Cara Membaca Test Pack

Cara Membaca Test Pack

Kehamilan menjadi hal yang paling dinantikan bagi pasangan yang baru menikah. Inilah yang membuat banyak pasangan baru sering antusias saat memeriksa kehamilan. Alat yang biasa digunakan untuk mendeteksi kehamilan adalah test pack. Nah, alat inilah yang membuat sebagian orang kebingungan saat pertama kali menggunakannya. Jika Kamu salah satunya, mungkin penasaran dengan bagaimana cara membaca test pack dengan benar.

Sebelum membahas penggunaan test pack, Kamu mungkin masih belum memahami tentang test pack dan jenis-jenisnya yang dijual di pasarna. Perlu Kamu ketahui, test pack bekerja dengan mengidentifikasi keberadaan hormon kehamilan atau HCG (Human chorionic gonadotropin) di urine wanita.

Read More

HCG diproduksi oleh plasenta pada rongga rahim, yang kemudian akan menempel di dinding rahim setelah terjadi pembuahan. Biasanya HCG akan semakin bertambah 2 kali lipat untuk tiap 2-3 harian. Sedangkan sebagiannya lagi akan ikut terbuang saat mengeluarkan urine.

Jenis-Jenis Test Pack

Di supermarket atau apotek biasanya tersedia beberapa jenis test pack. Sebenarnya ada 2 jenis alat deteksi kehamilan yang bisa Kamu pilih, diantaranya :

1. Test Pack Strip atau Kertas

Meurpakan sejenis test pack dengan cara penggunaan dicelupkan ke dalam sampel urine. Sesudah 5-10 detik, biasanya simbol warna yang ada di bagian ujung test pack akan berubah warnanya jika ditemukan hormon HCG yang terkandung dalam urine.

2. Test Pack Plastik

Jenis test pack ini pemakaiannya dapat dicelupkan dalam wadah berisi urine, bisa juga dengan meneteskan urine ke bagian ujung alat test pack ini. Jika Kamu positif hamil, biasanya smbol strip yang terdapat pada test pack menjadi berubah warnanya.

Bagaimana Cara Kerja Test Pack?

Semua jenis test pack pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama, yakni dengan cara mengecek ada atau tidaknya HCG di dalam urine. Test pack akan mengukur kadar HCG yang terdapat pada urine. Hormon ini diproduksi oleh sel tertentu yang membantu proses pembentukan plasenta.

Anggap saja, Kamu mempunyai siklus mentruasi normal selama 28 hari. Kemudian, Kamu berovulasi di hari ke-14, lallu setelah 1-2 hari kemudian terjadi pembuahan pada sel telur. Embrio akan tumbuh hingga beberapa hari dan implan pada uterus serta plasenta pun akan terbentuk. Di titik inilah, hormon kehamilan mulai memasuki aliran darah kemudian disaring oleh organ ginjal. Selanjutnya HCG akan masuk ke dalam urine, biasanya baik pada hari ke-25 maupun ke-26.

Biasanya beberapa tes akan mendeteksi variasi hormon kehamilan bernama HCG ini. HCG tersebut kemudian dilepaskan selama beberapa saat sesudah terjadinya pembuahan. Selain itu, bisa dideteksi sebagai tanda kehamilan awal.

Cara Membaca Test Pack

Cara Membaca Test Pack
Tutorial Membaca Test Pack

Bagaimana Membaca Test Pack?

Meskipun terlihat cukup mudah, namun kenyataannya masih banyak yang belum mengetahui cara membaca test pack. Tentu saja bagi Kamu yang sebelumnya memang belum pernah memakainya. Alhasil, Kamu bingung saat memakai test pack untuk memastikan kondisi kehamilan.

Hasil tes kehamilan dengan test pack biasanya terdiri atas 3 hasil, diantaranya hasil test pack negatif, positif dan samar-samar. Lalu, gimana sih cara pembacaan test pack dengan benar? Ini dia ulasannya!

1. Membaca Hasil Test Kehamilan Negatif

Hasil test pack yang negatif ditunjukkan oleh satu garis dalam indikator test pack untuk mendeteksi adanya kehamilan. Alat uji kehamilan test pack sendiri mempunyai 2 garis, terdiri atas garis hasil atau result line dan garis kontrol. Jika hasil test pack yang Kamu lakukan negatif, maka biasanya hanya akan muncul garis kontrol saja. Sementara garis hasilnya tak akan muncul, sebab tidak ditemukan hormon HCG pada urine.

