Cara Mengunci Aplikasi Telegram dengan Mudah (Terjamin Aman)

Cara Mengunci Aplikasi Telegram
Cara Mengunci Aplikasi Telegram

WIGATOS.com | Cara mengunci aplikasi telegram menjadi salah satu hal penting yang harus kamu ketahui sebagai seorang penggunanya agar privasi yang kamu miliki jauh lebih terjaga. Aplikasi telegram sendiri, merupakan salah satu aplikasi chat paling popular selain aplikasi whatsapp karena aplikasi telegram ini mempunyai berbagai fitur terbaik untuk para penggunaanya.

Aplikasi telegram ini termasuk ke salah satu aplikasi tercepat layanannya, sehingga sangat memungkinkan para penggunanya untuk mengirim file dengan ukurang yang jauh lebih besar, fitur untuk membuat sebuah channel yang bisa berisi hingga jutaan pengguna lainnya. Oleh karena itu, kamu harus menguncinya agar semua hal yang kamu lakukan di telegram tidak bocor. Jika kamu tidak tahu bagaiamana cara menguncinya, maka bisa langsung menyimak penjelasan berikut.

Alasan Harus Mengunci Aplikasi Telegram

Bagi kamu yang masih bertanya-tanya mengapa harus mengunci aplikasi telegram ini, tentunya agar semua hal yang kamu lakukan di aplikasi ini tidak bocor atau diketahui oleh orang lain. Tentunya dengan menggunakan fitur kunci aplikasi telegram, orang-orang tidak akan bisa membuka aplikasi telegrammu jika tidak mengetahui apa password yang kamu masukkan. Sehingga kamu sebagai pengguna, akan merasa lebih aman dan tidak terganggu.

Bayangkan saja, jika ada temanmu yang usil lalu membuka semua chat ataupun kegiatanmu di aplikasi telegram, pastinya kamu akan merasa jengkel dan rishi sebab temanmu sangat lanvang membuka privasimu. Apalagi jika temanmu tersebut menyebarkan ke teman-temanmu yang lainnya. Jadi, alangkah baiknya kamu segera mengunci aplikasi telegram ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

Cara Mengunci Aplikasi Telegram

Cara Mengunci Aplikasi Telegram
Cara Mengunci Aplikasi Telegram

Untuk bisa mengunci aplikasi telegram ini, kamu bisa menggunakan beberapa metode pilihan yang sesuai denganmu. Antara lain dengan kunci telegram di HP, Iphone, hingga laptop. Kamu tidak perlu khawatir terkait proses pengunciannya, karena memang langkah-langkah dalam setiap metodenya sangat mudah dilakukan. Bahkan, kamu bisa melakukannya dengan waktu yang sangat cepat dalam hitungan menit saja.

Kamu cukup hanya menggunakan setting pada tampilan telegram atau melalui fitur pasccode yang berarti bahwa aplikasi telegrammu sudah dikunci dengan menggunakan kata sandi baru. Untuk lebih amannya, kamu bisa mengganti password yang ada secara berla, karena caranya sangat mudah dan jauh lebih aman. Caranya kamu cukup memasukkan password lama kemudian tinggal mengkonfirmasi dengan password baru.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fingerprint jika handphone sangat mendukung dan system auto lock yang fungsinya mengunci telegram secara otomatis dalam kurun waktu tertentu bila sudah tidak bisa digunakan. Berikut adalah penjelasan terkait masing-masing metodenya.

