Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

  • Whatsapp

Apabila kamu merasa aplikasi bawaan atau biasa disebut “bloatware” mengganggu di HP Android kamu. Bloatware memang tidak seperti aplikasi yang lain yang bisa dengan mudah di hapus, bahkan hampir semua bloatware android bahkan tidak bisa dihapus. Hal tersebut pasti sangat menjadi masalah yang serius terlebih jika memori internal HP kamu relatif kecil. Nah untuk mengatasi hal tersebut, disini akan dijelaskan bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root. Namun sebelum membahasnya, kira-kira kamu sudah tahu belum apa itu root?

Apa Itu Root?

Jadi Root adalah proses dimana kamu bisa memiliki akses penuh dalam sistem operasi perangkat kamu, dalam hal ini biasanya adalah Android.

Beberapa aplikasi bawaan android atau bloatware seringkali tidak berguna bagi penggunanya. Karena kemunculannya terbilang cukup mengganggu, selain kebanyakan tidak berguna aplikasi bawaan android tersebut juga dapat membuat penyimpanan internal semakin sesak.

Maka dari itu muncul istilah bloatware atau aplikasi yang membuat penyimpanan menjadi kembung atau bloating. Berikut adalah cara menghapus bloatware melalui cara berikut:

Cara Uninstall Bloatware

Untuk menghapus aplikasi bawaan android pihak ketiga, sebagian besar dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa root sekalipun.

Berikut langlah-langkahnya:

  • Jika pada android, buka pengaturan dan pilih Manage Applications
  • Temukan aplikasi yang ingin kamu uninstall dan ketuk di atasnya
  • Nah, jika muncul tombol “Uninstall” Ketuk untuk mencopot pemasangan aplikasi
  • Jika kamu melihat tulisan “Disable” buka tombol uninstall, ini berarti aplikasi tidak dapat dicopot pemasangannya namunhanya bisa dinonaktifkan

Disable memiliki arti bahwa aplikasi menjadi tidak aktif, yang mana tidak akan muncul dalam daftar aplikasi dan tidak akan dikenali sebagai aplikasi yang terpasang.

Terkait:  Cara Menghapus Toko di Tokopedia

Kelebihan Root Pada HP Android

Berikut adalah beberapa kelebihan root yang ada pada android:

  • Bisa Menghapus Aplikasi Bawaan

Seperti yang dijelaskan di atas beberapa vendor sempat menyelamatkan aplikasi-aplikasi pada HP pengguna. Nah, pastinya aplikasi ini juga memakan memori internal dan RAM di Handphone kamu. Namun sayangnya kamu tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware.

Dan kamu bisa menghapus aplikasi bawaan ini dengan mempunyai akses root di dalam perangkat kamu.

  • Bisa Untuk Membackup dan Restore Aplikasi

Jika ingin handphone kamu tetap dalam kondisi yang prima caranya adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nah, pastinya kamu akan merasa repot juga jika harus mengintsall ulang semua aplikasi.

Tenang, ada cara paling mudah yaitu dengan membackup semua aplikasi lewat Titanium Backup. Namun sayangnya titanium backup sendiri harus mempunyai akses root untuk melakukan backup dan restore aplikasi yang ada di handphone kamu.

Dengan adanya akses root di HP kamu, kamu bisa kok melakukan overclock pada CPU di hp kamu. Overclok adalah sebagai pemaksa prosesor untuk dapat melakukan pekerjaannya sampai apada batas maksimalnya, sudah dipastikan jika dengan di overclocknya prosesor maka HP kamu akan terasa lebih cepat dan juga ringan.

  • Menghindari Wakelock

Apa itu wakelock? mungkin beberapa orangmasih bingung mengenai hal tersebut. jadi wakelock adalah kondisi dimana sistem yang terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di backgorund. Artinya dalam kondisi seperti ini dapat membuat handphone kamu terasa lebih lambat dan batrei juga akan cepat habis. Maka dari itu kamu harus mempunyai akses root untuk bisa merasakan kelebihan root yang ini.

