Cara Cek Kuota Smartfren 4G

Bicara soal cara cek kuota Smartfren 4G, tentunya ini bisa dilakukan dengan beragam cara yang sangat mudah. Terlebih jika kamu adalah seorang pengguna ponsel pintar yang sering kali menghabiskan waktu hinga berjam-jam lamanya untuk sekedar membuka sosial media atau bahkan aplikasi entertain lain seperti Youtube, dan lain sebagainya.

Tentunya, para pengguna yang seperti ini akan cenderung mencari pilihan paket data yang lebih murah, namun juga dengan kualitas sinyal yang baik bukan?

Demi menjawab pertanyaan dan kebutuhan kalian, Smartfren hadir sebagai jawaban yang tepat. Sebagaimana kita tau, smartfren sendiri banyak digunakan para muda mudi yang lebih aktif menggunakan media sosial ataupun aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, atau sekedar melakukan searching atau berselancar di dunia maya.

Selain itu, Smartfren juga memiliki jaringan sinyal yang cukup stabil dan bagus, sehingga pengguna tidak perlu khwatir lagi ketika harus menelfon teman atau keluarga yang berada diluar daerah, sebab jaringan smartfren juga sudah mengconver sampai keluar jabodetabek.

Walaupun begitu, masalah yang sering terjadi ketika menggunakan paket internet adalah pengguna menjadi tidak memperhatikan penggunaan internet mereka, sehingga mereka tidak sadar bahwa kuota yang mereka miliki sudah habis sebelum masa aktif nya selesai (30 hari).

Oleh karena itu, melakukan pengecekan kuota secara berkala harus terus dilakukan, ini bisa menjadi salah satu pencegahan ketika penggunaan internet mungkin sudah melampaui batas ataupun sudah akan berakhir.

Cara Cek Kuota Smartfren 4G

Cara Cek Kuota Smartfren 4G
Cek Kuota Smartfren 4G

Untuk itu, buat kalian yang belum tau cara cek kuota Smartfren 4G, kalian bisa menyimak informasi berikut ini.

Cara Cek Kuota Smartfren Lewat SMS

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan ialah melalui layanan SMS yang tersedia di tiap perangkat kalian. Cara ini terbilang cukup jadul memang, namun faktanya, pengecekan pulsa via SMS lebih efektif untuk mengetahui sisa kuota smartfren 4G kalian.

Caranyapun terbilang gampang kok. Yaitu

  1. Buka aplikasi PESAN / SMS pada perangkat kalian
  2. Buat pesan baru dan ketik Cek
  3. Kemudian, kirim pesan tersebut ke 995

Tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan balasan dari operator mengenai sisa kuota, masa aktif kartu, dan juga sisa pulsa yang kalian miliki. Lengkap banget kan?

Cara Cek Kuota Smarfren Lewat Pesan Suara atau IVR

Cara kedua juga sangatlah mudah. Walaupun sebenarnya cara ini mirip dengan menggunakan Kode USSD, tapi cara ini bisa dibilang seperti menelfon operator. Caranya juga gampang kok.

  1. Buka Aplikasi Phone / Telpon yang ada di perangkat kalian
  2. Ketikkan nomor Customer Service dari Smartfren, yakni 999
  3. Setelah itu tekan tombol Call / Panggil

Setelah itu kalian akan terhubung dengan customer service dari Smartfren yang mana akan memberikan informasi seputar sisa kuota, sisa pulsa, nomor telfon kalian, sisa masa aktif, dan info lain dari kartu kalian. Mudah kan?

Cara Cek Kuota Smartfren lewat Kode USSD

Cara ketiga juga mirip dengan cara sebelumnya, yakni hanya perlu menggunakan Aplikasi Phone atau telpon seperti biasa. Bedanya adalah, disini kita menggunakan kode USSD yang nantinya berguna untuk mendapatkan informasi seputar sisa kuota internet kita. Caranya

  • Buka Aplikasi Phone / Telpon di Smartphone kalian
  • Ketikkan kode *995# dan kemudian tekan tombol Call / Panggil
  • Setelah itu akan muncul menu yang diikuti dengan nomor didepannya
  • Kalian bisa memilih menu INFO, lalu pilih SISA KUOTA (sesuai dengan nomor menu yang tampil)

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan balasan dari SMS atau bahkan tampilan Pop up dari Kode USSD tadi, yang berisikan informasi sisa pulsa, sisa kuota, masa aktif, dan juga masa aktif paket Smartfren kalian.

