone kalian, buka aplikasinya dan keluarkan air dari iPhone.
  • Caranya berdirikan iphone saat kalian membuka aplikasi.
  • Selanjutnya klik opsi Water Eject dan pilihlah opsi Begin.
  • Proses pengeluarannya cukup unik yaitu iphone akan mengeluarkan bunyi tertentu sehingga mendorong air keluar dari speaker.

3. Aplikasi Sonic

Cara mengeluarkan air dari iPhone selanjutnya, bisa memakai aplikasi Sonic. Aplikasi Sonic bisa digunakan pada semua versi perangkat iPhone. Jadi, bagi yang mempunyai iPhone versi di bawah iPhone 7 juga sudah dapat memakai aplikasi Sonic. Simak mengeluarkan air dari iPhone dengan aplikasi Sonic berikut :

Mengeluarkan Air dari iPhone via Aplikasi Sonic
  • Install aplikasi Sonic yang bisa kalian dapatkan dari App Store.
  • Ikuti Langkah-langkah install aplikasinya sampai aplikasinya terpasang di perangkat iPhone, lalu buka.
  • Posisikan iphone kalian dalam keadaan berdiri tegak.
  • Selanjutnya, silakan pilih frekuensi 165 Hz, tujuannya untuk membantu mengeluarkan air dari dalam speaker iPhone.
  • Untuk memulainya, cukup tekan Play.
  • Tunggu beberapa saat dan biarkan aplikasi Sonic mengeluarkan air dari speaker iphone.
  • Jika dirasa sudah cukup, silakan klik Stop untuk menghentikan aplikasi Sonic.

4. Situs Fix My Speaker

Selain menggunakan aplikasi, kalian juga bisa menggunakan fitus Fix My Speaker untuk mengeluarkan air dari iPhone. Dengan metode ini, kalian tidak perlu repot-repot untuk menginstall aplikasi di perangkat iPhone. Cara mengeluarkan air dari iPhone melalui situs Fix My Speaker bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

Menggunakan Situs Web Fix My Speaker
  • Buka browser terlebih dahulu pada iphone.
  • Selanjutnya, masuk pada kolom pencarian situs dan ketikkan nama webnya di : www.fixmyspeakers.com
  • Jika situs webnya sudah terbuka, pada halaman utama silakan klik tombol dengan ikon seperti gambar hempasan angin dan air. Ikon ini yang akan membantu kalian untuk mengeluarkan air dari iphone.
  • Cara kerjanya adalah, setelah klik ikon tersebut, biasanya akan keluar bunyi tertentu, dan perlahan-lahan air yang tertahan pada speaker iPhone bisa keluar.
  • Apabila sudah cukup, silakan untuk klik tombol berhenti dan kalian boleh meninggalkan situs ini.
Terkait:  Cara Melacak Hp yang Hilang Dengan GPS

4. Situs Szinalsky

Situs popular lainnya yang dapat digunakan untuk mengeluarkan air dari iphone adalah szynalski. Dibandingkan dengan situs sebelumnya, untuk situs ini memiliki beberapa pengaturan yang bisa disesuaikan oleh penggunanya. Sebelum menggunakan situs ini, kalian harus paham mengenai tombol-tombol yang ada pada Szynalski, diantaranya :

Menggunakan Situs Web .Szynalski
  • Play/Stop : berfungsi untuk menyalakan suara dan menghentikan suara yang keluar dari speaker.
  • Slider : adalah tombol yang bisa di geser ke kanan atau ke kiri untuk menentukan suara secara manual berdasarkan tingkatannya.
  • Volume : tombol untuk mengecilkan atau membesarkan suara.
  • Balance : tombol untuk menyeimbangkan suara yang keluar dari speaker.
  • Tanda panah kanan dan kiri : untuk menentukan tingkatan suara
  • Note selector : untuk menentukan bunyi suara yang diinginkan.
  • Wave type selector : menentukan suara yang berbeda yang terdiri dari Sine, Square, Triangle dan Sawtooth.

Untuk pengoperasiannya cukup mudah, silakan buka situsnya yaitu https://www.szynalski.com/tone-generator/ , lalu klik Play. Jika ingin mengatur suara yang dihasilkan, silakan tekan beberapa tombo di bawahnya yang fungsinya sudah dijelaskan di atas.

Silahkan ikuti langkah-langkah cara mengeluarkan air dari iPhone di atas dengan benar, agar iPhone kalian terbebas dari kerusakan. Cara di atas bisa langsung dilakukan sebelum kalian membawa perangkat ke tempat service.

Related posts