Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

  • Whatsapp

Hampir semua perangkat HP sekarang terkoneksi dengan akun Google, termasuk HP keluaran China yang marak di pasaran, Xiaomi. Terkadang, ketika akun Google sudah ditambahkan, dan kemudian tidak digunakan kembali, para pengguna Xiaomi bingung bagaimana cara menghapus akun Google di HP Xiaomi. Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Google di HP Xiaomi dengan cepat dan mudah.

Xiaomi dan Google

Sebagai sebuah produsen ponsel pintar dari negeri tirai bambu, tentu Xiaomi selalu memberikan terobosan terobosan demi menggaet minat konsumen. Perusahaan ini, di awal kemunculannya di bidang HP Android telah menyita banyak perhatian publik dengan fitur canggih yang ditawarkan dengan harga minimum. Benar benar minimum, jauh di bawah HP dengan spesifikasi yang hampir sama waktu itu. Tak heran bila pengguna Xiaomi tersebar luas di seluruh penjuru dunia.

Read More

Sebagaimana HP Android pada umumnya, Xiaomi pun mempercayakan akses aplikasinya pada akun Google. Setiap pengguna Xiaomi, diwajibkan memiliki akun Google bila ingin menjelajah lebih luas di perangkat yang terkenal dengan fitur kameranya tersebut. Menyimpan data, membuat jadwal, mengatur kontak telepon, mengirim email, hingga mencari hiburan semua dilakukan dengan 1 akun Google di HP Xiaomi. Hal ini, membuat hubungan antara Xiaomi dan Google makin erat di hati para penggemarnya.

Tak hanya aplikasi yang dikelola dan diciptakan oleh Google, akun Google juga dapat ditautkan dengan aplikasi/situs sosial media lain. Hal ini membuat pengguna tak perlu repot membuat akun berbeda untuk setiap situs dan aplikasi berbeda. Cukup dengan 1 akun Google, seorang pengguna bisa menghadirkan dirinya di berbagai aplikasi dan situs sosial media kesukaannya. Namun, tak jarang karena beberapa hal, seseorang membuat akun Google baru, dan mempunyai lebih dari 1 akun Google dalam HP Xiaomi miliknya. Hal ini tentu akan menjadi sebuah ketidaknyamanan setiap memasuki aplikasi dan situs harus memilih akun mana yang akan digunakan. Untuk itu, beberapa orang berniat meringkas akun dengan cara menghapus akun Google di HP Xiaomi miliknya.

Terkait:  Cara Hapus Akun Google

Kenapa Pengguna Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

  • Akun Google terlalu banyak. Biasanya, ketika seseorang masuk lingkungan kerja atau akademik, mereka diminta untuk membuat akun gmail baru. Hal ini terkadang dilakukan melalui HP, yang mana apabila mendaftar akun baru melalui HP akan otomatis menambah akun Google di HP Xiaomi tersebut. Akibatnya, jumlah akun Google di dalam HP akan semakin banyak. Pengguna yang menyukai hal simpel mungkin akan terganggu dan ingin menghapus akun Google di HP Xiaomi miliknya.
  • Akun Google sudah tidak terpakai. Akun Google yang digunakan untuk pekerjaan ataupun akademik biasanya bersifat temporer. Hanya digunakan dalam interval waktu tertentu, setidaknya sampai urusan pekerjaan dan akademik selesai. Setelah itu, akun Google tidak lagi dibutuhkan dan apabila dibiarkan akan berpotensi menjadi beban bagi perangkat HP milikmu. Untuk itu, lebih baik untuk menghapus keberadaan akun Google lama yang tidak terpakai dari HP Xiaomi milikmu.
  • Akun Google milik teman. Dalam keadaan darurat, temanmu mungkin meminjam HP mu untuk mengirim email atau membuat akun Google baru miliknya. Setelah urusannya selesai, kamu bingung karena notifikasi email miliknya selalu mengganggu ketenanganmu. Karena ketidaknyamanan, kamu berniat menghapus akun Google milik temanmu dari HP Xiaomi milikmu. Berhati hatilah, karena alih alih menghapus akun Google dari HP mu, kamu justru menghapus akun Google temanmu untuk selamanya.
  • Akun Google sendiri di HP teman. Sebaliknya, dalam kondisi darurat, ada kemungkinan giliran kamu yang melakukan aktivitas email di HP temanmu. Setelah urusanmu selesai, kamu kebingungan karena akun Google milikmu masih tertaut di HP temanmu. Hal ini tentu menakutkan, mengingat sekali akun Google terkait pada HP, maka semua informasi dan data akan dengan mudah diperoleh si pemilik HP. Untuk itu, kamu mencari cara menghapus akun Google di HP agar privasimu tetap terjaga.
Terkait:  Cara Melihat Akun Google yang Terhubung

Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi
Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Setelah memiliki pertimbangan dan alasan yang kuat untuk menghapus akun Google di HP Xiaomi, kamu tentu ingin tahu cara menghapus akun Google di HP Xiaomi yang mudah dan cepat. Sebenarnya, tidak sulit jika kamu ingin menghapus akun google di HPmu. Caranya sama persis dengan cara menghapus akun Gmail di Android. Namun dalam hal ini, akan dijelaskan cara menghapus akun Google di HP Xiaomi dalam 4 langkah mudah yakni :

  • Melalui ponsel Xiaomi milikmu, buka menu Setelan.
  • Klik Akun, kemudian klik akun yang akan kamu hapus.
  • Setelah itu, klik Hapus Akun.
  • Sebagai tindakan pengamanan, mungkin kamu akan diminta memasukkan password perangkat Android milikmu.

Menghapus Akun Google di Perangkat Lain

Cara ini tentu efektif bila kamu lupa melogout akun Google milikmu di perangkat lain. Perangkat lain tak hanya terbatas pada HP, namun bisa juga PC atau tablet. Intinya, semua perangkat yang memungkinkan kamu untuk masuk ke akun Google mu. Tidak perlu risau, karena kamu dapat menghapus akun Google milikmu dari perangkat-perangkat tersebut lewat perangkat HP Xiaomi yang sedang kamu genggam. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka halaman akun Google milikmu.
  • Klik Login & Keamanan.
  • Temukan bagian Aktivitas dan Notifikasi Perangkat, kemudian lihat pada daftar perangkat dimana akun Google mu pernah/sedang aktif.
  • Klik Tinjau Perangkat, kemudian pada perangkat yang ingin kamu hapus akun Google milikmu, klik tombol Hapus.
  • Setelah itu, kamu akan mendapat layar notifikasi untuk memastikan keputusanmu. Jangan ragu, klik Hapus.

Beberapa Kesalahan Ketika Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

  • Melakukan penghapusan akun permanen. Hal ini rawan terjadi bagi kamu yang sedang menghapus akun Google di HP Xiaomi milikmu. Meskipun memang kedua langkah sama-sama bernama “menghapus”. namun menghapus akun secara permanen dapat menyebabkan akun Google milikmu hilang dan tidak dapat kamu gunakan kembali.
  • Salah menghapus akun. Dalam tahap memilih akun yang akan dihapus, teliti dengan benar bahwa akun yang kamu pilih memang akun yang ingin kamu hapus. Apabila kamu salah memilih akun yang ternyata masih kamu pakai, risiko kehilangan data akan terjadi. Tapi tenang, kamu dapat mengatasinya dengan melakukan login kembali di HP Xiaomi milikmu dan data yang tertaut dengan akun Google milikmu segera kembali.
  • Melakukan reset pabrik. Tindakan ini dinilai terlalu berlebihan bila kamu hanya ingin menghapus salah satu akun Google dari HP Xiaomi milikmu. Tak perlu lakukan reset pabrik, hal itu justru akan merugikanmu karena data offline yang tidak tertaut akun Google akan hilang dan tak kembali lagi. Cukup ikuti langkah-langkah di atas, kamu akan selamat dari kehilangan data offline yang bisa terjadi karena reset pabrik yang kamu lakukan.
Terkait:  Cara Melacak Handphone yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Demikian artikel mengenai cara menghapus akun Google di HP Xiaomi, semoga bermanfaat.

Related posts