Cara Menggunakan Telegram

Cara Menggunakan Telegram
Cara Menggunakan Telegram

Di Indonesia terdapat banyak sekali aplikasi chatting seperti Whatsapp, Line, dan juga Telegram.  Aplikasi-aplikasi tersebut  bisa kita gunakan untuk mengirim pesan, telepon, video call dengan orang terkasih. Saat ini Telegram menjadi salah satu  aplikasi terfavorit bagi pengguna terutama bagi anak muda untuk mengirim pesan. Tidak hanya itu telegram juga bisa mengirim gambar dan video. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan bagaimana cara menggunakan telegram sebagai berikut.

Secara umum, aplikasi telegram sama dengan yang lain bedanya aplikasi telegram mempunya basis penyimpanan cloud lebih besar.

Read More

Jadi pengirim pesan akan menjadi lebih ringan dan lebih cepat dibanding aplikasi chatting yang lain karena aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak boros ruang penyimpanan.

Tidak hanya penyimpanan yang besar namun sistemnya juga bisa terbilang aman, tidak memberatkan smartphone, sehingga telegram mampu dijadikan sebagai chat messenger untuk pekerjaan.

Pengertian Telegram

Apa itu Telegram? Telegram merupakan sebuah aplikasi layanan pengirim pesan/chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan, foto, video, audio juga file dan beberapa dokumen.

kata telegram terdiri dari dua kata yaitu Tele yang berarti “jauh” dan gram artinya “tulisan, tanda atau bentuk”. Secara umu telegram adalah tulisan, bentuk, tanda atau berita yang dikirim jarak jauh dengan bantuan pesawat telegram.

Cara Menggunakan Telegram

Cara Menggunakan Telegram
Cara Menggunakan Telegram

 

  • Cara Menggunakan Telegram Lewat Browser (PC/Komputer dan Laptop)

Umumnya telegram digunkan pada ponsel, ternyata aplikasi juga dapat digunakan pada PC/Komputer atau laptop. Hal ini juga untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ponsel kamu batreinya habis dan ada dokumen dokumen penting yang segera kamu kirim. Berikut langkah-langkah-langkahya:

Kunjungi halaman telegram masukan saja alamatnya http://web.telegram

Kemudian kamu bisa mendaftar akun dengan memasukan nomor telepon dan juga nama negara kamu. Pastikan nomor tesrsebut masih aktif dan pastikan juga sudah terdaftar di aplikasi telegram yang ada di ponsel kamu.

Kemudian muncul jendela verifikasi yang menampilkan nomor telepon kamu untuk memasukan kode OTP.

Selanjutnya, telegram akan mengirimkan Kode OTP (one time password)  untuk dimasukan ke jendala verifikasi.

Langkah terakhir, telegram akan mendeteksinya secara otomatis.

  • Tambahkan Kontak

Setelah kamu berhasil login, kamu sudah dapat melakukan berbagai aktivitas di telegram. Seperti mengirim pesan, membuat grup, dan sebagainya. Berikut langkah-langkah menambahkan kontak di telegram via web:

Klik menu humburger di pojok kiri atas untuk dapat menampilkan berbagai menu yang lainnya.

Selanjutnya, klik saja menu kontak. Nah, disini telegram akan menampilkan semua kontak yang ada di phone book kamu yang sudah terdaftar sebagai pengguna telegram. Nama-nama yang muncul juga disesuaikan dengan nama yang tertera di phone book kamu.

Langkah terakhir kamu bisa kilik Save maka secara otomatis kontak sudah ada ddi telepon kamu.

Jika untuk menambahkan kontak baru, kamu tinggal pilih New Contact. Isi saja kolom yang sudah tersedia mulai dari tambahkan nomor telepon, nama diawal dan nama diakhir.

  • Membuat Grup di telegram

Aplikasi telegram juga bisa membuat grup mealalui web. caranya sama seperti menambahkan kontak, opsi untuk membuat grup terletak di deretan menu saat kamu mengklik ikon hambuger di pojok kiri atas.

Selanjutnya pilih saja daftar kontak yang ingin kamu ajak bergabung, kamu bisa memaksukkan anggota grup lebih dari 10.000 anggota.

Setelah itu kamu bisa klik Next  untuk dapat bisa membuat nama grup sesuai yang kamu inginkan.