  • Bisa Untuk Mengedit Build.prof
Terkait:  Cara Menghapus Cache di HP

Dengan ini kamu bisa melakukan tweak pada batrei, memori, dan masih banyak lagi lewat file ini. Namun sayangnya direktori ini hanya bisa diakses dengan file manager yang mempunyai kemampuan untuk dapat masuk ke direktori root.

Kekurangan Root Pada Handphone Android

Meskipun root mempunyai kelebihan yang cukup mencengangka namun siapa sangka root juga memiliki bahaya dan kerugiannya. Simak sebgai berikut:

  • Garansi Bisa Hilang

Garansi hilang sudah tidak asing dan banyak pengguna android beranggapan jika rooting dapat menghilangkan garansi adalah mitos, namun jika kamu lebh teliti hal ini benar apa adanya loh karena para vendor pastinya akan melihat handphone yang telah di root adalah handphone yang sistemnya sudah dirubah oleh pengguna.

Sekedar tips, jika kamu ingin meng root handphone kamu usahakan setelah maa garansi habis. Meskipun kamu bisa unroot tapi vendor juga mempunyai cara khusus untuk mengetahui perangkatnya sudah di root atau belum.

  • Dapat Menurunkan Perfoma

Proses tewaking atau menambahkan sistem dari luar untuk handphone yang telah di root justru dapat menjadi boomerang untuk handphone android kamu. Karena bisa saja terlalu banyak tweak dan tweak tersebut tidak cocok di handphone kamu.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Teruntuk pengguna android yang tanpa root, kamu tidak bisa menghapus aplikasi bawaan melalui HP secara langsung. Caranya untuk bisa menghapus kamu membutuhan aplikasi pihak ketiga yang bernama “CCleaner” yang merupakan aplikasi resmi Google PlayStore.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Setelah kamu mengunduh dan menginstal aplikasi CCleaner dari Google PlayStore, selanjutnya kamu bisa buka aplikasi tersebut
  • Disitu, kamu bisa klik pada garis tiga yang berada di bagian sudut kiri atas. Nantinya akan muncul beberapa opsi menu, kemudian pilih App Manager
  • Pilih System lalu tap aplikasi bawaan handphone android yang ingin kamu hapus
  • Pastikan kamu memilih aplikasi dengan benar dan pastikan pula aplikasi tersebut sudah tidak kamu perlukan sama sekali
  • Terakhir, kamu bisa klik tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi bawaan handphone android yang kamu gunakan.
Terkait:  Cara Ekstrak File RAR di Android

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Root

Perlu kamu ketahui bahwa ini tidak seperti android yang tanpa root seperti diatas. Nah, dengan HP yang sudah ada root, maka kamu akan sangat mudah untuk menghapus aplikasi bawaan (bloatware) android.

Teruntuk kamu yang HP nya sudah adalam keadaan root, ikuti langkah berikut:

  • Download dan install aplikasi X-plore File Manager di Google PlayStore
  • Setelah itu, kamu bisa buka aplikasinya. Klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih konfigurasi
  • Kamu bisa ubah akses root dari Superuser menjadi Superuser + Mount Writeable
  • Selanjutnya silahkan kamu¬† bisa masuk ke direktori Root > System > App / Priv-App > pilihlah lokasi yang ingin kamu hapus (biasanya ada di dalam folder) lalu tekan icon ton sampah
  • Aplikasi kamu sudah berhasil terhapus. Silahkan kamu bisa restart HP jika aplikasi belum hilang dari menu.

Nah, begitulah cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root. Namun perlu diingat, untuk menghapus aplikasi bawaan android di Hp apabila tidak dilakukan dengan cermat dan teliti kemungkinan dapat menyebabkan beberapa masalah terhadap sistem android pada perangkat yang kmu gunakan.

Jika temen-temen masih ada yang kebingunan dengan cara di atas, silahkan bisa tanyakan melalui komentar yang ada dibawah ini untuk bisa saling berdiskusi.

Demikian artikel ini saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen semua untuk dapat menghapus aplikasi bawaan atau bloatware di Android.

Semoga membantu!

Related posts