Sama hal nya dengan menggunakan SMS ataupun IVR, cara ini pun tidak dipungut biaya ataupun pulsa sama sekali. Jadi, cara ini bisa berguna ketika kalian mengalami kendala dengan kuota yang tiba-tiba habis.

Cara Cek Kuota Smartfren Lewat Situs Resmi Smartfren

Adapun cara lain yang bisa kalian lakukan selain menggunakan SMS ataupun Kode USSD ialah dengan melalui situs resmi milik Smartfren yang bisa diaksess oleh pengguna nya lewat berbagai macam perangkat. Dengan catatan, kalian harus terlebih dulu masih memiliki paket internet yang aktif.

Caranya juga gampang banget kok. Yaitu

  • Buka aplikasi browser di smartphone kalian ataupun di komputer dan juga laptop
  • Masuk ke situs my.smartfren.com kemudian tekan enter / go
  • Setelah itu, kalian bisa melakukan login dengan memasukkan User ID / Email dan juga password
    *Catatan : apabila kalian belum memiliki User ID, lakukan pendaftaran dengan menggunakan email dan nomor telfon yang terdaftar
  • Setelah itu login seperti biasa
  • Kemudian, kalian bisa mengklik pada button DETAIL untuk melihat sisa kuota Smartfren 4G kalian, ataupun sisa kuota aktif yang kalian miliki

Serunya lagi adalah, ketika login melalui situs smartfren ini, kalian bisa melihat beragam promo paling baru dari Smartfren yang berupa diskon untuk pembelian kuota, belanja, makan, atau bahkan promo diskon lain yang ditawarkan smartfren.

Dan gak cuma itu aja, di dalam situs my smartfren ini, kalian juga bisa mengetahui sisa pulsa, dan masa aktif kartu kalian.

Cara Cek Kuota Smartfren dengan My Smartfren

Cara yang terakhir untuk melakukan pengecekan kuota Smartfren ialah dengan menggunakan aplikasi My Smarfren yang bisa kalian unduh di perangkat Android ataupun iOS (iPhone). Berbagai informasi kuota bisa Anda dapatkan melalui aplikasi My Smartfren.

Selain itu, Anda juga dapat membeli kuota, pulsa, dan paket internet melalui aplikasi. Bagi pengguna setia, sebaiknya gunakan aplikasi ini di HP Anda untuk update informasi mengenai kartu SmartFren.

Cara nya juga cukup mudah:

Untuk Pengguna Android

  • Download Aplikasi My Smartfren di Play Store terlebih dulu
  • Setelah aplikasi berhasil terinstall, lakukan login dengan menggunakan User ID dan juga Password seperti login melalui situs my.smartfren.com
  • Setelah login, kalian akan langsung dihadapkan dengan informasi lengkap dari kartu kalian, baik itu sisa kuota, pulsa, ataupun masa aktif

Untuk Pengguna iOS (iPhone)

  • Buka aplikasi App Store di iPhone kalian
  • Ketikkan My Smarfren dan klik pada tombol GET / Install
  • Login seperti biasa dengan menggunakan User ID dan juga Password (jika belum, lakukan pendaftaran terlebih dulu)
  • Terakhir, setelah berhasil masuk maka kalian akan melihat info lengkap dari nomor smartfren kalian. Mulai dari masa aktif, sisa kuota, dan juga sisa pulsa kalian.

Tidak cuma itu saja, aplikasi My Smartfren juga menawarkan banyak ragam promo dan juga smart poin yang nantinya bisa ditukar ketika sudah mencapai batas penukaran. Dan juga, kalian bisa melakukan pembelian kuota ataupun pulsa melalui Aplikasi My Smartfren itu sendiri.

Itu tadi beberapa cara cek kuota Smartfren 4G yang bisa kamu gunakan. Silahkan sesuaikan beberapa cara diatas yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

 

Faiz Dawami
suka diajak ngopi