Cara Mengunci Aplikasi Telegram Di HP

Metode pertama yang dapat kamu gunakan ini sangat cocok sekali bagi kamu yang merupakan pengguna Hp ataupun smartphone. Langkah-langkah dalam metode ini cukup mudah untuk kamu lakukan secara mandiri. Berikut penjelasannya secara rinci.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi telegram yang sudah terinstall di HPmu
  • Lalu kemudian, silahkan kamu menekan tombol icon garis tiga yang ada di bagian pojok kiri atas layar
  • Jika sudah, maka silahkan kamu memilih menu pengaturan
  • Pada menu pengaturan ini kamu kembali dihadapkan banyak pilihan, maka silahkan kamu pilih menu bagian kedua yaitu privasi dan keamanan
  • Setelah itu, akan tampil lagi berbagai opsi menu privasi dan keamanan. Namun yang harus kamu pilih dan klik adalah bagian kemanannya tepatnya pada kunci aplikasi
  • Kemudian, silahkan kamu menggeser toogle yang ada di samping kunci aplikasi
  • Tujuan dari hal di atas adalah untuk mengaktifkan fitur kunci dengan menggunakan PIN atau kata sandi
  • Silahkan kamu masukkan kata sandi sesuai dengan keinginanmu dan yang mudah untuk kamu hapal. Kata sandi ini terdiri dari 4 angka
  • Kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi PIN yang sudah kamu buat maka silahkan konfirmasi dengan mengetik PIN tersebut
  • Apabila kamu ingin mengganti kata sandi aplikasi telegram, maka kamu bisa mengaktifkan atau mengklik ganti kode sandi
  • Kalau HPmu sangat mendukung fitur fingerprint, maka kamu bisa mengaktifkannya dengan toggle buka atau gunakan dengan sidik jari
  • Jangan lupa juga kamu aktifkan fitur otomatis terkunci dalam waktu yang sudah kamu tentukan
  • Selesai! Proses penguncian aplikasi telegram berhasil kamu lakukan

Cara Mengunci Aplikasi Telegram Di Iphone

Metode kedua ini dikhusukan bagi kamu seorang pengguna iphone. Berikut adalah Langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi telegram terlebih dahulu
  • Pada tampilan awal silahkan menu setting atau pengaturan
  • Setelah itu, silahkan kamu membuka bagian privacy and security dan kamu pilih passcode and face ID
  • Kemudian kamu aktifkan passcode dan pastikan kamu merubah pilihannya jadi on
  • Kamu tinggal membuat kata sandi berisi 6 digit sesuai dengan keinginanmu
  • Terakhir, jika kamu ingin ada fitur tambahan berupa pengaktifan face ID untuk akses lebih praktis dan mode aauto lock yang juga sama seperti fungsi di HP Android

Perlu kamu ingat bahwa pada tampilan obrolan chat tepatnya di bagian atas, akan terlihat ikon kunci kecil. Nah, untuk mengaktifkan fitur mengunci telegram, maka kamu tinggal mengetuk ikon tersebut. Sedangkan untuk membuka aplikasi telegram, maka kamu tinggal mengetikkan kode sandi yang sudah kamu buat sebelumnya.

Cara Mengunci Aplikasi Telegram Di Laptop Atau PC

Metode terakhir yang dapat kamu gunakan untuk mengunci aplikasi telegram adalah melalui HP atau PC. Perlu kamu ingat, bahwa aplikasi telegram ini juga dapat kamu install di PC kesayanganmu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi telegram yang sudah terinstall di PC atau laptop kesayanganmu
  • Kemudian silahkan kamu memilih setting dan klik tampilan privacy and security
  • Jika sudah, maka silahkan kamu menekan turn on local passcode dan kamu harus memasukkan kata sandi yang kamu inginkan
  • Apabila kamu memasukkan sandi di HP maka hanya perlu 4 digit saja. Akan tetapi di PC, kamu bisa memasukkan kombinasi kata sandi secara bebas dan tidak terbatas
  • Masukkanlah kata sandi di kolom enter a passcode dan re-enter new passcode
  • Jika sudah, maka silahkan kamu mengklik save untuk menyimpan kata sandi yang sudah kamu buat
  • Selamat! Proses penguncian sandi aplikasi telegram di PC sudah berhasil kamu lakukan

Kesimpulan

Sebagai salah satu layanan chat multi platform yang bersifat gratis, tentu tidak membuat aplikasi telegram setengah-setengah dalam meluncurkan produknya. Uniknya lagi, kamu bisa menggunakan telegram untuk mengirim file yang berukuran file sampai 1,5 gb per file. Tentu fitur ini tidak dimiliki oleh pesaing lainnya.

Nah, oleh karena itu alangkah baiknya jika kamu memahami bagaimana cara mengunci aplikasi telegram yang sudah dijelaskan di atas. Lakukan semua langkah pada masing-masing metode dengan benar, agar kamu berhasil melakukan penguncian aplikasi telegram secara cepat dan benar.

Related posts