Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Cara Menghapus Akun Gmail di Android
Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Kebanyakan dari kita tentu menggunakan perangkat Android. Apakah kamu tahu bagaimana cara menghapus akun Gmail di Android? Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Gmail di Android dengan cepat dan mudah.

Gmail dan Android

Seperti yang kita tahu, Gmail merupakan layanan email yang dimiliki oleh perusahaan Google. Uniknya, Gmail bukanlah produk yang diluncurkan Google di tengah nama besar Google saat ini. Gmail justru lahir jauh sebelum Google memiliki layanan yang bermacam macam, jauh di masa itu, saat Google hanya sebatas mesin pencarian. Kerjasama Google dengan sistem operasi Android membuat orang beramai ramai memiliki akun Gmail di Android milik mereka.

Read More

Gmail di Android begitu melekat seolah 1 paket yang tak terpisahkan. Bagaimana tidak, apabila ingin menggunakan fitur di Android secara maksimal, pengguna dituntut untuk menautkan akun Gmail mereka ke dalam perangkat sehingga dapat mengakses layanan Google yang lain seperti Google Play Store, Google Drive, Google Contacts, dan masih banyak lagi. Hal ini yang membuat hampir semua orang tak pernah terpikirkan untuk menghapus akun Gmail di Android miliknya.

Namun, tak mungkin Gmail mampu memuaskan semua penggunanya. Akun Gmail yang tertaut pada sebuah ponsel, memungkinkan data-data dalam ponsel tersebut berada dalam pengawasan Google. Bagaimana tidak, hal sekecil informasi kontak pun dapat tersimpan di database Google sekali kita menyinkronkan akun Gmail kita dengan berbagai layanan Google di Android. Belum lagi data-data seperti foto dan video, yang akan tersimpan pada layanan Google Photos, dapat membuat orang-orang yang menjunjung tinggi privasi menjadi tidak nyaman. Tak heran bila akan banyak orang memutuskan menghapus akun Gmail di Android miliknya.

Kenapa Pengguna Menghapus Akun Gmail di Android

Ada banyak alasan yang membuat seseorang berniat menghapus akun Gmail di Android miliknya. Mulai dari masalah ketidaknyamanan hingga permasalahan privasi bahkan tindak kriminal pun dapat menjadi pemicu seseorang mencari cara menghapus akun Gmail di Android miliknya. Adapun beberapa alasan seseorang ingin menghapus akun Gmail di Android adalah :

  • Email sudah tak digunakan kembali. Email yang tak digunakan kembali dapat menjadi penyebab seseorang ingin menghapus akun Gmail miliknya. Daripada akun dibiarkan saja dapat berakibat diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab dan menimbulkan masalah serius ke depannya.
  • Email diretas. Email diretas oleh para pelaku kejahatan cybercrime sebenarnya sudah menjadi hal yang biasa di dunia maya. Tak hanya karena akun Gmail menandung data pribadi korban. Hal ini juga disebabkan akun Gmail merupakan pintu alternatif untuk memasuki akun sosial media korban di internet.
  • Pindah ke layanan email lain. Fitur Gmail yang berat dan tak terlalu digunakan oleh sebagian besar pengguna menjadi alasan bagi mereka untuk menghapus akun Gmail dan berpindah hati. Di Yahoo Mail misalnya, layanan ini karena tak menunggulkan fiturnya, terkesan lebih cepat dan simpel dibandingkan dengan Gmail. Hal kecil seperti ini apabila dibiarkan akan membuat banyak pengguna Gmail melakukan migrasi akun besar-besaran.

Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Cara Menghapus Akun Gmail di Android
Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Sebenarnya, cara menghapus akun Gmail di Android dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Yang menjadi permasalahan adalah kamu harus menentukan sejauh mana kamu akan menghapus keberadaan akun Gmail di Android milikmu. Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan cara menghapus akun Gmail di Android dalam 3 tingkatan, yaitu :

  • Menghapus akun Gmail dari perangkat Android. Tindakan ini akan menghilangkan akun Gmail dari perangkat milikmu.
  • Menghapus akun Gmail melalui perangkat Android. Tindakan ini akan menghilangkan akun Gmail milikmu.
  • Menghapus akun Google secara keseluruhan melalui perangkat Android. Tindakan ini akan menghilangkan akun Gmail beserta layanan Google lain milikmu.