Secara otomatis setiap anggota bisa melakukan chat, mengirim file, bisa juga mengirim video dan sebagainya.

Jika kamu ingin menambahkan anggota, kamu bisa pilih opsi Add member untuk mengundang teman yang sudah menjadi kontak kamu. Ada opsi lain, kamu bisa kirim link agar siapapun gak hanya kontak yang sudah ada bisa bergabung ke grup yang kamu buat.

  • Cara Memasukkan Bot ke Grup

Telegram juga mempunya fitur Bot loh, apa itu Bot? Bot adalah semacam program yang bisa meningkatkan segi fungsionalitas pada grup ataupun chat room.

Simak caranya gampang banget, kamu hanya klik nama grup yang sudah kamu buat, pilih Add member kemudian ketikkan username dari bot di kolom pencarian.

  • Cara Menggunakan Telegram di Handphone

Sebenarnya hampir sama cara menggunakan telegram via HP dan via web

Unduh dan install aplikasi telegram via PlayStore atau AppStore

Login ke akun telegram, dan kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang masih aktif.

Setelah itu kamu diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui email atau sms.

Nanti telegram meminta perizinan agar dapat mengakses kontak yang kamu miliki. supaya memudahkan pengguna agar terhubung dengan teman yang sudah mempunyai akun telegram.

Kamu tidak perlu memasukkan nomor kontak secara manual dengan mengizinkan perizinan ini. bisa langsung klik Continue.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Telegram

Berikut adalah kelebihan telegram yang tidak dimiliki aplikasi chatting lainnya

  • Dapat Mengedit Pesan Yang Telah Terkirim

Aplikasi chatting sudah banyak ya namun tidak ada satupun yang dapat mengedit pesan bila pesan sudah terlanjur terkirim. Hanya aplikasi telegram yang bisa mengedit pesan yang sudah terkirim.

Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki telegram untuk meminimalkan kesalahan saat salah mengirim pesan yang sudah terlanjur kamu kirim.

  • Dapat Menyediakan Fitur Channel

Fitur ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi pesan kepada sesama pengguna telegram atau biasa disebut “boardcast” .

  • Tidak Menghabiskan Memory

Bagusnya, aplikasi ini tidak menghabiskan memori seperti pada aplikasi chatting whatsapp. Pada aplikasi telegram akan tersimpan pada server selamanya dan tidak akan hilang ataupun terhapus kecuali jika kamu hapus.

  • Dapat Menampung Anggota Grup Yang banyak

Apabila membuat grup pada aplikasi telegram, kamu bisa memasukkan anggota sebanyak-banyaknya bisa lebih dari 10.000 anggota. Kelebihan inilah yang membuat telegram menjadi aplikasi chatting yang semputnya untuk media komunikasi baik untun pribadi maupun untuk pekerjaan.

  • Telegram Dijamin Aman

Bagi kamu yang pengguna biasa, telegram lebih aman dibandingkan dengan yang lain. Karena telegram memiliki fitur chat yang jauh lebih aman.

Aplikasi telegram dapat menggunakan fitur multi profil yang artinya bisa memudahkan dalam mengganti profil untuk mengubah dan menyalin profil.

Anonymous Chat Bot

Tidak semua aplikasi chatting mempunya fitur Anonymous Chat, namun telegram menyediakan fitur ini untuk para pengguna. Berikut langkah-langkah menggunakan Anonymous Chat telegram.

  • Jalankan Aplikasi Telegram.
  • Selanjututnya kunjungi link Bot Anonymous Chat Telegram Indonesia di https://t.me/anonxbot
  • Masuk ke botnya dan ketik perintah untuk mulai memainkannya.
  • Nanti di telegram akan muncul chat dari bot telegram, maksudnya kamu sedang mencari pengguna yang lain untu melakukan chatting.
  • Tunggu hingga keterangan chat dari bot pengguna yang lain membalas.
  • Dengan begitu kalian sudah bisa mulai melakukan chatting

Namun jika kamu ingin skip partner di Bot Anonymous Chat, kamu bisa melakukan perintah Stop.

Sebaiknya jika kamu sudah bermain menggunakan chat Anonymouschat kamu bisa langsung menghapus chat tersebut agar history percakapan kamu tidak diketahui oleh orang lain.

Begitulah penjelasan mengenai cara menggunakan telegram beserta penjelasan sedikit tentang Chat Anonymous Chat. Semoga membantu!

Related posts