Cara Menghapus Akun Facebook

Cara Menghapus Akun Facebook
Cara Menghapus Akun Facebook

Apakah kamu lelah dengan segala ketidaknyamanan di dalam Facebook? Apakah kamu tahu bagaimana cara menghapus akun Facebook? Artikel kali ini akan membahas tuntas bagaimana menghapus akun Facebook dengan cepat dan mudah.

Apa itu Facebook?

Pertanyaan di atas tentu terdengar sangat klise. Siapakah di muka bumi ini yang tidak tahu apa itu Facebook? Sosial media yang lahir dari ide gila seorang Mark Zuckerberg ini telah merajalela. Berawal hanya menjadi sosial media dalam lingkup kampus, kini Facebook menjadi sosial media yang dimiliki hampir semua orang. Tua, muda, anak kecil pun bahkan sudah tahu cara membuat akun Facebook. Meskipun tak semua dari mereka, tahu cara menghapus akun Facebook miliknya.

Read More

Tak ada yang menyangka sebelumnya, bahwa sosial media yang satu ini bisa sebesar sekarang. Dahulu, Facebook hanyalah sebuah situs biasa. Dengan fitur berbagi cerita dan perpesanan, Facebook kian diminati masyarakat yang kala itu belum terlalu familiar dengan fitur Chatting. Kemudahan akses dan konsumsi data yang ringan membuat layanan ini digemari di berbagai kalangan. Ditambah lagi, waktu itu tak banyak kompetitor sosial media lain yang bisa membuat pengguna facebook berpindah hati dan menghapus akun Facebook miliknya.

Seiring dengan perkembangan zaman, Facebook mulai meluncurkan berbagai inovasi dan fitur-fitur baru demi memanjakan penggunanya. Mulai adanya fitur game online, grup dan fanpage membuat Facebook menjadi sosial media paling digemari kala itu. Beramai-ramai orang orang mulai membuat akun Facebook, dan menggunakan sosial media ini seolah olah adalah taman bermain baru mereka. Namun, ketenaran Facebook justru menjadi senjata yang berpotensi membuat penggunanya mulai berniat menghapus akun Facebook mereka.

Penyebab Seseorang Menghapus Akun Facebook

Masalah yang timbul di dalam situs Facebook, lebih banyak disebabkan oleh kelakuan para penggunanya. Merasa mendapat fasilitas dan kebebasan, membuat sebagian orang menggunakan hak tersebut untuk hal buruk. Penipuan, pencurian data, tindak kejahatan cyber hanyalah salah satu dari sekian masalah yang ditimbulkan karena kelalaian para pengguna Facebook. Hal ini tentu membuat beberapa orang tidak nyaman dan berniat mencari cara menghapus akun Facebook miliknya.

Beberapa penyebab seseorang menghapus akun Facebooknya adalah :

  • Isu jual beli data. Isu jual beli data dalam situs Facebook sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Bagaimana tidak, situs sosial media ini memang terkesan membuka lebar-lebar data pribadi penggunanya. Kamu bisa memilih untuk tidak memperlihatkan identitas pribadimu, hanya jika kamu menutup profilmu. Apabila tidak, maka orang lain akan dengan mudah mengetahui identitasmu.
  • Banyaknya kasus penipuan. Merasa memiiki hampir seluruh dunia di dalam genggamannya, beberapa orang memanfaatkan jaringan luas ini untuk melakukan aksi penipuan.Ditambah dengan fitur marketplace yang ditambahkan oleh Facebook baru baru ini, banyak orang memanfaatkan kesempatan melakukan penipuan berkedok jual beli. Hal ini menyebabkan banyak orang memutuskan untuk menghapus akun Facebook mereka.
  • Akun Facebook diretas. Tindak kejahatan manipulasi data tak hanya dalam tindak jual beli saja, namun sudah merambah hingga tindak peretasan. Tak jarang akun yang diretas dimanfaatkan pula untuk keuntungan pribadi si pelaku. Tak hanya mengambil data identitas, foto dan video pribadi milik korban, tak jarang pelaku menggunakan akun Facebook korban sebagai tameng saat melakukan tindak kejahatan.
  • Hadirnya para kompetitor. Meskipun terdengar begitu berat untuk mengalahkan nama besar Facebook, namun hal ini tetap mungkin. Apalagi, melihat permasalahan yang terus timbul di dalam situs ini, bukan tak mungkin akan ada sosial media lain yang mampu membius para pengguna Facebook untuk menghapus akun mereka dan berpindah hati.