Menghapus Akun Gmail dari Perangkat Android

Untuk menghapus akun Gmail dari Perangkat Android disini hanyalah sebatas menghilangkan akun Gmail dari perangkat Android milikmu. Tentu hal ini tidak akan menghapus keberadaan akun Gmail milikmu dari dunia maya, kamu masih dapat masuk ke akun Gmail milikmu kapan pun dengan perangkat apapun. Menghapus akun Gmail dari perangkat Android akan mengakibatkan hal sebagai berikut :

  • Semua layanan Google yang tersinkron dengan akun Google mu akan kembali kosong.
  • Tidak bisa lagi mengakses layanan yang terkait dengan akun Google mu.
  • Apabila kamu menyinkronkan kontak dengan akun Google, maka kontak otomatis akan hilang dari perangkat Androidmu.

Tak perlu khawatir, berbagai hal tersebut bisa kamu kembalikan lagi seperti semula hanya cukup dengan melakukan login akun Gmail pada perangkat Android milikmu. Sedangkan cara menghapus akun Gmail dari perangkat Android adalah sebagai berikut :

  • Melalui ponselmu, buka menu Setelan.
  • Klik Akun, kemudian klik akun yang akan kamu hapus.
  • Setelah itu, klik Hapus Akun.
  • Sebagai tindakan pengamanan, mungkin kamu akan diminta memasukkan password perangkat Android milikmu.

Menghapus Akun Gmail melalui Perangkat Android

Kamu bisa juga memilih untuk menghapus akun Gmail milikmu melalui Android. Hal ini mungkin kamu lakukan untuk mengamankan email milikmu dari serangan cybercrime yang tengah mengancam jagad dunia maya di era modern ini. Sebenarnya, cara menghapus akun Gmail melalui perangkat Android mirip dengan cara menghapus akun Gmail. Hanya saja, tindakan kali ini dilakukan menggunakan perangkat ponsel pintar Android. Beberapa hal yang akan terjadi jika kamu menghapus akun Gmail melalui Android adalah :

  • Email akan dihapus.
  • Alamat Gmail milikmu tidak dapat menerima atau mengirim pesan lagi.
  • Alamat Gmail tidak bisa digunakan orang lain di masa mendatang.

Tak perlu khawatir dengan hilangnya akun Gmail milikmu melalui cara ini, karena kamu masih dapat menikmati fasilitas Google lain di perangkatmu. Hal ini dikarenakan cara ini tidak menghapus akun Google milikmu secara keseluruhan. Adapun cara menghapus akun Gmail melalui Android adalah :

  • Sebelum melakukan penghapusan layanan Gmail, alangkah baiknya untuk melakukan download data Google milikmu.
  • Buka akun Google milikmu.
  • Di panel navigasi sebelah kiri, klik Data & Personalisasi.
  • Perhatikan panel “Download, hapus atau buat rencana untuk data anda” lalu klik Hapus layanan atau akun Anda.
  • Di panel “Hapus layanan google”, klik Hapus layanan.
  • Klik logo tempat sampah di samping Gmail.
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Menghapus Akun Google Secara Keseluruhan Melalui Perangkat Android

Cara menghapus akun Google keseluruhan melalui perangkat Android sebenarnya mirip dengan cara menghapus akun Google keseluruhan pada artikel disini. Bedanya, pada langkah kali ini dilakukan melalui perangkat Android. Adapun cara menghapus akun Google secara keseluruhan melalui perangkat Android adalah sebagai berikut :

  • Buka akun Google milikmu.
  • Di panel navigasi kiri, klik Data & Personalisasi.
  • Perhatikan panel “Download, hapus dan buat rencana untuk data Anda” kemudian klik Hapus layanan atau akun Anda.
  • Di panel “Hapus akun Google Anda”, klik Hapus akun Anda.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus akun Gmail di Android. Semoga bermanfaat.

Related posts