Namun ada pula kasus yang menunjukkan hasil test pack yang negatif padahal Kamu telat haid. Apabila hal ini terjadi, silahkan coba lagi melakukan test pack selama 3 hari ke depan.

2. Membaca Hasil Tes Kehamilan Positif

Cara membaca test pack positif hamil jika saat mencelupkan test pack pada urine, indikator di dalam alat test pack menunjukkan dua garis. Biasanya hasil test pack yang positif ditandai oleh 2 garis. Dimana dua garis ini sebelumnya adalah garis hasil dan garis kontrol. Kehadiran garis hasil ini menandakan bahwa di dalam urine sudah terdapat hormon HCG atau hormon kehamilan.

Jika Kamu sudah mengetahui hasil tes kehamilan positif, langsung konsultasikan dengan dokter ahli kandungan agar memastikan kondisi kehamilanmu.

3. Membaca Hasil Kehamilan Samar-Samar

Tak jarang juga lho, banyak kasus yang menunjukkan hasil test pack yang samar atau tidak jelas. Apabila hal ini terjadi, maka biasana hasilnya cenderung positif. Tapi ada kemungkinan pula kehamilan tak mengalami perkembangan.

Maka dari itu, sebaiknya langsung periksakan diri ke ahli kandungan jika Kamu mendapati hasil positif pada test pack tapi kondisinya tak terlalu jelas. Tujuannya agar Kamu dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut.

Di samping itu, hasil samar-samar pada test pack juga dapat ditunjukkan dengan tidak adanya kedua garis, entah itu garis hasil maupun garis kotrol. Jika hal ini terjadi, bisa dikatakan bahwa hasil test pack Kamu berstatus invalid alias gagal.

Terdapat beberapa faktor penyebab, diantaranya kadar hormon HCG di dalam urine belum begitu banyak, sehingga membuat hasilnya tidak maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan alat test pack sekitar 12-14 hari sesudah Kamu terlambat haid.

Cara Menggunakan Test Pack

Jika Kamu masih bingung memakai test pack untuk mendeteksi terjadinya kehamilan, untuk menghindari terjadinya hasil yang samar. Di bawah ini ada beberapa panduan tes kehamilan dengan test pack yang harus dikuti :

  • Langkah pertama, siapkan sampel urine Kamu yang ingin diperiksa pada sebuah wadah. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, ambil sampel urine pada pagi hari setelah bangun, karena biasanya urine di pagi hari mengandung kadar beta HCG yang tinggi.
  • Silahkan buka bungkus alat test pack, pastikan kemasan tidak kadaluwarsa, tidak rusak dan masih disegel.
  • Pegang strip dengan cara vertikal, hati-hati ketika mencelupkannya pada urine. Pastikan Kamu mencelupnya hingga di bawah tanda batas.
  • Jika sudah, angkat strip test pack sesudah 10 detik, namun sebelumnya baringkan strip terlebih dahulu di alas datar kering, bersih dan memiliki permukaan non penyerap.
  • Silahkan tunggu sampai garis berwarna telrihat. Biasanya tegrantung dari konsentrasi HCG yang diperiksa dalam urine, hasil tes positif bisa diamati selama 40 detik. Tapi untuk mengkonfirmasi tes kehamilan negatif, biasanya waktu reaksi bisa ditunggu selama 5 menit. Hal ini dilakukan untuk mencegah hasil test yang samar.

Langkah Berikutnya Sesudah Mengetahui dan Membaca Hasil Test Pack

Kamu harus tahu bahwa hasil test pack adalah hasil sementara, jadi tetap saja Kamu harus memeriksakan diri langsung ke dokter kandungan. Tujuannya agar memastikan usia janin dan kondisi kehamilan.

Jika Kamu sudah dinyatakan positif, biasanya dokter akan merekomendasikan gaya hidup sehat. Selain itu, ibu yang positif hamil harus menghindari aktivitas-aktivitas yang memberatkan, menjauhi stress dan jangan terlalu lelah.

Konsumsi makanan bergizi dan diimbangi dengan suplemen makanan, bisa membantu kondisi kesehatan bunda dan janin yang ada di dalam kandungan. Sehingga Kamu dan calon bayimu bisa melalui masa-masa kehamilan sampai trimester akhir.

Nah, itulah cara membaca test pack saat menggunakan alat tes kehamilan agar hasilnya lebih akurat dan dapat menghindari tejradinya samar. Semoga bermanfaat!

Related posts