Cara Menghapus Akun Facebook

Cara Menghapus Akun Facebook
Cara Menghapus Akun Facebook

Sebenarnya, cara menghapus akun Facebook sangatlah mudah. Kamu tak perlu risau akan kehilangan akun Facebookmu untuk selamanya. Daripada menghapus akun Facebookmu secara permanen, kamu dapat menghapus akun Facebookmu untuk sementara. Hal ini tentu bermanfaat bagi kamu yang sedang ingin beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dunia Facebook dan ingin menggunakannya kembali di suatu saat nanti.

Adapun cara menghapus akun Facebook adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam akun Facebook milikmu.
  • Pada pojok kanan atas, klik tanda panah, kemudian klik Pengaturan & Privasi > Pengaturan.
  • Di sebelah kiri, pilih Informasi Akun Anda.
  • Pilih Deaktivasi dan Penghapusan.
  • Klik Nonaktifkan Akun, lalu lanjutkan ke Penonaktifan Akun.
  • Ikuti instruksi untuk menonaktifkan akunmu.

Mudah sekali bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menghapus akun Facebook milikmu untuk sementara. Tak perlu risau lagi dengan berbagai permasalahan di dalam situs karena dengan ini data pribadimu akan tetap aman dari ancaman kejahatan cyber di sosial media yang satu ini. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah, apa yang akan terjadi setelah kamu menghapus akun Facebook milikmu?

Akibat Penghapusan Akun Facebook

Karena dunia berjalan dalam prinsip sebab akibat, tentu dalam setiap perbuatan, teriring konsekuensi yang akan diterima pelakunya. Semua perbuatan, termasuk ketika kamu menghapus akun Facebook milikmu. Beberapa konsekuensi dan akibat yang akan terjadi setelah akunmu dihapus adalah :

  • Profil akan hilang. Setelah kamu menghapus akun Facebookmu untuk sementara, maka profilmu akan hilang dari Facebook. Orang tak dapat lagi mencari namamu di kolom pencarian, karena profilmu telah tersembunyi seiring dengan akun yang kamu hapus sementara. Beberapa orang mungkin akan mengira kamu memblokir mereka, jadi jangan lupa untuk memberikan pemberitahuan.
  • Postingan akan tetap ada, Pernah memberikan ucapan selamat ulang tahun di dinding kronologi temanmu? Atau melakukan percakapan melalui fitur perpesanan di Facebook? Catatan tersebut masih dapat dilihat oleh temanmu, karena menghapus akunmu tidak akan membuat catatan tersebut menghilang. Seperti apa yang selalu orang orang gemborkan, ‘Jejak digital itu kejam”, untuk itu berhati hatilah selalu dalam bersosial media.
  • Akun masih bisa aktif kembali. Selama masa penonaktifan, tentu akunmu masih aman dan belum terlihat. Namun, kamu dapat mengaktifkan kembali akun Facebook milikmu, hanya dengan melakukan login di perangkat manapun. Setelah kamu masuk ke dalam akun Facebookmu, itu berarti kamu telah menghentikan hibernasimu dan hadir kembali di dunia Facebook.

Beberapa Kesalahan Saat Menghapus Akun Facebook

Sebagaimana seorang manusia, yang tak luput dari kelalaian dan kesalahan, wajar bila seseorang melakukan kesalahan saat menghapus akun Facebook miliknya. Kesalahan yang mungkin terjadi adalah :

  • Menggunakan akun Facebook untuk mengakses sebuah layanan. Berhati-hati saat kamu menemukan layanan dengan tombol “masuk dengan facebook”, karena itu berarti akan mengaktifkan kembali akun Facebook yang sedang kamu hapus sementara.
  • Menghapus akun Facebook secara permanen. Akun Facebook memang bisa dihapus untuk selamanya. Jadi, bila kamu hanya ingin menghapus akunmu untuk sementara, berhati hatilah jangan sampai kamu menekan tombol yang salah dan malah menghapus akun Facebookmu untuk selamanya.

Demikian artikel mengenai cara menghapus akun Facebook, semoga bermanfaat.

Related posts